Terdampar (OTW) Karimun Jawa

15:10:00



Ngebet binti kepingin banget ke karimun jawa(karjaw)  tapi kagak mau pakai EO, mau beneran bekpek (dasar kagak punya duit) eh sorry,emak bukan traveller, hanya seorang emak yang suka ngebolang, maklum harus simpen duit buat masa depan anak emak yang superr duperr ganteng (kayak emaknya *tutup muka*).


Kenapa sih emak kok nggak mau  pakai EO? Yaaa,nggak suka aja, hmmmmm well sebenarnya emak punya pengalaman ngetrip pakai EO atau travel agent dan kita kayak anak TK yang diatur atur dengan waktu yg dibatasin sana sini, cuman sejam disini, next cuman 30 menit, waktunya makan? Hadewwww bete, coba klo masih belum laper ‘disuruh’ makan,enek kan? lagi enak enak berenang,dipanggil  waktunya habis untuk destinasi lain *kecewa*. Sejak saat itu emak kagak mau ngetrip pakai travel agent (kecuali dikasih gratis *melet*). Dari beberapa sumber bilang klo ke karjaw memang harus pakai EO, karena harus sewa perahu seharian (mahal banget), buat chare cost makanya ada minimal peserta yang ikut dalam group. Hadewww kok ribet gitu, jadi emak harus cari teman buat nge full in gitu? Trus siapa? Tahukan ngenyamain waktu sama teman bekpek nggak segampang itu, ada yg kerja, ada yang nggak punya duit, ada yg pergi ke tempat lain de el el.


Nekad rencana brangkat ke karjaw tanpa EO, sambil cari teman ‘baru’ siapa tahu ada yg mau, langsung ketik di mbah google, di BPI, FB bla bla bla...aakhirnya dapet sesama bekpek yg semuanya berjumlah 6 orang yang belum saling kenal, belum pernah ketemu dan yang satunya status : belum pasti (ketemu dia waktu ke sempu). Janjian ketemuan di Purabaya Sama 2 orang teman, yang lainnya ketemuan di alun-alun jepara dan pantai kartini. 
Satu masalah dimulai, salah satu teman cancel gegara dompetnya kecopetan di mikrolet. Masalah yg kedua waktu perjalanan menuju jepara bus yang kita naikin ditabrak sama truk, Alhamdullilah baik baik saja, cuman kaget buanget. Didalam bus,salah satu teman (angga) dia telpon emak, klo dia jadi ikut ke karimun jawa dan ketemuan di jepara. Dan 2 teman lainnya ketemuan di alun2 jepara. Masalah yang ketiga (banyak amat*pegangan kepala*) kita sampe di jepara malam hari (kapal menuju karimun pagi hari) jadi kita nginep dirumah temennya temenku (bingung ? he he he *pegangan tiang*), nah sesampai dirumahnya, ternyata dia nggak ada dan kita dipersilahkan nginep dirumah orangtuanya *bingung*. Aku pikir nggak papalah, cuman semalam.
Masalah Keempat, Waktu kita jalan2 di alun2 jepara untuk menikmati berbagai macam kerang yg murah banget (semangkok cuman 5.000), seseorang yang asli dari karimun jawa mendatangi kita dan bertanya “emang besok ada peneyeberangan ya? Beberapa hari,nggak ada penyeberangan karena ombak Tinggi ” *gubrakkkk* rasanya pingin nelen kulit kerang #huekkk. Mulut komat kamit Berdo’a Semoga besok bisa nyebrang ke Karimun jawa.

Jam 5 pagi, kita pamitan sama Bapak dan Ibu pemilik rumah, mau brangkat ke karimun jawa (ucapin terima kasih sudah dikasih ditebengan #dasargembel). Brakkkk duer duer, hadewwww hujan deras menemani, berjalan kaki(1 KM) menuju pantai Jepara.sesampai di pantai kartini kita janjian ketemuan dengan salah satu teman dari jakarta, lengkap sudah 6 orang. Lama menanti membeli tiket kapal di depan loket, kenapa loketnya kok belum buka ? *dak dik duk* Penasaran, seharusnya loket ini sudah dibuka sejak jam 6 pagi. Dan sekarang waktu sudah nunjuk jam 7 *remas remas tangan*. Traveller, backpacker, touris pada datang dan pantai kartini jadi lautan manusia (maklum long weekend), semuanya pada sibuk cariin dan janjian sama EO mreka. Waktu menunjukkan jam 8,semuanya pada gundah gulanah menunggu hasil report dari BMKG tentang keberangkatan Kapal.


Dari kantor BMKG keluar pengumuman klo hari ini, tidak ada penyeberangan ke karimun Jawa *gubrakkkkk* lemes banget. lagi santai duduk sedih+kecewa Tiba2 sepasang kekasih bertanya sama kita, klo kita nungguin sampe besok atau balik pulang? Dan kita mutusin untuk nunggu penyeberangan besok dan mreka gabung trip sama kita, lumayan jadi total 8 orang, buat share cost. Masalah yang Kelima, seluruh penginapan disekitar pantai kartini sudah penuh *garuk garuk tanah* trus gimana?  Tidur dimana? Dasar gembel dan uang mrepet kesrempet, jadilah kita balik kerumah Bapak yang kita inapin tadi malam. Dengan masang tampang melas+cengar cengir, setengah malu, kita minta izin untuk nginep dirumahnya. Alhamdullilah dikasih izin, baik banget mreka (dan kita cuman ngerepotin). Malamnya kita sempatin lagi untuk jalan2 ke alun alun dan explore kota Jepara. Dengan Harapan besok ada peyeberangan ke Karimun Jawa.

Bangun pagi, nggak pakai mandi,tapi kosok gigi, langsung brangcussss jalan kaki (lagi) ke pantai kartini, nangkring di depan loket (biar nggak kehabisan tiket) *mulut komat kamit* berdoa, dan berharap semoga ada keberangkatan hari ini, karena hari ini cerah, angin semilir lembut. Jam 6 --- Loket masih tutup *harap2 cemas* , jam 6.30 --- loket masih tutup *jalan mondar mandir* Jam 07.00 --- loket masih tutup *duduk manis* . Datang seorang ABK kapal, dia kasih tahu klo pemberangkatan ke karimun jawa  hari ini nggak ada, bukan karena angin yang kenceng karena memang nggak ada “jadwal” keberangkatan. Jadi gini, misal hari ini kapal brangkat dari Jepara  ke karimun jawa, besoknya kapal brangkat dari karimun jawa ke pantai kartini (cuman 1 kapal, gantian hari). Kecewa tingkat Batara Dewa, bingung harus gimana, mau nungguin besok? Balik pulang? Klo nungguin besok, nginep dimana? Nggak mungkinkan kita nginep dirumah bapak yang superrr baik banget sama kita (ngerepotin banget, tahu dirilah kita). Setelah lama mikir *pegangan kepala* kita mutusin untuk nginep dipantai kartini, what? Tidur dimana? Mandi dimana? Be ol dimana? Klo diusir gimana? (bener bener gembel). 
Dengan hati setengah kecewa, setengah patah, setengah gila , setengah berharap bisa nyebrang kita habiskan waktu di pantai kartini. Pagi kita sibuk Narsis di Dermaga kartini, lihat orang mancing, dan ngelihat kapal yang datang dan pergi, mungkin nggak ya kita numpang atau sewa kapal nelayan menuju karimun jawa? Kita cari nelayan dan Nego untuk sewa kapal (ada 2 bule jerman yang mau gabung) ternyata mreka (nelayan) ngak mau ambil resiko, ombaknya guede banget. Klo nekat juga, itu sama dengan bunuh diri *kecewa*. Siang hari kita habiskan waktu dengan masuk kawasan wisata pantai kartini, lewat pagar, nggak bayar #dasargembel. Dikawasan wisata pantai kartini, kita nikmati perjalanan menuju pulau panjang (menggunakan perahu, bayar 20rb/orang,PP) lumayan untuk menghabiskan waktu menunggu hari esok kan nyebrang ke karimun jawa. Di pulau panjang kita bisa berenang, explore seluruh pulau (sempat tersesat masuk kedalam  hutan) *hadew*.

Pulau Panjang


Bisa dibayangin, jarak antara pantai kartini ke pulau Panjang Sekitar 2 KM dengan ombak yg tinggi *jerit jerit* apalagi ke karimun jawa??? Tweng tweng #kegilaantiadaakhir. Sore jam 3 kita balik ke pantai kartini,disini banyak orang jualan berbagai macam souvenir,makanan, minuman dan yappppppp Kamar mandi *loncat kegirangan* seneng banget!!! balik ke loket, ambil peralatan mandi, loncat pagar, jalan tanpa dosa menuju kamar mandi (bayar 2rb). Segerrr and freshhhhh . Beruntungnya lagi, di loket ada tempat untuk Colokan listrik, lumayan buat charge hp+ baterei. Malamnya tidur di depan loket #kasihan,nggak enak banget, banyak nyamuk, rame suara jedang jedung karena dibelakang loket itu ada cafee remang2. Lagi enak enak main kartu sama teman2, tiba2 ada seorang wanita datang menggunakan motor, dilanjut si bapak datang dengan menggunakan mobil ,mreka janjian ketemu dan langsung mojok ke tempat sepi. Emak pikir mreka lagi “goyang”, eh tak lama kemudian mreka bertengkar, rame banget, suara lantang saling nyalahkan, saling tuding (kita cuman bisa bengngong,diem) dengerin ‘nyanyian’ mreka. Setelah mreka pergi, baru kita bisa tidur.
Pantai Kartini

KM Muria
Keesokan harinya,sooo pasti sudah nangkring nomer -1  (kekeke) di loket dengan harapan bisa brangkat hari ini, karena tadi malam cuaca cerah, sedikit mendung dan sempat gerimis. Uhuiiiiiiiiii loket Dibuka.senengnya minta ampun, ketawa gegulungan, bakalan ciumin tanah karimun setelah nyampe, seantero penumpang, mungkin kitalah yang paling berbahagia #norakbanget. Seperti kata pepatah, orang sabar manis bauhnya, di dalam kapal Muria ‘ekonomi’ kita kenalan sama bapak  yg memili kapal yg biasa dibuat explore karimun jawa dan menantunya sebagai guide + nyediakan sewa alat snorkling + underwater camera, lengkap seperti EO (cuman 90 rb/hari termasuk makan siang,minum satu kardus dan roti buat si Ikan) murah banget kan? . Selama perjalanan ke karimun jawa, kita habiskan dengan ngobrol, nongkrong di dek,main kartu, tidur dan bonusnya, lihat lumba2 loncat dengan riang gembira. Emak juga kenalan sama 2 siswa SMA yang brangkat ke karjaw tanpa EO, tentu dong Emak ajakin gabung dan share cost sama kita (lengkap 10 orang).


Selama 6 jam perjalanan, akhirnya kita sampai di  karimun jawa, dari kapal bisa kita lihat langsung coral yg indah, bening , gususan pulau dan berbagai macam ikan. Jalan terus menuju ke alun alun, cari tempat buat camp.


Aktifitas yang kita lakukan selama di Karimun jawa. Cekidot

Bakar Ikan di Pulau
Explore beberapa Pulau
Explore beberapa Pulau
Enjoy Sunset Di Dermaga
Sunset Karimun Jawa
Snorkling di beberapa Spot
Mengenal beberapa biota laut

Pasir putih dan lembut
Bersiap Snorkling

Snorkling Karimun Jawa



Berenang Di Kolam Hiu






Tips  Trip Perjalanan ke Karimun Jawa Tanpa EO/TA (event organiser/ travel agent) dengan Low budget

1   1.    Cari teman buat share
Tahu sendiri kan klo kita ngetrip pakai TA kita bakalan diatur2 baik waktu maupun tempat atau kita bakalan bareng group lain yang notabene kita harus ‘kompromi’. Laaa kita ini ngetrip bersantai menikmati alam dan waktu kenapa harus berkompromi dan nggak enjoy (egois dikit lah). Nggak masalah klo kita menggunakan TA dengan smua fasilitas dan kenyamanan, tanpa ribet cari ini itu dan ngurusin ini itu, tapi gimana dari sisi mengenal penduuk lokal? Gimana keseruan cerita ngetrip? Gimana suatu perjalanan menambah pengalaman dan kedewasaan? Sutralah, whatever lah. Nah klo kita pingin ngetrip tanpa TA, baiknya kita cari temen yang ’sama’ dalam artian pingin seneng bareng, enjoy bareng, sedih bareng , hidup bareng #upsssssss. Kontak teman bekpek kamu, cari postingan di BPI (backpacker Indonesia) atau posting di FB dan twitter,atau klo cewek masuk di grouop ladies bekpek dan cari, pasti dapat teman. Pengalaman emak, waktu ke kamun jawa, emak baca baca pengalaman cerita teman yang ke karimun jawa tanpa TA, budget, kemudian emak bandingan ama biaya klo pakai EO, cari informasi sebanyak banyaknya. Kenapa ‘harus’ cari teman? Kan katanya harus dinikmati sendiri?  Buat share cost kapal, lumayan sewa seharin bisa 400rb/hari. Klo share buat 10 orang kan lumayan mureh apalagi 20 orang. Enaknya, kita bisa discus kemana kita pergi dan seberapa lama kita pingin enjoy di pulau dan snorkling point. Klo cuman dapat temen kurang dari 10 orang gimana? Berangkat aja, waktu itu emak dapat 5 teman aja, dalam perjalanan kita berkenalan dan dapetin teman lagi, hingga pas 10 orang.

2   2. Budget share cost tanpa EO
Di karimun Jawa share costnya untuk apa sih? Jawabnya cuman satu , Sewa Kapal, yang lainnya untuk sewa ala snorkling, makan atau sewa homestay biaya hitungan perkepala. Nah ini emak share budget selama 4 Hari3 Malam selama ngetrip di Karimun Jawa pada bulan Maret 2013
  • PP pantai Kartini – Karjaw (karimun jawa) Rp. 60rb (@Rp. 30rb)
  • Homestay 3 hari Rp. 75rb (@Rp. 25rb x 3 hari)
  • Biaya sandar kapal, masuk pulau + berenang ama hiu, total Rp. 50rb
  • Sepaket (sewa kapal, foto underwater, sewa alat snorkling lengkap (snorkle+live jacket + fin), makan siang bakar ikan di pulau, guide) Rp. 800rb/hari, share cost 10 orang, jadi cuman Rp.80rb/orang/hari (2 hari full snorkling 160rb)
  • Ditambah Rp. 20rb buat beli minuman 2 kardus untuk 2 hari + roti buat Ikan
  • Jadi total budget yang emak keluarin untuk trip ini 60rb + 75rb + 50rb+ 160 + 20 = Rp. 365.000 murah bukan? Bandingkan dengan TA yang mencharge 550-700rb dengan paket yang sama.

Itu kita share cost dengan 10 orang, gimana klo kita share denga 20 orang (karena kapal yang kita sewa,bisa buat hingga 20 orang) lebih murah lagi.
Emak itu kan cuman makan siang doang, gimana dengan makan malam dan sarapan? Murah banget, khususnya seafood, karena notabene karimun jawa penghasil berbagai macam ikan berlimpah ruah. Di Alun alun ada warung bu ester, yang menyajikan makanan secara prasmanan, ambil nasi buanyak sepiring penuh dan menggunung nggak dihitung karena yang mreka tanyakan hanyah lauk yang kita ambil. Makan cumi 1 gede + es teh cuman Rp. 11rb atau makan menu oseng oseng gurita + teh, cuman Rp. 8rb murah bangettttt. Di alun alun banyak kita jumpai warung warung yang mneyediakan menu murah, mulai siomay ala karjaw, nasi campur hingga seafood (mendominasi).

3   3. Berburu Tiket ke Karimun Jawa
Perjalanan dari Pantai Kartini menuju Karimun Jawa ada 2 type kapal, yaitu kapal penumpang cepat (speed boat) Cantika dengan perjalanan waktu 2 jam (Pukul 11.00 – 13.00) dan kapal penumpang fery + barang+mobil+ sepeda dengan jarak tempuh 6 jam(pukul 09.00 – 15.00). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.  Klo menggunakan speed boat, harga 2x lipat dan cepat, klo nggak terbiasa bisa bisa pusing dan muntah muntah, nahan pipis juga. Nah menggunakan kapal Fery Muria, murah dan lama, santai bermain dan menikmati pulau+lautan dari atas dek, bermain kartu bersama sahabat, berkenalan dengan teman baru, bercerita dan berbagi pengalaman, Bonusnya, kita bisa menyaksikan lumba lumba meloncat loncat dibelakang kapal, seruu kan ???? . klo kita menggunakan speed boat, pesennya harus jauh jauh hari, karena cepat habis dan seringnya diborong ama Tasedangkan klo menggunakan KMP Muria, cukup datang sepagi mungkin, (kebanyakan seluruh bus dari luar kota, sampai di jepara subuh dini hari) Loket untuk kapal Muria dibuka jam 6 pagi, cepetan ambil barisan antri.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah, hari dan jam keberangkatan kedua type kapal tersebut. Karena nggak tiap hari ada penyeberangan, type penyeberangan di karimun jawa bergantian, maksudnya gini, misal hari ini sabtu, kapal berangkat dari pantai kartini ke karimun jawa, nah tuh kapal hari minggu balik dari karimun jawa ke pantai kartini. Jadi Konsecutiv day (selang seling) penyeberangan dari dan ke karimun jawa. untuk speed boatpun sama, hanya perbedaan di hari jumat dan sabtu, cek lagi jadwalnya. Klo rencana ke Karjaw, rencanakan hari sesuai dengan hari dan jam keberangkatan  kapal penyebrangan.

     4.  Cek musim dan angin
Emang kita mau apaan? Gini looo prend,  penyeberangn dari dan ke karimun jawa itu bergantung dengan ketinggian gelombang ombak dan angin, Nah Pada bulan bulan tertentu (khususnya angin barat) adakalanya nggak ada penyeberangan, nggak mau terdampar di karimun jawa selama beberapa hari kan? Ada yang pernah terdampar di karimun jawa hingga 9 hari, dan mreka harus balik kerja, terpaksa sewa carter pesawat dari semarang, nah loooo seberapa budget tuh??? . pengalaman ini emak alami,emak nungguin penyeberangan ke karimun jawa hingga 3 hari dan terpaksa nebeng dirumah temen dan tidur di loket, masih mending emak masih terdampar di pantai kartini dan masih bisa pulang ke rumah, gimana klo terdamparnya di Karimun Jawa???? Hadeww bisa bisa kangen ama si kecil dirumah, dia pasti nungguin emaknya yg ngterip over time.

5   5. Camping di karimun jawa
Dimana kita campnya? Tepatnya berada di alun alun, dekat dek kapal para nelayan, segaris lurus dengan warung bu ester, disana ada lapangan kosong dengan background laut dan kapal nelayan, menikmati sunset di depan tenda.  Kalau mau camping disini, mending izin sama penduduk sekitar, dan inget yaaaa jangan mix cewek cowok setenda, kita harus hormati penduduk setempat yang ramah dan masih tabu dengan acara tenda menenda antara cowok dan cewek. Waktu trip dikarjaw, para cowok tidur di tenda, kita para cewek tinggal di homestay. Trus klo nenda, diamana kita mandi? Ada, lurus ada disana ada wc dan pemandian umum yang nggak jauh dari tempat kita camping.

6   6. Bus Malam + Jalan kaki
Dari Surabaya (Bungurasih/Purabaya), ada Bus patas langsung menuju jepara jam 8.30, 20.30 dan jam 21.30 klo kita ambil bus yang brangkat malam kita sampe di jeparan jam 4 pagi (bagus untuk yang kerja, jadi nggak usah cuti, pulang kerja langsung brangcus). klo high season biasanya penuh dan berebut. Alternatif lain adalah naik bus jurusan semarang, turun di Pertigaan trengguli dan oper bus mini menuju jepara. Untuk baliknya, dari dermaga kartini naik becak menuju terminal Jepara, disana ada bus menuju surabaya jam 16.30.

Klo ini optional yang buat jalan kaki, klo nggak biasa jalan kaki lumayan jauh, jarak antara alun alun kota jepara ke pantai kartini sekitar 2,5 KM (naik becak sekitar Rp. 15rb). Klo ada waktu, kedatangan sore hari, sempatkan berjalan jalan di alun alun kota jepara bersebelahan dengan kantor bupati, dan sempatkan juga shalat di Masjid Jami’ kota Jepara, nikmati jajanan tradisonal dan kerang yang murah di area pusat jajanan yang nggak jauh dari alun laun, melewati jalan belakang (dekat museum kartini) ikuti Jalan, sampe deh di situ. Setelah itu berjalan santai bersama sahabat menuju pantai kartini, klo nggak terbiasa bisa pegel banget, tapi klo kamu sampe di  jepara subuh atau malam hari, langsung aja naik becak menuju pantai kartini.

Gimana dengan setibanya di Dermaga karimun jawa menuju alun alun karimun jawa? Jauh? Nggak cukup jalan kaki saja sekitar 800 an meter, kita sampai di alun alun karimun jawa. Jangan berharap alun laun karimun jawa sebesar alun laun di kota, alun laun di karimun jawa hanya berupa lapangan sepak bola, dan bagusnya bersebelahan menuju dermaga kapal untuk explore pulau pulau di karimun jawa, disinilah biasanya para traveller menikmati sunset di karimun jawa.

  
Happy Travelling





You Might Also Like

11 comments

  1. kak mau tanyak dong, itu yg 90rb udah dapet fasilitas snorkling dkk itu beneran? ada kontak nya gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales :( hik hik, barusan kebaca. padahal sering update.
      Yap beneran :)) Alhamdullilah dapat murah banget.
      CP nya : Pak kuntet ) 081 225 295 961

      Monggo tawar menawar sama pak Kuntet. Orangnya Ramah dan baik banget :)

      Delete
  2. waaa menarik sekali cerita perjalanan ala bolang mak satu inih....sangat membantu saya krn berencana datang ke sana di bulan nov ini...sama juga kita-kita mau membolang (alibi nga punya duit) hihihiihihi.....thx yo mak ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami sami :) wah pingin ikut ke karimun jawa lagi :) eh bro, moga moga nggak terdampar. hahahaha

      Delete
  3. Kira-kira sekarang berapa ya mak kalo mbolang kesana,,,,!!ada rencana mo mbolang ini ke karimun jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata teman teman yang kemarin kesana share cost 20 orang, naik sekitar 10%, KARENA harga BBM naik. Camp aja Bro dekat alun alun, diiizinkan, ada pemandian umum kok. nanti disana cari cari inpo buat sewa kapal, enjoy the journey :)

      Delete
  4. Keren cerita mbolangnya :D Ayo bagi yang belum ke karimun jawa segera pesan paket berlibur lewat situs kami http://karimunjawamenjanganresort.com/

    ReplyDelete
  5. Maur Nuwun. Ihh, jadi pingin ke Karimun Jawa :)

    ReplyDelete
  6. Bagi yang ingin mbolang kesana juga, silahkan kunjungi situs kami http://karimunjawamenjanganresort.com
    Tersedia berbagai paket wisata ke karimunjawa

    ReplyDelete
  7. ini tempat dari dulu kepingin kesana tapi masih belum kesampean. indahnya

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram