Are You Come From Malaysia?

08:06:00


Pertanyaan berbungkus senyuman itu kerap saya dengar selama tinggal di India. Pertanyaan ramah tamah yang seharusnya dijawab dengan bahagia itu terasa begitu  menusuk jiwa bagi seorang anak manusia yang dilahirkan di Bumi Indonesia. Apakah karena saya membenci Malaysia? Astaghfirullah, tentu tidak. Bagi saya pribadi, Malaysia adalah saudara serumpun yang terpisah hanya karena sebuah kata NEGARA.

Hal ini sangat menyedihkan karena orang India lebih mengenal Malaysia ketimbang Indonesia. Apakah karena wajah saya? Nggak juga, wajah saya Indonesia banget. Pipi chubby dan hidung mancung (melesak) ke belakang.  Nggak mirip sama sekali sama Ashrof Sinclair. ‘sekilas‘ lebih mirip dengan BCL (Banget  Cantiknya  Lho). Apakah karena emak pakai jilbab? Mungkin iya. Tapi Indonesia  adalah negara dengan jumlah muslim terbesar di Dunia. Pastilah banyak muslimah Indonesia berjilbab. Mungkin Malaysia lebih maju? (mungkin) Iya. Atau karena banyak orang India lebih suka datang ke Malaysia? Iya.

Atau mungkin lebih banyak orang Malaysia wisata ke India? Bener banget. Selama tinggal dan jalan jalan di India. Saya tidak pernah bertemu dengan saudara dari Indonesia. Kalaupun ketemu sama orang Indonesia, hanya teman teman kenalan yang datang kemari. Ketempat wisata pasti ketemu orang Malaysia.

Lain waktu. Saya datang ke sekolahnya si Kecil. Ketemu dengan bapak kepala sekolah.
From Malaysia?.
No, I am from Indonesia.* Sambil pasang senyum terpaksa.  
Oh, Subhanallah Muslim country. *Senyum Ceria lagi
My Brother is in Malaysia. He work as surgery docter in hospital. Very nice and modern country. Their Hospital offer best threatment. *Cemberut lagi.  Memang sih hal itu (mungkin) benar adanya. Buktinya, banyak orang Indonesia yang berduit memilih berobat ke Malaysia atau singapura. Bahkan pejabat kita.

Suatu ketika saya jatuh sakit ( Hati juga).  Mengalami pendarahan hebat. Sebelum operasi, salah satu dokter bercengkrama dengan saya. Sambil nyipain beberapa obat dan jarum suntik. Setelah dia tahu saya dari Indonesia. Dia tersenyum lebar. Ternyata dia pernah datang ke Bali. Your country very beautiful and peoples are so charm. Saya tersenyum, terus terlelap. Lha iya, dia ngomong gitu setelah nusuk obat bius.

Disitu saya merasa lelah. Kalau emak jawab dengan senyum aja. Kok nggak jujur.  Kalau jawab dari Indonesia, seringnya nggak tahu. Mereka yang tahu biasanya yang pernah kerja di daratan Negeri Arab. Tentunya karena banyak TKW Indonesia disana.

Jika ditarik benang merah. Banyak sekali kesamaan antara Indonesia dan India. Khususnya cerita kehidupan di masa lalu. Menggunakan bahasa sansekerta. Rupiah kita berasal dari Rupee India. Kompleknya cerita kehidupan juga tak beda jauh. Meski Indonesia lebih baik taraf kehidupannya ketimbang India.

Indonesia memiliki perpaduan menawan. Dianugerahi sumber daya alam yang melimpah. Juga sumber Daya manusia yang cerdas dengan menjunjung tinggi nilai nilai agama. Meski dibayangi Korupsi. Gerak perekonomian kehidupan 250 juta penduduk Indonesia tetap meninggi.

Jadi kalau lagi jalan jalan ke India trus ditanya are you come Malaysia? Nope, I am from Indonesia, Paradise on the Equator

You Might Also Like

33 comments

  1. I am from Indonesia, and i am proud to be an Indonesian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget. RT dah. Eh, harusnya kalau pakai kaos bertuliskan Backapacker Indonesia digunakan di Luar neger. bukan di indonesia ya.... biar Dunia Kenal :)

      Delete
  2. Kayaknya orang Indonesia kurang ya mbak ekspansinya ke luar negeri hihihihi Jadinya kurang terkenal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Maju Indonesia. Biar dikenal Dunia. eh, Maju dalam perekonomian dan kebaikan, bukan Korupsi :) InsyaAllah negara kita menjadi negara Besar :) Aamiin.

      Delete
  3. Soale akehan wong India nang Malaysia bekne, Zulfa. Lha sampek onok little India ngunu nang KL. :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mbak, sama sama jajahan inggris, jadi banyak orang india di kirim kesana buat kerja. Setelah merdeka n tetap tinggal. Jadi little india

      Delete
  4. AKu sangat suka dengan jawaban di akhir tulisan :)

    ReplyDelete
  5. hehehe, biar nggak pakaia jelasin lagi dimana letak Indonesia :)

    ReplyDelete
  6. Wah, baru tau loh saya klo org india lbh kenal malaysia dibanding Indoneaia. Hmm... Tapi, aku jg pernah mengalami hal serupa, waktu di Ho chi minh, city, Vietnam, setiap masuk pasar atau pusat pertokoan, pedagang2 yg asli org vietnam pasti nawarin pake bahasa melayu, trus bilang: ayo kakak, beli ini, i love malaysia kakak. Zzz... Trus saya bilang: oh sorry, i am indonesian. Trus deh pedagangnya move on: oh, i love indonesia too, kakak. *gubrak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal itu negera tetangga looo. huhuhu disitu kadang saya merasa sedih.
      kamu jawab 'I love you too but i am feeling sad too" Kasih discount too ....., hahaha

      Delete
    2. Bkny gtu itu yg nmany stereotype ktika kt lht org somalia pst kt mkirny nih org dr afrika klo lht org bangladesh pun kdag kt pkir mreka india kn stereotype kta sma dgn malaysia dan kbtulan malaysia lbh mju dr indonesia gk slah juga mreka blg gtu

      Delete
    3. Yuhuuuu, Tapi seringnya mereka nggak kenal Indonesia. ketika bilang no, i am from Indonesia? ada yg bingung dimana itu Indonesia. Tapi kalau malaysia banyak yang tahu. &sedih

      Delete
  7. Aku malah pernah ditanya "Indonesia dimana yaa?"
    Huahh...padahal jika peta dunia di zoom berapa kali pun, peta Indonesia tetap terlihat ya mbak...

    #sakitnyatuhdisini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menusuk banget kalau nggak tahu Indonesia, Jawab aja yang kayak diatas, Paradise on Equator. Biar dia penasaran cari. hehehe Aku nggak bisa diginiin

      Delete
  8. Kalau aku dan teman-temab sering disangka orang Filipina saat di Hong Kong. Nasib muka Asia yang mirip satu sama lain ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, malah dikirain dari filipina. Iya, nasib muka sama :) Tapi yg bikin sesak itu, nggak tahu dimana itu Indonesia.

      Delete
  9. Iyo to mbak..ke India pake pesawat punya Malaysia ,transit di Kuala Lumpur,,satu pesawat ke India dari KL 90% wong India kabeh..hiiihiiihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iyo mbak,pancen akeh Wong india nang kono

      Delete
  10. Mungkin orang indonesia jarang yang ke india kali makany tak terkenal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebih banyak orang Malaysia :(

      Delete
  11. Selama di India Ahlan sering dikira orang Nepal, Indra orang Thailand dan aku.... orang Jepang! hahaha geli kadang-kadang, item gini kok ya. Kalo sipit sih iya.

    "Helo mister, wanna go to Ghat? 100 rupee"
    "No, thank you"
    "Where are you from? China"
    "Yes, I'm from China. Ni hau ma?"
    "Oh yeah, I'm from Japan" kata si abang tuktuknya

    Kami ngakak berjamaah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. buahahaha, ikut ngakak berjamaah. Seru memang kalau ada yg sok sok tahu darimana dan salah. bikin ngakak, untung masih waras, hahaha

      Delete
    2. Aku disapa mister karena jalan sama Marcin, bule Polandia hehe, sama kayak di Indonesia, di sana dia disapa terus. "Hello mister, welcome to India" si Marcin-nya mesem-mesem, kami berdua ngakak :D

      Delete
    3. hehehe. kalau aku jalan Shah Jahan di Indnesia juga gitu, kalau kita kemana trus misah, dia pasti dipanggir mister mister, cuman bisa senyum. Anggap saja keramahaan dan kaerifan lokal :)

      Delete
  12. Yap...Oya mbak... banyak yang bilang "indonesian girls are like a magician" maksudnya banyak org asing yg akan jatuh hati ma cewek indonesia... apa mgkn krn hidung kita yg macung exotis khas indonesia ini kalo ya... 😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. trecep trecep *ngaca terus* jadi aku ini termasuk yang bikin mak jleb orang asing, hahaha.
      Bener hidung kita yang mancung kebelakang ini unik. itu yang bikin sedap dipandang. *ngaca lagi* :)

      Delete
  13. It's so nice to read all ur story. I'm glad to meet you here. Thank you very much. Terimakasih. Namaste _/\_

    ReplyDelete
  14. It's so nice to read all ur story. I'm glad to meet you here. Thank you very much. Terimakasih. Namaste _/\_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you :) I am glad you coming by. Namaste.

      Delete
  15. Orang India di Malaysia banyak si mbak eh tapi katanya dmn pun..wajah Indonesia itu seringnya disangka orang Malaysia..dan ketika kita jelasin dari Indoneaia mereka bingung... kita bilang Bali... baru ngeh... heeehh... keseeeelll.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang kalau di Malaysia serasa di India aja saking banyaknya.
      padahal Bali bagian dari Indonesia, tapi bali lebih terkenal, huhuhu

      Delete
  16. Bener nih mbak, mentang2 serumpun dan punya ciri fisik yg sama sering tuh dipanggil Malaysia.
    Waktu saya di Vietnam gitu, bahkan yg ngira orang indo sendiri
    Waktu di Kamboja, saya jalan2. eh bapak2 yg kita lewatin bisik2 kedengeran "Malay, Malay".
    Hal yg sama di Thailand, malah kita lewat sama pedagang dibilang "satu, due, tige, murah2".
    Iki yo njaluk opo yo? hehehehe
    suwun mbak, salam serumpun wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo I, memang wajah kita mirip ya. berarti wajahku mirip dengan Luna Maya, hahaha Digampar Aril.

      Semoha kelak Seluruh dunia mengenal Indonesia tentu saja dengan seglaha keramahan dan kebaikan yang ada

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram