Soto Ayam Semarang Rasanya Ngangenin

14:00:00


Nama boleh sama Soto Ayam tapi rasanya beda dengan kombinasi lezatnya soto ayam dan soup ayam

Jujur aja, waktu diajakin Tarie sarapan pagi dengan menu soto ayam, hati ini agak ngegrundel. Di Jawa Timur kan banyak soto ayam, hampir  tiap jengkal pasti ada penjual soto. Ngapain juga  jauh jauh kulineran ke Semarang kalau akhirnya makan soto juga. Apalagi daftar kuliner kota Semarang yang pingin kusantap panjang sangat kayak gerbong kereta India.

Baiklah, tak ada salahnya mencoba, siapa tahu jatuh cinta. Tarie mengajak saya mencoba salah satu soto ayam enak di Semarang, Soto Ayam Pak Wit. Berada di kawasa taman KB yang dipenuhi rindang pepohonan. Suasananya adem. Banyak anak muda dan orang tua sedang berolah raga.


Soto Pak Wit terletak di tikungan jalan. Berupa gerobak sederhana disebelah Trotoar. Berjajar tempat duduk  di sepanjang  trotoar. Ramai dengan penunjung. Istilah orang jawa sampek nggak ketok bokong e (sampai nggak kelihatan pantatnya). Kalau kelihatan ‘beneran’ malah pada ngibrit. Hahaha.

Kami memesan 2 mangkuk soto ayam. Ya iyalah, masak pesan dua ‘porsi’ ayam kampus *plakkk. Seporsi soto ayam tersaji dalam mangkok kecil. Setengah porsi dari soto ayam di Jawa timur. Bagi saya pribadi, porsi segini cocok sekali buat sarapan pagi, biar nggak terlalu berat. Lagian badan saya aja udah berat. Hadew, dibahas lagi. Meski sedikit tapi lumayan bikin perut kenyang dipagi hari dan menambah energi buat memulai aktifitas.

Soto Ayam Semarang terdiri atas nasi kemudian ditumpangi dengan mie bihun, irisan kol, bawang daun dan seledri. Trus ditambah dengan suwiran ayam lalu disiram dengan kuah dan ditaburi dengan bawang goreng.

Kuahnya ini warnanya putih transparan karena nggak pakai kunyit seperti soto pada umumnya. Jadi sekilas nampak seperti sop ayam. Harum kaldu ayamnya bikin si perut menggeliat. Rasanya seger dan gurih seperti rasa sop ayam tapi dengan tendangan rasa serai dan daun jeruk. Rasanya lebih segar lagi jika dihujani perasan jeruk nipis.

Kalau suka rasa manis bisa ditambahkan dengan kecap manis. Biar nggak belepotan dan praktis, kecap manis ini dihidangkan dalam tempat saos kecap khusus. Dan jika pingin bibir jontor alias penyuka pedas, tersedia sambal hijau halus.

Kalau di versi jawa timur, Soto ayam disajikan dengan krupuk udang saja. Soto ayam Semarang ini dihidangkan dengan banyak pedamping. Lumayan bikin kalap nafsu. Mulai kripik tempe, gimbal sampai aneka macam sate. Ada sate telur burung dara, sate usus, sate jeroan sampe sate kerang. Langsung si Kolesterol dan asam urat melambai lambai. hehehe


Seporsi soto ayam Semarang pak Wit ini dijual dengan harga Rp. 6000 saja. Selain soto ayam pak Wit, di Semarang banyak penjual soto ayam yang tersohor, seperti Pak Man, Pak No, Pak Darno, Pak Wito, soto ayam Bangkong dan masih banyak Pak Pak lainnya.  Nama boleh sama, tapi setiap penjual dan daerah menghidangkan cita rasa khas tersendiri. Sampai hari ini saya sangat berterima kasih dengan Tarie diperkenalkan dengan Soto Ayam Semarang. Rasanya ngangenin banget.

You Might Also Like

18 comments

  1. hemm jadi laper mak aku pengen juga soto ayam nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, seger kalau dimakan panas panas begini

      Delete
  2. Kak ... kamu jangan keseringan makan pinggir jalan gitu, ntar sakit perut lho hahaha #Kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh Cum, mana cukup duitku buat makan makan di Hotel bintang kayak kamu.
      Alhamdullilah, sesallu sehat.

      Delete
  3. Kalo di daerah seputar Jawa Tengah dan sekitarnya paling gampang nyari sarapan ya soto Mak. Apalagi kalau dibungkus bawa pulang. Soto Rp 6.000 itu bisa buat 2 kali makan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya...Wah, soto ini berarti cocok buat anak kos ya... Irirt dan kenyang lagi.

      Delete
  4. Saya suka makanan berkuah jenis soto-sotoan begini, meski blum pernah coba. kayak kapan itu ibu saya dibeliin soto magelang sama si ning, kuahnya juga bening. Mungkin soto versi jawa tengah lebih banyak bening ya.... *sluuuurrrrpppppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Kapan saya juga makan soto di daerah Jawa tengah gini, kauhnya bening tapi segerrrr dan nggak neg.

      Delete
  5. Benerrr. Di antara semua soto aku paling suka soto semarang..kuahnya segar dan ngangenin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bearti sama denganku, pecinta rasa segar. :)

      Delete
  6. berarti soto di sana mirip2 ama soto solo ama soto jogja mba.. :D.. tp aku pribadi ya, krn lama tinggal di sumatra, dan soto di sana udh pasti pake santan kuahnya, jadinya soto bening begini kurang doyan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sampeyan sama dengan kakak Iparku, belai lama tinggal di Sumatra. Suka dengan rasa rasa dengan gurih santan. Bahkan pernah bikin soup dengan rasa rempah peda khas sumatra. Saya alah nggak doyan. Padahal saya terbiasa dengan rasa rempah India.

      Beda lidah, beda selera ya mbak :)

      Delete
  7. wah saya penggemar soto medan, kalau soto semarang?! harus nyoba dulu nih baru tau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus coba dulu. Jangan jangan sampeyan sama dengan mbak fany, suka bersantan :)

      Delete
  8. menggoda sekaliiii.....baru sekali kulineran di Taman KB hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaaa? tak kira sampeyan sering kesini juga. kalau sekali sama dengan aku :)

      Delete
  9. Aku tahu nyobak soto bangkong. Mangkoke mini, gak koyok soto jawa timur sing mangkoke sak gentong. hehehe. Tapi rasane wes lali aku. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo mbak, ukurane mini koyok soto Bangkong.
      Nek soto e jatim iki aku mesti nggak entek, soale akeh.

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram