[Photo Story] Biksu Muda

April 12, 2015

Monk in Manali

Patung Budha duduk tersenyum memberikan dharma kepada pengikutnya. Didepannya seorang biksu tua berbalut jubah merah marun mengatupkan kedua tangan. Matanya terpejam. Untain doa dan mantra terucap dari bibirnya. Didepannya sebuah dupa berasap menyala. Menampakkan keheningan dan kedamain dalam sebuah kuil tua berlatang belakang pegunungan Himalaya.

Dilain waktu. Sebuah foto menampakkan barisan biksu berjubah warna kuning bersemu orange. Berjalan dengan tenang  tanpa sepatah kata. Menuju sebuah kuil tua besar dengan design seni relief diatas patung batu alam. Nampak begitu pendiam dan religius. Seolah menggambarkan kehidupan sang biksu hanya berjibaku dengan kegiatan keagamaan.

Melihat foto diatas. Membuka mata kita semua. Biksu hanyalah manusia biasa dengan  anugerah hati yang begitu mulia. Meski memilih mendedikasiskan hidup untuk agama dan melayani Sang Budha. Mereka juga bermain dan bersenang senang ditaman layaknya kita semua.

Manali – Himachal Pradesh - India

You Might Also Like

7 $type={blogger}

  1. Di Jakarta juga sering terlihat biksu main di Mall, Mak. Terutama biksu muda. Bagaimanapun mereka masuk wihara tak lantas meninggalkan keriaan ya... :)

    ReplyDelete
  2. Di Jakarta juga sering terlihat biksu main di Mall, Mak. Terutama biksu muda. Bagaimanapun mereka masuk wihara tak lantas meninggalkan keriaan ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, waktu ke Mall di Jakarta kok nggak pernah lihat biksu ya....

      Delete
  3. wah, iyaa..gimanapun bersenang-senang adalah fitrah manusia yaa...suka fotonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, waktu saya melihat mereka, saya tersenyum. Mereka dari Tibet. hidup dalam pengasingan disini.

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Salam Kenal Juga. Terima kasih Doa nya. Salam sukses buat kamu juga :)

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Instagram