Menyantap Gurihnya Sate klopo Ondomohen Suroboyo

14:00:00

Sate paling enak di Surabaya

Surabaya dikenal sebagai gudangnya wisata kuliner. Kuliner Surabaya memiliki perpaduan cita rasa gurih dan pedas seperti  semanggi, lontong balap dan rujak Cingur. Tapi ada satu lagi kuliner legendaris yang harus dicoba kala bertandang ke Surabaya yakni Sate Klopo Ondomohen.

Waktu datang kemari saya ditemani sahabat blogger jejak semata wayang dari semarang, mbak Tarie. Dia pingin  cobain sate klopo suroboyo. Kebetulan saya sendiri sudah lama tidak menyantap gurihnya sate klopo. Begitulah jika emak emak doyan mbadok, tiap kali ada yang ngajakin makan selalu susah untuk menolaknya. Untuk sementara lupakan jarum timbangan badan yang terus melaju kencang kearah kanan.

Sempet salah jalan menuju Sate Klopo Ondomohen yang berada di jalan walikota Mustajab ini. Maklum sudah lama tidak menjelajah Surabaya. Ndelalah ketika sampe di jalan walikota mustajab Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang legendaries itu tutup. Nasib!

Alhamdullilah, ya, rezeki emak soleh. Disalah satu ujung jalan ini, tepatnya di pertigaan jalan ada penjual sate klopo ondomohen. Oh ya, kalau ingin menikmati sate klopo ondomohen harus datang ke Jl. Walikota mustajab, kenapa? Karena dahulunya nama ruas jalan ini bernama Ondomohen. Begitulah asal muasal dibalik penamaan sate klopo legendaris, Sate Klopo Ondomohen.

Klopo sendiri dalam bahasa Indonesia berarti Kelapa. Jadi dagingnya dibalut dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan bumbu. Ada dua macam pilihan daging yakni daging ayam dan daging sapi. Daging yang sudah dicampur dengan parutan kelapa tadi ditusuk dalam tusukan sate layaknya sate biasa. Kemudian dibakar.

Arang untuk membakar sate pun beda. Bukan menggunakan arang biasa melainkan menggunakan arang batok kelapa. Bentuknya tipis dan baranya tahan lama. Katanya sih kalau dibakar dengan arang batok kelapa akan terasa lebih nikmat. Ada cita rasa “bakar” yang heutjek ping ping. Hehehe

Sate Klopo Ondomohen Suroboyo
Kipas kipas sate

Ketika dibakar diatas Panggangan khusus sate, aroma khas menggelora dalam relung nasfu. Perpaduan antara sedap gurih daging bakar dan kelapa bakar bercampur menjadi satu. Perpaduan aroma keduanya bikin perut gelinjangan. Aroma dan Asapnya melambai lambai seolah menggoda para pejalan yang melintas di ruas jalan untuk menikmati sedapnya Sate Klopo Ondomohen.

Setelah matang, sate klopo disajikan dengan lumeran saos kacang. Sama dengan saos kacang sate pada umumnya. Terbuat dari kacang goreng dihaluskan dan kecap manis. Kemudian diberi irisan bawang merah dan cabe kukus utuh. Sementara nasi putihnya diberi taburan serundeng.

Sate Klopo Legendaris
Nasi ditaburi Serundeng

Sate mak nyuss
Saus kacang dengan irisan bawang goreng dan cabe kukus

Kombinasi rasa gurih dan manis mendominasi. Rasa dagingnya menyatu dengan kelapa. Nggak terlalu pedas. Rasa kelapa parut berbumbu bercampur dengan gurih dan manisnya saos kacang terasa pas di lidah. Apalagi ditambah segarnya irisan bawang merah. Dan ... ketika menggigit cabenya, sensasi rasa pedas meledak didalam mulut.


Enak tenan! 10 tusuk rasanya kurang. Jadi, next time harus beli “tetap”10 tusuk. Maksudnya 10 sate klopo ayam plus 10 tusuk sate klopo daging. Hehehe doyan mbadok. Harga sate klopo ondomeohen tergolong bersahabat. 10 tusuk sate klopo ayam dihargai Rp. 18.000. Kalau ke Surabaya jangan lupa cobain Sate Klopo Ondomohen. Awas bikin nagih.

You Might Also Like

20 comments

  1. Hiks, beneran lapar. Aku lupa sate klopo ini. Di malang mungkin ada tapi jarang saya blum pernah. Biasanya ibuk/ mbah bikin yg digoreng makannya ga pake bumbu sate. Jd kayak perkedel kelapa kadang diisi daging jg. Mbah nyebutnya sate klopo krn pake tusukan jg (pdahal digoreng). Pernah sate komoh mbak? Itu ayam dililit usus ada bumbunya apaan gitu endanggulindang. tapi pulang kmarin ke pasar besar malang masih banyak yg tutup toko& warungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Ibu juga bikin sate kelapa itu. Kesukaanku. Biasanya Ibu bikin sebagai lauk nasik kuning.
      Setahuku stae klopo ada versi lain, jadi sate dengan campuran daging dibentuk bulat pipih, ditusuk dengan tusukan sate, trus dibakar. Tapi nggak pakai saus sate.

      Delete
  2. Lihat nasi ditaburi serundeng, jadi ingat, kayaknya udah lamaaaaa banget aku gak makan Serundeng. Dan akupun gak bisa bikinnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Saya juga nggak bikin serundeng. Paling suka serundeng dikasih daging bikinan ibu. Waktu uliah aku sering mbontot makanan ini

      Delete
  3. dari per-sate-an yang pernah saya coba .. sate maranggi yang paling top ..
    mungkin Sate klopo Ondomohen ini lebih enak dari maranggi ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh pasti ketagihan sama rasa gurihnya :)

      Delete
  4. oke, berdoalah aku ga ngidam ini stlh baca postinganmu mbaa :D... pengeennn... tp surabaya mah jauh bgttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Semoga ngidammbak. Ayolahhh datang kemari...

      Delete
  5. Mauuuuuuuuuu...Pengeeeeeeen..masih di Gresik mbak Zulfa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. masih di Gresik, yukkkkkkk kulineran

      Delete
  6. glekk serundengnya bikin clegukkk...menggiurkan pisan mba satenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mbak aku peres ilernya pakai Kanebo :) Memang sate Klopo Ondomohen enak tenan....

      Delete
  7. Meski suwe nang Suroboyo, aku kok durung tahu nyobak sate iki, yo. Tapi pikir sate klopo kuwi, klopo dipotong2 trus disate. hehehehe. ira

    ReplyDelete
  8. Berarti sampeyan kakean belajar biyen mbak. Coba aku ero tak jak mlencing rono mbak. Enak mbak, gurih makjleb :)

    ReplyDelete
  9. Oh jd ondomohen itu nama jalan ya.
    Pengen coba semanggi, udah jarang kayaknya skrg ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh, ondomhen itu nama jalan dulunya.
      Ya, penjual semanggi sekarang jarang, main kerumhaku aja, ntar ada kok penjual langganan

      Delete
  10. Untuk yang sedang cari kemasan makanan untuk lontong sayur bisa coba mampir ke sini www.greenpack.co.id

    ReplyDelete
  11. Harganya murah, tampilannya menggoda *bukan yang bakarnya menggoda hahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya menggoda banget dan nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam

      Delete
  12. wow great place to go! did you know Indonesia has a lot of beautiful places to visit check here Beautiful Indonesia to see more beautiful Indonesia :)

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram