Oleh oleh khas Kota Jember

15:00:00

Oleh Oleh khas Kota Jember

Perjalanan tak selamanya identik dengan tempat yang Indah dan bercanda dengan sahabat. Adanya kalanya kita melakukan sebuah perjalanan demi menyambung Silaturahmi dengan keluarga jauh. Adakalanya perjalanan ditempuh untuk memberikan belasungkawa, berbagi kesedihan dan juga memberikan semangat kepada mereka yang ditinggalkan.

Begitu pula perjalanan saya kali ini ke Kota Jember, Jawa Timur, untuk berta’ziah ke rumah mbak Ira. Saya mengenal Mbak Ira, ketika mulai aktif menulis cerita perjalanan di Media. Ketika itu salah satu Koran Nasional akan menayangkan artikel saya dua minggu lagi. Sembari menunggu, saya cek artikel siapa yang tayang minggu ini. Nah, tulisan yang tayang minggu itu tulisan mbak Irawati Prillia yang tinggal di 'Inggris'.

Akhirnya saya punya keberanian mencolek beliau di twitter. Selain menulis di Media, Mbak Ira juga seorang blogger dan menuangkan cerita perjalanan bersama keluarga di keluargapelancong.net. Dan dari blog ini saya tahu ternyata tulisan perjalanan mbak Ira sudah tayang di berbagai media. Panjang kayak gerbong kereta India. Dan mbak Ira ini nggak tinggal di Inggris melainkan tinggal di Jerman.

Sejak saat itu saya sering 'mengganggu’ mbak Ira melalui social media dan email karena kami sama sama tinggal di luar negeri. Mbak Ira ini baik banget, selalu menjawab pertanyaan bawel saya tentang travel writer. Alhamdullilah, tahun ini kami bisa bertatap muka. Lebaran tahun ini kami sama sama pulang kampung. Sekaligus piknik bareng ke pulau Menjangan.

Berita duka menyapa, Kedua orang tua  Mbak Ira dipanggil sang maha kuasa. Mbak Ira yang waktu itu sudah balik ke Jerman, pulang lagi ke Indonesia. Saya sendiri masih betah tinggal di Indonesia, belum balik ke India.

Saya berangkat sendiri dari Surabaya malam hari dengan menggunakan kereta api. Tiba di Jember pukul 2 Pagi. Sambil menunggu kedatangan teman teman lainnya yang datang dari Malang, saya habiskan waktu bercengkrama dengan penumpang lain yang menunggu jemputan dan sesekali saya berjalan santai di sekitar stasiun. Waktu subuh, tibalah teman teman datang bersamaan dari Malang, Mbak Rien, Tari, Ihwan beserta keluarganya dan Mbak Dewi bersama kedua anaknya. Bagi saya, ini adalah pertama kalinya saya bertemu dengan Ihwan pemilik blog keluargabiru.com dan juga mbak Dewi, penulis buku serial terkenal anak Kos Dodol.

Setelah menjalankan shalat Shubuh dan Sarapan pagi. Roda kendaraan bergerak menuju rumah Mbak Ira. Sesampainya disana kami berbincang banyak hal. Mengingat Jadwal kereta dan penerbangan kami yang berbeda beda, setelah 4 jam bercengkrama kami putuskan kembali Pulang ke kota masing masing. Bersama mbak Ira, kami mampir ke salah satu toko oleh oleh di Jember yang berada di Jalan Gajah Mada. Deretan toko memenuhi Jalan yang terkenal sebagai pusat mencari oleh oleh khas kota Jember. Berikut Oleh oleh Khas  Jember yang bisa menjadi pilihan buat keluarga, teman atau tetangga.

Tape dan Aneka olahan Tape
Tape Besek Jember ini memiliki kesamaan rasa dengan tape Bondowoso. Memang letak kedua kota tersebut berdampingan. Tape Besek ini adalah tipikal tape singkong yang dijual dalam besek. Bisa tahan hingga 3 hari. Rasanya sedikit masam dan legit tapi nggak neg. Saya sendiri lebih suka tape yang masih setengah jadi, jadi tapenya masih agak sedikit keras.

Suwar Suwir ini menjadi kebanggaan dari kota Jember. Suwar Suwir ini sekilas mirip dengan dodol, hanya saja teksturnya lebih keras. Suwar suwir ini terbuat dari tape singkong dan gula Jadi rasanya manis. Dulu, zaman saya sering mbolang ke Daerah Timur pulau Jawa bersama Ayah, Suwar Suwir ini memiliki rasa sirsak saja. Sekarang suwar suwri dibuat dengan aneka rasa., ada rasa nanas, strawberry, coklat, durian dan sebagainya.

Selain Suwar Suwir ada juga aneka olahan Tape lainnya seperti Dodol Tape, Prol Tape, Bakpia Tape dan Brownies Tape. Saya dan ibu paling suka dengan Prol Tape karena menghadirkan kombinasi rasa tape sedikit masam, gurih dan manis karena prol tapenya ditaburi dengan kismis coklat dan parutan keju.

Oleh Oleh Khas kota Jember
Prol Tape bertabur Keju

Oleh Oleh Khas kota Jember
Suwar Suwir

Oleh Oleh Khas kota Jember
Tape besek


Kedelai Edamame dan Aneka olahannya
Edamame atau  kedelai Jepang ini tumbuh subur di Daerah Jember karena memiliki kontur tanah yang pas. Bibitnya diimpor langsung dari Jepang dan hasil panenyapun di eksport ke Jepang. Orang Indonesia sendiri jarang mengkonsumsi edamame.

Edamame dijual dalam dalam bentuk frozen. Pagi pagi ketika saya menunggu teman teman dari Malang datang, banyak sekali penumpang membawa rozen edamame ini dalam kardus khusus. Selain dijual fresh, Edamame juga diolah menjadi hidangan yang sehat dan nikmat seperti cake Edamame dan Bakpia Edamame.

Oleh Oleh Khas kota Jember
Pia Edamame dan Prol Tape


Aneka Kripik Lezat
Ada kripik tahu, aneka kripik buah, kripik ikan, kripik paruh dan masih banyak lagi.

Oleh Oleh Khas kota Jember


Sebenarnya ada satu lagi oleh oleh wajib bawa ketika berkunjung ke Jember yakni Buah Naga. Selain Edamame, Buah Naga juga tumbuh subur di kota Jember. Perkebunan Buah Naga ini bisa kita lihat selama perjalanan menuju Jember hingga Banyuwangi. Waktu datang kemari, Buah Naga belum memasuki masa panen.

Setelah mencari oleh oleh, Saya dan Mbak Ira berpisah dengan teman teman yang balik ke Malang. Dan melanjutkan ke kota masing masing Jakarta dan Semarang. Sedangkan saya dan Mbak Ira menghabiskan waktu berbincang di Stasiun Jember hingga kereta menuju Surabaya datang.

You Might Also Like

43 comments

  1. Matur nuwun wes berkunjung, yo.... Duh gak nyongko tenan. Moga2 lek nang Njember maneh, suasane luwih menyenangkan, iso maem2 nang gudeg pecel Lumintu. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami mbak e. InsyaAllah dolan maneh nang Jember mbak. Tak rewangi bertanam nang mburi omah. ... og yo, sik penasan karo Gudeg pecel Lumintu.

      Delete
    2. Mbak Zulfa, nek nang mBanyuwangi mampir omahku pisan yo.. Nek nang Lamongan opomaneh.... hehehe..
      Iku prol tape wes dadi oleh2 khas Jember yo mbak Ira? Dahulu kala tiap ke rumah nenek mesti digawekno jajan iki..

      Delete
    3. InsyaAllah mbak. Aku pingin Explore Banyuwangi iki. Sampeyan pulang ke Tanah air kah mbak tahun depan? InsyaAllah tahu depan aku pulang kampung.

      Prol tape iki memang wenak tenan.

      Delete
    4. Ho-oh, Mbak Ellys. Saiki akeh sing dodol matengane. Dadi oleh2 andalan soko Jember.

      Delete
  2. Prol tape aku sukaaaa... Dulu ada temen kantor yang asli Jember, tiap mudik gak pernah absen bawa prol tape ama suwar suwir. Tapi sayang, si teman sudah resign... Jadi ga ada lagi yang bawain prol tape.. #curcol

    Btw, kripik itu emang ada dimana-mana ya.. Dan tiap daerah pasti punya kripik khas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks, dadi eling prol tapene mamaku. sing paling enak jareku.....

      Delete
    2. Hiks, nggak sempat merasakan Prol buatan Mama e sampeyan. rapopo, mene nek mrono ganti sampeyan sing gawe prol tape.

      Delete
    3. mandar mugo resep soko mamaku gak ilang...

      Delete
  3. Prol tape aku sukaaaa... Dulu ada temen kantor yang asli Jember, tiap mudik gak pernah absen bawa prol tape ama suwar suwir. Tapi sayang, si teman sudah resign... Jadi ga ada lagi yang bawain prol tape.. #curcol

    Btw, kripik itu emang ada dimana-mana ya.. Dan tiap daerah pasti punya kripik khas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua suka sama Prol tape, rasanya itu lo enak dan nggak neg.
      Wah, berarti sampeyan nek mudik nang Sby kudu nang jember golek prol tape.

      Yuhuuuu, kripik is always enak, opo maneh kripik buah

      Delete
  4. Suwar suwir mbak, hadduhh aku kangen itu bapakku dapat darimana ga tau asal makan aja tapi jamanku kecil yg ada juga cuma rasa sirsak baru tau dari tulisan mbak zulfa ini kalo rasanya dah variatif (ya allah brarti wes suwe banget ki haahha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, suwar suwir ini masuk kuliner legendaris jember. Sejak kecil sering makan ini, soalnya Ayah ering ke Jember. Masih inget rasanya yang sirsak itu.

      Delete
  5. Liat komen di atas jadi penasaran sama yang namanya Prol Tape ><"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke Jember yukkk, sekalian jalan jalan, banyak pantai cakep disana.

      Delete
  6. Aih... kayaknya enak banget tuh tape tabur kejunya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran enak, kombinasi rasa tape dan keju. kayak lagu itu...

      Delete
  7. Wah ternyata banyak juga ya oleh oleh khas jember.. Jadi pingin coba Brownies Tape nya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh banyak banget. Lumayan buat nang nungguin rumah. Cobain pasti ketagihan.

      Delete
  8. Untung saja buah naganya gak ditulis mbak,,,, di tempatku banyak kalau masalah buah naga,,,, suwar suwir nya boleh tuw di coba,,, asal gratis, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dimana tuh? Maulah kesana ngerasain Buah Naga ditempatnya.

      Delete
    2. Di Pantai Pandansari,,,, kalau ke Pantai Pandansarinya, jangan lupa manjat mercusuarnya, mantab pemandangannya,,, Kalau beli buah naga banyak, bisa shodakoh ama saya,,,,, hahahaha (minta dijitak)

      Delete
  9. wahhh keren mbak jadi pengen keluarga pelancong juga dan borong oleh" T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoya ya bisa melancong bersama keluarga juga. Aamiin.

      Delete
  10. Wah .. banyak juga ya mbak jenis oleh oleh dari jember. Aku dah lama nggak makan tape, jadi pengen lagi nih ... tapi rasanya belum pernah makan bakpia tape brownies tape, proll tape, dodol tape, seperti apa ya rasanya? :)

    Penasaran dengan suwar suwir rasa nanas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnyak banget. Aku waktu pulang kemarin menikmati tape, mulai prol, goreng sampe dibikin es. hehehe

      Cobain ntar kalau sampai Indonesia.

      Delete
  11. Jember ternyata punya kuliner Top margoto yaa..Kuliner Indonesia memang TOP....

    ReplyDelete
  12. ndeloki prol tapene marai kepengin mba

    ReplyDelete
  13. huaaa ada makanan favoritku, PROL TAPE :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nih makanan Favourite semua orang, ya, memang enaknya nggak ketulungan

      Delete
  14. @ uniek : Meman enak rasane mbak

    @berbagifun : Ihhhh, banyak yan suka ya sama prol tape ini, karena memang enak bingit.

    ReplyDelete
  15. jember itu kota tercinta saya mbak..kecilne saya di tanggul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jember ini punya pantai dan gunug, lengkap kecakepannya.

      Delete
  16. teman saya kalau dari jember bawanya suwar suwir aja ...
    .. nanti saya pesen Kedelai Edamame ahh ... belum penah nyoba soale ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppp, lebih sehat banyak protein, pas buat teman jalan waktu bersepeda

      Delete
  17. Beli oleh-oleh kalo pake besek gitu jelas isinya, kalo yang sudah pake kardus kecil, kadang isinya gak masuk akal dengan besar kardusnya *pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, Kadang besek juga nggak masuk akal kok Ya, pengalaman juga soalnya :)

      Delete
  18. Terima kasih sudah mengunjungi toko kami.... pundhi male

    ReplyDelete
  19. mbak minta info dong alamat lengkap pusat oleh* nya jalan apa yta?
    dekat g sama PT Mitratani Dua Tujuh/wisata agro rayap jember?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamatnya di Jl. Gajah mada. disepanjang jalan ini banyak toko penjual oleh oleh.

      Wah kurang tahu nama PT itu.

      Sama sama

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram