5 Oleh Oleh khas Semarang Wajib Bawa

14:00:00

Oleh Oleh Khas Semarang

Semarang  Tak Sekedar Loenpia

Jika kita menghadirkan kata Semarang, otak kita secara otomatis akan mengirimkan signal salah satu kuliner andalannya yakni Lunpia. Padahal ya, Kuliner khas Semarang bukan hanya lunpia masih banyak yang lainnya. Termasuk urusan oleh oleh, berikut lima oleh oleh khas Semarang wajib bawa

1.    Lunpia
Lunpia atau Loenpia Semarang sangat berbeda dengan Lunpia pada umumnya yang berisi wortel dan tauge. Lunpia semarang isinya Rebung (bambu muda) dengan berbagai variasi rasa. Kalau Lunpia Gang Lombok yang melegenda itu isinya rebung dicampur dengan telur. Kalau Lunpia Mbak Lien, ada 3 varian rasa yakni rasa Udang, Ayam dan Spesial.

Satu biji Lunpia dijual dihargai Rp. 12.000.  Untuk oleh oleh, Lunpia ini biasanya diletakkan kedalam Besek (box terbuat dari anyaman bambu). Ada dua pilihan Lunpia, Lunpia basah dan Goreng. Saran saya, kalau jaraknya tidak terlalu jauh, beli Lunpia basah, sampe dirumah bisa digoreng sendiri.

2.    Bandeng Presto
Bandeng yang dimasak dengan bumbu spesial ini dimasak dalam panci tekanan tinggi atau biasa dikenal dengan presto. Tulang ikan bandeng menjadi lunak dan gurih. Ikan yang sudah dipresto dimasukkan dalam plastik dan di vacuum agar kedap udara. Bandengnya lebih tahan lama sampai dengan seminggu.

Jika dimasukkan kedalam kulkas bisa tahan hingga satu bulan. Sebagai pelengkap disediakan sambal dengan rasa pedas yang sedang dan manis. Paling yahood disantap dengan nasi hangat. Satu kardus/kotak diharga Rp. 149.000 dengan 5-6 ekor ikan Bandeng.




3.    Tahu Bakso
Sesuai dengan namanya, tahu bakso ini kombinasi antara tahu goreng yang dijejali dengan bakso didalamnya, kemudian dikukus. Di Semarang yang paling enak itu Tahu Cahu Ungaran. Belinya di kawasan Simpang Lima.

Satu bungkus dihargai Rp. 32.000 yang berisi 10 biji tahu bakso berukuran sedang dengan rasa yang mantap. Sampe dirumah masukin kulkas biar awet. Kalau mau makan bisa dikukus atau digoreng. Makan tiga biji tahu bakso sudah kenyang.

Tahu Bakso Semarang

4.    Wingko Babat
Dulu saya kira Wingko babat itu dari Lamongan saja, ternyata Semarang juga punya wingko spesial. Waktu jalan jalan ke Semarang, di sepanjang jalan Pandanaran banyak penjual Wingko. Bukan hanya Wingko, juga Lunpia dan Bandeng Presto. Wingko Dijual dalam tas kertas imut gitu. Entah berapa harganya karena saya nggak beli. Lunpia dan Bakso sudah cukup menuhin Ransel.



5.    Kue Mochi atau Moaci
Saya mengetahui kue mochi ini sebagai oleh oleh khas Semarang ketika bertandang ke Klenteng Tay Kak Sey, ada beberapa penjual Mochi yang menawarkan dagangannya. Kuliner peranakan ini memang dibuat oleh Warga Tiongkok yang sudah lama menetap di Semarang. Terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang tumbuk yang sudah dicampur dengan gula/caramel. Menghadirkan rasa gurih dan Manis.

Itulah tadi lima oleh oleh khas Semarang. Dan berikut saya sajikan daftar kuliner khas Semarang
  1. Pisang Plenet
  2. Es Cong lik
  3. TahuPong Semarang
  4. Nasi Goreng Babat
  5.  Es Panekuk
  6. Mie Kopyok
  7. Nasi Ayam
  8.  Lekker
  9. Tahu Gimbal
  10.  Es Campur Durian
  11. Soto Ayam Semarang
  12. Es Rujak

Selain Kuliner khas Semarang, juga ada Kuliner umum atau Kuliner khas daerah lain yang dijual di Semarang dengan menghadirkan citarasa aduhai yang menjadi Idola warga Semarang.
Dan berikut 5 Destinasi wisata di Kota Semarang yang saya kunjungi

Sudah hampir 1,5 bulan ini saya mengajak pembaca berkelana tempat dan rasa di Semarang. Waktunya saya menutup akhir cerita perjalanan dengan berjuta terima kasih pada sahabatku Tarie, penguasa blog jejaksematawayang.com yang telah menjadi travelmate menyenangkan ketika keliling Semarang dan menyediakan home sweet home buat bobok cantik.

Sahabat

Dan…bersamaan dengan hari Pahlawan di bulan November, InsyaAllah bulan depan saya akan berpetualang dan bercerita tentang beberapa destinasi wisata dan kuliner Surabaya dan sekitarnya.

You Might Also Like

20 comments

  1. Waktu papaku masih layar, kapalnya sering masuk Semarang.. Kalo pulang dari Semarang pasti bawa banyak bandeng presto.. kalo makan bandeng presto biasanya cuma kugadoin aja gak pake nasi...
    Penampakan lunpianya bikin ngiler mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kebalikan Mbak Dee, main ke Semarang atau dapat oleh oleh pasti Lunpia. Malah nggak kenal Bandeng presto. Mungkin karena di Gresik ada otak otak Bandeng, jadi udah males bawa Bandeng.

      Lunpia iku lebih menggod nek onok bawang godong karo lombok Ijo. ngiler to the maxi

      Delete
  2. Es rujak unik banget. Belum pernah nyoba. Rujak dikasih es ya mbak?
    Fotonya canteeek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es rujak ini es rujak gobet, enak banget di sesap kala panas menyapa Semarag, menampar segar.

      Kita memang cantik *ngaca

      Delete
  3. enak-enaaak, bisa dikirim pakai JNE pulaa hhihi aweet...#bukaniklan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nha, bisa dikirim lewat JNE, kangen tahu bakson, Najin Doyan banget

      Delete
  4. Loenpia ya mbak? Aku baru tau biasanya tertulis/nulis lumpia, menarik nih. Baca cerita kuliner semarang mbak zulfa seru, bisanya cuma pengen aja blum bisa nyicip langsung di Semarangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Loenpia ejaan lama. lunpia, kalau di jawa timur lumpia.
      Ntar kalau di Semarang jangan lupa incip incip, enak enak :)

      Delete
  5. lumpia ama mochi, itu favoritku bangetttt ;p.. dulu aku suka mba tahu bakso nya...tp kenapa ya blkangan ini tiap beli, kok rasa tahunya ga seenak dulu :(...ga lembut dan ada sdkt asam...ga enaklah..pdhl itu tahu bakso yg paling populer di semarang... makanya jd ga prnh beli itu lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah lama tahu baksonya ya mbak. Aku ekmarin beli dua bungkus, Alhamdullilah enak, si Kecil sama Ibu suka banget. sampai2 kalau ke Semarang suruh bawa lagi, padahal jarang sekali ibu suruh bawa aku tahu bakso

      Delete
  6. Mbak..Assalamu Alaikum...apa kabar?..lama g buka- buka blognya..heehee-.cicipin batagor bandung mbak,menurutku lebih enak dari tahu baso semarang..sambil ngumpet takut dilempar tahu bao..qiiiqiii. Kemaren coba titip temen dr Semarang ,@ 7000..tapi rasanya kurang nendamg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Wah sampeyan sibuk bikin kue dan jajan. selalu dianterin lewat efbe saja.
      Cobain datang ke Semarang langsung mbak, aku kemarin beli enak sekali, sampe nagih

      Delete
    2. Mau dipaketin kuenya tapi jauuuuh banget,ada temen yg sekarang lagi di Mumbai tapi jauh juga kalo kirim ke Delhi..hiiihiii. Mumbai yg bagus apa ya mbak ?

      Delete
  7. dari 5 oleh2 khas itu ... hanya tahu bakso yang belum pernah nyobain ...
    tahu bakso itu .. sepintas mirip2 batagor atau bakso tahu bandung ya ...
    anyway .. saya penggemar berat tahu ... hahaha ... jadi tahu ini mesti saya coba juga ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda tapi mirip ama batagor. hehehe

      tahu goreng yang dibelah trus diisi dengan bakso.

      Sama nih penggemar tahu, sukanya dicemil

      Delete
  8. Haiiiii...duh duh duh akyu kan travelmate kaweeeeeeeee. Sibuk sendiri sama kamera dan henpon wkwkwkwk :p

    Maaacii yesss kunjungannya ke Semarang. See you next time ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please, ya, next time jangan terlalu busy ama hepong dan kamera.
      Saya yang terima kasih, sudah mau direpotin emak emak ini. hehehe

      Delete
  9. bagi rekan-rekan yang ingin merasakan atau pesan online oleh-oleh khas semarang bisa order ke saya,
    pengiriman akan menggunakan TIKI, dengan paket ONS atau JNE YES
    bisa kontak saya. 081805965149 atau di bb, PIN 2A716559

    ReplyDelete
  10. Tar, kirim tahu baksone, yoooo. Duhhh kuwi senenganku... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mbak, tak kirimi sak karung nang Jerman, heheh *dibalanbesek karo Tarie

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram