4 Tips Sederhana Tampil Segar Saat Traveling

05:05:00

Tips tampil segar selama Travelling

Perawatan kulit wajah  yang benar memancarkan aura kecantikan tersendiri dan menggunungkan kepercayaan diri tampil natural

Less is beautiful. Aura kecantikan seorang wanita terpancar mempesona justru ketika mereka tampil natural tanpa make up. Bener nggak? Kaum adam langsung tersenyum mengiyakan. Bahkan jauh dilubuk hati terdalam para kaum hawa juga membenarkan pernyataan tersebut.

Meski benar adanya tapi saya sering mendenger teman wanita bilang kalau dia nggak pede kalau nggak dandan. Kemana kemana sibuk berpoles poles wajah. Nggak mau jalan jauh takut bedaknya luntur. Tak jarang juga kebiasaan wanita tampil menor justru bikin suami kesel. Iya kan? Iyakan aja.

Bagi saya pribadi perawatan kulit sehari hari lebih penting ketimbang tumpukan make up di wajah. Ketika travelling bahkan dalam kehidupan sehari hari, saya nggak pernah pakai make up. Bedak aja saya nggak punya. Ntah mengapa ketika memakai make up, saya justru merasa nggak pede. Suami sendiri lebih suka saya tampil natural karena dasarnya saya memang sudah cantik dan menarik *ngaca (lalu dilempar telur sama pembaca, hehehe).

Meskipun saya nggak pakai make up tapi bukan berarti saya anti make up, lho, ya. Sah sah aja dandan tapi jangan berlebihan. Nggak perlu harus memperberat kulit wajah dengan tumpukan berbagai produk yang justru bikin wajah nggak bernafas dengan baik.

Masih inget dengan cerita kepedean saya ketika harus interview Live di NET TV tentang perjalanan saya jelajah Himalaya? Bagaimana saya tampil percaya diri tanpa make up bahkan bedak, cukup bermodalkan sapuan liptik tipis di bibir. Kadang kalau ada kondangan, saya poles bibir dengan lipstick tipis tipis. Ini semata karena saya cukup percaya diri dengan tampilan kulit wajah saya yang senantiasa memancar cerah.

Pengalaman menggunakan Cetaphil

Nah, kesederhanaan saya ini (halah!) justru membawa berkah tersendiri bagi saya yang suka mbolang. Pertama, saya nggak harus ngeluarin duit buat beli bedak, lipstik, bulu mata badai, blush on membahana dan sebagainya. Duitnya bisa disimpen buat beli tiket kereta Trans – Siberia. Kedua, ransel lebih ringan karena nggak harus masukin segudang peralatan kosmetik dalam tas. Jalan jadi lebih gesit dan nggak mudah capek. Ketiga, less worry, karena nggak pernah takut atau khawatir make up luntur kala jalan jalan.

Saya percaya bahwa ketika wajah kita bersih, segar dan terawat itu adalah “make up” alami, teraman dan terbaik bagi kulit wajah kita. Sekaligus menjadi investasi kecantikan kala kita tak lagi muda.

Ketika jalan jalan pun kita harus senantiasa menjaga kecantikan kulit. Nggak harus bawa perlatan kosmetik segunung yang bikin ransel menggembung. Berikut tips sederhana tampil segar dan percaya diri saat travelling.

  • Banyak minum air putih

Selain menghindari dehidrasi saat jalan jalan. Air putih mempunyai segudang manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Karena air berfungsi melancarkan peredaran darah dalam tubuh yang artinya bagus untuk kesehatan jantung. Air juga berfungsi sebagai Detokfisikasi yakni membantu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urine dan keringat.
Selalu bawa air putih dalam  ransel atau tas kemanapun kamu pergi. Sudah banyak air putih yang dikemas sangat ekonomis untuk kebutuhan jalan jalan dan sangat mudah dibawa. Air juga berfungsi mengencangkan kulit tubuh dan wajah. Mencegah penuaan dini karena air juga dipercaya membantu elastisitas kulit. biar kerutan kerutan nggak menyapa meski kita sering terpapar matahari dan Debu. Jadi Air membantu kulit wajah senantiasa nampak bercahaya alias kinclong.

  • Pembersih muka

Saya paling senang perjalanan darat meski memakan waktu lama. Tak tanggung tanggung kadang perjalanan menuju lokasi tertentu ditempuh dalam bus atau kereta hingga 24 jam lamanya. Tak jarang pula saya sering terjebak dalam kemacetan jalan berdebu.

Kalau gini, muka jadinya kusam dan kotor karena debu yang menumpuk diwajah. Rasanya kayak wajah saya dibedaki sekilo. Plus, wajah juga kadang terasa gatal juga karena tumpukan kotoran yang menyapa wajah ini membuat kulit wajah terasa gatal. Karena memang saya memiliki kulit yang sensitif. Kalau udah gini bikin bad mood dan perjalanan jadi nggak asyik. Mau cuci muka dimana kalau sudah terjebak kayak gini?

Itu sih dulu. Sekarang, saya punya pembersih muka andalan yang nggak harus dibasuh dengan air. Namanya Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Nggak mengandung busa karena bahan utama dalam Cetaphil adalah Purified water. Tinggal tuangkan Cetaphil ditelapak tangan. Usapkan pada kulit dan gosok dengan lembut. Jika sudah cukup usap atau bersihkan dengan handuk.

Nggak terasa lengket? Nggak. Seperti saya bilang tadi, bahan utamanya terbuat dari Purified water alias air yang sudah dimurnikan. Cetaphil juga soap free yang artinya ketika dipoles kewajah nggak akan ngeluarin busa seperti produk produk lainnya. Mungkin yang terbiasa menggunakan busa akan merasakan sedikit aneh ketika menggunakan Cetaphil pertama kali. Tapi ntar juga terbiasa karena kulit lebih halus dan sehat setelah memakainya.

Karena Soap Free, Cetaphil sangat bagus untuk wajah karena nggak mengandung busa yang membuat kulit kering. Biasanya, nih, ya, kalau pakai produk foam pembersih muka biasa, muka rasanya seperti ketarik karena kelembaban diserap sepenuhnya oleh busa. Kalau pakai Cetaphil muka rasanya lembut, bersih dan kenyal.

Wajah yang berminyak tak nampak keling lagi alias mengkilap. Justru nampak lebih natural. Good news is, Cetaphil tak hanya cocok untuk kulit berminyak seperti saya, produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit.

Selain berminyak, kulit muka saya juga sensitive. Kena debu, bakalan gatel dan memerah. Karena sensitive tinggak dewa, jadinya nggak bisa sering sering pakai kacamata hitam. Kenapa? karena bagian kacamata yang nempel di kulit wajah bakalan menyebabkan kulit muka saya jadi gatal. Jadi kalau ada bahan non emas yang menempel dikulit tubuh terlalu lama, kulit bakalan merah dan gatal minta ampun. Itulah mengapa saya nggak pernah memakai aksesoris yang tidak terbuat dari emas. Termasuk kacamata. Makanya, saya jarang banget gunain kacamata hitam. Kecuali klo matahari pas terik banget atau terlalu banyak debu melambai di udara, harus pasang kaca mata.

Nah, sekarang kekhawatiran saya menggunakan kacamata sedikit berkurang. Karena Cetaphil ini termasuk medicated pembasuh muka. Yang artinya sangat membantu kulit yang sensitive biar nggak gatel gatel lagi.

Tak hanya untuk kulit sensitive seperti saya tapi juga membantu kulit lain yang bermasalah seperti kulit berjerawat. Cetaphil ini merupakan produk yang sudah direkomendasikan oleh Dermatologist untuk membantu kulit wajah yang bermasalah. Nggak hanya untuk wajah, Cetaphil juga bagus untuk seluruh kulit tubuh. Mantap!

  • Gunakan Sunblock

Saya sungat suka jalan kaki selusuri kota. Mblusuk nggak jelas tanpa peta. Dan siang hari adalah waktu yang pas menjelajah suatu kota. Dan saya nggak suka pakai payung untuk menghindari paparan sinar matahari siang hari. Capek nian nih tangan jalan jalan selusuri kota, pantai atau bahkan nanjak gunung dengan nenteng payung. Belum lagi ransel di pundak. Ribet minta ampun.

Biar nggak ribet dan tetep menikmati perjalanan serta kulit wajah senantiasa tetap sehat meski terpapar sinar matahari di siang bolong, polesin aja Sunblock. Karena takut hitam? Nggak takut hitam sih tapi takut bintik hitam yang “memaskeri” wajah. Lho, bedanya apa? kalau kulit menghitam alias gosong karena terpapar sinar matahari, bakalan kembali normal atau hilang sekitar seminggu atau paling lama sebulan lah. Tapi klo bintik hitam, nah ini, wassalam. Butuh waktu lama dan butuh perawatan wajah khusus buat ngilangin bintik hitam.

Ini pengalaman pribadi, ya, yang bikin saya nyesal sampai saat ini. Dulu, saking natural-nya, saya nggak mau berbagai macam krim termasuk sunbclok nempel diwajah. Rasanya kayak ada lem nempel di wajah. Saat itu, saya punya pemikiran simple, cuci muka saja sudah cukup.

Lama kelamaan, bintik hitam satu persatu menyapa wajah. Saya pikir bintik hitam ini bakalan cepat pergi, secepat kepergian dia tanpa kata dan menyisakan segunung duka (apaan sih, hehehe). Maksud saya bakalan hilang berbarengan dengan kulit yang menghitam. Eh, setelah saya plototin kulit wajah ternyata tuh bintik hitam tetap setia di wajah (andai saja itu kamu yang selalu setia, eaaaa).

Sebulan, dua bulan, berbagai perawatan tradisional saya coba. Seperti nempelin aneka bubur buah yang saya buat sendiri di wajah. Masker buah dan susu. Saya juga kombinasi dengan krim wajah ‘penghilang’  bintik hitam. Tapi, tuh bintik hitam masih aja nyebelin menodai wajah. Dan butuh waktu berbulan bulan ngilangin. Lelah.

Karena nggak mau kejadian yang sama terulang kembali, setiap kali travelling, bahkan ketika keluar rumah saya selalu apply sunblock. Selain mengindari bintik hitam juga berfungsi menghindari kulit kebakar. Nggak mau kan kulit jadi memerah dan mengelupas (berasa jadi zombie). So, kalau mau jalan jalan baik ke pantai atau naik gunung, jangan lupa gunain sunblock. Inget, Apply sunblock ke kulit wajah 30 menit sebelum jalan.

Kalau bisa gunakan produk dari perusahaan kosmetik yang sama dengan pembersih muka. Kebetulan, Cetaphil juga memiliki produk untuk melindungi kulit wajah sehari hari. Namanya Cetaphil Daily facial Mosturaizer. Yang tak hanya berguna melembabkan juga melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

  • Pelembab Bibir

Saya nih punya kebiasaan buruk. Kalau bibir pecah dan kering, bakalan jadi target mainan tangan saya yang memang nggratil. Enjoy banget, ngelupsin kulit kering di bibir satu persatu dan sampai berdarah darah gitu. Apalagi kalau ngelakuinnya sambil ngelamun dalam perjalanan, parah bahkan sampai perih. Kalau dibiarin kulit bibir bakalan menghitam.
Apalagi ketika jalan jalan ke tempat yang dingin. Semakin dingin kawasan semakin kering kulit kita termasuk bibir. Biar kulit bibir nggak kering, segar dan terlihat sexy gunain pelembab bibir.

Lagian nggak susah kok bawa pelembab bibir karena bentuknya yang kecil macam lipstick juga ada dalam kemasan imut juga. Jika kamu suka yang alami, polesin madu tipis tipis ke bibir. Karena madu mampu melembabkan bibir juga bagus untuk menjaga stamina tubuh jika dikonsumsi.

Nah, sudah tahu kan tips tampil segar ala saya saat travelling? Mudah bukan?  banget. Perawatan kulit wajah ini tak hanya saya gunain waktu travelling saja. Dalam kehidupan sehari haripun saya cukup mengandalkan 4 perawatan tersebut. Paling kalau ada waktu luang saya polesin plain yoghurt ke wajah dan saya biarkan kering sambil baca buku. Youghurt membantu kulit wajah tetep kencang dan bercahaya.


Terlihat segar dan menawan saat travelling nggak harus membawa segudang kosmetik dalam ransel. Dengan Perawatan yang baik, kulit wajah akan bercahaya dengan sendirinya. Perawatan kulit lebih penting ketimbang polesan make up. Remember, Less is beautiful. Kecantikan sesungguhnya terpancar dari dalam hati.

#Cetaphil
#Cetaphilindonesia
#Cetaphilid
#Cetaphilexperince

You Might Also Like

36 comments

  1. Pantesan mukanya kinclong terus ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe jadi bersemu merah wajahku.

      Delete
  2. wah mba Zulfa pake cetaphil juga, kemarin pas di Trizara mau tanya2 soal india tapi ga sempet ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kemarin jadwal padat banget dan ketika waktunya bebas, aku sudah melarikan diri alias sudah pulang. hehehe

      Delete
  3. Kulit mbak Zulfa sehat dan cantik, terawat dengan baik :)
    Selamat mbolang dengan kulit sehat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhhhh bikin hidungku kembang kempis. Padahal mbak Rien lebih kece badai.

      Selmat Bolang dengan kulit sehat juga mbak

      Delete
  4. Mmg di gresik sudah ada nich ??? Mau borong buat bagi2 tetangga hua hua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku daftar jadi tetanggamu yo mas :D

      Delete
    2. Aku yo gelem dadi tetangga e cumi. Tak enteni yo Cetapil e

      Delete
    3. Aku kok baca nya ketapel yaaaa yg buat mainan anak2 itu hahaha

      Delete
    4. hehehe Bacanya hampir mirip :)

      Delete
  5. Aku kadang suka lupa pake sunblock, mbak. Padahal kulitku kalo kena panas langsung merah trus gatal-gatal :D
    Btw jadi penasaran nih ama cetaphil.. Di Batam udah ada belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nha, iku mbak jangan dibiarin, aku dulu juga cuek gitu. sejak kena bintik hitam lebih perhatian. Maklum, masih pingin tebar pesona ... di blog *kebasjilbab, hahaha

      Sudah ada merata di Indonesia mbak.

      Delete
  6. Mbak Zulfa, saat ketemu di Delhi, itu aku lagi kelam legam, nanti kalo jadi ke Palembang aku udah agak kinclongan ya hahaha. Dulu pas pisah sama Ahlan, mau dikasih sunblock, tapi ditolak. Eh di Varanasi panasnya ampooon. Balik ke rumah gak dibukain pintu, dikira orang lain *oke yang terakhir ini agak lebay hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, kelam legamnya dah kinclong gitu. apalagi klo nggak ?
      Wahhhhh, Ntar klo ke Palembang kufoto buat cari calon.... biar nggak status jomblo lagi, hahaha

      Delete
  7. aku jd penasaran ama produk ini.. dr kemarin banyak review soal cetaphil yg aku baca :).. sbnrnya kulitku ga sensi2 bgt, kalopun ada masalah itu flek hitam juga mbak :D.. paling sebel memang ngilangin ini.. pdhl dipikir2 aku udh pake sunblock, kalo ke kantor jg pagi2, pulang malam, jd bisa dibilang jrg kena matahari.. ttp aja muncul :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, banyak banget yang revview mbak. Cetaphil ini medicated banget mbak. Enak di wajah. Klo aku super sensi, dan sebel banget tuh bintik hitam. Sekarang ekaman mana pakai sunblock.

      Bintik Hitam kadang juga muncul karena produk yang salah,maskudnya nggak pas dengan ulit kita

      Delete
  8. Kulit sehat menjadi hal penting yang harus dimiliki. supaya jalan-jalannya makin yahut. Minum air putih salah satu tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pentng tuh air putih, nggak hanya bantu kulit kinclong juga untuk kesehatan

      Delete
  9. Iya Mbak, cocok deh sama saya yang ngga pernah mau ribet dengan make up. Memang yang paling kerasa adalah hemat untuk beli peralatan lenong ya Mbak (temen di kantor kalo make-up an, nyebutnya mau ngelenong katanya..haha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. *tossss
      Hahahaha, daripada "ngelenong" mending uangnya disimpen buat jalan, ya

      Delete
  10. enak baca tulisannya mbak zulfa..gak terasa eehh dah habis aja ceritanya.. coba deh browsing tentang cethapil ini..karena saya juga gak hobby dandan...namun tetap pengen terlihat fresh meski saat sedang nge trip :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sebenarnya banyak juga perempuan yang kita, ya. nggak suka dandan
      Memang sih, tampil natural justru nampak lebih cantik *tsahhhhh

      Ayoooo dicoba cetaphilnya

      Delete
  11. Kalau mau tampil segar, tetep jangan lupain membasuh muka ya mbak :D apalagi sekarang udah ada cethapil yang hal yang praktis banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, biar kotoran nggak nempel dan bikin muka kusam.

      Delete
  12. wah mbak Zulfa thanks mbak tipsnya hehe... wah kapan yah aku bsa ta,pil segar hahaha keringat merajalela mbak kalo jalan jauh haseehhh oi mbak selamat hari raya Taqoballahu Minnaa Waminkum, Shiyamanaa Washiyamakum, Kullu ‘Amin Wa Antum Bikhoirin, Waja’alanallahu Waiyyakum Minal Aidzin al Faizin… Amin….

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama :)
      Aamiin Ya Allah

      Selamat Idulfitri buat kamu Juga. Maaf jika ada salah kata atau komen.
      Semoga semakin sehat dan umur yang berkah dan terus berdakwah melalui kata.

      Delete
  13. tips yang sangat bagus. dan memang sebetulnya sebelum bepergian kita sudah harus tau keadaan dan cuaca dari tempat yang akan dikunjungi agar tidak salah kostum tentunya

    ReplyDelete
  14. itu fotonya di daerah mana di indianya mbak? soalnya inget film kajol yang dia nyanyi2 di padang bunga kuning ini klo gak salah judulnya Dilwale Dilhania Le Jayengge (jadul banget ya). Sama ama Pink mbak gak ribet soal make up dan suka blusukan juga gak takut matahari

    ReplyDelete
  15. Itu Di Daerah Pahalgam, India. Ya, aku juga sempat bikin video manja ala Mak Kajol dan SRK, hehehe

    ReplyDelete
  16. Kalau mau tampil segar, tetep jangan lupain membasuh muka ya mbak :D apalagi sekarang udah ada cethapil yang hal yang praktis banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, klo dibiarin kotor ntar kusam dan nggak ada yang naksir, eaaaaaa

      Banget praktisnya

      Delete
  17. Sami ih Mbak aku juga paling nggak suka dandan menor blush tralala trilili sampau bersemu merah. Cukup pelembab sama bedak doang sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Tosssss mbak. Kalau kia tampil sederhana, bawaan juga nggak ribet.

      Delete
  18. Oh ini rahasia kinclongnya ya mba, untuk yang poin nomor 1, minum air putih, aku masih sulit ni. Bisanya minum air putih kalau kehausan aja, hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, perlu kebiasaan nih mbak. Aku klo jalan malah sering minum ,haus karena ngeluarin energi buat jalan

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram