Gaya Kece Pria India

May 16, 2015

Pria India

Lupakan Paris Fashion Week. Lupakan rumah mode yang sering dikunjungi Mbak Kim Kasihan yang pantatnya sexy berlebihan. Di zaman tikung menikung dan wabah perselingkuhan, lelaki India masih setia dengan gaya “khas”  kecenya. Mengenakan Baju Lengan Panjang dengan kerah kejengkang dimasukkan dalam celana komprang. Diperparah dengan paduan gaya sabuk yang lebarnya kayak sabuk pengaman.

Disini saya nggak ngomongin tentang baju tradisional lelaki India, ya. Justru saya pribadi salut dengan eksotime baju adat yang masih mereka kenakan hingga saat ini. Bahkan digunakan dalam keseharian. Tak hanya wanita, Pria India juga memiliki berbagai macam baju tradisional. Mulai Dari Kashmir di Ujung Utara India hingga Chennai di Selatan India. Masing masing baju tradisional memiliki identikal tersendiri.
Nah, ini. Trend mode yang mengingatkan saya akan penyanyi dangdut Arafik ini tak berubah sejak pertama kali saya menjejakkan kaki di India 11 tahun yang lalu hingga kini. Kemungkinan sejak lama. Penampilan makin trendi dengan rambut piyak tengah atau terlalu ke kanan. Tambah klemis lagi karena diolesi minyak. Lupakan Gatsby. Masih ingat dengan minyak rambut warna hijau dalam botol dengan wangi khas. Pria India demen mengoles rambutnya dengan minyak tersebut. Mengkilap banget sampai bikin silau lirikan matamu.

Motif kemejanya, kalau nggak polos ya kotak kotak ala cowboy. Satu hal yang bikin saya “gemes”. Pemilihan warna bajunya nggak beda dengan wanitanya. Suka warna super ngejreng. Kuning kelinting. Merah membahana. Ijo royo royo atau ungu mencolok. Tak ada aturan "baku" disesuaikan dengan warna kulit, yang penting suka!

Laki laki India
Warna Ngejreng dan motif kotak kotak

Pria India
Kebanyakan pakai motif kotak kotak kayak gini

Kalau masih muda sekitar 17 hingga 25 mereka punya gaya tersendiri. Sama, pakai baju lengan panjang dengan kerah kejengkang. Apa mereka nggak suka pakai kaos? Kalau kaos, sukanya yang ketat kayak lepet. Kalau pakai kaos model Polo T-Shirt. Tapi, ya gitu, kerahnya dibuat kejengkang. Dipadu dengan celana skinny jeans. Teteup pakai sabuk pengaman. Bajunya dikeluarin. Nah, sisi depan bagian kanan yang dimasukkan sedikit. Semakin kece lagi dengan kaca mata hitam dengan bingkai warna merah. Gubrak!

Gaya baju Universal ini hampir merata dikenakan di seluruh India. Mulai kuli batu, penjual keliling yang mendorong gerobak hingga yang duduk manis dalam mercy. Entah musim dingin atau atau musim panas. Baik untuk bekerja atau jalan jalan. Kebayang nggak pakai gaya baju model gini di tepi pantai?

Baju laki laki India
Perhatikan! itu kacamata berbingkai warna kuning

Cowok India
Jalan jalan santai

Indian Man
Bersantai di taman teteup setia pakai baju lengan panjang

Pria India sedang bekerja
Meski sedang mencangkul tanah lebih suka pakai baju lengan panjang

Baju Tradisional India
Penjual jajanan juga lebih nyaman pakai kemeja panjang
Beberapa teman yang berkunjung ke India sering komen kayak gini.
“Mbak, cowok India suka gaya baju kayak sales, ya…”
“OMG, Itukan kan gaya baju penyanyi Arafik?”
“klemis banget baju dan rambutnya”
“Emang cowok India nggak kenal trend baju kekinian ya mbak?”

Duh duh duh!. Semoga ketika komen ginian nggak dikeplak sama sabuknya. Lumayan, sekali cambuk bikin lebam seluruh tubuh karena lebarnya terlalu.

Pernah saya iseng tanya ke Shah Jahan. Maklum, (mungkin) si doi dulu pernah bergaya “gitu”. Mungkin dia bisa kasih jawaban yang tepat.  
“Kenapa pria India suka gaya berpakaian yang itu itu terus, ya?”.  
“Mereka suka gaya itu? Atau mereka nggak tahu mode terbaru? “.
"Atau mungkin gaya baju tersebut nampak lebih elegen dan sopan di mata masyarakat India? ketimbang baju ketat atau celana yang kalau duduk sampai kelihatan celana dalam bahkan belahan (mulus)  pantatnya "
Shah Jahan cuman senyum dan bilang “ I don’t know, Yaar”. Terdiam (sok) cuek.
Trus nyeletuk  sambil  (sok) cool  “So all foreigners like you have a reason to smile”.
What?”  @#$%^&!*@%&;*$   Kejengkang!

You Might Also Like

72 $type={blogger}

  1. Walau gaya fashion mereka sederhana tapi penampilan fisik bagus-bagus gitu Mak :)

    ReplyDelete
  2. Walau gaya fashion mereka sederhana tapi penampilan fisik bagus-bagus gitu Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mereka juga pekerja keras dan tak kenal putus asa.

      Delete
  3. Hahahahahaaha bener banget tuh kata bang Shahab. Aku juga merasa pakaian lelaki di sana terlalu rapi hehe. Tapi kalo keliatannya modern gayanya beda lagi. Gaya sih sama, cuma warnanya lebih kalem, corak bajunya lebih sedikit atau bahkan kemeja polos aja.

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selalu pakai lengan panjang. kalau di Indonesia kalau berangkat kantor aja atau kondangan. Disini untuk semua profesi dan setiap saat kalau pas keluar.

      Kalau yang moder, tetep rapi, cuman gaya warna ada beda. hehehe Aku suka cengar cengir ngelihatnya :)

      Delete
  4. Gagang kaca mata kuningnya itu amboooiiiiii :)))) Pingin kejengkang liatnya :)))

    Kalau sudah jadi ciri khas begini, mau kemeja kerah kejengkang, kaca mata bingkai warna warni, baju kotak2 rapi, tetap aja ga aneh ya. Malah trendi. Plusnya, orang India itu bodinya cakep2, pake baju apa aja, dandan kayak apa aja, ya cakep2 aja. Mungkin penggunaan warna yg mencolok aja yang agak bikin mata jadi jreng jreng liatnya hihihi

    Ngikik-ngikik aku baca tulisan ini. Informatif, tapi kocak bingiiiiit :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku selalu senyum senyum tiap kali lihat mereka yag pakai kacamata dengan frame berwarna. Kadang nggak kuat pingin ngakak, tapi kok nggak sopan, ngetawain orang lain. hehehe

      Ya, untung mereka cakep dan bodynya oke punya, coba kalau nggak? hehehe
      Awas, ntar ngikiknya kebablasan. :)

      Delete
    2. Ya Allah mba, ngakak bacanya sambil teringat waktu ke india kmrn, bener banget atuh

      Delete
    3. Hehehe kamu nahan ketawa apa senyum senyum aja ?

      Delete
  5. Replies
    1. Hehehe, takut sebut nama asli ntar malah disomasi. :)

      Delete
  6. Mereka apa nggak sumuk yo Mbak? :D
    Aku aja lho yang kerja kantoran, misal boleh kausan gitu aku pasti sesekali pakai kaus :-))
    Nggak kebayang gimana sumuknya kalau nyangkul2 pakai baju lengan panjang gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kalau musim pan as bisa sample 40 derajat Dan tetep pake baju lengan panjang. Mungkin mreka sumuk, cuman dah biasa.

      Delete
  7. wkwkwkwkwkwk... kocak banget, deh... pancen istilah kece iku tiap bangsa bedo2, yo Zulfa. Tapi brarti cowok India iki tipe setia, yah. Setia pada gaya itu-itu ajah... Pokoke kaos lengan panjang, jare dekne gak ada matinya... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mbak, standard negoro bedo2. Kadang negoro liyane biasa, tapi menurut negoro liyane ketok saru.

      Hem lengen panjang is the best, always :)))

      Delete
  8. Hiiihiiihiii..kayaknya cowoq-cowoq india itu klasik ya mbak.ga pernah ngikutin perkembangan mode.Model tangan panjang, warna ngejreng, atau pakaian khas India putih -putih.Aku sempet rad bengong waktu ditemenin orang India panas- panas ke Taj Mahal stylenya teuteuuup kayak mau ngantor.lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klasik sekali :) Bener bener mbak, Kayak orang berangkat ke kantor semua. Kalau aku lihat kayaknya mereka nyaman pakai baju itu. Padahal ya kemringet basah :)

      Delete
  9. Berarti kalau ada cowok di indonesia yang pakai style baju kemeja dan celana jeans seperti itu bisa2 di sangka orang india kw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw lebih tepatya 'terinapirasi' gaya Mode cowok india :)))

      Delete
  10. kerahnya kejengkang yo mbak ? :D lha disinipun juga sama kejengkangnya dong ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak, kerah kejengkang itu kerahnya dibiarin terbuka ala elvis presley :)))

      Delete
  11. Aku gerah pake lengan panjang, ngantor aja suka gw gulung kecuali lagi meeting resmi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak kaget kalau kakak Cumi gerah pakai lengan panjang. Sukanya kan buka buka an. hehehe. Nah, tuh dia, aku juga heran, apalgai kayak sekarang musim panas kayak dimasukkan oven dan teteup setia sama baju lengan panjang :)

      Delete
  12. Wuidihhh....Beruntung banget ya mbak cowok2 India yang ke posting di blog kamu ini. #lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih cowok yang nampang disini lagi Most wanted :)))

      Delete
  13. Di Singapur, gaya berpakaian lelaki India persis seperti yang digambarkan mbak Zulfa ini... Walaupun sudah tinggal di negeri orang, style berpakaian mereka tetap gak berubah. Yang beda itu justru temen-temen India-ku yang tinggal di Batam sini, gaya berpakaian mereka udah modis banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dimanapun mbak, merek setia dengan gaya kece nya :)

      Wah, kayaknya cowok India harus dibawa ke Indonesia, karena mampu mengubah gaya danadanan. Etapi nggak setia lagi dong ? hehehe

      Delete
    2. Perempuan-perempuannya juga gitu loh, mbak.. Kalo ngeliat perempuan-perempuan India di Singapur, kemana-mana mereka masih pake saree. Tapi kalo di Batam ngeliat istri-istri temen itu bajunya udah biasa, gak ada yang pake saree lagi. Kenapa ya? Padahal Singapur-Batam kan deket aja.. Kenapa yang di Singapur bisa masih setia dengan style-nya? Dan yang di Batam udah terbawa arus... *jadi mikir.. pengen nanyain ini ke Ashwin jadinya :D

      Delete
    3. Wah, Kalau pakai pakaian tradisional aku malah salut mbak. Dan bangga bisa mempertahankan baju tradisional dalam keseharian. cuman gaya yang ini lo? bikin garuk garuk kepala? hehehe. Indonesia itu memang sesuatu mbak, bisa mengubah segala. Ayo ditanyakeun ke temennnya. Iditu saya merasa KEPO. hehehe

      Delete
  14. He'eh mbak... bener banget... Ngakak sengakak-ngakaknya baca tulisan mbak. Jd inget dulu.. pacarku pake baju lengan panjang, celana bahan n lengkap dengan jaket model jas'a pas jalan2 ke tangkuban perahu. Protesku ga digubris ma dia.. malah dengan enteng jawab "baby.. this is nice dressing u know..." gubrak... untung aja dia masih mau manut ganti sepatu 'pantopel'nya pake sepatu sendal gunung (yg malah bikin tambah ga mecing) hahaha 😀

    ReplyDelete
  15. buahahaha guling guling bacanya. Iya, kalau ditanya mereka selalu bilang gitu "nice dressing". di India apapun itu yang diapakai mesti "mecing:. hehehe

    ReplyDelete
  16. Iya mbak... bener2... kata mereka itu udah yg paling endah banget dah... Orang2 pd ngliatin dia, tapi dia cuek bebek aja... mikire paling keren dewe yak'e... hahaha... Mereka bener2 memperhatikan fesyen yo... katanya takut dibilang gak sopan kalo pergi2 ga pake baju lengan panjang n sepatu... Tp yo jdne saltum kalo di indonesia 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. ckckckckckck paling orang Indonesia mau tanya gini " mas mas mau kemana? ini tempat wisata bukan kantor apalagi kondangan" :)

      Delete
  17. Ngakak bacanya.... Leres leres tenan mbakyu.... Ingat pengalaman di sana. Belum lagi kadang bawa tas koper (macam merk president) alamak... unyu banget, like it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh Jadi ukan hanya aku ya yang perhatian dengan gaya kece pria India.
      Nah, Tah koper ini sebenarnya mau tulis dalam BAB tersendiri, hehehe tungguin ya.... Belum sempet foto soalnya.

      Delete
  18. heheheh,...nice article, suami saya cuma bisa pasrah kalau saya otak-atik rambutnya :) ( ga bisa marah sama istri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Romatis ya..... asal jangan Dikeplak aja, marah pasti, hehhee

      Delete
  19. Jadi ketagihan sama blognya mb zulfa..g enk mb klo g koment...
    Hi..hi lucu banget gayanya beda sma cowok gresik ya mb..
    Untgnya yg lgi deket gyanya g kyk gitu wlpun berasal dari selatannya india
    Mngkin karna stay di qatar..tpi jadi meragukan kesetiannya...sma gaya aja g setia apalagi sm cewek..wkwkw curcol mb..:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Memang blog kece ini bikin candu *plakkkkk
      Beda banget sama cowok Indonesia. Wah, dari India selatan? pasti banyak gedek kepalanya

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. ngakak saya baca cerita yg ini... ak suka bahasa yg mbak zulfa pake istilah kata bhs indonesia suroboyoan... medok kale :)
    salam kenal mbak zulfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, awas kebablasan. Uenak klo pakai bahasa suroboyoan medok. mak jlebbb

      Salam kenal juga :)

      Delete
  22. Iya kak bener, aku punya temen india cewek and cowok dri new delhi , agra, rajasthan, di facebook. Kalau cewek and cwok dari new delhi aku lihat di fto mereka di fb mereka modis banget ala eropa gitu pakaiannya pake jas,sepatu boot,ngetrend dengan kacamata hitamnya yang sering dipake di film rambo, mereka kayak foto model, apa bner ya kayak gitu penampilan mereka di new delhi ya kak?? Aku aja gak bisa semodis mereka hahaha. Tapi kalau temen fb ku yang diluar delhi itu sederhana mbk mereka jarang selfie.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe itu mah di Sosmed doang. Nggak semua sih memiliki gaya "kece" kayak gini. ada yang sudah berubah. Yang diatas ini kebanyakan. hehehe

      Delete
    2. Iya nih mgkin dy emang bnran model , soalnya aku jg liat bbrp yg ky gtu . Gak jauh beda gayanyaa . Fto2 ny jg bak model yg ftogenic.dengan kamera slr dan rata2 pk iphone mreka Trs sebagian fto2 dengan mobil2ny yg wagh dh. Aku mkir mreka ank2 pejabat hhhh.

      Delete
    3. Iya nih mgkin dy emang bnran model , soalnya aku jg liat bbrp yg ky gtu . Gak jauh beda gayanyaa . Fto2 ny jg bak model yg ftogenic.dengan kamera slr dan rata2 pk iphone mreka Trs sebagian fto2 dengan mobil2ny yg wagh dh. Aku mkir mreka ank2 pejabat hhhh.

      Delete
    4. Iya memang mereka pakai baju kemeja kotak kotak gitu difoto. Aku lihat di fb. Dengan efek fotonya yang menyilaukan dan bikin pedih mata. Hahaha

      Delete
    5. Numpang foto dimobil orang kali hehehehe jgn tertipu dengan hidungnya yang mancung. Hehehe

      Delete
    6. Aku lihat ada yang pakai jas rompi pula di sosmed ada yang pakai warna kuning ngejreng lagi. Mereka formal banget dah penampilannya. Kayak era 80'an not only indian but pakistani boy too. Hehehe Kalau ku bandingin sih cowok indonesia lebih up to date in fashion. Cowok indonesia juga keren kok guys. Hehe

      Delete
    7. Rompi dan jas sering masuk dalam list gaya baju mreka.

      Iya, Araafik banget, gaya baju thn 80 an, hehehe

      Delete
    8. Iya mbk sebenarnya bikin ketawa and greget. hahaha Pernah lihat orang2 india jalan2 ke Pura ulun danu batur bedugul and pura taman ayun breng rombongan keluarganya. yang cwek pke saree .cwok Stylenya tetep style ngantor. Kesana. Aku senyum2 sendiri lihatnya kak... hihihi. Tp ada yang modern juga stylenya suami istri pke celana pendek..

      Delete
    9. This comment has been removed by the author.

      Delete
    10. Sebenernya org india itu item2 manis x ya walaupun pada brewokan tp tetep cool idung2ny itu lho.. Pdahal g beda jauh muka2-ny ma indo. Sebagian si ada yg mirip arab2 gt. Beda aja ama brewokan orang indonesia .hhe

      Delete
    11. Sebenernya org india itu item2 manis x ya walaupun pada brewokan tp tetep cool idung2ny itu lho.. Pdahal g beda jauh muka2-ny ma indo. Sebagian si ada yg mirip arab2 gt. Beda aja ama brewokan orang indonesia .hhe

      Delete
    12. Bener Item Manis klo India seletan ya, klo India utara cakep

      Delete
  23. ngakak aku bacax.... baru jg jth hti ma arjuna keburu liat blogx simbak... jd gmna gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas kebablas ngakanya. Hehehe Dont worry, ntar Arjuna mu datang dengan gaya baju kayak diatas. Jadi siap siap ngempet ngguyu. hehehe

      Delete
  24. Elly Putri has left a new comment on your post "Gaya Kece Pria India":

    Ya Allah mba, ngakak bacanya sambil teringat waktu ke india kmrn, bener banget atuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan berarti beneran, aku nggak ngarang.... hahaha

      Delete
  25. Hahhhaaha kebetulan lagi nyari keyword nya eh di google ada blog emak paling atas .. aneh juga yak aku perhatiin di sosmed nya kenalan aku rata2 kok pake baju nya kemeja terus .kotak2 , kyny kompak gitu sm temen2ny jg .kdg dlmny pke kemeja trs pake baju luaran panjang kalo ga , pake baju jubah putih2 panjang . Tp dy prnh kirim fto pke kaos berkerah dn tshirt jg. Terus dia jg pke gelang tali di tangan warna merah gtu . Pdhl gush pk kayanya lbh keren .hhhh . Rambut nya jg emng si rapi2 hahha .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, Kece berarti blogku ya....
      Ya, karena mreka seneng pakai baju lengan panjang, klo nggak kotak2 ya warna ngejreg plos :)

      gelang tali itu biasanya dari kuil.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Salam emak...
    karena sekarang lagi banyak waktu jadilah tiap hari dari pagi ampe sore nonton drama india aje dsalah sat stasiun TV swasta, jadilah suka bertanya-tanya dengan kebudayaan, kebiasaan orang2 india (dari dulu sih suka nontn film2 bollywoodnya tapi ga sedetail d dramanya, menurut saya). Nah dari kepo itu lah menarik saya buat googling ttng kebudayaan dll ttng india, thennnn nemu deh blok emak ini kemaren. Tak langsung dibaca coz sikonnya ga memungkinkan tapi dilihat secara sekilas kok kayak menarik ini blog,ta' simpan d bookmark dulu dah. Dan malam ini saya baru baca2 artikelnya, wihhhhh keyennnnnnn, asli....
    ehhhh malah kebablasan deh, baca2 sambil mesem2 sampe jam setengah dua dini hari. owalahhhhh...... lnjut besok dahhhh.....
    anyway, salam kenal emakkkkkk.........(maaf2 panjang kali saya nulis dah, hehehe...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam Kenal Juga :)

      Hehehe Makasih sudah mampir ke Blog.
      Eh at ati jangan sampe kebablasan mesem mesem dijalan terus, bahaya... :)))))

      Delete
  28. Hi Kakak, maaf tanya2 lagi nih hihihihi :D
    Kalau orang india utara kan cakep cakep ya kak wajahnya campuran iran gitu, apakah mereka rasis ya kak sama orang india selatan? Dan apabila mereka melihat wajah wajah melayu seperti orang indonesia, apakah mereka rasis juga tidak mbk sama kita? Mungkin karena mereka merasa lebih cakep kali ya kak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay adikkkk :)

      Iya, orang India utara memang cakep cakep kayak orang Turkey atau iran.
      Nggak Rasi sama sekalia baik sesama India atau luar negeri.

      Apalagi orang kashmir, tak peduli darimana kalau seorang muslim langsung disambut dengan tangan terbuka

      Delete
  29. aku kepo adat istiadat india gara2 lihat Khushi..tapi baca tulisan emak bikin aku ngekek2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kushi yang mana lagi nih? lho, awas jangn ngekek diajalan kebalblas looo

      Delete
    2. Iku loh mba serial baru di indosiar judul aslie iss pyaar ko kya naam doon,pemaine barun sobti & sanaya irani ,btw aku juga suka nonton khushi ..

      Delete

Follow Twitter

Follow Instagram