White Block Art - Seni Batu Kapur

15:49:00



Entah kenapa dan apa yang ada dalam benak emak *garuk2kepala*, hingga menyebutnya white blok art, emak bukanlah pecinta seni dan kerajinan ukiran batu, tapi tempat yang emak kunjungi yang satu ini juga “sebenarnya “ bukanlah tempat kesenian, melainkan tambang batu kapur putih yang dijadikan batu bata putih untuk bahan dasar membuat rumah masyarakat Madura .

Bukit kapur yang tinggi dan luas ini dipotong potong dengan ukuran panjang persegi di setiap sudut gunung secara langsung, maksudnya??? *nyengir* ckckckckc.  Jadi gini bro *tepokbahu* bukit kapur yang luas itu langsung dipotong potong persegi on spot, artinya Bukit kapur NGGAK diambil dalam bentuk bongkahan atau bahkan diledakkan kemudian dijadikan batu bata, melainkan dibentuk dan diambil secara langsung, jadilah susunan persegi yang diambil membentuk lapisan dengan ukuran yang sama. Wew, gimana caranya? Emak sendiri bingung gimana caranya hingga “secara tidak sengaja” potongan2 sisa balok membentuk belahan seni batu yang indah. Waktu menginjakkan kaki disini,  pada saat yang sama, ada beberapa pekerja yang sedang membuat potongan balok batu, gimana? Jadi lempengan batu kapur diukur,sesuai dengan ukuran normal pesanan, kemudian dikasih tanda (macam kita bikin kotak2 dengan penggaris dibuku, cckckck) trus dipotong dengan menggunakan gergaji mesin dan drill, jadilah ptongan balok, semudah itu??? Nggak juga, waktu disana mata emak kelilipan debu batu putih #alasan, ckckck, jadi secara pastinya “kurang” memperhatikan.

So, white block art sebenarnya, hasil kreasi yang secara “tidak” sengaja dibuat oleh para pekerja tambang batu putih. Ngoten.














Workers













You Might Also Like

0 comments

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram