Pesona Alam Pantai Klayar

14:00:00

Klayar Beach

Pantai dengan Ikon batu mirip kepala Sphinx ini memiliki pasir putih dan dikelilingi tebing tebing berbatu

Pantai Klayar berada di desa Kalak, kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan tanah kelahiran mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Berjuluk negeri seribu Goa. Kabupaten Pacitan menyimpan ribuan goa yang bersembunyi di perut bumi. Dibalik gugusan perbukitan menghijau, terserak pantai indah yang menjadi idola baru wisatawan mancanegara.

Sepanjang perjalanan membelah bumi pacitan kami ditemani puluhan kelok rantai perbukitan. udara yang bersih dan sejuk menyapa paru paru. Jalanan yang naik turun. Sesekali terlihat goa goa kecil dengan stalaktit dan stalakmit meruncing.Ditambah sejuta pesona nuansa pedesaan Indonesia nan asri.

Sungai dan Nyiur Kelapa


Ikon Kepala Sphinx
Sampai di ujung jalan perbukitan pantai Klayar. Nampak hamparan pasir putih membelah jajaran nyiur pohon kelapa dan hamparan laut biru. Bibir pantai membentang panjang membentuk lengkung bergaris perbukitan. Diujung kiri, deretbebatuan karang alami, salah satunya membentuk patung mirip kepala Sphinx.

Pantai di pesisir Selatan Jawa terkenal dengan gulungan ombaknya yang dahsyat.  Terjangan ombak terus menerus menampar batu karang di sepanjang bibir pantai. Harmoni alam menciptakan pahatan batu berbentuk mirip kepala sphinx di Mesir.

Berbeda dengan kepala sphinx di Mesir yang sengaja dibuat oleh sentuhan manusia. Meski tak nampak sempurna layaknya kepala sphinx. Keunikannya menjadi Ikon pantai Klayar.

Berjalan menuju bibir pantai, jalanan sedikit menurun. Dibibir pantai nampak rombongan motor gede mengemas tenda setelah kamping semalam dan bersiap meninggalkan pantai. Ditambah satu keluarga warganegara asing kamping dan menikmati bakar ikan bersama. Tak lama setelah kedatangan kami. Datang serombongan komunitas mobil SUV berwisata bersama keluarga.

Pantai Klayar memang memiliki pesona keindahan tersendiri. Kawasan yang bersih, hamparan laut biru berdegradasi hijau. Begitu jernih bak sebuah cermin. Pasir putih yang lembut menggelitik kaki ini untuk menapakinya. Gulungan ombak tinggi yang menjadi potret panorama pantai Selatan. Tak kalah cantik dengan sederet pantai tersohor dikepulauan dewata, Bali.
 
Pantai keren di Pacitan
Baru alami ini dari kejauhan nampak Mirip Batu Spinx


Semburan Air Mancur Alami
Keunikan pantai Klayar tak hanya batu berbentuk mirip kepala Sphinx. Tepat berada di sebelah kiri nya terdapat lubang diantara bebatuan. Ketika ombak menghantam batu karang. Sebagian air menyelinap masuk ke dalam batu kemudian semburan air menjulang tinggi ke angkasa dari lubang batu. Semakin keras hantaman ombak, semakin tinggi semburan air. Ketinggiannya terkadang mencapai 10 meter.

Semburan air ini bisa kita saksikan dari bibir pantai.Tapi jika kita ingin menyaksikan dengan jelas, bagaimana terjangan ombak  menghasilkan semburan air mancur yang keras. Bisa kita saksikan dari balik bukit disisi kiri.

Terdapat jalan setapak melintasi perkebunan. Disusul jalanan sedikit menanjak menaiki perbukitan. Sampai diatasnya, tersuguh hamparan rumput yang menguning dengan serakan tanaman perdu.

Saya berjalan sedikit berhati hati mengingat diatas ini tidak ada pagar pembatas. Terdapat bebatuan alami berada di atas tebing. Saya duduk santai menikmati suguhan alam. Dari atas tebing nampak jelas semburan air mancur. Ditemani orkestra alam, deburan ombak menghantam batu karang. Dipagi hari, di tebing ini kita bisa melihat sang surya menyapa bumi.

Pantai Klayar
Semburan Air dari Dalam bebatuan

Bermain ditepian Pantai
Setelah asyik menikmati panorama dari atas tebing. Waktunya bermain di bibir pantai dengan hamparan pasir putih lembut yang luas. Berdekatan dengan bebatuan kepala Sphinx, terdapat belahan batu karang besar. Keduanya terpisah oleh terjangan ombak selama bertahun tahun.

Ombak menerjang membelah diantara kedua bebatuan. Begitu kuatnya meninggalkan semburat air berbusa melayang diangkasa. Lintasan ombak dikedua batu membentuk seperti sebuah laguna kecil. Menyisir dan menggulung pasir. Tidak disarankan bermain diarea ini atau menaiki bebatuan disekitarnya. Ombak menerjang kemudian menggulung kuat dan sangat berbahaya.

Kita bisa bermain disisi lainnya. Banyak keluarga bersama anaknya bermain pasir  dengan membawa aneka mainan anak seperti timba dan sekop. Beberapa muda mudi bermain meloncati terjangan ombak sambil lempar lemparan pasir. Semilir angin membuat semua lupa dengan terik matahari mencubit kulit.

Nah, ketika asyik bermain. Saya melihat ombak yang menerjang bibir pasir pantai. meliuk membentuk jalananseperti aliran sungai kecil. Bermuara menyatukan air laut hingga ke sungai kecil yang berada di daratan dibawah deretan pohon kelapa.

Setelah asyik berenang, tak perlu kawatir dengan badan lengket penuh pasir. Di sekitar pantai tersedia pemandian umum. Meski berada di tepian pantai, airnya tawar dan bersih.

Sunset dan gubuk pandang diatas perbukitan
Kedua sisi pantai Klayar didekap perbukitan menghijau. Keduanya menjorok sedikit ke arah lautan. Pemandangan Sunrise dan sunset terhalang dibalik bukit. Kita bisa menyaksikan kilau semburat jingga sang mentari dari bukit yang berada disebelah kanan.

Berbeda dengan bukit disebelah kiri. Disini tersedia akses anak tangga menuju keatas. Berjalan santai menanjaki anak tangga yang landai ditemani tumbuhan menghijau. Sampai diujung bukit terdapat gubuk pandangdikelilingi karpet hijau rerumputan.

Lumayan pegel dan kenyang. Saya duduk santai diatas rerumputan, menatap hamparan laut luas tak berujung bersenandung dengan deburan ombak. Semilir angin menemani, saya rebahkan badan dan menutup mata begitu damai terasa!

Pantai di Pacitan


Pantai Karang Bolong
Bersebelahan dengan tebing ini, terdapat sebuah karang batu yang menjorok lebih dalam kearah lautan. Terjangan ombak meninggalkan sederet lobang dibawah batu karang. Menjadikannya dikenal sebagai Karang Bolong yang berarti karang berlubang.

Pantai di Pacitan

Tips
  • Sebaiknya membawa kendaraan pribadi, selama perjalanan hanya sedikit kendaraan umum yang melintas.
  • Tidak ada hotel disekitar pantai. Jika kita ingin bermalam, cobalah berdekatan dengan alam dengan berkemah bersama keluarga atau teman. Dimalam hari bertebaran germerlap bintang yang nampak dekat.

You Might Also Like

22 comments

  1. Belum pernah kemping di pinggir pantai :(, jaman dulu SD-SMP paling camping di halaman sekolah hahaha. Wadduh mbak zulfa mumupung mudik menyisir pantai2 jawa keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kangen pantai, di India kalau mau kepantai jauh banget, ke selatan dulu. jadi waktu pulang acara trip "balas dendam" ke pantai :)

      Delete
  2. keren banget, pengen maen kesana.
    semoga ada waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga ya bisa segera menyusul ke pantai kece ini

      Delete
  3. Kereeeeeeeeeeeeeeen banget mbak.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Cuman 5.000 Perak, Ayooo mbak mbolang nang pantai ben ketok eksotis, hehehe

      Delete
  5. Cakep banget pantainya. Katanya ini salah satu pantai terbaik di Jatim or maybe di Indonesia.

    ReplyDelete
  6. He eh, Ayooo mbak Lina camping bersama keluarga disini :)

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Banget :) Pingin camping kesini lagi

      Delete
  8. pantai2 di pacitan keren2 ... apalagi klayar .... awesome ...
    musti kesini nih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Kalau kesini musti camping, asyikkk banget. Sunrise dan sunset dapet..

      Delete
  9. Apik banget Zulfa. Opo maneh watu-watuane kuwi, yooo... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo mbak summer camp sama keluarga disini. Pacitan pantainya banyak sekali dan kece kece :)

      Delete
  10. Itu ko baws mobil jeep bisa masuk ke bibir pantai ta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ke bibir pantai, waktu datang kemari ada rombongan landcruiser, mereka bawa mobil sampai bibir pantai.

      Delete
  11. Oh ini dia pantai yang sering masuk tv itu. Lebih lebih di cela batu yang air menyembur itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk tivi? eh aku malah baru tahu.

      Delete
  12. Replies
    1. bersyukurlah kampung halamanmu dikarunia i pantai pantai kece

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram