Terlena Keindahan Taman Narmada, Terbuai Lembutnya Pasir Pantai Senggigi

17:52:00

Pantai Sengigi Lombok

Pulau Lombok yang menjelma menjadi primadona wisata pantai ini juga memiliki taman dengan sumber air yang bikin awet muda

Dalam pangkuan si kecil tertidur dalam lelap. Suami yang sedari tadi berbincang dengan pak sopir mulai terdiam dan bersiap memasuki dunia mimpi. Suana  malam nan sepi ditambah dengan alunan lagu jadul India justru membuat pikiran melayang.

Perjalanan darat menuju negeri padang pasir Rajasthan, India dari tempat tinggal saya di New Delhi saat ini telah membuka gulungan waktu yang terpendam dalam ingatan. Sorot lampu dari kendaraan lain memaksa ingatan memutar waktu perjalanan menuju Indonesia bagian timur, pulau Lombok. Perjalanan malam dari Jawa menuju Lombok ini  terasa ngeri ngeri pedas sedap. Gimana nggak, dari terminal Bungurasih (Purabaya) Surabaya bus menuju Mataram berangkat setelah Maghrib.

Malam hari meliuk melewati pegunungan di ujung Timur pulau Jawa. Gelap yang terlihat hanyalah sorot lampu kendaraan lain dari arah berlawanan. Ketika semua penumpang tertidur lelap, mata saya justru menikmati andrenalin perjalanan yang ditawarkan.

Ketika mentari pagi menyapa di propinsi Rajasthan, serak perbukitan tandus terbentang dipelupuk mata. Hal yang sama, ketika pagi meninggalkan pulau Jawa menyeberangi selat Bali. Gunung Raung berdiri gagah dibelakang. Dihadapan gugus perbukitan pulau Bali. Disambut dengan liukkan jalan di Pulau Bali yang tak Jauh beda. Disusul dengan aroma laut dibawah payung birunya langit ketika kapal membelah selat Lombok.

Padang Bai di Bali merupakan salah satu pelabuhan yang umum digunakan untuk menyeberang ke Pulau Lombok. Dengan menggunakan kapal feri membutuhkan waktu setidaknya 4-5 jam untuk sampai di Pelabuhan Lembar di Lombok. Kapal penyeberangan ini beroperasi selama 24 Jam. Jika menggunakan Bus dari Surabaya menuju Mataram, biaya penyebrangan sudah termasuk dalam harga tiket.

Pantai Senggigi yang terkenal dengan garis pantainya yang panjang adalah tujuan pertama sesampainya saya di Pulau Lombok. Pantai Senggigi terletak di barat laut dari Kota Mataram, Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dari lembar tersedia bus ¾ untuk menuju Pantai Sengigi langsung. Jika menggunakan bus akan berhenti di terminal Mandalika, Mataram. Dan bisa dilanjutkan dengan menggunakan mikrolet atau taksi.

Sunset menebar jingga di langit pantai Sengigi ketika kaki mungil saya merasakan kelembutan pasirnya. Rasa lelah punah sudah dengan tatapan mata bulat sang surya di atas garis cakralawa. Nan jauh disana garis ombak nan tenang berjalan mendekati. Seolah menghantarkan pesan ‘cinta’ dari sang surya. Serak perahu diatas laut menambah sempurna pemandangan di pelupuk mata.

Pantai Sengigi adalah salah satu pantai yang menawarkan sunset terbaik di Pulau Lombok. Duduk sendiri bertemankan ransel sangat menyenangkan apalagi ditemani sahabat, pasangan atau keluarga. Terbesit dalam hati paling dasar, pulang ke Indonesia tahun ini saya ingin mengajak keluarga bertandang ke Pulau Senggigi Lombok.

Pantai keren di Lombok

Pantai Sengigi Lombok

Pantai yang wajib dikunjungi di Lombok


Seiring tenggelamnya mentari, malam tak lantas sepi. Geliat malam dihidupkan dengan dentungan dari bar, caffe, pub, diskotik bahkan live music yang berlomba lomba menarik pengunjung. Turis mancanegara yang kebanyakan bule nampak hilir mudik kesana kemari. Sekedar berjalan santai atau bercengkrama di Bar.

Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata yang difasilitasi secara lengkap. Tak hanya bar dan restoran, di sekitar pantai Sengigi juga terdapat sederat hotel. Mulai yang hotel bertaraf International hingga penginapan yang menawarkan harga bersahabat. Tak perlu khawatir membawa uang tunai kesana kemari karena tersedia ATM disini. Konter Konter tour guide juga dengan mudah ditemukan.

Ketika pagi menyapa, saatnya berjalan santai menyusuri bibir pantai. Menghirup udara segar ditemani lambaian pohon kelapa. Biarkan kaki telanjang dan menikmati belaian pasir nan lembut. Pantai Sengigi Lombok dianugerahi garis pantai panjang membentang. Menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih.


pantai di Lombok wajib dikunjungi

Pantai dengan sunset Terbaik di Indonesia


Beranjak siang, waktunya berenang. Tak perlu khawatir terseret arus karena air laut ombak di Pantai Senggigi Lombok  tak seberapa besar dan tenang. Airnya bersih dan jernih bak cermin. Memudahkan pandangan mata ini untuk menatap kehidupan aneka hayati taman laut dengan terumbu karang yang terpelihara dengan baik hingga sekarang. Menjadikan Pantai Sengigi Lombok menjadi spot yang tak hanya menarik juga aman untuk snorkeling.

Pantai Sengigi Lombok ini cakep ditangkap dalam lensa kamera baik dari kejauhan atau ketinggian. Sepanjang jalan pantai Sengigi tersedia beberapa spot untuk memfoto dari ketinggian.

Pantai Sengigi Lombok


Sesampainya di Rajasthan kami mengunjungi Kota Jaipur terlebih dahulu. Bertandang ke Istana Maharaja Jaipur, Amer Fort. Sederat istana di Jaipur itu menjadi tumpukan sejarah betapa gagah dan perkasa para Raja Hindu saat itu.

Memandangi arsitektur istana yang menggabungkan elemen khas Rajasthan dan Hindu, lagi lagi membuat ingatan saya kembali ke Nusantara. Akar budaya serta adat antara Indonesia dan India memiliki kesamaan. Kuil dan taman didalam istana menggerakkan ingatan akan Taman Narmada yang juga berada di Lombok. Dalam taman Narmada Lombok terdapat salah satu pura tertua di Pulau Lombok yakni Pura Kelasa. Taman Narmada sendiri berada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pemilihan nama Narmada juga tidak lepas dari agama Hindu yang dianut oleh raja dan rakyat pada masa itu. Taman Narmada sendiri dibangun oleh Raja Mataram Lombok yakni Anak Agung Ngurah Karangasem. Narmada diambil dari kata Narmadanadi. Nama sebuah anak Sungai Gangga di India yang dianggap suci oleh umat Hindu.

Konon menurut cerita, raja pada saat itu terlalu tua untuk menanjaki Gunung Rinjani untuk melakukan ritual Pekelan. Raja kemudian mendirikan taman Narmada pada tahun 1727. Desain Taman Narmada merupakan replika dari Gunung Rinjani. Gunung tertinggi di Pulau Lombok. Puncak Gunung Rinjani di Taman Narmada direfleksikan dengan keberadaan Pura Kelasa di puncak. Kolamnya ibarat Danau Segara Anak.

Pura Tertua di Lombok

Pura Tertua di Lombok


Pura Kelasa yang berada diatas hanya dapat ditanjaki dengan puluhan tangga. Hal ini menampakkan seolah seolah menanjaki Gunung Rinjani. Taman Narmada tak hanya digunakan oleh Raja untuk pemujaan, taman  seluas 2 hektar yang meniupkan kesejukan serta kedamaian ini digunakan keluarga kerajaan untuk beristirahat.

Hingga saat ini keberadaan Taman Narmada sangat sakral bagi penduduk asli Lombok beragama penganut agama Hindu. Khususnya pada saat hari Pujawali, biasanya penduduk setempat mendaki Gunung Rinjani untuk melakukan ritual Pekelan (Pengorbanan). Yakni melepar barang ataupun perhiasan kecil untuk dipersembahkan serta menghormati sang Dewa Penjaga Gunung Rinjani. Pada saat hari Pujawali Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat melakukan ritual Pekelan.

Di dalam kompleks Taman Narmada terdapat beberapa bangunan yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Berkat penataan taman dengan aneka macam tanaman yang hijau membuat suasana di Taman Narmada terasa sejuk dengan pepohonan rindang. Ditambah lagi deretan bangunan kuno yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Wisata di lombok

Pura Tertua di Lombok

Pura Tertua di Lombok


Yang menarik lagi di Taman Narmada ini adalah sebuah bangunan yang disebut Balai Petirtaan yang sumber airnya berasal dari Gunung Rinjani dan merupakan pertemuan antara tiga sumber mata air, yaitu Lingsar, Suranadi dan Narmada. Karena mata airnya berasal dari Gunung Rinjani dan tempat pertemuan tiga sumber mata air, maka air yang ada di Balai Petirtaan dipercaya dapat menjadikan orang yang meminum dan membasuh mukanya dengan air di situ akan awet muda.

Air yang bikin awet muda

Pura Tertua di Lombok

Keberadaan Taman Narmada di Pulau Lombok menjadi benang merah antara India dan Indonesia. Kedua negara yang memiliki keragaman budaya, bahasa dan suku ini memiliki hubungan yang kuat sejak zaman Ramayana.

Lamunan dalam perjalanan ini menambah letupan dalam hati untuk segera pulang ke Indonesia dan menikmati pantai di Lombok tak terbendung sudah. Apalagi tahun kemarin ketika pulang kampung saya sempat kecewa. Rencana untuk mengulang kembali overland jelajahi pulau Lombok bagian Barat hingga ke Timur gagal. Padahal sudah menyusun itinerary. Budget sudah dipersiapkan. Tapi apa mau dikata jika masalah menyapa. Semoga tahun ini semesta merestui. Aamiin.


Note :

Rute Menuju Pantai Senggigi Lombok
  • Dari Bali: Tiba di Pelabuhan Lembar, Anda bisa langsung menuju pantai Senggigi dengan bus 3/4 atau mencarter mobil bersama penumpang lainnya.
  • Dari Jakarta dan kota besar lainnya; Tiba di bandara, Anda dapat menaiki akan naik taksi ke hotel tempat Anda menginap.
  • Dari Ampenan, Anda bisa menaiki Bemo yang tersedia 6:00-18:30 untuk sekitar Rp. 1.500 dari Ampenan-Senggigi, atau Senggigi-Ampenan  

  
Rute menuju Taman Narmada
Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan melewati rute Mataram, Cakranegara, Swetra, Bertais sebelum akhirnya tiba di Narmada. Sementara menggunakan kendaraan umum juga tidak sulit. Dari pusat kota Mataram misalnya, wisatawan bisa naik taksi atau transportasi umum dari terminal Mandalika.

You Might Also Like

25 comments

  1. Foto sunset yang paling bawah bagus. Semoga suatu saat aku juga bias mampir ke Pantai Senggigi, hehehe.

    BTW, aku agak bingung membacanya, awalnya aku kira menyinggung India, ternyata NTB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kemarin waktu perjlanan ke Rajasthan teringat Perjalanan ke Lombok :)

      Delete
  2. Aku belum pernah ke Taman Narmada, padahal beberapa kali sempat lewat.. Sunset di Senggigi cakep ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep banget. Tempat menikmati sunset kesukkanku sambil ngelamun, hehehe

      Delete
  3. Tulisannya keren mba kayak nonton film yang alurnya maju mundur (cantik), fotonya juga apik-apik. Yo wes insha allah nyampe lombok lagi bawa rombongan keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. InsyaAllah. Aamiin Doa e Ru. Sopo ero karo awakmu keliling Lombok

      Delete
  4. wah mbak kece abis yg foto bendungan... sayang saya melewatkan spot yang kece ini... mantap mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mumpung di Lombok ayooooo ke Taman Armada. Isok awet mudah lho

      Delete
  5. Lombok indah nian. Pantainya selalu jadi incaran penikmat keindahan alam. Aku baru sekali ke Pantai Senggigi, datang sore jelang magrib, sebentar pula. Belum lihat semua sisi pantainya. Belum puas. Pasti indah sekali dilihat pada pagi, siang, ataupun malam. Kalau ke Lombok lagi, ingin lagi ke Senggigi.

    Baru tahu tentang Taman Narmada, ternyata menawan ya mbak. Suka lihat jembatannya, modelnya kuno dan unik. Tampak asri dan sejuk suasananya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Indah Tenan. Pantai ne kece kece mbak. Aku pingin overland Jelajah seluruh pantai lombok lainnya. Ayoo siap tahu kita bisa bareng.

      Delete
  6. Yeay,,, Ternyata Mbak Zulfa kangen dengan kampung halaman, sampai - sampai Sedang jalan - jalan ke Rajasthan aja keinget Pulau Lombok,,,,, Pulang mak ke Indo :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayyyyy aku sudah di Indonesia sekarang. Saumi juga pingin ke Lombok. Semoga dapat rezeki nomplek buat ke lombok

      Delete
  7. Replies
    1. Banget, Romantis berdua klo disini

      Delete
  8. foto dan penjelasannya mantep... jadi tertarik pengen ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaoooo ke Lombok jelajah pantai dan budayanya

      Delete
  9. Bangunan kunonya menarik... seru kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, jangan lupa cucui muka biar awet muda

      Delete
  10. sebenernya pernah diteliti ga sih, itu sumber airnya bener2 biin awet muda ato ga :D? Di Indonesia banyak banget mitos air awet muda soalnya.. kebanyakan sih airnya air terjun ya mbak.. kalo diusap ke wajah 3x bikin awet, gitu2 deh.. aku sih iseng aja nyobanya, kali2 bener hihihi ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Itu kalau orang Indonesia katanya Sugesti mbak. Yang percaya beneran bisa awet muda. Percaya nggak percaya , tapi rajin cuci muka dengan air bikin wajah seger dan kelihatan lebih muda bukan ?

      hahaha sama mbak fanny, aku sering cucui muka dengan air air alami dari pegunungan, segerrrr

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. wih......bagus banget sunset nya, pingin maen kesana. tempatnya bagus2, cocok buat ngilangi penat di kepala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ke Pantai senggigipas buat ngilangin penat, SUnsetnya itu lho ngangenin. Pantai di Lombok memang cakep cakep, bersih dan kinclong

      Delete
  13. Widiiih indah sekali pantai Senggigi emang Lombok tidak kalah dengan Bali kalau soal pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senggigi memang Indah sekali. Bener Lombok tak kalah sama bali. Ayoooo ke Lombok

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram