Are You Happy ?

13:31:00


Gimana nggak Happy? Pertanyaan tersebut terlontar dari siapa saja yang emak temui. 


Seberapa sering pertanyaan tersebut terlontar dari orang yang kita sayangi atau dari diri kita sendiri? Pertanyaan yang terlihat ‘simple’ tapi bermakna. Pertanyaan yang terlihat sepele tetapi menggegam rasa. Pertanyaan yang ‘jarang’ terlontar tapi sangat diharapkan. 

Pertanyaan yang dapat mengubah tangisan menjadi senyuman. Pertanyaan yang mampu melindas galau menjadi keceriaan. Pertanyaan itu mampu menjerat keputusasaan menjadi sebuah harapan.

Dalam kehidupan yang penuh materialis dan harapan palsu. Pertanyaan itu seakan lenyap dalam badai, tertiup angin, tertulis dalam pasir. Andai, pertanyaan itu datang kepada emak dari bibir manis orang tercinta. Pastilah emak tak mampu menjawabnya.

Emak cukup tersenyum dan melelehkan air mata. Kebahagiaan tak akan terjawab jujur oleh sebuah senyum tersungging. Melainkan lewat tatapan mata yang mampu menembus jantung hati para sang pecinta. Dor!!!! cukup melownya *sodorintissue*.

Emak sebenarnya mau cerita. Pengalaman emak mengunjungi Surga. Hadew! berasa jadi kayak sufi. Banyak Dosa, bisa ngunjungi Surga. hehehe



Jammu dan Kashmir yang berada di Utara India. Terkenal dengan gugusan pegunungan Himalaya. Para pecinta keindahan alam menyebutnya dengan Surga Dunia.

Selama menjejakkan kaki di J&K (Jammu Dan Kashmir). Tepatnya kota Srinagar. Bagi emak pribadi, bukan pemandangan yang kayak Walllpapper yang menjadikannya Surga Dunia. Tapi justru pertanyaan “Are you happy??” yang bikin emak melayang di Surga.

Gimana nggak Happy? Pertanyaan tersebut terlontar dari siapa saja yang emak temui. Mulai dari Pak Firdaus, pemilik houseboat. Saudaranya Pak Firdaus, keponakannya, Sopir, guide, Pendayung Shikara, penjual souvenir, tukang masak, pembuat Chai (teh). Pertanyaan itu selalu terlontar dari bibir mereka.

Kepuasaan dan kebahagiaan wisatawan. Sepertinya menjadi hal utama. Sehingga tak jarang mereka selalu melontarkan pertanyaan “Are you happy?”.

Bahkan nih, para penjual souvenir. Kita obrak abrik barang mereka. kita tawar dan ujung ujungnya kita tidak membeli apapaun. Tetap saja mereka bilang “Don’t Worry Be happy?”
Paling nggak nahan kalau yang tanya cowok kashmir yang super cakep. Hidungnya euy....kayak burung betet. Tatapan yang tajam, kayak burung elang. Kulitnya putih pink. Ditambah bulu sexy diwajahnya.  Ah sudahlah, tak lagi single. hahaha *kucek2mata*.


Mungkin mereka sekedar bertanya. Atau mungkin tulus dalam hati. Kita tak pernah tahu. Tapi emak sangat menghargai pertanyaan mereka. Banyak tempat yang emak kunjungi tapi tak pernah mereka peduli emak happy apa nggak.*saknorek!*

Meski konflik kerap melanda daerah ini. Tentara berlaras panjang nampak disetiap sudut kota. Toh mereka tetap bahagia. Menjalani kehidupan sehari hari dengan Normal. Tak nampak ketegangan.

Setiap perjalanan selalu mampu membawa diri kita dalam kedewasaan. Memberikan makna dalam setiap langkah. Perjalanan emak mengunjungi J&K membawa perubahan tersendiri dalam emak.

Ketika sebuah perselisihan. Ketika duduk santai atau sekedar nonton bersama keluarga. Emak menatap setiap mata orang orang yang emak sayangi. Mampukah emak membahagiakan mereka? *terdiamtanpakata*. Emak terkadang menanyakan dengan tulus  “Are You Happy?”.

Jadi, jangan segan apalagi malu menanyakan pertanyaan ini kepada setiap orang yang kita sayangi. Tutup muka pakai sapu tangan kalau malu. Tapi tanyanya yang serius, jangan asal tanya.


Coba, angkat telpon. Dial nomer telepon Ibu kita yang jauh disana. Tanya Kabar, ngobrol. Trus diakhir kata, tanyakan apakah Beliau bahagia? Jujur kalian bakal mewek duluan sebelum tanya *melelehairmata*.

Tapi paling nggak nahan. Mantan kita yang sering kita sakiti. Yang sering kita PHP. Tapi dia tetap sayang dan peduli. Masih sering bertanya “Are you happy? are you really happy? Hadew!!! Antara move on dan Dream on.

Percayalah, pertanyaan itu mampu membawa makna tersendiri dalam setiap hubungan. Kebahagiaan orang yang kita sayangi adalah bagian dari kebahagiaan kita bukan ?

So, Are you Happy ?

You Might Also Like

0 comments

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram