Hotel Murah di Dharamsala dengan Panorama Luar Biasa.

20:14:00

Hotel Murah di Dharamsala, India

Setelah tersesat di Pathankot dan jungkir balik nahan mencret dalam bis HPTC (Himachal Prades transportation corporation). Akhir kami sampai di Dharamsala ketika mentari mencium sang bumi dengan sinarnya yang hangat. Sang surya bersinar kuning bersemu orange menyembul dari balik pegunungan bertudung salju. Sungai yang berasal dari lelehan glaier es memancar bening bak Kristal menemani sepanjang perjalanan.

Dharamsala berada di Distrik Kangra, Propinsi Himachal Pradesh, India. Sampai di terminal, saya bergegas mencari toilet. Maklum, si perut tak tertahankan lagi. Selanjutya dengan menggunakan taksi berbiaya 250 Rupees (Rp. 50.000) kami bergegas menuju kawasan Mcleodganj. Biasa dikenal sebagai Dharamsala bagian atas. Karena letaknya yang berada di atas bukit.

Mcleodganj ini merupakan pusat pertokoan, restoran dan hotel di Dharamsala. Termasuk Hotel Mount View yang kami tempati selama menjelajah Dharamsala. Letaknya strategis. Berdekatan dengan semua tujuan wisata. Cukup berjalan kaki saja.

Mcleodganj merupakan tempat tinggal Biksu Dalai lama dan pengikutnya yang tinggal dalam pengasingan. Berada disini seolah berada Tibet. Makanan, orang, monastery, budaya semua bernuansa Tibet. Karenanya Dharamsala  dijuluki Little Tibet.

Hotel Mount View sebelumnya telah kami pesan melalui web pemesanan Hotel. Salah satu hotel budget dengan panorama luar biasa. Setiap kamar memiliki kamar mandi dalam, air panas mengalir 24 jam, Wi-fi dan juga TV. Tak perlu AC. Kami datang dipuncak musim panas. Ketika belahan Bumi Hindustani panasnya bagai ruangan beroven, Justru Dharamsala menawarkan hawa sejuk. Dizaman penjajahan Inggris, Dharamsala dijadikan ibukota musim panas.

Yang menjadikan hotel ini begitu special adalah view yang ditawarkan. Setiap kamar memiliki Balkoni. Menghadap ke baris pegunungan Dauladhar. Bagian dari pegunungan Himalaya. Nampak perbukitan berselimut pepohonan cedar menjulang. Bertengger rumah, villa dan hotel.  Bendera Doa warna warni khas Tibet menjulur dari satu bukit ke bukit lainnya. Dari balik perbukitan menyembul ujung pegunungan berselimut salju.  Sempurna dalam naungan langit biru berserak awan putih.

Hotel murah di Dharamsala, Himalaya

Hotel yang memiliki puluhan kamar ini memiliki Roop top dengan panorama cakep parah. Disinilah kita bisa menikmati Sunrise yang muncul dari lekuk perbukitan. Mengingkatkan saya akan sebuah lukisan yang sering saya gambar ketika masih kecil dulu.

Tak cukup disitu saja. Dimalam hari Roof top ini menawarkan star Gazing. Serakan bintang bagai sebuah noktah berlian membungkus langit tanpa halangan apapun. Kita bisa menikmati sarapan pagi berteman sunrise. Atau makan malam berteman dengan taburan bintang. Romantis!

Hotel budget di DHaramsala
Roof Top hotel Mount View

Hotel budget di McleodGanj
Narsis di Roof Top

Roof top hotel murah dharamsala
Cium Jauh sang Himalaya yang Cakep

Restoran berada di lantai dasar. Menawarkan menu vegetarian yang pas di lidah.  Masakan lokal khas Dharamsala, India dan juga China. Tak seperti hotel lainnya yang mematok harga makanan selangit. Harga makanan disini pas dengan kantong backpacker. Apalagi Koper. Selama tinggal disini, kami memilih pesan makanan di restoran ketimbang beli diluar. Menu kesukaan saya cheese Chowmein. Yakni mie goreng dicampur dengan sayur dengan lelehan keju diatasnya. Yummy!

Chowmein khas Tibet
Cheese Chowmein
Harus sabar menunggu makanan disini. Kenapa? Karena semua dihidangkan fresh. Setelah memesan baru mereka memasak. Jadi bukan “simpanan” di kulkas. Dapur memasak juga tak jauh dari ruang makan. Bersebelahan. Menawarkan nuansa Homie.

Hotel ini juga menawarkan guide untuk tracking dan juga pemesanan bus untuk tujuan kami selanjutnya. Yang membuat saya terharu. Ketika mengetahui saya seorang muslim dari jilbab yang saya kenakan. Mereka menunjukkan arah Kiblat untuk menunaikan shalat. Sebagian besar staff, chef dan resepsionis seorang beragama Islam.

Hotel Ber-budget yang menjadi rekomendasi Lonely Planet ini bisa kita nikmati dengan harga 1.000 Rupees/ kamar atau sekitar Rp. 250.000 saja. Mahal? Tidak!. Satu kamar ditempati dua orang. Share cost  hanya Rp. 100.000 saja.  

Berikut beberapa View yang sempat saya abadikan dalam kamera saya. Sebenarnya saya sempat mengambil foto dalam kamar mandi. Karena luas sekali dan bersih. Tapi, ternyata dalam jepretan kamera ada pakaian dalam saya yang menggantung. Maaf, it’s a secreat! Malu Ah!. Untuk melihat detail ruangan dan kamar mandi bisa lihat langsung di web Hotel Mount View.
Hotel Murah di India
Deretan Hotel Mount View

Rantai pegunungan Himalaya dari Hotel
Pucuk Himalaya yang Lancip dan Misterius terlihat dari Hotel

Review hotel mount View
Bendera Doa khasTibet Menjulur di ketinggian

Mount View hotel di Dharamsala
Mcleodganj juga dikenal sebagai kota Perbukitan
Alamat Hotel Mount View
Address: Jogiwara Rd, McLeod Ganj, 
Himachal Pradesh 176219 
Phone:098162 61717

You Might Also Like

12 comments

  1. Huaaaaaa... ini hotel viewnya ajib bangeeeet.. aku pengeeen bisa ngeliat Puncak Himalaya dari jendela hotel.. asik banget kalo ada roof top gitu ya, malem-malem ngobrol ama temen sambil ngopi-ngopi cantik di bawah kerlip bintang. Suka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku sampe males kemana mana. pingin tidur cantik sambil mandangin keluar.
      Yap, paling asyik ngobrol sambil ngopi, jangan lupa jaket. dingin kalau malam meski musim panas.

      Delete
  2. Luar biasa viewnya. Kalo nemu hotel dengan panorama seperti ini, jadi males pulang :)) Betah berlama-lama. Kadang harga hotel di tempat seperti ini mahal karena memang 'menjual' view ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, waktu pulang jadi males berberes. betah pakai banget. Damai terasa.
      Meski termasuk hotel berbudget tapi viewnya itu bikin nggak kuku :)

      Delete
  3. Aku merinding liat puncak himalaya .... salah satu cita2 ku tuch pingin liat secara langsung :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merinding Disko, memang ya... u misterius yang membius. Monster Cakep :)

      Delete
  4. pengen ngikuuuuuuuut njengan menjelajah india but....no money..... resepnya apa ya mba njenengan bisa kaya "mkhluk halus" hehehe bisa 5menit di indonesia 5menit di india 5menit di mekah hehe. how about budget??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo ikut jelajah India. Aku mah klo jalan jalan gaya bekpek an. biar bisa simpen duit. pergi lagi, nyelonong lagi. mbolang lagi. Ke Mekah ? Semoga ya disegerakan Umroh atau Haji kesana. Aamiin. Aku orangnya nggak suka belanja dan ngemall. Nggak lagi fashion. Baju seadanya dan lebih suka simpen duit buat jalan. :)

      Delete
  5. Huahhh...jadi kangen hotel ini mbak e..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kangen kamu juga :))

      Delete
    2. tersesat di pathankot terus nemuin dharamsala, ternyata malah berbuah manis :D

      Delete
    3. Ya, jadi kayak cerita hidup ya. Bersusah susah Dahulu dan Allah memberikan Hadiah Manis setelahnya :)

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram