Tempe Made in India

14:00:00

Tempe di Luar Neger

“Assalamualaikum”
“Waalaikumsalam”
“Haloo, Bu Zulfa ya?”
“Bukan, ini Mumtaz Mahal. Eh, Iya”
“Bagaimana kabarnya Bu?”
“Alhamdullilah baik”
“Bu, saya bikin Tempe hari ini, Bu Zulfa mau pesen?”
“Alhamdullilah, Ya, 10 buah. Terima kasih, ya. Kamu ngobrol sama Shah Jahan,  mau ketemuan dimana dan Jam berapa”
“Baik Bu”
Klik, tutup telpon.

Alhamdullilah, pesta tempe hari ini. Bisa menikmati tempe di India itu rasanya luar biasa. Tempe made in India ini dijual oleh seorang Mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di India. Namanya Satrio, kupanggil Tio. Setiap kali dia telpon dan nawarin tempe. Pikiranku langsung melayang ke Novel Ayat ayat cinta. Dimana pemeran utamanya membuat tempe untuk membiaya hidup ketika dia kuliah di Negeri Cleopatra.

Tio, juga mengirim tempe untuk staf kedutaan Indonesia. Juga masyarakat Indonesia dan Malaysia yang tinggal di Delhi. Nggak tiap hari bikinnya. Pada saat tertentu saja. Dia bikin berdasarkan permintaan. Kemudian dia mengirimnya kerumah para pelanggan. Terkhusus saya, Shah Jahan mengambilnya kerumah Tio. Rumah kami berjarak sekitar 1,5 KM. Rumahnya tetanggaan dengan salah satu staf KBRI dan juga mahasiswa lain yang kuliah di Universitas Jami Milia Islami. Abang Shah Rukh Khan dulu kuliah disini.

Ada tempe di India
Tempe Made in India

Di India, tempe nggak bisa saya masak macam macam kayak di Indonesia. Bukan karena apa apa. Karena memang saya nggak terlalu suka masak tapi doyan mbadok doang. 

Seringnya saya bikin tempe penyet sama sambal hijau. Maklum di India cabe merah segar nggak ada (sulit didapat). Adanya cabe merah kering atau bubuk. Karena nggak punya cobek, jadilah pakai hand blender. Saladnya mix antara salad Indonesia dan India yakni timun dan bawang Bombay dihujani jeruk nipis.

Kalau ada kecap, saya bikin oseng oseng tempe cabe Hijau. Atau saya bikin Curry tempe ala India. Trus dibikin pakora tempe. Pakora itu semacam gorengan di India. Pakora tempe ini kayak gimbal tempe. Cuman bikinnya lebih gampang. Pakai tepung besan. Yakni tepung yang terbuat dari  Cheeck Bean. Dikasih irisan bawang Bombay, cabai bubuk, telur dan garam. Dibikin kayak adonan gimbal. Celupkan tempe dan goreng hingga kecoklatan. Brasa kayak nulis resep masakan, hehehe.

Nah, seringnya semua tempe nggak habis. Dan saya kurang suka kalau tempe disimpan di Kulkas. Rasanya beda. Pernah coba  dibikin Kripik Tempe. Lumayan buat cemilan. Eh, nggak sukses. Malah jadi gimbal tempe. Tepungnya nggak cocok. Nggak kriuk kriuk.


Pakora Tempe India
Step by Step  Bikin Pakora Tempe, alias Gimbal Tempe ala India
Suatu hari ada acara di kedutaan. Trus ngobrol sama Tio. Gimana dia dapat ragi tempe? Ternyata, masih didatangkan dari Indonesia. Nitip ke staf kedutaan atau siapa saja yang lagi pulang kampung ke Indonesia. Kalau kedelai, banyak dan murah di India. 

Salut, dia mengutarakan keinginan untuk memasarkan tempe secara luas di India. Tak hanya dinikmati oleh penduduk Indonesia dan Malaysia. Juga Masyarakat India yang mayoritas penganut vegetarian. Semoga, ya, dia berhasil dengan segala impiannya dan laris manis. Bikin Bangga Indonesia.


You Might Also Like

27 comments

  1. Mumtaz Mahal -___-
    Mudah-mudahan Tio jadi pengusaha tempe yang sukses di India. Pasti peminatnya banyak banget disana.
    Betewe gimbal tempe bisa jadi peluang usaha yang bagus mba. Keripik tempe kan sudah terlalu mainstream...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, semoga ya. Iya, kok nggak kepikiran buka warung gimbal tempe disini. Kalau kripik tempe, enaknya bisa disimpan dalam toples, awet, KRIUK.

      Delete
  2. Mbadok iyo, masak males yoooooo hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, IYOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO banget. Mbadok cantik :)

      Delete
  3. Aku paling doyan tempe goreng tepung. kari dicocol sambel utowo ngletus lombok. Lek keripik tempe gak kathik nggawe dhewe. Kari tuku trurus dibadhok la yaw... *pamer* ira. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. opo manek nek dicocol karo sambel petis, mbadk terus sampe lali karo lemak berlebih :))) laaa nang kene ora onok kripik tempe :( laaa piye.....

      Delete
    2. ohh, iyooo... sepurane lali aku. Ayo cobak2 resep keripik tempe, Zulfa. Sopo weruh mengko iso kriuk2...

      Delete
    3. Iki sik hunting maizena karotepung, lumayan bekne sukss gawe kripik tepe, hehehe sekalian Bisnis :)

      Delete
  4. ahhhh temepenya mengoda selera sekali :) pengen nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg masak lebih enggoda lagi :)))) dikeplak panci :)

      Delete
  5. wah jadi lapar mbak pengen makan tempe...love tempe pake bangeeettt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Lve tempe kebangetan. Klau dirumah (Indonesia) tiada hari tanpa melahap tempe. :)

      Delete
  6. Waaa.. ini makanan kesukaanku.. Tempe penyet. Alhamdulillah ya mbak, masih bisa ngerasain tempe di negeri Shah Rukh Khan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah banget mbak. Lupakan harganya, yang penting bisa melahap tempa itu sesuatu banget.

      Delete
  7. Wuih salut buat mas Tio. Semoga sukses, kayak perantau di Jepang yang terkenal dengan usaha tempenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin ya Robb. Subahanllah, jika ada orang merantau dan bisa berbisnis brand produk Indnesia, sesuatu banget.

      Delete
  8. Naaah..Pakora, Kalo di bandung gorengan disebut Bala-bala. Salah satu makanan India yamg bisa masuk di lidah aku ya bala-bala nya India ini Pakora.Nyicipin dari ibu kantin yg setiap hari nyediain masakan India untuk teknisi India, kadang pakora kentang,pakora bawang bombay,bunga kol ,atau apa ajalah yg bisa dicemplungin ya jadilah pakora.enaaaaak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih baru tahu bala bala. disini adanya dahi bala, jadi gorengan disiram sama yogurt.
      Iya, pakora soalnya nggak banyak bumbu mbak, cuman cabe bubuk sama garam saja didalamnya adonan. Ya, itu semua tipe pakora yang di India. cemplungin apapapun. aku suka pakora cabe, pedes dan meledak dimulut.

      Delete
  9. Bawang bombay nggak ketinggalan ya mbak dalam adonan tepungnya :D Sesama penggemar bawang, aku mestit cobain nih resepnya.

    Salut sama mas Tio yang berjualan tempe. Mendatangkan ragi dari Indonesia mahal ga ya? Kalau belum datang, produksi tempenya pasti berhenti. Sering ga mbak produksinya terhenti karena menunggu kiriman ragi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya teteup suka dan cinta sama bawang bombay :)

      kalau ragi dia selalu ada, nitip staf KBRI yang pulang kampung. dan selalu ada yang pulang ke Indnesia. Laa itu, tempenya harganya jadi lebih mahal kalau dibandingkan dengan Indnesia. sekotak 10.000 rupiah. Tapi lumayan, ada tempe.

      Delete
  10. baru denger ni gimbal tempe mba zulfa.. kayak apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimbal tempe itu jawa timuran, kalau Wonosobo itu Selimut Tempe :)

      Delete
  11. Wah pasti sesuatu banget bisa makan tempe saat berada di negeri orang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, terasa sangat (lebih) enak....

      Delete
  12. Mb....please sharing nomer telfonnya Tio. Pengen tempeeee...pake banget

    ReplyDelete
  13. Mb....please sharing nomer telfonnya Tio. Pengen tempeeee...pake banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ilang nomernya Tio. Kamu add aku di FB ntar aku kenalin sama dia

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram