5 Tips Nyaman Menggunakan Toilet Umum Saat Travelling

12:40:00

Kanpur toilet

Jorok dan kotor ialah ungkapan yang pas menggambarkan kondisi toilet umum di Indonesia. Bahkan toilet umum di India lebih parah dan lebih dahsyat tingkat kejorokannya L. Hampir seluruh toilet umum di belahan dunia mengandung unsur  ketidaknyamanan. Bahkan dinegara maju. Cerita si tissue bermotif kuning beserta aromanya, kerap emak denger dari teman teman.

Tanpa jadwal dan waktu, si empunya metabolisme pembuangan tubuh sering datang tiba tiba. Kalau dirumah sih nggak papa. Tinggal duduk dan mengejan J. Tapi ketika travelling? Kita pasti dihadapkan dengan toilet umum. Belum lagi kita harus mencari letak toilet. Sampai di toilet, Laa kok ndelalah antri. Setelah antri, masuk kedalamnya disambut aroma urine dan suguhan yang enek banget.

Mau ditahan? ampun dah! acara jalan jalan pasti nggak nyaman. Bisa bisa kamu kena infeksi saluran kencing dan mengeluarkan biaya yang lumayan besar. Daripada jadi penyakit, mending kamu ikutin beberapa tips aman dan nyaman menggunakan toilet umum ala EmakMbolangJ

1.    Masker
Selain berfungsi menghadang debu jalanan. Masker juga berfungsi untuk menahan bau tak sedap di Toilet. Bawa saja masker  tipis kayak yang dipakai Dokter.

2.    Parfume Ukuran Mini
Untuk menghindari bau tak sedap dalam toilet yang eneg dan bikin muntah. Selain masker, bawalah  minyak wangi atau parfume dengan ukuran kecil. Kalau kamu suka bawa minyak angin atau minyak kayu putih selama perjalanan, manfaatkan. Semprotkan parfume kedalam toilet sebelum kamu masuk atau oleskan dikit di ujung masker.

Parfum mini ini juga bisa kamu gunakan untuk baju. Biasanya kalau kita jalan jalan, keringat selalu bercucuran dan membuat baju tak sedap. Dari pada bikin teman perjalanan kamu puyeng bahkan pingsanJ. Oleskan atau semprot dikit ke baju. Jangan terlalu banyak juga, kadang ada orang yang nggak suka bau parfume.

3.    Botol Air Mineral
Kalau kamu jalan jalan, pasti dong selalu bawa air mineral buat minum. Nah, botolnya jangan dibuang. Isi ulang dengan air di hotel sebelum memulai perjalanan. Atau cari taman yang biasanya mempunyai kran air untuk menyiram taman. Pastikan airnya bersih. Ukuran botol yang sedang saja, biar nggak terlalu berat di ransel.

Air ini berfungsi untuk cebok buat kamu yang nggak terbiasa dengan menggunakan tissue. Atau gunakan untuk menyiram toilet sebelum kamu pergunakan. Biasanya toilet umum ini minim air atau airnya tidak mengalir dengan baik. Kalau didalam toilet ada air, siram toilet terlebih daluhu, baru kamu pergunakan.

4.    Tissue dan hand sanitiser
Bawalah tissue kering, tissue basah dan juga tissue khusus untuk genital. Setelah cebok, keringkan dengan tissue kering. Biar nggak lembab dan menyebabkan keputihan. Selain itu, kita nggak tahu bagaimana kualitas air yang kita gunakan, ada baiknya kamu keringkan.

Setelah itu bersihkan tangan kamu dengan tissue basah. Atau gunakan handsanitizer. Beli tissue ukuran compact yang khusus untuk travelling. Tissue ukuran compact ini dengan mudah kamu temukan di supermarket. Dan juga handsanitizer ukuran mini. Keduanya juga bisa kamu gunakan sebelum makan biar bersih dan hygine. Nggak mau kan perut kamu mules waktu travelling? Di blog ini kamu juga bisa temukan tips menghindari mencret saat travellingJ.

Tissue ini bisa digunakan untuk membersihkan toilet dengan design duduk (bukan jongkok, toilet gaya orang barat). Lap lap bagian pinggirnya. Emak juga lapisi bagian duduknya dengan tissue sebelum duduk.

5.    Kacamata hitam
Mau narsis apa mau pipis? Tunggu duluJ. Tahu kan gimana ‘pemandangan’ toilet umum. Agar ‘silau’ nya nggak mengganggu aktifitas pembuangan alami tubuh, gunakan aja kacamata. Ada loo, orang yang nggak bisa pipis atau popo gegara pemandangan toilet yang kotor, seperti EmakJ. Bukannya keluar malah muntah muntah. Jangan gunakan langsung ketika masuk kamar mandi. Ntar gelap, kaki kamu malah terperosok kedalam toilet. Pasang sebelum kamu ancang ancang mau ngeluarin J. 

Lagian kalau kamu travelling pasti bawa kan kacamata hitam? Baik buat menghadang matahari menyengat atau tampil gaya.

Nggak terlalu ribet kan? Bahkan kamu bisa menggunakan tips tersebut ketika kita nanjak ke gunung atau wisata alam yang hanya menyediakan “toilet alam”. Jangan lupa bawa balik sampahnya.

Nah, biar barang barang tersebut gampang carinya dalam ransel. Dan nggak nyempil disana sini (pengalaman J) Taruh semuanya dalam Travel Mate Toilet OrganizerBentuknya kecil dan compact. Bahkan bisa digantung dalam gantungan kamar mandi. Kamu bisa taruh seluruh kebutuhan toiletery kamu kedalamnya. Harganya juga nggak mahal dengan design warna warni.

Happy Mbolang Kawan J

Foto Diambil Dari Tokopedia



You Might Also Like

20 comments

  1. Ngakak yang bagian kacamata hitam :D :D
    Kalo tissue, air botolan, masker (aku selalu sedia slayer di ransel), parfum non alkohol botol kecil (biasa beli murah meriah 10ribuan) insya Allah selalu sedia di ransel. Yang perlu dicoba nanti kacamata hitamnya niih... :D
    Good idea banget mbak.. makasih yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Itu penting Dee an. Biar mental itu Suguhan alam Toilet.
      Sami sami :)

      Delete
  2. mb zulfaaaa.. itu yang paling nggak nguati kacamata hitamnyaaa.. hahahahaha... *lagi bayangin kalau ikutan kecemplung amlah berabe.. hihihihi.. btw nice info makasii yaaa... *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha itu pengalamanku mabk Ima, Nggak nahan lihat pemdangan sekitar, pasang dah kacamata. ayem. wkwkwkwkw

      sami sami mbak :)

      Delete
  3. Huaaaaaa..... muneg2 mbayangno, Zulfa. Yen aku masio nang Eropa selalu sedio tissue basah dhewe. Sakdurunge nggawe toilet, ngelap2 dhisik. Yen wes yakin bersih, baru digawe.... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ojok dibayangno mbak. mbelarah ora doyan maem. matur nuwun mbak diilingno. Mabengi waktu nulis, tak coba inget, rasane onok sing kurang. Sampe isuk tak jarno nang draft. nggak iling2. eh iyo, ngelapi pinggirane toilet model duduk. Wis tak masukkin. Danke :)

      Delete
  4. Buahaha kacamata! iya juga ya. Kalo gak ada parfum, minyak kayu putih gakpapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu Lagi cari emoticon yang pakai kacamata hitam nih. Seger bau minyak kayu putih :)

      Delete
  5. hihihi asal jangan minyak sinyongnyong, pingsan ntar di dalam toilet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalau itu bikin pingsan di toilet mbak. si nyongnyong ini mengingatkan aku sama "si lemah gemulai yang macho" hehehe

      Delete
  6. tipsnya bermafaat banget kak buat yg suka traveling,
    nice artikel


    http://litarachman.blogspot.com/
    boleh minta follow blognya juga kak?, hihi,
    thanks for visiting

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih. Pasti sambang ke Blog. salam Kenal Lita :)

      Delete
  7. Mantap tipsnya. Yang kaca mata boleh tuh dicobain :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun mbak Rien. Itu awalnya nggak sengaja akhirnya jadi berharga :)

      Delete
  8. Kalo gw ngak jadi ke toilet kalo kotor banget, mending di semak2 aja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Kasihan semak semak nya Om. Ntar dikira "gituan" :))

      Delete
  9. hahaha. aku malah buka kacamata item pas di wc mba, toilet di indo soalnya rada gelap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh tidak, ntar ada 'penampakan' :) dan nggak konsen 'ngejannya' hehehe

      Delete
  10. Betul tuh mak kalau ke toilet umum jangan lupa selalu bawa tissue dan hand sanitiser
    Pernah pengalaman miris banget, padahal toilet mall tapi gak disediain air sama tissue :(
    untung daku selalu bawa tissue kemana - mana saat pergi
    Anak cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah toilet MALL padahal ya, biasanya ada yang jaga dan selalau bersihkan. Iya bawa kemana mana, PENTING buat kesehatan juga

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram