Dilli Hat, Kampung Wisata India

14:00:00

Dilli Hat Delhi

Nggak sempat berkeliling India? Pingin mencari oleh oleh Khas India dari seluruh daerahnya? Atau pingin mencicip cita rasa kuliner khas dari berbagai daerah di  India? Atau pingin duduk cantik, tangan dan kaki  dihias dengan mehndi layaknya pengantin baru? Dilli Hat tempatnya.

Kampung wisata  dengan design terbuka yang berada di kota Delhi ini tak sekedar menjual berbagai macam kerajinan tangan dan makanan dari berbagai daerah di India, Juga dijadikan sebagai tempat untuk pameran dan pertunjukkan budaya (kesenian rakyat) di pedesaan untuk dibawa lebih dekat dengan masyarakat perkotaan.

Tiket masuknya 20 Rupees (Rp. 4000) untuk orang dewasa dan 10 Rupees (Rp. 1000) untuk anak anak. Nah, ini yang bikin happy. Biaya tiket tidak dibedakan antara turis atau warga lokal. Jam buka antara Jam 11 pagi hingga jam 9 malam. Waktu berkunjung yang tepat ke Dilli Hat dengan area seluas 6 hektar ini adalah Sore hari.

Mencari oleh oleh di India
Kios menjual baju Etnik di Dilli Hat
Masuk ke Dilli Hat itu kayak memasuki desa di India. Nuansa tradisional lebih terasa. Deretan toko yang menjual berbagai souvenir dibuat dari susunan penjara batu bata. Kemudian atapnya juga terbuat dari batu.

Ditengahnya sebuah teras lebar dengan design rumput dan taman terbuka. Terdapat sebuah aula khusus untuk mengadakan pameran.yang menyajikan kerajinan tangan souvenir khusus atau produk produk etnis dari daerah tersebut. Aulanya hanya ditutupi jerami diatasnya tanpa bangunan beton. Nuansa pedesaan kental terasa.

Dasar emak emak. Tiap kali kesini saya langsung kalap. Pingin beli semua buat oleh oleh atau dipakai sendiri. Mulai baju kurtis, Saree, Gelang, aksesoris, Tas etnik, sandal dan sepatu etnik atau biasa dikenal dengan sepatu Alladin. Bed cover atau sprei dengan design Rajasthan atau gambar gajah ini menjadi buruan wisatawan ada disini. Berbagai macam kerajinan dari keramik. Berbagai macam kerajinan kuningan. Patung patung dewa atau patung untuk dekorasi rumah. Lampu hias, kotak perhiasan sampai lukisan. Pokoknya lengkap.

Oleh Oleh Khas India
Patung, gelang, kerajinan keramik dan aksesoris di Dilli Hat
Para pedagang disini bukan pedagang biasa seperti pasar pasar lainnya di India. Para pedagang yang menempati kios di Dilli hat adalah para pengerajin yang terdaftar dalam D.C Handicraft. Semacam perkumpulan para pengerajin dari seluruh India. Tentu saja, semua sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

Uniknya lagi, Kios disini tak hanya menjual kerajinan itu itu saja. Kios Kios kerajinan disini dialokasikann secara bergantian atau dirotasi setiap 15 hari. Pengerajin Didatangkan dari seluruh tanah negeri Hindustani dan juga berbagai variasi kerajinan yang dihasilakn. Hal ini diperlakukan untuk memastikan bahwa pengunjung bisa membeli barang barang asli dengan harga yang belum meningkat oleh biaya pemeliharaan yang tinggi atau biaya sewa. Jadi barang barang yang disini dijual dengan harga bersahabat.

Dilli Hat India
Bad cover, Lukisan, hiasan gantung di Dilli Hat
Itulah mengapa, Dilli Hat nggak pernah sepi dari pengunjung lokal atau wisatawan manca Negara. Selalu dipenuhi dengan para turis yang lagi hunting souvenir. Karena mereka nggak takut kena palak. Dan tentu saja barangnya asli.

Setelah puas berbelanja. Kita bisa mencicip kuliner India dari berbagai daerah. Seperti Momos, mirip Siomay, dumpling dari daerah Sikkim (perbatasan dengan China). Masyarakatnya juga beretnis Tinghoa. Atau Bamboo hot Chicken dari daerah Nagaland. Daerah yang berbatasan dengan Myanmar. Kahwa atau Kebab dari Kashmir. Gujarati Dokhla. Dan masih banyak lagi. Untuk area incip incip ditata dengan gaya food court kayak di Indonesia.
Dilli Hat
Najin dan Abby nya lagi milih makanan di Dilli Hat

Saya sendiri kalau pingin memuaskan lidah saya dengan kuliner India langsung datang kemari. Sekalian belanja keperluan makanan Indonesia. Karena letak Dilli Hat ini berada di depan INA Market. Pasar yang menjual berbagai macam aneka bumbu dan saus dari seluruh manca negara. Termasuk Tahu.

Paling asyik tuh ketika tangan dan kaki dihias dengan mehndi. Designya bagus dan rumit. Kayak yang di film film Bollywood.

Kerajinan Tangan khas India
Susasana Terbuka di Dilli Hat


*Video traveling tentang Dilli Hat yang tayang di NET TV










You Might Also Like

19 comments

  1. Waah lengkap banget ya Mak. Perlu mampir serius ke tempat ini nih kalau saya ke Indihe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mampir kesini kalau berburu oleh oleh, Nggak harus keliling India :)

      Delete
  2. Kemarin dapet cerita banyaaaak dari Yayan tentang perjalanannya ke India, jadi makin pengen kesana.. Pengen ke Dilli Hat ini, mungkin bukan buat belanja.. tapi buat nyobain momos :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,Kayaknya cerita Yayan sama kayak Racun. tambah membius Jelajah India.
      Kalau Momos dimana diamnaa, Kalau Sampeyan ke Dharamsala, Momos ada disepanjang jalan.

      Delete
  3. Banyak sekali macam oleh-olehnya ya mbak. Kalau ke sana, sepertinya malah bingung hendak membeli yang mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku kemarin kesini mau cari oleh oleh buat keponakan, kok malah kepingin tak beli semua. hahaha Kalap :)

      Delete
  4. asesoris dan bajunya yang bikin mupeeng, eksotis pisaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyo banyak aksesories eksotik disini :)

      Delete
  5. widih lengkap sampe ada seprei segala. btw tahunya beda gak mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kualitas barangnya. handmade atau mesin kayak gitu. Soalnya di india banyak kain atau baju yang paki hiasan benang atau merci. ada yg print mesin atau yg masih sama tangan

      Delete
  6. Assik nggone... Btw, nang kene iso ditawar utowo harga pas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isok ditawar, cuman kebanaykan harga pas :)

      Delete
  7. Kalaaap..beneran kalap abis waktu malam terakhir di Delhi kemarin.Sampe semua ruppes abis.hanya nyisain buat beli mc'd di airport..haaaahaaahaa.Sayangnya ga bisa pake cc, tapi untung deng klo ga over limit itu kartu kredit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung ya mbak ,masih ada uang buat makan. Ya, nggak bisa pakai CC. bagus juga sih, Biar aku juga nggak kalap belanja, hehehe

      Delete
  8. Aku mau bedcover motif gajah nya itu, ntar bawa ke gresik yaaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus, kamu foto foto dengn gaya Khas K mu diatas gajah :))))

      Delete
  9. Pengen banget beli saree terus dipake de tapi aneh bgt kl pake saree di indo . Ntr dikira pengikut uttaran lagi -.- hhe

    ReplyDelete
  10. Pengen banget beli saree terus dipake de tapi aneh bgt kl pake saree di indo . Ntr dikira pengikut uttaran lagi -.- hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Dipakai buat foto studi say. Tapi pede aja juga gpp pakai saree, hehehe

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram