5 Aktivitas Liburan Unik di Yogyakarta

October 21, 2016


Banyak wisatawan berharap mendapat tiket promo pesawat ke Yogyakarta, pasalnya di sana tersebar begitu banyak objek wisata menarik dan aktivitas unik yang bisa Anda lakukan. Hal-hal menarik apa saja sih yang bisa Anda lakukan untuk menambah pengalaman liburan Anda. Simak yuk, keunikan yang mungkin cuma bisa Anda dapatkan di Kota Gudeg ini.

1.       Masangin
Kegiatan melewati pohon beringin kembar di alun-alun kidul atau alun-alun selatan ini terbilang unik, lantaran pengunjung diharuskan melewati tengah-tengah kedua pohonnya dengan mata tertutup. Konon, mereka yang berhasil melewatinya akan diberi kemudahan rezeki dan kesuksesan, bahkan keinginannya bisa terkabul. Jika belum berhasil melaluinya, berarti belum memiliki hati yang bersih. Mengejutkan, sebab ternyata banyak yang gagal meski sudah berulang kali mencobanya. Permainan ini sungguh lucu dan menghibur untuk dilakukan atau sekedar mengamatinya. Jangan lupa membawa slayer penutup mata Anda saat berkemas.


Sumber : www.omahsemar.com


2.       Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo
Sandboarding adalah kegiatan berseluncur di atas pasir dengan memakai papan seluncur. Kegiatan ini bisa dilakukan di area Pantai Parangkusumo, Yogyakarta, sebab pantainya memiliki gundukan pasir yang bergumuk-gumuk akibat pembentukan abu vulkanik Gunung Merapi selama ribuan tahun. Gumuk-gumuk pasir yang mirip gurun pasir di Sahara ini terbilang langka di dunia. Adanya aktivitas sandboarding di pantai ini menambah daya tarik Pantai Parangkusumo untuk dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah. Anda juga bisa ketagihan.


Sumber : http://heri-sugianto.blogspot.co.id/


3.       Menonton Pagelaran Sendratari Ramayana di Candi Prambanan
Pagelaran Sendratari Ramayana adalah sebuah pementasan seni tari wayang orang yang mengangkat kisah epik Ramayana, dengan tokoh cerita Rama dan Shinta. Pementasan ini diadakan di halaman panggung terbuka Candi Prambanan yang juga menjadi latar belakang setting panggungnya. Candi Prambanan di malam hari nampak luar biasa megah lantaran lampu-lampu taman dan lampu candi yang menyorot keanggunannya. Kalau musim penghujan pementasan digelar di panggung tertutup. Anda bisa menontonnya tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, pukul 19.30 hingga 21.30, di bawah sinar rembulan. Di sini, kadang-kadang diselenggarakan pagelaran seni kelas Internasional yang mengundang penari-penari dunia untuk ikut tampil dalam pementasan Sendratari Ramayana.


Sumber : http://yogyakarta.panduanwisata.id/

4.       Berkendara Super Blink Car atau Mobil Neon
Selepas senja, Anda bisa mengunjungi Alun-alun Selatan atau Alun-alun Kidul untuk mencari hiburan ringan yang menyenangkan. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai permainan unik, salah satunya adalah berkendara mobil neon. Anda bisa melihat beragam mobil unik terbuka yang berhiaskan lampu-lampu neon warna-warni pada seluruh rangka bodinya, dan digowes mengelilingi alun-alun. Lampu-lampu neonnya amat terang, kontras dengan warna langit yang semakin gelap. Mobil-mobil ini dilengkapi audio yang mengeluarkan suara kencang dan TV mini. Untuk bisa menggowes mobil neon ini berkeliling alun-alun Anda cukup membayar Rp. 15.000 sekali putaran. Foto-foto selfie Anda bersama mobil neon ini pun akan unik dan keren.

5.       Membuat Kerajinan Batik, Perak, Gerabah, dan Kulit
Selain unggul dalam pariwisata, Yogyakarta juga terkenal akan seni kerajinan tradisional dan produk-produk lokalnya. Banyak wisatawan datang berbelanja, atau sekedar cuci mata, mengamati produk-produk hasil karya para pengrajin di kota ini. Kalau Anda tertarik mempelajari cara pembuatannya, ada berbagai tempat yang menawarkan kursus singkat dan bisa Anda kunjungi, misalnya kursus batik di area Keraton atau Taman Sari, kerajinan Perak di Kota Gede, Gerabah di Kasongan, dan kerajinan Kulit. Menariknya lagi, hasil karya Anda nantinya boleh dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.


Sumber : www.tamasyaku.com



Sumber : http://paketwisatajogja.net/

Kini Anda tidak perlu bingung menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta, jangan juga mati gaya kalau merasa bosan dengan objek wisata yang itu-itu saja. Cobalah melakukan aktivitas-aktivitas unik ini bersama keluarga, kekasih, atau teman-teman Anda, maka liburan Anda akan lebih berwarna dan berkesan.

You Might Also Like

49 comments

  1. Ah jogja emang selalu bikin kangen....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerm Jogya memang ngangenin. Berapa kalipun kesana, masih tetep pingin ngunungi lagi dan lagi

      Delete
  2. Jogja selalu ngangenin ya mbak.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Sama kayak penmapilanku yang juga selalu "ngangenin" *dikepruk.

      Duh, disapa Bintang AADC, jadi gimana gitu....

      Delete
  3. Jogja selalu ngangenin ya mbak.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Sama kayak penmapilanku yang juga selalu "ngangenin" *dikepruk.

      Duh, disapa Bintang AADC, jadi gimana gitu....

      Delete
  4. Replies
    1. InysaAllah Mbak Ima, Yukkkk Kulineran di Jogya

      Delete
  5. Nggak pernah ada kata males buat ke jogja, suasana malam yg damai, orang2 yg ramah dan makanannya yg selalu bikin kangen buat ke jogja lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Aku sejak zaman badan langsing sampai bergelambir, ngak pernah bosen ke Jogya. Wisata pilihannya buanyakkkkkk

      Delete
  6. Kangen Yogya... Sandboarding kayaknya seru banget. Trus pengen nonton sendratari Ramayana juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sandboarding ini seru. Tarian Sendratari Ramayana ini pernah tampil ssampai di India lho mbak, Ketemu perdana mentri India.

      Delete
  7. dari 5 hal ini baru no 1 yg pernah dicoba mbak, artinya musti ke jogja lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo i, Harus ke Jogya lagi, sekalian kulineran

      Delete
  8. Jangan lupa nyobain sambel belut, sate klatak juga dong mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu aku belum cobain sambel belut. InsyaAllah net, aku mbahas kuliner jogya

      Delete
    2. Sambel belut nya manja banget, aku aja ampe nambah2

      Delete
  9. yang belum pernah point 4 sama 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kalau ke Jogya lagi, nomer 4 dan 5 bisa kesampeyan

      Delete
  10. Banyak tempat yang asyik dan ngangenin di Jogja ya, Mbak, apalagi oleh-oleh dan kulinernya juga terkenal murah-murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh, Jogya punya semua. Kuliner, wisata, nongkrong, oleh oleg, pokonya semua deh. :)

      Delete
  11. JOGJA itu nggak pernah gagal menyenangkan jiwa dan raga, mbaaa

    Akohhh mau ke Jogja lagii, lagiii dan lagiii :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, aku tiap kali kesana, malah mendatangkan kerinduan lagi. lagi dan lagiiiii :)

      Delete
  12. Kalo saya ke Jogja lebih tertarik menghilangkan diri di Bantul, di sanggar-sanggar kesenian dan berburu kuliner lokal. Ah, jadi kangen Jogja :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kani nyeni banget orangnya Put. Kalau kuliner dah pasti, jogya tempatnya.
      Iya, jogya memang ngangenin

      Delete
  13. dari semuanya, cuma naik kendaraan neon yg prnh aku lakuin pas di jogja hahahah... :D malu eyke... udh lama bgt ga mudik k solo, jdnya jogja juga ga pernah didatengin lagi mbak... tp thn dpn kalo mudik ksana, hrs nginep minimal 2 malam di jogja ih.. eksplore lebih lamaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Next ke Jogya cobain semua mbak. Seruuu pastinya.

      Delete
  14. beruntungnya diriku yang tinggal dekat Jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung banget, banyak pilihan jalan jalan disana. Nggak perlu jauh jauh. lengkap lagi, mulai guung smp pantai

      Delete
  15. Dari kelima list itu, nomer 2 yang pernah tak lakuin mbak, tapi malam hari dan berasa horor gitu pas jalan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Next time Mama Iveone harus cobain semua biar seru. seklain main main pasir bersama si kecil

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Waahh...kapan bisa liburan di Yogja lagi yaaa... apalagi sekarang banyak destinasi wisata yang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooooo Mbak kita liburan bareng. Ya Jogya semkain hari semkain banyak destinasi baru. Gresik apa kabar ?

      Delete
  18. Wah mesti dicatat ini, biar kalo ke Jogja lagi tahu mesti kemana dan ngapain. Minat banget berkunjung ke gumuk pasirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya unik, klo snowboarding iya, ini sandboarding.... Seruuuu

      Delete
  19. Jogja ga bakalan ngebosenin ... meskipun sudah kesana . pengen balik lagi, apalagi sekarang banyak tempat wisata2 baru yang keren.
    Pengen nyobain sandboarding ah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betullll banget. Jogyz memang sungguh ngangenin

      Delete
  20. suatu hari pengen ke jogja buat kelilingi semua. belum pernah emak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ke Jogya ? beneran ? Sudah sampai ke Aussie tapi belum ke Jogya. its ok. Semoga segera berangkat ke jogya ya... Aamiin

      Delete
  21. Sudah 2x ke jogja, dari 5 poin mbak, yang no 1 dan 4 belum kucobain. Next kalo ke Jogja harus nyobain nih. Jogja emang bikin kangen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah, setidkanya sudah nyobain hal hal unik di Jogya, Semoga next ke jogya bisa melengkapi ya....

      Delete
    2. Aamiin, iya nih mbak. Udah dapat undangan kesana tapinya belum cocok waktu kitanya masing2 belum selaras

      Delete
  22. Kangeeen Jogjaaaa.. :D Dari duluuuu bgt pingin nonton Ramayana di Prambanan tp blom kesampaian nih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KANGEN JUGAAAAA.

      Asyik, nonton Tarian Jawa ini nan gemulai

      Delete
  23. Dulu banget dulu setahu saya jogja itu cuma borobudur aja, dan ternyata mata saya terbelalak melihat banyaknya tempat keren yang ada di jogja.

    Pengen nyobain sandbording euyy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau zaman Dulu yang terkenal memang Borobudur. Sekarang banyakkkkk, bahkan panatinya oke punya

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram