Kenapa Banyak Sapi Berkeliaran di India ?

17:05:00


Lengak lengok sapi dengan gaya santai dan cuek kerap kita jumpai di jalanan negeri Hindustani. Tak hanya sapi bahkan kerbau hitam berukuran Jumbo turut meramaikan jalanan. Tak hanya di tempat sampah, sapi ini  dengan mudah kita jumpai di tempat umum seperti pasar, jalanan bahkan kadang masuk kedalam kampung. Kerennya lagi terkadang mereka tidur santai di tengah jalan raya.

Turis yang tidak terbiasa dengan pemandangan ini sering dibikin kaget dan merasa tidak nyaman. Gimana tidak, lagi asyik jalan santai dari arah berlawanan sudah ada monyong sapi didepan mata. Atau pas lagi asyik motret bangunan tua ada yang nyapa dengan suara lantang, mooooo. Seringnya waktu makan dipinggir jalan tetiba si sapi menyapa dan terlihat pingin Ngetjup J .

Pernah, sama suami cari baju di pasar. Mata emak terpanah dengan baju ngejreng India yang super glamour dengan rangkaian manik warna warni. Dasar emak emak J kalau dah shopping matanya kinclong. Emak jalan santai ngelihat deretan baju dibalik kaca toko. Ndelalah si kerbau hitam Nyembul dari kerumunan. Tepat didepan emak. Kaget dan ketakutan, emak langsung dorong ‘suami‘ kearah kerbau dan emak sembunyi dibelakangnya. Eh Buset, ternyata yang emak dorong itu suami orang L.

Kalau sama si kecil lebih heboh lagi. Ketawa geli, terbahak bahak dan takut bersamaan. Kita bisa ‘main‘ dorong dorongan. Dia gemetaran dan salah tingkah kalau ada sapi, emak juga J. Pernah waktu asisten pengantar sekolah lagi sakit. Emak ngantar dia ke sekolah. Dijalan ada ‘parade‘ kerbau hitam guede pakai banget. Kita berdua masuk paksa dan meringkuk dalam toko orang J. Orang orang disekitar pada senyum ngelihat kami seraya berucap “ Koi baat nahi Bethi, caloo“ (Ora popo nak, ayooo).

Dalam agama Hindu, sapi sangat dihormati sebagai sumber makanan dan juga sebagai simbol Kehidupan. Oleh sebab itu, mereka tidak akan membunuh sapi. Dianggap sebagai satwa yang harus dilindungi. Umat agama Hindu tidak akan makan daging sapi. Bahkan sebagian besar keluarga di pedesaan setidaknya memiliki satu sapi perah. Dan diperlakukan layaknya anggota keluarga.

Dalam legenda India Kuno. Sapi dan kerbau dikorbankan dan dipersempahkan untuk para Dewa kemudian dagingnya dimakan. Tapi hal ini tidah berlaku bagi sapi yang memproduksi susu. Ayat ayat The Regvedha  mengatakan bahwa Sapi dianggap sebagai Devi (Dewi). Diidentifikasi sebagai Aditi atau Ibu dari para Dewa.

Dalam kitab Suci Kuno Veda mendorong umatnya untuk menganut vegetarian. Ketika Kepercayaan Jain dan Budha tumbur subur, umat agama Hindu berhenti makan daging. Beberapa percaya, tradisi Hindu dipengaruhi oleh Kepercayaan Jain yang menganut vegetarian.

Pada Abad Masehi, sapi ditunjuk sebagai hadiah dalam Kasta Brahmana. Membunuh sapi sama dengan membunuh Brahmana. Dalam cerita Dewa Krishna, sapi dianggap suci. Oleh sebab itu sapi sangat dilindungi dan dihormati dibandingkan dengan binatang lainnya.


Di India, setidaknya sekali dalam setahun sapi diberi penghormatan. Biasa dikenal dengan Gopastami atau ‘Cow Holiday‘. Pada saat ini, sapi dimandikan dan diberi hiasan dalam kuil. Kemudian diberi persembahan dengan harapan bahwa hidupnya akan terus berlanjut.

Umat agama Hindu suka menyimpan makanan untuk sapi. Ketika ada sapi lewat, mereka bergegas mengambil makanan dan memberikan kepada sapi. Tak hanya umat agama Hindu, Emak sendiri dari keluarga Muslim. Suka menyimpan roti sisa makan untuk diberikan kepada sapi. Nggak salah, jika sapi dan kerbau di India montok montok J.

Bahkan di India terdapat perusahaan besar bernama Mother Dairy. Mengolah produksi yang dihasilkan oleh sapi. Seperti Susu, yoghurt, mentega dan keju. Jika datang ke India produk mereka dapat mudah kita temukan.

Tak hanya susu, bahkan teletong sapi digunakan juga. Iya, teletong atau ek ek nya sapi J. Teletong ini dibentuk bulat seperti piring kemudian dikeringkan. Di india disebut dengan Dung (Gobar) Dan digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. Proses membentuk piringan dengan apa? Dengan Tangan JJJ. Ditunggu cerita lengkap tentang Dung (Gobar), ya. 


Sapi di tengah jalan

Sapi mengenakan Hiasan warna Warni

Proses membuat Dung (Gobhar) - kedua foto diambil dari sini


Diantara kompleknya kehidupan India tak pernah gagal menyajikan sejuta cerita J    

You Might Also Like

23 comments

  1. Yang aku bayangin itu teletongnya pasti bertebaran dimana-mana ya Mbak?
    Jadi ingat dulu pas berangkat sekolah salah injek teletong kerbau, kirain batu eh ternyata :D
    btw di artikel kok kadang ada huruf J dan L yang mendadak nyempil itu kenapa Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huruf J ama L itu biasa muncul kalo kita ngedraft pake word, pas dipindahin ke blog, emoticon :) kadang suka berubah jadi J.

      Delete
    2. Bener kata Mbak Dee An, itu nulis di draft word. pakai emoticon. eh, tapi di view webku kok keluar emoticon semua ya? nggak J atau L?

      Delete
    3. Aku selama ini ngedraf pake word tapi kok nggak pernah muncul kayak gitu ya? :D

      Delete
    4. pakai draft sandi emotikon Mas Ihwan. Misal tampang senyum pakai ini :) ntar keluar senyum otomatis. atau kalau sedih pakai :( coba deh nanti kan ganti.

      Delete
  2. Ngakak baca bagian ndorong suami orang :D :D
    Trus gimana tuh reaksi si bapak pas sampean dorong2 gitu mbak? Sampean iki onok-onok waee, mbak... hahahahaha....

    ReplyDelete
  3. @ Dee an : Si Bapak cuman senyum senyum aja, tahu kalau aku ketakutan sama Kerbau. Sementara suami sambil santai bilang "what happend ?" sambil ngece. aku langsung kaget, kalau itu suami orang. wkwkwkwkwk


    @Ihwan : Ya, nih aku langganan nginjak telethong sapi :)

    ReplyDelete
  4. @ Dee an : Si Bapak cuman senyum senyum aja, tahu kalau aku ketakutan sama Kerbau. Sementara suami sambil santai bilang "what happend ?" sambil ngece. aku langsung kaget, kalau itu suami orang. wkwkwkwkwk


    @Ihwan : Ya, nih aku langganan nginjak telethong sapi :)

    ReplyDelete
  5. huhu ngebentuknya pakai tangan ya mba...ngga kebayang yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yang lihat agak susah mencerna, apalagi pegang :)

      Delete
  6. hebat sapinya makan roti, udah kayak bule :))

    Kalau sudah sayang, bikin Dung pake tangan serasa mengolah pizza aja :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya, makam semuan si sapi. kagak rumput yang bergoyang doang :)

      Jiahhhhhhhh, kayaknya mbak Rien pernah deh ......... ngolah pizaa maksudnya :)))

      Delete
  7. ckckckck....bahagianya hidup jadi sapi dan kerbau di India ya Mbak :D tak pernah kekurangan makan, udah gitu dihormati lagi layaknya Dewa-Dewi.Ohya pernah nonton di NG, kadang kalau musim qurban ada juga oknum yang tega jual Devi sapi ke Bangladesh dimana di sana dijadikan qurban Idul Adha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keramut di disini. Ya, padahal sapi yang dijalanan nggak boleh dimakan, katanya banyak infeksi. Oknum nggak bertanggung jawab. Gimana kalau ada desease, trus pada kena sakit. Astaghfirullah

      Delete
  8. Zulfa, awakmu podho karo aku. Wedhi karo sapi lan kebo. Aku yen lagi nang kampung, pas mlaku trus ono petani sing lagi angon sapi, langsung mlaku ngadoh. Opo maneh ndelok sungune kuwi. Rasane kok sapi kuwi arep nyeruduk aku. Mbiyen aku tahu digodak pedhet soale. Dadi radha2 trauma. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. He e, mbak, opo maneh kebo ireng guuuuuwede, sungute metu ndisik. iyo, rasa rasane kok koyok nyruduk. eala nek aku pernah digodak Anjing, trauma. Nang India yo akeh Anjing keleleran nang ndalan. ben bengi krungu lolongan anjing, nek nggak ngono yo tukaran. India oh India

      Delete
    2. Digodak asu tau pisan. Gede maneh. Seremmmm...

      Delete
    3. Digodak asu tau pisan. Gede maneh. Seremmmm...

      Delete
    4. Seremmmm pasti.... iku aku sampe mencolot pager, padahal dukur :)) Kok yo isok....

      Delete
  9. Buahahaha... Mba zulfha iki,.. Saking kagetnya yg didiorong suami orang =D
    Itu buat Dung pake tangan gak bau gt mak? >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spontan itu zahra, otakku saat itu hanya bilang, sembunyi. laaa kok sembunyi di punggung suami orang. Ya, pakai tangan, bau jelas, Dah biasa jadi nggak bau lagi :)

      Delete
  10. Kereeeen :)
    Pengolahan kotoran sapi itu aku pernah lihat di tayangan Amazing Race, jadi itu bule-bule ditantang untuk "mengolah"nya hihihihi.

    ReplyDelete
  11. Hadew Ya. Aku pernah "Amazin Race" ku sendiri. Sebentar ini aku lagi nulis tentang Teletong Sapi. mau ku posting, hehehe

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram