New Delhi World Book Fair 2016

06:30:00

Asia Larget Book Fair

Pameran buku terbesar di India dan juga Asia

New Delhi World Book Fair  (NDWBF) berlangsung mulai tanggal 9 -17 Januari 2016. bertempat di pragati maidan, new delhi, india. Agenda pameran buku terbesar di india dan asia ini berlangsung sejak  41 tahun lalu. Dan selalu diadakan ketika musim dingin di India.

New Delhi World Book Fair  yang diselenggarakan oleh National Book Trust (NBT) bekerjasama dengan India Trade Promotion Organisasion (ITPO) tahun ini mengusung tema “vividh bharat”. Yang berarti warisan budaya india. Sebagai bagian dari tema ada lebih dari 1.000 buku dalam bahasa hindi yang dipamerkan. Mulai dari filsafat,  bahasa dan sastra dari zaman kuno hingga modern.

Selain itu juga ada serangkaian program selama pameran berlangsung. Seperti diskusi panel, presentasi lagu lagu pujian, pertunjukan drama berdasarkan teks teks klasik india dan juga tarian klasik india. Lumayan, dapat pertunjukkan tarian klasik dari berbagai daerah di India. Menariknya lagi dalam pameran ini ada pavilion khusus untuk mempromosikan sastra anak anak guna mempromosikan gerakan membaca nasional. Nggak salah jika orang India suka membaca.

New Delhi World Book Fair


New Delhi World Book Fair tahun ini diikuti oleh lebih dari 30 negara dari berbagai benua. salah satunya indonesia. serta  diikuti lembaga international seperti who dan unesco. kalau tidak salah dari indonesia mendatangkan 6 perusahaan penerbit. ada bukunya trinity dan mbak dee lestari.

Indonesia sendiri mengusung tema Wonderfull Indonesia. Salah satau ibu staff kedutaan besar Republik Indonesia mengenakan pakaian tradisional Bali. Kayak artis, hampir semua pengunjung yang mampir ke booth Indonesia minta foto sama beliau. Karena dari semua negara, hanya Indonesia yang menampilkan baju tradisional daerahnya. Menarik!




Book Fair


Guest of honour  atau tamu kehormatan dalam ajang pameran tahun ini diberikan kepada negara cina dengan mendatangkan sekitar 250 penerbit. pesan yang diusung kedua negara dalam pameran ini adalah “ memahami melalui pertukaran”.

Waktu datang ke area negara Cina banyak sekali dipamerkan transkrip transkrip kuno. Nah, transkrip kuno ini ditulis diatas selembar kulit binatang dan juga kayu. Karena saya tidak bisa membaca aksara Cina, ketika melihatnya pikiran saya langsung melayang ke film film ala china. hahaha. Masih ingat film The Mummy yang tentang Jendral Cina reinkarnasi alias hidup kembali. Untuk membuatnya hidup selamanya perlu dibacakan sebuah mantra kuno. Gong li kemudian melempar mantra yang tertulis dalam sebuah papan kayu tipis ke udara dan mulai membacanya. Nah, sastra kuno yang saya lihat dalam pameran persis seperti dalam film itu.

New Delhi World Book Fair


Pameran buku sangatlah sukses, mampu menyedot jutaan pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Seperti diketahui india merupakan pasar terbesar ketiga di dunia untuk publikasi buku dalam bahasa inggris. Dan buku buku di india sangatlah murah meriah. Bayangkan saja buku cerita anak berwarna dijual mulai Rp.4000 hingga Rp. 10.000 saja. Setiap langkah saya berhenti, baca sebentar, lihat harga trus pingin beli. hehehe saya kalap sampe digeret “paksa” sama Shah jahan untuk pulang.

You Might Also Like

18 comments

  1. Waaaa model toko buku aja bisa bikin mupeng mba apalagi pameran buku di India yang terkenal dg surga buku murah, trus sampeyan belanja buku apa mba? Traveling lagi? Hehehehehe kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu Yang suka baca buku pasti kalap. Hahaha iya beli buku travelling dan kecantol lama di bagian 'Negara' Nepal

      Delete
  2. Foto ibu staf kedutaan RI yg pake baju bali mana mba? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, tapi fotone burek kabeh ntah mengapa. mugkin efek lampunya ya..

      Delete
    2. Iya bagus bagus...dalam pikiranku gae baju penari bali..tari kecak iku mba :))

      Delete
  3. Kalau ada acara seperti ini, mungkin sebaiknya ada yang memakai baju daerah, ya. Biar lebih menarik. Buktinya sukses menarik perhatian penonton... Duhhh bukunya murah2 banget. Pasti seru, ya... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betu mbak. Acara apapun yang ngenalin Indonesia sebaiknya menampakkan baju daerah. jadi tertarik datang

      Delete
  4. Foto ibu staf kedutaan RI yg pake baju bali mana mba? Hehe

    ReplyDelete
  5. Murah banget kalo buku cuman 4000 an

    ReplyDelete
  6. Wah keren mbak, semakin bangga ama Indonesia. Tampi beda sendiri pakai baju tradisional. Eh Mbak gambarnya yang itu ya mbak stand Wonderfull Indonesianya, yang ibu - ibu pakai warna ungu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar Ya, fotonya burek burek.... ntar aku upload

      Delete
    2. Hahaha,,,, keren - keren :-) kalau ini jelas Wonderful Indonesia, hehehe

      Delete
  7. buku2 dari indonesia yang ikut disana .. dalam bahasa indonesia atau bahasa inggris ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam bahasa Indonessia ada yang inggrish

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram