Kepulauan Seribu Destinasi Menarik Untuk Liburan Akhir Tahun

November 18, 2017

Liburan akhir tahun


Memilih pemesanan  tiket dan hotel sekaligus ternyata lebih hemat

Salju. Satu kata itu terucap dari bibir si kecil, Najin tatkala kami bertanya tentang liburan akhir tahun ketika kami masih tinggal di India. Dikarunia rantai pegunungan Himalaya, India menawarkan banyak tempat yang pas bermain salju berpadu dengan pemandangan nan syahdu.

Kashmir dan Manali menjadi pilihan kami saat itu. Karena jalanan menuju Kahsmir yang tidak menentu, sering terjadi tanah longsor ketika musim dingin tiba, akhirnya kami sekeluarga memilih liburan bersama ke Manali.


Tahun kemarin setelah pindah dan tinggal di Indonesia, banyak hal yang membuat kami tidak `merayakan` liburan akhir tahun. Najin mulai adaptasi dengan sekolah baru. Ibu keluar masuk rumah sakit karena sakit jantung. Banyak rencana perjalanan saya cancel karena memilih bersama ibu dirumah. Sedangkan saya sendiri sibuk menata hidup kembali di Indonesia.

Nyaris kami jarang jalan jalan setahun terakhir. Lebih banyak dirumah. Beberapa rencana jalan jalan gagal terlaksana.*butuhpundak*

Terbiasa jalan jalan kemudian dalam jangka waktu lumayan lama dirumah saja, membuat kami sakau, rindu akan perjalanan bersama. Bahasa kekinian `butuh piknik`. Najin sering menanyakan jadwal liburan sekolah dia. Berlanjut dengan pertanyaan kapan dan kemana kami liburan nanti. Pertanyaan yang lumayan membuat twing twing kepala.

Terakhir liburan bersama keluarga besar di Tulungagaung bulan Juli yang lalu. Bukan liburan sih, ada keluarga Ibu yang menikah. Sekalian piknik bersama keluarga ke pantai, sekaligus mengenang perjalanan bersama Ayah. Melow bercampur happy.


Sampai di pantai Popoh, bukan main senengnya Najin. Bermain main bersama pasir dan berdansa dengan ombak. Sampai sampai nggak mau pulang. Maklum karena dah lama nggak piknik dan juga selama menetap di India kami tinggal di sebelah Utara. Jalan jalannya juga ke Utara, jadi nggak ketemu pantai. Ketemunya gunung dan deretan bangunan kuno dengan sejarah kekaisaran yang menarik untuk dijelajah.

Alhamdulilah liburan akhir tahun ini saya dapat ajakan jalan jalan gratis ke Bawean. Bahagia tentu saja. Sayangnya, jalan jalan ini hanya untuk saya saja. Sedangkan saya ingin sekali liburan ke pantai bersama keluarga.

Bawean, pulau cantik yang masuk dalam administrasi kota Gresik ini seolah menjadi momok tersendiri bagi saya pibadi. Gimana tidak, segudang rencana jalan jalan ke Bawean baik yang biaya sendiri, gratis hingga memenangkan lomba menulis semua gagal terlaksana dengan deretan kejadian yang sungguh emboh. Gusti paringi kulo kesabaran ingkang katah. Aamiin.

Nah, karena kegagalan demi kegagalan (Halah! macam cerita pacaran aja) dan menendang sisi egoisme diri, akhirnya saya berselancar ke internet. Browsing sekaligus merencakanan liburan akhir tahun bersama keluarga.

Pantai menjadi pilihan saya karena Najin pingin main main ke pantai. We need VitaminSea. Kepulauan seribu menjadi destinasi rencana liburan. Kenapa memilih kepuluan Seribu? Selain murah dan banyak atraksi wisata yang ditawarkan juga karena saya ada keperluan ke Jakarta (tetep urusan pekerjaan, hehehe). Dan juga, sudah lama saya tidak berkunjung ke Kepulauan seribu, terakhir kesana tahun 2013 bersama teman teman cewek.

Kepulauan Seribu merupakan sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta.
Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Pulau Pramuka yang mulai difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten sejak tahun 2003. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.
Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa. Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan juga yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang. (Info dari Wikipedia).

Seperti biasa, ketika merencanakan liburan secara independen, saya menyusun itinerary, hunting tiket dan hotel sendiri. Saya berselancar ke internet untuk mengecek harga tiket. Maklum liburan akhir tahun bakalan high season, kalau tidak hunting tiket jauh jauh hari keburu harga naik. *elusselusdompet

Traveloka menjadi website andalan memilih tiket pesawat. Kenapa? Karena harga yang ditawarkan adalah harga akhir. Nggak ada hidden cost alias biaya tambahan tersembunyi dan juga pajak yang ujung ujungya bikin harga tiket lebih mahal.

Setelah cek harga tiket, selanjutnya tentu saja mencari hotel yang nyaman sesuai dengan kemampuan dompet dan dekat dengan tempat wisata. Nah, ketika sibuk mencari harga hotel, mata saya tertumpuk dengan penawaran booking tiket+hotel sekaligus. Iseng iseng saya coba fasilitas dari Traveloka ini.

mencari tiket murah


Ternyata setelah coba booking tiket+hotel sebagai 1 paket pemesanan secara langsung harganya lebih murah. Dapat diskon 16 %. Setelah saya scroll pilihan yang ditawarkan dari keatas ke bawah, lumayan ya, ada penawaran paket hingga 20%. Bayangin saja, kalau misal total harga tiket dan hotel senilai 1 juta, kita bisa hemat banyak. Dasar emak emak, perhitungan banget!. Lumayan kan, buat tambahan wisata kuliner atau bisa disimpen buat rencana liburan akan datang. Dan pilihan paling tepat adalah disedekahkan biar perjalanan kita jadi lebih berkah dan bermakna.

liburan akhir tahun bersama traveloka


Dan asyiknya lagi, dalam pemesanan tiket dan hotel secara langsung, kita bisa gonta ganti pilihan pesawat dan hotel sesuai keinginan kita. Tetep lebih hemat. Setelah sreg dengan pilihan, baru deh kita bayar.

Ini yang saya suka dari Traveloka sejak lama yakni tersedia banyak metode pembayaran. Bisa bayar dengan kartu kredit, transfer lewat E-Banking atau ATM, Direct Debit bahkan kita bisa membayarnya secara langsung melalui Alfamart atau Indomaret.

Jadi untuk kamu yang berencana liburan akhir tahun ini, coba deh Pesan paket pesawat+hotel Traveloka secara bersamaan, selain mudah dan hemat waktu, harganya juga lebih murah daripada pesan terpisah. Hemat hingga 20% tanpa kode promo apapun.

kepulauan seribu untuk liburan kahir tahun

Semoga rencana liburan akhir tahun ini terlaksana dengan lancar, keluarga kami diberkahi kesehatan dan rezeki yang melimpah. Aamiin.




You Might Also Like

2 comments

  1. Yuk, ke Bawean! Aku pengen. Lihat foto-foto di IG-nya Mas Rifqy dulu kayanya asyik maen ke sana. Etapi, ke Gresik aja aku belum pernah ding. Orang ke Surabaya aja cuma numpang-numpang lewat aja dulu.

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram