Tergoda Aroma dan Rasa Chicken Tikka

July 23, 2017



Rasa juicy ayam bakar dalam balutan rempah berpadu rasa dengan sayuran segar

Alhamdulilah, kemarin setelah share dua resep masakan India, yakni Brondong ayam kriuk kriuk so Good dan Nasi gurih rempah ayam So Good, banyak yang mencoba dan suka. Karena rasanya nggak terlalu India alias mild juga cara membuatnya sangat mudah.

Nah, kali ini saya kan berbagi resep cara membuat Chicken Tikka alias sate ala India. Chicken Tikka merupakan salah satu kuliner India yang sangat disukai para wisatawan mancanegara. Tak hanya memiliki tampilan yang menarik tapi juga menghadirkan rasa juicy ayam dalam baluran rempah. sangat lezat. Sayuran, bumbu dan adonan yoghurt yang dimasak dengan cara dibakar ini membuat hidangan lebih sehat. Dan cara memasaknya juga mudah.

Penasaran! banyak yang menanyakan, bagaiman emak mbolang bisa berkreasi membuat resep masakan India dengan rasa yang lebih diterima di lidah orang Indonesia. Rahasianya, jadi selain belajar masak bertahun tahun dari ibu mertua. Dulu, saya pernah sempat tinggal di Indonesia dan membuka usaha restoran India. Chefnya didatangkan langsung dari India.

Dari beliau saya jadi tahu rahasia membuat kuliner India yang sangat lezat ala restoran. Tahu teknik memasak dan juga rempah yang digunakan. Dari sini juga saya belajar, berkreasi menghadirkan rasa lezat masakan India tanpa terasa `jamu` di lidah orang indonesia. Nah, salah satu kuliner yang dihidangkan di restoran adalah chicken Tikka. Penasaran seperti apa membuatnya, berikut caranya :

Bahan bahan
750 gr Ayam potong So Good bagian dada
1 bawang bombay besar
1 buah Paprika hijau
2 buah tomat
2 sdm minyak
10 tusuk sate


Bumbu bumbu
3 sdm yoghurt
1 sdm cabe bubuk (jika suka pedas bisa ditambahkan lagi)
1 sdt bawang putih halus
1 sdt jahe halus
1/4 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt kunir bubuk
1 sdt jinten
2 sdt perasan jeruk nipis
Garam secukupnya

Cara memasak
1. Buang kulit ayam dan juga lemak, potong potong daging ayam kotak kotak berukuran 3 cm. Sisihkan.



2. Sangrai jintan hingga sedikit kehitaman. Ketika masih hangat haluskan dengan cara menekan nekan jintan dengan sendok. Karena setelah disangrai jintan akan mudah hancur.

3. Siapkan mangkok, campurkan yoghurt dengan semua bumbu, garam dan perasan jeruk nipis. aduk aduk hingga rata.

4. Balur potongan daging ayam dengan campuran bumbu yoghurt kemudian hingga rata.



5. Campurkan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis kedalam ayam, aduk aduk sebentar.

6. Marinate ayam kedalam kulkas selama 1- 2 jam.


7. Sementara menunggu ayam di marinate didalam kulkas, siapkan sayur sayuran. Potong bawang bombay, paprika dan tomat. Kemudian buang isinya dan potong potong ukuran 3 cm. Sisihkan.



8. Setelah 1-2 jam, keluarkan ayam dari dalam kulkas dan lumeri dengan minyak. Aduk rata.

9. Siapkan tusuk sate. Kemudian tusuk tomat, kemudian ayam, paprika hijau, ayam, bawang bombay kemudian ayam lagi secara bergantian. Jika suka, bisa menambahkan kuantitas sayuran. Lakukan hingga semua bahan habis. Gunakan sisa bumbu yoghurt diatas piring untuk mengoles sayuran.



10. Siapkan Grill untuk membakar ayam. Bakar ayam hingga matang yakni ketika ayam sudah terlihat sedikit kecoklatan. Jangan lupa bolak balik ayam, sehingga ayam matang merata dan tidak gosong. Jika tidak memiliki Grill, bisa menggunakan roasted pan.



11. Sajikan hangat sebagai camilan atau disantap bersama nasi hangat.

Selain lezat disantap dimalam hari. Chicken Tikka ini sangat cocok dihidangkan dalam barbeque party. Tips dari saya jika ingin menyajikan chicken Tikka dalam pesta barbeque atau pesta lainnya, persiapkan semua bahan, marinate ayam ke dalam kulkas hingga 30 menit saja. Kemudian ambil tusuk sate, tusuk semua sayuran dan ayam kemudian masukkan kedalam kulkas kembali.



Aroma Chicken Tikka ketika dibakar dijamin bikin nggak kuku alias bakalan menggugah selera para tamu. Asap yang melayang layang menghantarkan aroma ayam dan bumbu yang bikin mulut ngecesss pingin segera menyantapnya.

Penasaran kan dengan rasanya? Yuk! cobain bikin dirumah.  Tapi kalau kamu tidak ada waktu atau sibuk dengan pekerjaan  kamu bisa lho pesan online disini.  Selain Chicken Tikka, juga ada berbagai masakan India yang lezat dan halal. 


You Might Also Like

6 comments

  1. Mbak Zulfah, kapan masakno gawe aku? Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukkk lah main kerumah... ntar tak masakno. kamu yang bagian bakar bakar yoooo

      Delete
  2. Wah,wajib dicoba nih resep chicken tika nya.makasih ema atas resepnya

    ReplyDelete
  3. aku tau nyobak. Nggawe bumbu instan chicken tikka-masala. Kari nambahi yoghurt. Sakjane podho seneng nang omah. Kapan2 pengen nyobak resepe Zulfa, ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek wis coba, ojok lali mbak... cerito rasane , hehehe

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram