Cerita Indomie di Negeri Seribu Dewa

May 13, 2015

Indomie di Luar Negeri

Pertama kali tinggal di India. Setiap kali pulang ke Indonesia, baliknya kami selalu bawa 2 kardus Indomie. Campur semua rasa. Entah dimakan sendiri atau buat oleh oleh. Karena keluarga Shah Jahan (Suami) suka Indomie. Setelah bertahun lamanya, akhirnya kami putuskan tinggal di Indonesia. Gantian Shah Jahan yang selalu bawa Indomie setiap kali pulang ke India. Baginya, Indomie sudah cukup mewakili rasa rindunya sama masakan Indonesia ketika menyelesaikan beberapa perkerjaan di India.

Akhirnya kami memutuskan pindah lagi ke India. Banyak barang yang harus kami bawa. Segunung mainan dan segambreng bumbu. Khususnya bumbu masakan yang sudah jadi. Takut nya si kecil nggak doyan makanan India yeng terkenal berempah. Dia juga pricky. Karena Overload, Akhirnya Indomie sekardus nggak jadi kebawa. Sedih dan kecewa luar biasa.

Sampai di India. Dia minta dimasakin mie. Menu kesukaanya. Saya masak mie buatan India. Hampir semua mie di India rasanya sama. Rasa curry dengan rempah tajam. Jelas saja dia nggak doyan. Kalau sudah gini, kuahnya saya buang. Ditambahkan irisan bawang Bombay dan telor, Jadilah mie Omelet. Kalau dibikin omelet dia nggak nolak. Kecuali kalau pas lagi bosen.

Suatu saat, kami kehabisan mie dan beberapa keperluan lain. Saya minta Shah jahan untuk membeli. Kebetulan dia berada dirumah mertua bersama si kecil. Cukup dekat, hanya lima blok dari apartment tempat tinggal kami di Delhi. Dia bilang bakalan belanja di supermarket dekat rumah ibu mertua.

Indomie di India
Indomie di Luar negeri, berlabel Export Product
Sampai di apartemen, Shah Jahan senyum senyum kayak orang lagi jatuh cinta. Tumben? pikir saya dalam hati. Sambil nampang curiga 1000 Watt. Soalnya kalau saya titip sesuatu, seringnya lupa. Dikedua tangganya dua tas plastik besar dengan bawaan yang sangat banyak. Perasaan saya cuman memintanya membeli mie dan keperluan lain yang nggak banyak. Pasti kelupaan sesuatu, curiga lagi.

Waktu saya buka. Mata saya terbelalak seakan tidak percaya. Bola mata keluar kayak di film kartun. Apa saya nggak salah lihat atau baca? Alhamdullilah, senangnya luar biasa. Dua plastik besar itu isinya cuman Indomie. Ada tiga rasa. Yakni Indomie goreng original, Indomie rasa ayam dan Indomie vegetable (sayur mayur). Ternyata oh ternyata, ketika suami mencari mie di supermarket tersebut, terlihat penampakan Indomie. Jadilah dia borong semuanya. Dan yang paling happy tentu saja si kecil. Tiap hari maunya dimasakin Indomie.

Minggu depannya lagi suami datang ke supermarket tersebut. Borong semua. Datang lagi, kami borong semua. Suatu hari ketika kami mau borong lagi, rasa Indomie gorengnya nggak ada. Suami tanya ke kasir. Ternyata ada seorang wanita di daerah sekitar yang doyan ngeborong Indomie juga. Dulu dia pernah tinggal di Arab. Dan tahu Indomie dari TKW Indonesia. Dan semua pelanggan yang membeli Indomie rata rata pernah tinggal atau bekerja di daratan UAE (United Arab Emirate). Bangga, Indomie tak hanya dicinta masyarakat Indonesia, International juga. Memang, ya, Indomie enaknya sungguh terlalu.

Biar nggak kehabisan. Suami kasih nomer hapenya ke kasir toko. Meminta dia menelpon kalau ada stok baru. Karena stoknya memang nggak banyak. Paling cuman 20-30 bungkus saja dengan tiga variasi rasa. Kalaupun kami pesen, itupun dengan jumlah yang sama. Karena supermarket tersebut “dijatah” cuman segitu.

Wih, senengnya luar biasa bisa mencecap rasa Indonesia di luar negeri melalui Indomie. Sejak saat itu kita selalu ada stok Indomie di apartemen. Apalagi datang rasa baru dan menjadi favourite saya ketika di Indonesia, Indomie rasa cabe hijau. Maklum, pecinta rasa pedas. Kalau si kecil teteup suka sama Indomie goreng yang original.

Mienya agak beda, lebih tebal. Kalau bumbu tetep sama. Hanya saja kalau di Indonesia mie goreng menggunakan sambal cabe. Di India menggunakan cabe bubuk. Biasanya Indomie ini saya masak bersama wortel. Kami santap bersama nasi dan telur mata sapi. Ditemani lalapan ketimun dan tomat. Terkadang kami makan bersama salad khas India yakni salad bawang Bombay dihujani jeruk nipis. Rasanya mantep, seger dan nonjok.

Indomie goreng di India
Indomie goreng Original, saus cabe diganti cabe bubuk 

Indomie rasa cabe hijau di India
Indomie Rasa Cabe Hijau


Masak Indomie di Luar negeri
Indomie aku masak dengan sayur dan dilahap dengan salad


Bahkan kalau kami sedang jalan jalan. Indomie selalu menemani dalam perjalanan. Alias mbontot Indomie. Karena mudah cara bikinnya, juga praktis dibawa. Dimasukkan kedalam lunch box bersama nasi, telur dan salad. Bontotan ini khusus dimakan sama si kecil, karena dia nggak suka jajan di jalanan dan seringnya nggak cocok sama lidahnya.

Nah,4 bulan terakhir supermarket tersebut hanya menyediakan Indomie rasa sayur mayur. Trus sekarang malah nggak pernah stock Indomie lagi. Hampir 2 bulanan. Shah Jahan tanya berkali kali ke petugas kasir. Katanya sudah nggak kirim lagi. Karena pembatasan export import dengan Pakistan. Oh I see, ternyata Indomie di India berasal dari Pakistan trus kemudian di kirim ke India. Pantesan harganya 3 kali lipat dari harga di Indonesia. Dua kali ekspor. Sebungkus dihargai 20 Rupees atau sekitar Rp. 4000 Rupiah. Kalau sudah cinta, harga berapapun  tetap dibeli. Tombo ati kangen Indonesia.

Ceita Indomie di Luar negeri
Harganya tertera MRP 20 Rupees

Demi Indomie, kami keliling di beberapa supermarket. Bahkan supermarket dengan brand besar. Dibela belain sampai keluar kota. Dan tidak menemukan Indomie. Sedihnya tuh disini, nunjuk lidah ama perut. Beberapa merk menawarkan cita rasa Singaporean, Manchurian, china hot spicy. Tapi tetep nggak sedahsyat Indomie. Semoga bisa ketemu Indomie lagi di Negeri ini lagi, Aamiin.

Indomie cita rasa Indonesia di negeri Seribu Dewa.

Ini ceritaku, mana ceritamu ?


You Might Also Like

41 $type={blogger}

  1. hihihiihihi, nang endhi2 tetep wae yo, Zulfa. Sing dimaem Indomie... Dadi pengen nggawe. Dicampur endhog karo irisan cabe rawit... slrpppp sedappp!!! ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo, Indomie iku rasane nempel di ati. Aku ora iso nggawe, ora Onok Indomie saiki. hik hik hik. Nek iku senengane Abbyne Najin, Mesti karo endhog trus cabe hijua, emboh kuah utowo omelet. kadang seporsi langsung 5 bungkus. hehehe

      Delete
  2. waa, aku juga mbak suka banget. terutama yang original & cabe hijau. Biar dibilangi itu makanan instan nggak sehat, tetep aja ngeyel... maem mie teruuus... ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss :) Iya, biasanya aku masak sama syur mayur..... Mie itu memang sesuatu ya... hihihi

      Delete
  3. Orang Indonesia memang nggk pas kalo nggk kangen sama yang namanya Indomie kalo lagi jauh dari Tanah Air. Ahh.. Jadi pengen rebus indomie :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Indomie memang rasanya Indonesia banget. Ngelap iler. kalau masak Indomie jangan lupa diriku yg lagi merindukan Indomie. hiks hiks hiks

      Delete
  4. Harga Indomie 20 Rupees sekitar 4000 rupiah..Huahhh,,harganya kok hampir sama di sini ya mbak e (read : pedalaman hutan kalimantan)..#lol

    Tetapi benar sih Kalau sudah cinta (indomie), harga berapapun tetap dibeli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gubrak! Laaa kok harganya kayak diluar ngeri, bawanya ribet ya kakak, biaya transport dan masuk hutan, Iya, kalau udah doyan berapapun dibeli, nggak bisa pelit :)))

      Delete
  5. hahahahaha.... segitunya ya mba :D..

    Eh tapi kalo aku ngerasain yaaa, indomie yg di Indonesia, ama yg dibuat utk ekspor, rsanya dikit beda deh.. ga tau apa memang dibikin beda spy sesuai lidah mrk... Salah satunya indomie yg dijual di Malaysia ama Jerman.. masih enak, tp ttp aja aku ngerasain ada beda. -__- Susah jelasinnya... mungkin lidahku aja yg sensitiv :D

    btw udh coba yg rasa dendeng balado? aku jd ga doyan ama rasa2 lain stlh nyobain yg itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Rasanya memang beda. pertama mienya agak tebal. trus waktu dimasak lebih "bau" tepung. Trus itu sambal pedas nggak ada, diganti cabe bubuk, jadi beda rasanya, tapi teteup... Ueeenakkkk, hehehe

      Eh, ada dendeng Balado, mau lahhh sama yang pedes pedes gitu, Masuk hot list kuliner waktu pulang kampung, hehehe.

      Delete
  6. Saya baca di bukunya Agustinus Wibowo, di Pakistan juga sama. Orang banyak berburu Indomie. Terus di Iran juga ada Indomie. Waaah makanan iternasional banget ya :D Mbak kalau gitu aku ke India sambil jualan Indomie ajalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Dimanapun berada, Indomie tetep dicinta ya .....
      Ya, luamayan ntar duit jualan Indomie buat jalan, hehehe

      Delete
  7. Waahh.. Makanan kesukaan saya sampe ke India, waahh kalah nih sama makanan. Makanan aja udah ke india masa saya belom :D. Indomie emang enaknya gak nahan !!
    http://www.alfskh.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Ayooo Bro brangkat ke India, jangan kalah sama Indomie.
      Banyak merk beredar tapi Indomie teteup Juara :)

      Delete
  8. Ini sih favoritku bangeeeeeet.. Indomie goreng itu nggak ada duanya. Sadis! Jadi inget dedek Al ganteng yang jadi bintang iklan indomie.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indomie goreng original memang sadis dan nagih. Wah, klo yg ganteng ganteng gini malah cinta ama Indomie :))))

      Delete
  9. kemana-mana saya pasti bawa mie indomie, karena rasanya yg lezat dan pokoknya mantap dah. hihi
    http://apotekacemaxs.com/obat-tradisional-ginjal-bocor/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalau pas travelling di Indonesia selalu bawa Indomie juga, Apalagi kalau pas camping, menunya variasi Indomie :)

      Delete
  10. Aku juga suka Indomie. Kalo yang goreng, yang original. Kalo yang rebus, rasa soto. Biasanya juga ditambah pelengkap kayak tomat, cabe rawit, daun selada, telur, kerupuk, dan bawang bombay :D *toss sesama penggemar bawang bombay* :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Mie Goreng Original emamng sesuatu, kadang waktu di Indonesia habis duluan. Rasanya nggak terlalu nek. Tossss hayoooo ngeborong bawang bombay, bahkan omelet aku penuhin sama bawang bombay :))))

      Delete
  11. Udah sering banget denger yang bilang bahwa bahkan warga asing pun mengakui bahwa Indomie itu enak banget! selama di India, aku nyobain mie pas di Pahalgam. Hmm rasanya ya begitulah haha, macam makan Masala Dosa hehehe. Trus di bandara makan mie cup-nya. Ada yang enak, ada juga yang yah kari lagi haha *nyoba 2, ngabisin rupee hehehe.

    Pas trip kemarin aku juga bawa beberapa Indomie. Sayang sudah habis sebelum masuk ke India hwhwhwhw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, temenku Warga asing juga cari Indomie. hahaha rasanya memang mendunia.
      Sama Yan, temen temenku juga gitu. Waktu bosen sama masakn India, cari mie. waktu dicoba, wajahnya mengerucut semua, karena tetep ada rasa curry.

      Teteup ya, ngetrip kemanapun Indomie wajib bawa

      Delete
  12. aku kok ngak demen indomie cabe hijau yaaa, aneh rasanya. Lebih cinta yg original dan aku kangen makan indomie ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kayak kakaku, katanya rasanya langu kayak daun. Kalau aku suka pakai banget, pedesss dan seger. Kalau Indomie original memang mendunia ya, semua suka yg ini.

      Delete
  13. Ihihi
    Emang indomie makanan nusantara yg menduniaaa
    Di Jerman harganya mulai 0.45 Cent makk...
    Aku jg plg suka indomie goreng original trs ditambahi cabe seger diiris2 ksh telur hmmmm uenakkkeeeee
    Hahahah
    Aku di Sini belinya di Toko Asia dan yg jual orang India heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaaaaa yang jual malah orang India hai????

      Indomie Goreng Original itu memang sesuatu ya....

      Delete
  14. Hahaha segitunya yaaa... looo malah itu ada anggotanya Boi band korea si Super Junior dr Indonesia bawa oleh2 ke Korea Indomie Goreng sak plastik dewe!!

    Bhkn org Nigeria menganggap Indomie produk negara mereka (yaaa ampiuuun pliz donk akh)..
    Jelas2 namanya INDOMIE bukan Nigermie... asalnya dr kata Indo (Indonesia) + Mie (noodle) = noodle from Indonesia

    N di fb ada looo grup internasionalnya Indomie... mrk ngebahas gmn cr masak indomie, ada yg dikasih mayonaise, dicampur ini itu pokoknya aneh2 laaah..

    Tp bangga saia dgn INDOMIE... indomie seleraku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kah ? Wow Ampe boyband Korea kesemsem juga ama Indomie.
      Apaa ???? kebangetan deh, dari namanya aja sudah JELAS.

      Weleh weleh, wah mau lah masuk group FB. Selama ini cuman dimasak biasa atau dibikin omelet plus cabe hijau, huaahhhh udah ueeenak mantap banget.

      Yuhu, Indomie seleraku

      Delete
  15. Kalau aku makan indomie suka aku kasih irisan cabe, sama kangkung kuahnya di banyakin di tambah garam dikit hehe

    ReplyDelete
  16. Kalau aku makan indomie suka aku kasih irisan cabe, sama kangkung kuahnya di banyakin di tambah garam dikit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangkung ? matching kah ? nggak pernah sama kangsung sama wortel biasanya. Ntar pulang ke Indonesia aku coba pakai kangung ah

      Delete
  17. Aku mau cari indomie..... udah prngen bagt makanya... bosan ketemu kari india yg super rempah nya menyiksaku...hehehe

    ReplyDelete
  18. Aku mau cari indomie..... udah prngen bagt makanya... bosan ketemu kari india yg super rempah nya menyiksaku...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, Aku tau apa yang kurasa Bro :)
      Aku nemunya di supermarket kecil, katanya dia impor dari pakistan trus nggak jualan lagi. eh, di INA market nggak ada ya ?

      Delete
  19. Waktu sy kerja di Norway dan Iran pun sy nemu indomie lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Pasti seneng ya bisa nemu Indonesia di negeri yang jauh disana.
      Sebagai pengganti kala rindu melanda masakan Indonesia.

      Delete
    2. Iya seneng banget waktu itu, secara sy gak bawa indomie dari Indonesia. Pasrah aja pasti ada makanan yang bisa saya makan. heheheh.. Tapi rasanya beda indomie di Indonesia dengan di Norway dan Iran. Mungkin mencocokkan selera orang setempat.

      Delete
    3. Betul Indomie yang di Indonesi dan yg diexport beda rasanya

      Delete
  20. Ahahahaha critanya Sangar poll.
    Salam knl Mba....Aku Aya Dr Solo. Bahagia Tenan nemuin blog ini.
    Semoga Aku jadi istrinya Dia-Ku,biar Nanti Kita bisa ktemu disana ya Mba....
    Aamiin

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Instagram