Manali Surga Di Lereng Himalaya

December 10, 2014


Manali berada di Propinsi Himachal Pradesh - India ini dikenal sebagai The Valley Of God

Masih oleh oleh ngetrip emak selama jelajah Himaya Utara India. Yakni Kashmir - Dharamsala - Manali  dan Shimla. Sebelumnya emak pernah ngebahas beberapa sightseeing di Himalaya utara. Diantaranya Shimla yang dikenal sebagai Queen of hill mejeng di Majalah Chic. Membelah keheningan Dal Lake– Kashmir yang tayang di koran Suara Merdeka. Kashmir Valley Paradise of the Earth tayang di Gogirl! Magazine.

Nah, sekarang di Majalah Pesona edisi Desember 2014 emak ngebahas tentang daya tarik kota Manali yang berada di Propinsi Himachal Pradesh – India. Manali National Park dengan jajaran pohon pinus menjulang, Mall Road yang ramai, Monestry, Tibetian Market dan lembah berselimut salju abadi di barisan pegunungan Himalaya. Keindahan suguhan alam emak bahas dalam Majalah ini. Dan juga tentang How to get there and tips. Go get it J.  atau baca online di web majalah Pesona.


Ihhh, Kalo ngomongin Manali jadi teringat cerita “toilet” alam di Himalaya. Maklumlah, dinginnya udara menusuk sanubari hati mengajak melakukan hajat alam alias kebelet pipis J. Nah di Himalaya ini kagak ada yang namanya toliet umum. Yang ada hanyalah “toilet alam”. Emak sama si Rani (dmavelsday.blogspot.comkeluar dari jeep mobil diantara kemacetan jalan nanjak menuju Rohtang pass. Emak cariin batu besar buat “sembunyi”. Banyak sih bebatuan alam super guede dan jumbo buat Sembunyi. Tapi laaa kok ternyata dibalik batu sudah ada “pisang goreng” yang sudah “digoreng” kering atau masih “ fresh” from the Oven  Arrrggg *tutuphidung*. Setelah loncat, nengok sana sini kayak cari kodok J akhirnya kita nemuin yang “agak” bersih. Cessssss leganya uiiii sambil mengigil dicubitin cuaca dingin dan hujan gerimis.

Setelah hajatan harmoni tubuh di toilet alam. Laaaa emak ama Rani, lupa nggak catet nomer jeep sewaan. Yang mana jeep kita? diantara puluhan jeep emak nengok sana sini sambil menerjang jalanan nanjak. Semua jeep ini modelnya hampir sama dan warnanya putih semua. Jalan melikuk tajam, nanjak dan udara dingin yang sampai pipi emak jadi merah, ehh kagak “nemu” juga jeep kita. Padahal didalam mobil masih ada anak cowok Fery, Wilson dan Lamda.

Kecapean nanjak jalanan cariin jeep. Akhinya emak berteduh di warung ujung jalan Himalaya. Kaki emak sama Rani bergoyang disco, Brrrrrr. Selain capek juga dinginnya nggak kuku. Nih warung jualan chai (teh India). Nggak nahan dong pingin nyuruput apalagi chai nya keliahatan hangat ngebul ngebul asapnya. Ditambah lagi diseberang jualan jagung bakar. Laaa kok apesnya kita, nggak bawa dompet, nggak bawa hape (siapa yang mikirin hape ama dompet klo kebelet pipis J Duh... *ngelapiler*.

Alhamdullilah akhirnya ketemu Lamda di Warung. Dia juga apes kayak kita. Terselamatkan “ngutang uang” buat chai. Tapi dimana Jeep kita? apa sudah sampe atas? apa masih nggeremet di jalanan nanjak? entahlah, emak hanya berdiri kaku bersama si Rani berteduh di warung Himalaya sedangkan Lamda mencari Jeep yang merambat.

Anyway selama perjalanan, bukan hanya keindahan yang teringat dalam ingatan. Hal konyol kayak gini selalu teringat dan bikin kita tersenyum bahkan ngakak terpingkal pingkal.... cerita jadi lebih seru. Keindahanya tersaji secara lengkap di majalah Pesona :) 


Seperti biasa emak berbagi gimana menulis dan mengirim artikel jalan jalan di Majalah Pesona yang masuk dalam Group Femina.

  • Pesona ini Majalah dengan segment wanita dewasa karir, jadi sesuaikan dengan jalan cerita kita. Jangan cerita yang heboh apalagi petualangan. Kebetulan disini emak cerita  yang asyik asyik. Bukan berarti cerita perjalanan yang sempurna looo. Gayanya santai, ceritakan hal lucu tapi nggak norak. Tegang tapi nggak menakutkan.
  • Kalo Segment dewasa gini jangan lupa cerita tentang kuliner dan oleh oleh sekalian foto fotonya juga.
  • Panjang artikel yang emak kirim sekitar 1500 kata, dah termasuk tip, transportasi, all lah.
  • Kirim ke pesona.redaksi@feminagroup.com
  • Inget ya, foto resolusi kecil. Kirim dalam attachment. Nggak semua foto!. cari yang bagus kirim 3 – 5 biji, pokoknya mewakili tempat wisata tersebut. Nah, entar kalau mau tayang baru kirim sebanyak yang editor inginkan dalam resolusi tinggi (300 Dpi).
  • Nah, nanti kalau editor tertarik, bakal dikasih tahu. Siapain juga foto tampang cakep kita di salah satu tempat wisata tersebut.
  • Majalah Pesona ini Majalah bulanan dan setiap bulan selang seling dengan cerita dalam dan luar negeri. Kalo nunggu agak lamaan, sabar ya. Mbak editor pasti kasih tahu bahwa artikel kita bakalan tayang di bulan apa.

Happy Travelling and Happy writing J




You Might Also Like

2 $type={blogger}

  1. Mba aku cita cita kalo ke india wajib kesini nih, soale ini salah satu tempat shooting film yeh jawaani hai deewani hihi filmnya ranbir kapoor dan deepika padukone 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Semoga cita cta tercapai ya. Cakep kok, nggak kalah juga sama Kashmir.
      Banyak valley yang dikunjungi disana. Sayang, aku belum update terbaru tentang Manali.

      Semoga lancar perjalanannya nati. Aamiin

      Delete

Follow Twitter

Follow Instagram