Primadona Pantai Jawa Barat yang Mengagumkan

20:05:00

Pantai keren di Jawa Barat
Foto diambil dari SINI
Primadona Pantai, begitu Pantai Pangandaran ini dikenal. Tentunya pantai ini merupakan salah satu ikon wisata populer Jawa Barat yang berada di Kecamatan Pangandaran, di Desa Pananjung. Yang menjadi daya tarik pantai ini ialah pasirnya yang memiliki dua warna yaitu pasir hitam dan juga pasir putih.
Ombaknya yang begitu tenang membuat pantai ini menjadi objek yang pas untuk melakukan aktivitas pantai yang aman untuk anak-anak seperti berenang. Pemandangan laut yang biru dan jernih menjadi pesona yang begitu memikat dan mengagumkan. Apalagi panorama terbenamnya matahari. Menjadi momen yang pas untuk memandangi pantai primadona ini.
Berjalan di atas pasir pantai tentu merasakan sensasi tersendiri di saat telapak kaki menyentuh pasir pantai. Namun di pantai ini juga menawarkan Anda untuk menggunakan sepeda saat mengelilingi Pantai Pangandaran ini. Jangan khawatir, Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa sepeda pancal sendiri karena di kawasan pantai ini banyak sekali penyewaan sepeda pancal dari sepeda BMX hingga sepeda yang dapat dinaiki dua orang. Adapun jasa becak jika Anda tak mau repot-repot menggenjot sepeda maupun jalan kaki.
Yang menjadi aktivitas rutin di Pantai Pangandaran ini ialah dilaksanakannya Festival Layang-layang Internasional atau sering disebut dengan Pangandaran International Kate Festival. Tentunya pantai ini memiliki dukungan yang tinggi dari infrastruktur dan fasilitas public yang cukup lengkap dalam mengadakan kegiatan festival rutin ini.
Jangan heran jika ada yang mengatakan bahwa Pantai Pangandaran merupakan kota nelayan kecil karena dulunya pantai ini memang menjadi salah satu akses dimana nelayan pergi mencari ikan di pagi hari hingga sore hari. Di sore harinya para penduduk sekitar akan membantu para nelayan untuk mengangkut ikan-ikan tersebut menuju kawasan pantai. Hingga saat ini pun masih dapat dilihat banyaknya nelayan yang pulang pergi.
Meski begitu tak sedikit wisatawan dari segala penjuru menjadikan Pantai Pangandaran sebagai objek favorit saat berlibur. Dan pantai ini terbagi lagi menjadi dua pantai, yaitu Pantai Pananjung dan juga Pantai Timur. Pantai Pananjung merupakan pantai bagian barat di mana tak sedikit pengunjung yang menjadikan pantai ini sebagai objek wisata keluarga. Anda akan dimanjakan dengan pemandanagn yang mengagumkan. Berjemur di pinggir pantai sambil menunggu terbitnya matahari merupakan aktivitas yang selalu dilakukan para pengunjung pantai.
pantai pangandaran jawa Barat
Foto Diambil dari SINI
Di sekitar pantai ini terdapat bukit hutan yang merupakan cagar alam dan asri. Cagar alam tersebut sebagai tempat hunian berbagai jenis hewan seperti monyet, rusa, kerbau, dan hean yang mengagumkan lainnya. Adpun gua-gua yang masih alami di dalamnya yang juga terdapat gua buatan manusia yang pada saat tu dibuat oleh tentara jepang selama Perang Dunia Ke II sebagai benteng pertahannan mereka. Adapun air terjun yang nantinya akan mengalir ke laut. Pemandangannya sangat mengagumkan.
Adapun Pantai Timur yang pastinya bagi Anda pecinta makanan laut. Bahkan pantai ini dikenal sebagai surga para penikmat makanan laut. Tentu saja karena banyak sekali restoran makanan laut yang berjejer di kawasan pantai. Bahkan di bagian selatan pantai ini terdapat pasar ikan yang menjual ikan segar bahkan yang baru ditangkap oleh nelayan. Tidak hanya ikan, namun juga ada kepiting, cumi, udang, dan hewan laut lainnya. Selain sebagai surga para pecinta makanan laut, pantai ini juga seringkali menjadi wahana permainan air seperti jetsky, banana boat, dan lainnya.
Untuk tiket masuk Pantai Pengandaran sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Jika Anda berjalan kaki makan tarifnya hanya Rp 3.000,- per orang, pengguna sepeda motor Rp 7.000,-, Jeep maupun sedan Rp 28.000,-, mobil jenis carry Rp 35.000,-, kendaraan penumpang dalam jumlah besar Rp 40.700,-, bus ukuran kecil Rp 80.000,-, bus ukuran sedang Rp 104.000,-, sedangkan bus ukuran besar Rp 169.000,-. 
Bagi Anda yang berniat berhari-hari berada di kawasan Pantai Panandara, kawasan ini juga menyediakan beberapa hotel untuk Anda menginap. Beberapa variasi hotel yang ada sesuai dengan fasilitasnya dari hotel yang cukup murah hingga hotel berbintang lima yang cukup mahal tentunya sesuai dengan fasilitas yang ada yang dapat dipesan melalui aplikasi Traveloka. Sehingga sangat mudah bagi Anda untuk berada di kawasan Pantai Pangandaran beberapa hari.
Rute menuju pantai Pangandaran
Foto Diambil dari http://www.indonesia-tourism.com/
Setelah menikmati keindahan Pantai Pangandaran, tentunya Anda tidak akan melewatkan belanja oleh-oleh sepulang dari sini. Banyak sekali toko-toko yang berjejer di kawasan pantai dengan menjual berbagai barang dagangan seperti souvenir, t-shirt khas Pangandaran, topi, celana pendek, dan juga berbagai jenis baju renang. Selain itu juga banyak yang menjual kerajinan laut yang menjadi kegemaran para wanita seperti gelang dan kalung yang berbagan dasar kerang laut, miniature papan selucur, dan berbagai souvenir lainnya yang tak kalah menarik. Untuk oleh-oleh berupa makanan jangan lupa untuk membeli Jambal Roti Ikan Asin yang cukup terkenal di Pangandaran.

You Might Also Like

12 comments

  1. Iya meskipun menjadi tempat buat nelayan pulang-pergi tapi karena pantainya cantik tetap bikin pengunjung betah. Pengen ke sana lagi. Pernah sekali tapi numpang lewat doang sewaktu ke Pantai Batu Karas di sebelahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari dulu hingga sekarang, Pangandaran ini tetap jadi idola. Pantainya memang cantik dan tidak terlalu jauh dari Ibukota. Semoga suatu saat bisa bermain bersama keluarga disini, ya, mbak. Aamiin

      Delete
  2. Apik banget pantaine... kalau kedaerah Jabar ama DKI, jarang kelayapan, seh. Daya jelajahku isi Jember dan sekitarnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo mbak ke Pantai di Jawa Barat. Sekalian ke Green Canyon, rafting.

      Delete
  3. wuaahhh... aku lgs teratrik pas baca ada bnyk warung yg mnjual seafood ^o^.. aduh ngebayangin seafood segar yg lgs dimasak mbak :D.. yummy bgt ituuu.. secara aku ga doyan pantai soalnya, panas ;p Tapi seafoodnya suka bangetttt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama mbak Fanny dengan aku, paling suka seafood. Bakar bakar gitu sama sambel pedessss, huaaaaa langsung ngecessss aku.

      Delete
  4. Pangandaran jauhhhh lelah tapi terbayar indah nya, banyak spot menarik disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Jauhnya terbayar dengan keindahan yang ditawarkan

      Delete
  5. Kapal nelayan yang ada di Pangandaran mengingatkanku kepada pantai2 di Belitung. Wah asyik ya di sana ada tempat menginap juga. Aku juga biasanya pesan di Traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik banget. Iya sama, aku juga seringnya pesen tiket di Traveloka

      Delete
  6. Aku belum pernah ke Pangandaran. Duh.... :D
    Kalo ke sana ntar cari2 hotelnya lewat Traveloka ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu, Di traveleko ada banyak pilihannya

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram