Summer Fruits in India

14:00:00


Tidaklah segala sesuatu di Bumi ini diciptakan tanpa guna, buah buahan dengan segala manfaatnya panen pada saat musim yang tepat.

Musim panas di India memang sesuatu, Cetar!. Tidak tanggung tanggung, 48 derajat celcius. Setelah dihajar dengan dingin menusuk tulang. Dibahagiakan dengan mekarnya bunga dan hawa sejuk menggelora di musim Semi.  India dihajar lagi dengan panas yang bikin ubun ubun kepala mendidih. Kalau musim panas gini, kami sekeluarga nggak tertarik mbolang sama sekali. Memilih leyeh leyeh cantik dalam ruangan berpendingan. Nggak kebayang gimana dengan gelandangan yang tinggal di tepi jalan. Astaghfirullah.

Tiada satupun ciptaan Allah dimuka bumi ini dibuat dengan percuma. Bahkan Allah mencurahkan rezeki berupa aneka buah buahan panen di waktu yang tepat. Berbeda dengan negara kita yang di anugerahi alam Tropis. Dimana buah buahan tumbur subur sepanjang tahun. Di India, beberapa buah panen pada musim tertentu. Beberapa bulan yang lalu saya membahas tentang buah buahan di Musim Semi di India. Subhanallah, buah buahan di musim panas ini mengandung banyak unsur air. Semua Allah ciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Nikmat Allah manakah yang kamu dustakan? 

Berikut buah buahan musim panas di India :

Kakdi
Lihat buah ini penampakannya sekilas kayak ular yang nongkrong di pohon. Bentuknya bulat sebesar ibu jari dan lonjong. Kulitnya kayak ada bulu bulu putih super halus. Rasanya seperti mentimun. Cara menikmatinya dicocol dengan bubuk rempah yang sudah disediakan oleh penjualnya.

Summer Fruits in India
Kakdi


Tarbuuz (Semangka)
Semangka India tak beda dengan semangka Indonesia. Ada dua tipe macam berdasarkan kulit kularnya. Warna hijau tua polos, bentuknya lonjong. Satunya warna hijau muda dengan (design) garis bentuknya bulat. Semua semangka di India berbiji. Kalau musim panas gini sekilo Rp. 2000 – Rp. 5000. Seger dan manis kayak wajah lelaki India.

Summer Fruits in India
Bijinya gede gede


Kharbooza (Melon)
Ukurannya imut dan kecil ketimbang melon Indonesia. Dalamnya warna orange. Manisnya sampai nusuk ke gigi.

Fruits in India
Kharbooza

buah buahan yang ada di India
Melonya warna orange


Sarda
Sekilas dilihat dari kulit luarnya mirip blewah. Tapi dalamnya justru kayak melon. Warna hijau. Sama dengan Melon, manisnya kebangetan. Sarda ini yang paling banyak dijumpai di jalanan. Kadang sampe mblenger ngelihatnya. Shah Jahan kalau beli langsung 5 buah. Murah cuman Rp. 1000 saja.

Daging buah Sardah kayak melon ketimbang blewah

Summer Fruits In India
Sarda



Aam (Mangga)
India memiliki banyak varietas mangga. Kebanyakan didatangkan dari India tengah dan selatan. Musim mangga ini berlangsung hingga akhir Agustus. Kalau pas puncak panen cuman Rp. 2000/ Kg. Karena pecinta buah mangga. hampir setiap hari Shah Jahan beli 2 - 5Kg.  Manisnya kebangetan. Kalau bosen biasanya saya bikin jus atau Manggo Lassi.
Manggo India
Aam


Khira (Timun)
Ini masuk buah apa sayuran? Kalau di India masuk kategori buah. Sama dengan Kakdi, timun di India dinikmati dengan taburan bubuk rempah. Kalau musim panas gini Rp. 1000 dapat 4-5 buah timun. Daging buahnya besar dan bijinya kecil kecil.

Leechi
Buah leci tergolong mahal dan susah di negera kita. Seringnya kita menikmati leci dalam bentuk syrup leci. Jarang banget bisa menikmati masam dan manisnya buah leci asli. Di India kalau sudah musim panas, banyak sekali penjual leci. Dilihat dari jauh, tumpukannya persis kayak buah rambutan tanpa bulu rambut.


Summer Fruit in India
Buah Leci
Subhanallah, dari buah buahan yang panen pada saat tertentu saja, kita bisa merasakan betapa banyak nikmat yang Allah berikan. Semua buah panen sesuai dengan musim yang ada dan menjaga agar ketahanan tubuh kita tetap kuat  melawan hawa dingin maupun panas. Layaknya kehidupan ini, Allah tidak selalu memberi apa yang kita inginkan tapi PASTI memberikan apa yang kita butuhkan. Subhanallah.


You Might Also Like

20 comments

  1. Iya :) Allah selalu memberi yang kita butuhkan :) postingan ini selain menyegarkan mata dengan kesegaran buah2an, juga menyegarkan hati :')

    Eh itu subhanallah sekali ya 48 derajat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Zahra. ini lagi mototng buah buahan eh, trus dijaiin postingan sekalian.
      Ya gelombang panas India tahun ini, Cetar!

      Delete
  2. Saya penasaran dengan sarda. Unik banget mbak. Pengen nyobain tapi di sini nggak ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sara rasanya antara blewah dan melon :)

      Delete
  3. India memang berwarna kayak holi..Sempet makan Khira di Red Fort walaupun awal April kemaren panasnya tidak sepanas sekarang..segeeeer. Beli dari pedagang yg nongkrong depan pintu masuk yg sudah diiris-iris bungkusnya kertas koran bekas,terbuka mungkin dilingdungi debu hiiihiii..Alhamdulillah ga sakit peyuuut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, akau kalau beli khira yang belum dipotong, yg masih utuh bulat. Takut kena debu yg berterbangan :)

      Delete
  4. Ngga kebayang 48 derajat Mbak, di sini 34 aja sumuk banget, hehehe... Penasaran itu buah buahnya yang ga ada di Indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumuk dan nafas rasanya panas banget. Jadi kayak masuk sauna.
      ini buah seger seger semua, mengandung banyak air.

      Delete
  5. uwooooo, murah2 bngttt mbaaa ^o^... kyknya malah lbh muraj dr jkt ya... trs manis2 gitu? Semangka ama melon di jkt aja manisnya bnyk yg rada hambar... kyk manis diperam, bukan mateng di pohon.. -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau lagi musim gini memang murah banget. Jarang beli satu buah, seringnya kalau beli 5 Sardah sekalian. Alhamdullilah murah.

      Delete
  6. Penasaran ama kakdi dan sarda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger dan manis, kayak wajahku ini *plak*

      Delete
  7. Apa rasa Kakdi, mbak? Tampilannya mirip terong.

    Semoga buah-buahan segar ini dapat mendatangkan kesegaran pada siapapun yang memakannya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakadi rasanya mirip Timun . Dan bentuknya kayak terong tapi langsing dan lebih panjang. Tebalnya seukuran jempol jari :) tinggi dan langsing. Beda banget sama yg nulis blog ini. kayak mentimun :))))

      Delete
  8. Beuhhh, cek murah2e buah2an nang kono, yo...ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nang India nek musim pasti murah murah mbak, daratan India luas banget. Dadi akeh sih manen.

      Delete
  9. aku kok jadi kangen makan blewah di kasih gula trus dimasukin kulkas biar adem makyessss seger gitu yaaa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti Ramdhan banyak Taro yang jual. Blewah memang seger.

      Delete
  10. Kabita banget liat buah2an segar di atas. Apalagi harganya yg murah. Sekarang lg di Tokyo mau beli buah sama salmon mahalan buah, sedih tp jd makin bersyukur di Indonesia buah melimpah dgn harga yg terjangkau :)) utk sementara ini... makan pisang lagi pisang lagi :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales, masih travelling dari negeri mahabratha ke Negri Indonesia. Iya, seger banget, "segar" kayak badanku (baca : gendut) hehehe. Wah kalau di Tokyo memang mahal mahal ya, tapi gajian orang sono juga gede. Wah, masih murah salmon, pesta OMega 3 tapi kurang sehat. .

      Hati kalau kebanyakan makam pisang jadi cakep..... #halah.

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram