Air Terjun Toroan, Air Terjun Langsung Ke Laut

02:09:00

Madura

Air Terjun Toroan berada di desa Ketapang Daja, Kecamatan Ketapang, Madura. Berjarak 43 KM dari Kota Sampang. Kebetulan, sebelum bertandang ke air terjun unik, kami ke Pantai Slopeng yang berada di Kota Sampang. 
Dalam perjalanan kami tersesat berkali kali. Maklum saja, waktu kami datang kemari, masih belum terdapat Papan petunjuk Informasi tentang keberadaan Air Terjun ini. Setelah bertanya kesana kemari, akhirnya kami mendapat petunjuk tentang keberadaannya. Dari jalan raya menuju ke arah air terjun, Kami melewati lembah yang curam dengan jalanan setapak. Nggak bisa dilewati mobil, kalaupun pakai motor pastikan kagak nyungsep ke dalam ladang disekitar lembah. 
Aroma laut menyelimuti. Nampak dihadapan mata hamparan laut lepas. Untuk mencapai air terjun kita harus berjalan kaki melewati pesisir pantai dan bebatuan. Banyak gambut atau ilalang kering disepanjang pantai. Air terjun liar yang menawan dan masih jarang pengunjung yang datang. Ketika datang kesini tidak ada mengurus dan nggak pakai tiket masuk alias gratis. 
Air terjun berasal dari aliran sungai yang deras. Ketinggian air terjun sekitar 20 meter dan cukup deras. Curahan air terjunnya  langsung menuju jatuh ke laut lepas.  Itulah daya tarik dari air terjun ini. Jadi wisatawan dimanjakan dengan dua pemandangan sekaligus yakni Pesona Air terjun dan hamparan laut lepas. 
Keindahan air Terjun dipercantik dengan bebatuan besar, bulat dan utuh. Untuk melihat full arah air terjun kita harus melewati bebatuan yang bulat dan licin. Awas jangan sampe jatuh, konsekwensinya? Masuk Laut!.

Tips menuju Air terjun Toroan
  • Pakai sandal atau sepati anti selip (ngebak juga nggak papa ntar juga keroken)
  • Bawa Baju Ganti, siap siap berbasah basah ria (jangan sampe bugil)
  • Jangan mencoba loncat loncat ke sisi lain kalau kagak ingin jatuh ke laut
  • Awas tuh mata, jangan sampai kebablasan, maklum kagak ada plang Informasi.
  • Waktu yang tepat berkunjung kesini adalah waktu matahari terbenam, Sunset di Air Terjun menawarkan pesona tersendiri. Keren!


Air Terjun Toroan

Transportasi Menuju Air Terjun Toroan:
  • Sebaiknya membawa kendaran Pribadi baik motor maupun Mobil. Jangan Khawatir tersesat. Penduduk Madura sangat Ramah dan siap menunjukkan jalan jika tersesat.
  • Jika menggunakan Motor, kendaraan bisa dibawa hingga menuju ketepian pantai. Dan jika menggunakan Mobil. Bisa diparkir ditepi jalan.
  • Jika menggunakan kendaraan umum, rutenya bisa dilihat di link web sebagai berikut. 

You Might Also Like

4 comments

  1. Hi mbak salam kenal,utk menuju air terjun klo jembatan suramadu kira2 brp jam ya?

    ReplyDelete
  2. Maksudnya dr jembatan suramadu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira kira satu jam pakai kendaraan pribadi. Nggak seberapa jauh kok.

      Delete
  3. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com ya, terima kasih

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram