7 Kuliner India Wajib Coba

21:02:00

Ladoo

Travelling Identik dengan berkuliner. Menjejak suatu tempat baru terasa kurang lengkap tanpa mencecap rasa masakannya. Apalagi Emak yang doyan mbadok alias Makan. J aih, Jowo ne metu. Tiap kali jalan jalan emak selalu mencoba menu khas daerah tersebut.

Nggak peduli orang bilang makanan itu rasanya aneh, terlalu pedas, terlalu manis, terlalu berbumbu, terlalu berminyak dan segala bentuk ke ‘terlalu’ an yang lainnya. Bagi emak, apapun itu yang penting halal. Semakin aneh, emak semakin bergairah untuk mencoba. Justru, sensasi rasa Makyoos, njotos sampe bikin melengos  membuat emak mengenal cita ‘rasa’ masyarakat lokal.  Bikin perjalanan semakin banyak cerita.

Makanan berikut dapat dengan yang mudah kita temukan di restoran atau dipinggir jalan Negeri Paman Takur J. Selain mudah ditemui, makanan berikut memiliki cita rasa yang bikin lidah bergoyang. Ada yang super gurih, ada yang ‘sangat’ manis, bahkan ada yang memiliki perpaduan nano nano alias manis, asam, asin dan pedas. Penasaran? Berikut Kuliner India wajib coba. Yuk! Siapin lidah bergoyang India J

1.    Biryani
Siapa yang tak kenal Biryani. Ketika nama India menyentuh otak. Nama makanan khas yang terucap terlebih dahulu pastilah Biryani. Rasanya yang gurih bikin nagih. Apalagi masakan ini menggunakan beras sebagai bahan utama. Maklum, perut Indonesia nggak terasa kenyang kalau belum melahap si nasi.

Rasa gurih beras Basamati yang ukuranya super panjang. Dimasak bersama bumbu lengkap dan Ayam. Menghasilkan aroma yang membuat perut laper. Apalagi dihidangkan dengan tongkrongan ayam diatasnya trus ditaburi dengan bawang bombay goreng dan daun corriander. Widih! bersiap melahapnya dan  nikmati letupan rasa gurih menggelitik lidah. 

Ada berbagai macam Biryani, bisa kamu baca disini


2.    Chole Bhature
Chole ini sejenis kacang kacangan. Versi inggrisnya dikenal dengan nama Chick  Peas. Karena kacang ini bentuk montok kayak pipi J. Chole direndam semalaman biar lunak. Kemudian dimasak bersama berbagai macam bumbu, termasuk campuran yoghurt yang sehat. Disajikan bersama taburan jahe yang diris tipis memanjang dan daun ketumbar.

Chole bisa dinikmati bersama nasi atau Bhaatora (Bhature). Lebih mantap dinikmati dengan Bhature. Roti india ini bentuknya lucu. Setelah digoreng, rotinya menggelembung kayak bola berukuran jumbo. Kalau di joblos atau disobek tetiba mengempes, Nyesss!.

Biasanya disajikan bersama acar India dan salad bawang. Chole ini tipe street food. Sangat murah. Sepanjang jalan dapat dengan mudah kita temui penjual Chole Bhatura. Hampir seluruh restoran di India juga menyajikan menu ini.

Chole India
Chole Bhature

3.    Dosa
Pertama lihat menu ini, emak sempat ketawa dalam hati. Namanya bikin penasaran. Setelah mencobanya, hmmm selanjutnya makanan ini menjadi menu andalan emak ketika jelajah India. Itu kalau emak nggak dapat menu khas lokal.

Dosa juga menjadi brand foto masakan India. Jika kamu sering ngelihat masakan India disajikan diatas piring almunium berlapis daun pisang. kemudian disajikan bersama berbagai macam cocolan dalam mangkok keci lkecil melingkar dipinggir piring Trus ada gorengan bulat lonjong. Itulah Dosa.

Dosa ini sebenarnya berasal dari selatan India.  Ada berbagai macam Dosa. Seperti Masala Dosa. Onion Dosa. Cheese Dosa dan Dosa dosa lainnya J. Rasa masakannya juga nggak terlalu pedas. Lebih lengkapnya bisa dibaca disini.http://www.emakmbolang.com/2015/01/menikmati-dosa.html

Indian Dosa
Cheese Dosa


4.    Chat
Berbeda dengan ketiga makanan diatas yang disajikan sebagai menu utama. Menu makanan India wajib coba selanjutnya sebagai jajanan atau makanan pencuci mulut. Chat ini semacam Mix atau gabungan dari berbagai macam gorengan. Ada Alu tikki yakni kentang goreng yang dimasak bersama bumbu rempah bubuk. Dan Juga gorengan kayak bola. Ditengahnya lubang, kemudian diisi dengan berbagai macam kentang dan kaca kacangan. Terkadang gorenganya kayak snack, bulat bulat kecil.

Gorengan ditaruh kedalam piring kecil. Trus disiram dengan saos  youghurt. Dilumeri dengan saus merah dan hijau. Terkadang ditaburi dengan tetelan buah delima, jahe dan daun ketumbar. Saus merah disebut juga saus tamarind. Kerena terbuat dari tamarind, cabe, dan jinten. Emak paling suka sama saus ini. Kayak bumbu rujak buah minus kacang.

Ngelihatnya saja asli bikin ngelir. Kayak pelangi menyelimuti lekuk pegunungan. Lahar youghurt dan saus merah nampak berjalan perlahan diantara ‘pohon' sambal hijau. Ketika masuk kemulut, hmmm yummy sensasi nano nano menggoyang lidah.

India Food
Raj Khacori

5.    Samosa
Jenis jajanan ini kayak Samosa masakan Arab. Sejenis gorengan yang didalamnya berisi kentang berbumbu. Kentang dimasukkan kedalam adonan pastri. Dibentuk segitiga ala martabak. Kemudian digoreng sampe coklat. Bisa dimakan langsung atau dicocol dengan saos merah dan sambal hijau. Sambal hijau ini terbuat dari campuran cabe hijau dan daun ketumbar.

Samosa ini biasanya dijual di pinggir jalan atau restoran. Bahkan toko toko diterminal biasanya menjual Samosa. Sebelum dimakan dihangatkan kedalam oven. Beberapa penjual menggorengnya kembali ketika kita membeli. Biar anget dan mantap.


Indian Samosa
Samosa


6.    Pani Puri / Gol Gappa
Ini makanan selalu menggoda wisatawan. Karena paling banyak dijumpai dipinggir jalan atau didorong kedalam gerobak. Pani berarti air dan Puri berarti Roti India yang digoreng dalam minyak limpahan minyak. Bukan hanya India, Pani Puri juga street food yang paling banyak diminati di Nepal, Pakistan, Bangladesh dan Nepal.

Puri ini semacam bola kecil yang digoreng. Dalamnya kosong. Kemudian bagian atasnya dilubangi. Dan diisi dengan kentang atau kacang kacangan. Kemudian ketika anda memesan, pelayan akan memasukkan puri kedalam pani. Sampai puri terisi pani. Langsung kamu masukkan semua kedalam mulut. Dorrr sensasi meletus antara pedas dan kriuk meledakkan mulut J. Karena memang pani nya ini bukan sekedar air biasa. Tapi dikasih berbagai macam bumbu dan agak pedes. Nih, Jajanan India banget.

Pani Puri


7.    Ladoo/Sweet
Ini makanan yang selalu bikin penasaran para mbolanger yang gandrung ama film Bollywood. Karena dalam setiap film selalu tersaji manisan warna warni. Seringnya dalam adegan nyuapin dan dalam adegan mengharukan atau perayaan.

Manisan India begitu warna warni. Ngelitnya aja pasti pingin nyobain semua. Bikin kalap mata. Warna merah, hijau kuning, ada semua. Bentuknya kotak atau bulat. Manisan ini terbuat dari susu dan gula. Kadang diatasnya ditaburi kacang pistachio. Kadang kayak onde onde. Kadang dilapisi almunium atau emas. Kadang tanpa taburan apapun. Ada yang digoreng kemudian dicelupkan kedalam kuah gula. Banyak sekali tipenya.

Setiap daerah di India memiliki manisan yang khas. Kalau emak lagi mbolang kemanapun di India. Pasti mampir ke toko manisan. Belinya satu satu dengan berbagai macam rasa. Biar bisa Emak cobain semua. Manisan India tak sekedar manis tapi manis bunget poll sampai nusuk kedalam gigi.

Paling sering digunakan sebagai oleh oleh. Sekotak besar cuman 300 Rupees atau sekitar Rp. 75. 000. Sudah banyak isinya dengan berbagai macam rasa. Manisan ditaruh kedalam kotak dan dibungkus dalam kertas kado. Sudah sepaket dari tokonya. (foto atas)

Ngiler? sudah, jangan parno untuk mencoba. Kalaupun kamu takut perut melus. Baca Tipsmenghindari mencret selama travelling di India. Masakan India nggak selalu rasa Jamu. Biarkan lidahmu menikmati warna warni masakan India. Sewarna warni hidupmu yang selalu pingin menjelajah seluruh Dunia.


Happy Kulineri J

You Might Also Like

40 comments

  1. Kacang2an, yoghurt, goreng2an, manis banget, berempah. :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. Lima kata mewakili kuliner India :)

      Delete
  2. Temen-temenku yang orang India, kalo mudik ke India, pulangnya pasti bawa oleh-oleh makanan, ya lado itu.. Muaniiiis semua rasanya.. gak suka aku kalo yang manis-manis gitu... Tapi kalo biryani, dosa (di Singapur juga di Batam tulisane thosa), samosa, pani puri, aku sukaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Deean. Manis e sampe nusuk gigi. Tapi ada beberapa daearh manisannya enak. Nggak terlalu manis. Si kecil suka. Aihh Pani Puni selalu bikin temen penasaran.

      Delete
    2. Iya mbak, manisnya sangaaat.. mbayanginnya aja udah ngilu gigiku :D

      Delete
  3. Paling suka manisan.... Nih salah satu kuliner paling ngangenin!!
    *Jadi ingat moment waktu ke Kashmir, mbak e beliin kita manisan buat cemilan :D
    #pengalaman pertama nyicip manisan ala India

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Manis kayak Kamu *kedipkedipmata*
      Aplagi 'Manisan Kashmir' yang itu tu ........ hehehe

      Delete
  4. Tau ladoo dari film Mahabharata, itu kan makanan kesukaan Bima.
    Pengin nyoba nasi briyani, katanya enak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Pecinta Mahabharata Juga :) Kalau Ladoo abnyak yang nggak suka, terlalu manis. Kalau Biryani buanyakkk yang suka. Gurihnya itu yang bikin nggak kuku

      Delete
  5. *cateeet cateeeeet
    Pingin nyoba yang Raj Khacori, beberapa makanan di atas aku pernah icip di rumah temen yang asli orang India pas tiap kali diwali :) miss that moment

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Raj Khacori nano nano banget rasanya, Harus coba! Temen kamu ini India tinggal di Indonesia? Iya, di medan ada little India kan ya? Aku belum pernah kesana. kapan kapan ah, waktu lintas Sumatra.

      Delete
  6. Sekarang udah gak jaman lagi make piring beling. Pake aja piring kertas, contohnya tray makanan yang satu ini.
    Buatan Greenpack. Meskipun terbuat dari kertas tapi kalo kena air dan minyak tidak akan bocor. 100% tidak menggunakan plastik , bahan kimia dan juga laminating.

    ReplyDelete
  7. Namanya unik2 yaa hihihi jadi penasaran sama dosa deh ^^

    ReplyDelete
  8. bisa dipaketkn ga mbak....jd penasaran saya pengen nyoba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa... Tapi ntar rasanya beda bahkan nggak jelas. kelamaan.hehehe

      Delete
  9. Replies
    1. Curry itu sebenarnya bumbunya. Klo cobain makanan diatas pasti dah ngerasain curry nya India :)

      Delete
  10. di indonesia ada yg jual pani puri dan dosa ga yah? klo ada dimana lokasinya mohon infonya kaka.. syukriya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dmosisli di Jakarta nggak ? klo di Jkt banyak yang jualan masakan India, tapi belum pernah keteu penjual pani puri. Kalau Dosa rata2 banyak yang jual

      Delete
  11. kalo bikin ladoo itu pake tepung gandum utuh atau tepung gandum biasa? atau dijakarta atau surabaya ada yg jual ladoo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh belum pernah bikin ladooo sendiri, selalu beli. Di jakarta ada yang jual ladooo. kalau di Surabaya itu adanya restoran India, jual makanan, bukna manisan

      Delete
  12. aku pengen banget coba makanan orang india, bumbunya itu bikin penasaran. tapi orang india masak banyak bawangnya ya. -_- aku kurang suka makan bawang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, banyak banget bawangnya. Bhakan saladnya itu bawang, hehehe. coba aja, seger kok saladnya.

      Datang ke India langsung aja, biar bisa nikmati sedepnya curry India

      Delete
  13. Kalo ingin makan ladoo atau makanan india di daerah jakarta dmn ya? Lokasinya klo boleh hehe dan klo bisa daerah jakarta barat deket tangerang. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah coba di Jakarta Pusat. Dekat Sarinah itu ada restoran khusus masakan India. Aku lupa namanya. Tapi kata teman teman di Jakarta ada banyak, tapi saya belum mencoba selain yang dekat Sarinah itu

      Delete
  14. saya nyobain makanan India di Penang mbak, lucu deh di restoran India di Penang karena penasaran dengan salad Bombay akhirnya pesen eh ternyata yang datang serutan bawang bombay segar diperesin jeruk nipis hahaha, gmn gak bau badan coba. Tapi aku suka kok makanan india yg pernah dicoba samosa, ayam tandoori, nasi biryani dan mutton (kari domba)tapi klo nyobain di tempat aslinya pasti beda ya,duh India kapan bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Iya, saladnya orang India itu bawang yang dihujani jeruk nipis. makan apapun saladnya sama :)))

      Wah, klo Biryani memang nggak bisa nolak ya, say suka, saya suka :)

      Delete
  15. jadi pingin merasakan semua menu dari india itu, sekarang jadi laper deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Cobain deh pasti ketagihan :)

      Delete
  16. Ngeliat yang namanya DOSA jadi penasaran, emang itu gmana ya? kalo makan ntar nambah dosa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalau makan DOSA sebaiknya berdoa dulu :D

      Delete
  17. Samosa itu kaya apa ya mbak rasanya... aku bayangin kok rasanya kaya pastell...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luarnya kayak pastel, tapi dalamnya rasa kentang kukus campur curry :)

      Delete
  18. Ah..tampak enak-enak dan menggoda :)
    Minggu lalu teman yang orang India masakin nasi biryani dan enak banget ya mba.. nagih :D.
    Kalo "dosa" khawatir dosa makannya..haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh, Menggoda banget.
      Eh, kenapa Biryaninya nggak dipempar kesini, aku lagi kangen makan Biryani.

      Hahaha, kalau makan dosa banyak2 berdoa :))))

      Delete
  19. Maaaak, ini saya lagi online pagi-pagi lha kok nemu ginian lagi..

    duh lap iler dulu..

    kalo soal makanan India cuma pernah makan nasi biryani sama samosa, duh kasian ngets yah.. pingin deh cobain makanan India yang lain kayaknya kok enak banget tuh..

    eh btw nih mak, ada gak makanan yang cuma ada pas festival tertentu doang gitu? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nakkkkkkkk :)

      Sodorin lap atau baskom :))))

      Ntar kalau ke India cobain semua masakan, khusunya menu Mughal, huaaaaa jadi ngiler juga

      Delete
  20. Alhamdulillah kalau samosa/sambosa bisa coba dari PiramidaFood.com enak dan isi-nya padat banget dan bisa delivery ke seluruh jakarta

    ReplyDelete
  21. Jgn bhas mkn india ah. . Jdi pgn mkn dech. . Dah prnh rasa in smua nya. . Hhh masalahnya pernah tinggal d Bangladesh dkt india. . Makanan nya enak² smua. . :G :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pernah tinggal di Bangladesh, ceritain dong.

      kayaknya makanan sama culture hampir sama, ya..

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram