Taj Mahal Memang “Mahal”

19:18:00


Detak kagum dan mendadak romantis menyapa denyut nadi perasaan ketika menatap sang legenda cinta, Taj Mahal



Dunia terbagi menjadi dua. Yakni yang pernah menyaksikan Taj Mahal dan yang belum melihat Taj Mahal. Dan saya pastikan, saya diantara yang menyaksikan “Magicly Taj Mahal”. Begitulah kutipan kalimat  bang Bill Clinton ketika bertandang ke Taj Mahal - India. Entah, pernyataan itu benar atau nggak :) .

Bagi siapapun yang belum melihat Taj Mahal. Sekilas Taj Mahal nampak kayak bangunan Masjid berwarna putih. Nggak special amat. Apalagi notabene Taj Mahal hanyalah sebuah bangunan makam alias “Kuburan”.

Tapi setelah menjejakkan kaki di kota Agra dan melihat Taj Mahal dengan telanjang mata. Detak kagum dan mendadak romantis menyapa denyut nadi perasaan. Entah mengapa, menatap Taj Mahal itu berasa menatap orang yang paling kita cintai. Brasa berbunga bunga. Duh, emak bingung gimana ngejelasin perasaan pertama kali melihat Taj Mahal. Pokoknya .... Makjleb J. Meski beberapa kali mengunjungi Taj Mahal, teteup masih terasa magicnya.

Coba duduk manis, dibawah great gate (gerbang utama). Tatap dalam dalam Taj Mahal. Kamu bakalan merasakan “Magic” cinta sekaligus duka mendalam. Bisa merasakan apa yang Shah Jahan rasakan. Begitu besar cintanya kepada Mumtaz Mahal.

Great gate Taj Mahal

Oke cukup romantime picisannya. Berapa sih tiket masuk Taj Mahal? 750 Rupees atau sekitar Rp. 150.000 sebenernya sih nggak mahal mahal amat. Bagi emak, harga tiket masuk sebanding lah dengan suguhan mata yang ditawarkan. Dilihat dari Arsitektur, design, taman yang menjadikannya masuk dalam 7 keajaiban dunia.

Tapi sakitnya tuh disini *tunjukdada* . hehehe Perhatikan tulisan dibelakang tiket Taj Mahal.




valid for single entry in the same day at the following monuments. Klo diartikan kayak gini 
berlaku untuk entri tunggal di hari yang sama pada monumen berikut” 
itu emak copas langsung dari mbah google.
 
Admission fee to be purchased separately except at Taj Mahal  kutanya di mbah google  artinya gini Biaya masuk harus dibeli secara terpisah kecuali di Taj Mahal
 
Sering temen temen tanya. Mbak ke Taj Mahal itu tiketnya terusan ya katanya, buat ke Red fort  Agra? tiap kali ditanya kayak gitu. Emak cuman bisa senyum dan bilang “lihat nanti ya”.  
Kalau melihat tulisan ditiketnya sih, Iya. Bahwa tiket yang kita beli di Taj Mahal itu terusan buat ke tempat tempat tersebut. Atau mungkin emak yang salah artikan tuh tulisan inggris. Maklum, nggak mahir amat bahasa Inggrisnya.
 
Tapi kenyataanya, waktu emak ke Red Fort Agra yang memang jaraknya cuman 2 KM dari Taj Mahal.Waktu emak tunjukin tiket. eh emak tetep disuruh bayar tiket masuk Agra Fort seharga 250 Rupess. Wah, emak protes dong dengan pasang tampang garang kayak Mr. Takur sambil tunjukkin tiket Taj Mahal. Mereka bilang Tiket itu cuman discount 10 Rupees dari tiket asli.  Anehnya lagi, emak harus tetep bayar 250.000 Rupees. Valid? discount 10 Rupees? Sudahlah. Emak cuman bisa ngelus dada. 
 
Yang bikin sakit lagi *Tunjukdada*. Tiket Taj Mahal emak dilubangi yang bagian Red Fort. 
Dah cukup nyeseknya? Ternyata belum sis bro. Kejadian yang sama terulang lagi ketika 
emak ke Fatehpur Sikri atau dikenal sebagai kota hantu. Emak harus bayar 250 Rupess lagi L  Ikhlasin aja ya......
 
Ada yang punya pengalaman yang sama nggak ya ?

You Might Also Like

2 comments

  1. jadi bayarnya 1250 rupe dong mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. 750 saya masuk Taj Mahal. Kalau sama Agra fort, dan Fatehpur sikri, iya total semua 1250 Rupees

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram