Jaksa Street Festival

11:24:00

Live Music - Jaksa Street Festival

Jaksa Street Festival
Sebenarnya sudah lama tahu tentang jalan jaksa di Jakarta, tempat para bacpaker dunia mencari hostel murah, baik untuk explore kota Jakarta atau sekedar  singgah untuk melanjutkan perjalanan ke tempat lain. Jalan yang dipenuhi dengan hotel dan hostel murah ini, banyak warga negara asing baik yang model bule, asia sampe afrika yang berlalu lalang, serta ‘kehidupan malam’ yang semakin malam semakin rame. Banyak warga jakarta yang memandang tempat ini sebagai tempat ‘buruk’, bukan karena tepatnya yang kotor tapi tak lain karena kehidupn malam yang dipenuhi wanita yang bikin ‘puas’ di sepanjang jalan, tapi juga sering terjadinya transaksi ‘obat obatan’ serta perkelahian, (biasanya didominasi warga keturunan afrika). Makanya secara otomastis orang yang tinggal di hotel atau hostel dikawasan jalan jaksa  dipandang ‘buruk’. Klo emak jujur, cuek cuek aja, yang penting dapat hotel murah dan nggak neko neko, terserah orang atau teman mau bilang apa. Bahkan dapat pengalaman,cerita dan teman baru dari sesama bekpek yang singgah disini.
Persiapan H-1


Modern Show
Waktu datang ke Jakarta untuk ngurus Visa, emak tinggal di hostel dikawasan jalan kebon sirih (sekitar area jalan Jaksa), maklumlah emak hanyalah seorang yang sederhana yang suka travelling dan meggunakan budget yang mepet kesrempet. Bersamaan dengan nunggu Visa ternyata ada acara Jakasa street festival 2013 (berlangsung tanggal 23- 25 agustus), Baru tahu tahu klo acara ginian dan  diadakan tiap tahun (sejak tahu 1994, biasanya diadakan pada bulan agustus), bahkan teman teman di jakarta juga nggak tahu klo ada acara ginian di Jakarta.
Tarian Tradisional
Ada apa saja di festival ini?  Pembukaan dimluai dengan tarian tradisional daerah jakarta, ondel ondel dan juga beberapa kesenian daerah dari daerah lain (kalimantan), tarian berjalan mulai ujung jalan jaksa ke ujung yang lain, sepanjang jalan dipenuhi penjual pernak pernik khas daerah masing masing (khususnya daerah DKI Jakarta) bersama dengan para finalis abang none Jakarta ditambah dengan aneka show kreasi modern. Jalanan sepanjang Jalan jaksa dilukis dengan berbagai lukisan khas (nggak kelihatan aspalnya J ) dan juga gantungan beberapa lampu hias dengan dekorasi yang bertuliskan Jaksa Street festifal. Di malam hari ada pertunjukkan panggung yang menampilkan kesenian tari khas Jakarta + pertunjukkan ala Lenong (banyolan ala jakarte) trus dilanjukan dengan pertunjukkan live music. Nah yang ini yang bikin membuat magnet orang datang ke acara, Banyak dijual aneka makanan khas jakarta mulai Kerak telor, bir pletok sampe soto betawi. Nggak ada salahnyanya kan menikmati dan menampilkan budaya kita sendiri tanpa harus memandang sebelah mata? Bukan Gengsi yang menjadikan negara kita besar tapi KREASI dan kreatifitas #mendadaknasionalis.
Lukisan di Jalan 

Lampion Dekorasi Jaksa Street Festival


Maaf ya fotonya kurang mantap, emak cuman bawa camera handphone



You Might Also Like

0 comments

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram