7 Tips Travelling Aman di India (Terutama Cewek)

15:20:00


Bengis dan serem, itulah kata kata yang terlontar dari beberapa teman ketika mendengar kata India. Ditambah dengan beberapa kasus pemerkosaan yang dilakukan secara brutal pada akhir 2012 yang lalu. Dibalik goyang tarian dan nyanyian, ternyata ‘ketidaknyamanan’ tertempel dalam benak wisatawan (terutama wanita) ketika berkunjung di negeri Shah Ruk khan.

Dari pengalaman teman teman dan juga berselancar di beberapa web, mencari beberapa pengalaman para traveller setelah berkunjung ke India. Penipuan, scam, pelecehan, perkosaan, mulut manis berbisa, kejahatan bahkan sampai diajak nikah oleh autorikshaw wallah (sopir bajaj). Hadew, para traveller wanita ‘phobia’ jika harus jelajah negeri Himalaya sendirian. Tapi apa iya India ‘seganas’ itu?

Bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda, dengan segala ketidaknyamanan India tetap menjadi destinasi wisata dunia. Chaotic beauty. Setiap tahunnya negeri Hindustani mampu menyedot puluhan juta wisatawan manca negara. Nggak lengkap rasanya berkelana keliling dunia tanpa mencicipi rock and roll negeri Taj mahal. Setelah meninggalkan negara India, para traveller selalu rindu dan ingin kembali untuk berkelana, terus berexplorasi menjejak dan merangkul keaneragaman yang ditawarkan negeri semilyar penduduk ini. Tak banyak pula yang kapok dan pingin mundah kalau denger kata INDIA.

Pernah menjejakkan kaki seorang diri dan tinggal beberapa tahun di Negeri Bollywood. Berbaur dengan warga lokal, pengalaman berkenala menjelajah budaya, monumen dan alam. Berikut berbagai tips travelling aman dan nyaman di India.

    1.    Gunakan Pakaian yang tertutup dan sopan

Yang ketutup aja mau apalagi yang terbuka’ itulah salah satu komentar teman laki laki yang pernah dua kali jejalah India. Pandangan tatapan mata laki laki India tuh jelalatan banget, seolah olah berkata ‘I want you very badly’ dengan libido 1000 volt. Tak hanya perempuan India, kasus perkosaan juga banyak menimpa warga negara asing.

Nah, sekarang batasan memakai baju sopan tuh gimana? sebenarnya sopan itu relative, berdasarkan pandangan masing masing orang. Tapi batas kesopanan disini kesopanan disini menggunakan 'standar' umum. Lebih baik gunakan celana panjang, selain tertutup sampe mata kaki, dengan menggunaan celana kita akan lebih leluasa berjalan dan berexplorasi. Gimana dengan atasan? Paling asyik pakai kaos oblong dengan lengan pendek. Jangan gunakan pakai you can see dan pakaian yang bikin sesak nafas alias ketat. Untuk sementara yang ketat ketat dan membentuk lekuk tubuh simpen dulu dalam  lemari, kagak usah dimasukin ransel. Biar kagak merangsang otak kotor untuk berbuat jahat.

     2.    Hindari perjalanan di malam hari

Paling tidak jam 9 sudah masuk ke hotel. Jangan kelayapan di malam hari. Selain itu kebanyakan wisata kota di India berupa bangunan monumen. Macam kuil, makam, menara, Masjid, Istana dan museum rata rata tutup jam 5 sore (musim panas sampai jam 7 malam).
Kalaupun pingin menikmati suasana kota di malam hari. Nikmati makan malam atau jalan jalan sebatas jam 8. Kecuali anda ditemani saudara atau teman yang sudah tahu seluk beluk kota dan ingat jalanan menuju hotel. Jadi nggak takut tersesat dan jadi bulan bulanan para kriminal.

     3.    Jangan percaya kepada siapapun

PHP Pemberi harapan Palsu banyak bertebaran di India. Mulut manis berbisa sudah biasa dihadapi oleh para wisatawan. Berlagak baik dimuka tapi menerkam dari belakang. Jangan percaya kepada siapapun, apalagi orang yang barusan anda kenal termasuk kenal di Internet. Di Internet bakalan banyak lelaki crocodile yang menawarkan ‘kebaikan’ mengantar kesana kemari atau bilang poll in lop #halah! ujung ujung tetap sama SEX.

Apakah terjadi pada wanita saja? Tidak Bro, laki laki juga sering kena pelecehan seksual. Wah, wanita India ganas juga dong? KAGAK! yang melecehkan justru sesama laki laki. Nggak usah kaget, biasa aja. Berhati hati dan waspadalah!.

Guide, sopir taksi, pekerja pemerintah bahkan yang bertampang parlente dengan menggunakan dasi plus wajah mirip aktor bollywood. Semua harus kamu waspadai. Bukannya berpikiran negative, but this is reality. Kita nggak akan pernah tahu kapan setan akan menghampiri. Turis selalu jadi sasaran empuk penjambretan dan pemerkosaan. Inget! Kejahatan selalu datang ketika kita lengah dan terlalu percaya.

Jika ada yang berusaha mendekatimu, jangan kelihatan takut. Santai tapi menghindar. Bilang saja terima kasih trus cuekin.

     4.    Bertanyalah kepada Polisi atau wanita

Kasus pemerkosaan wanita Denmark, bermula ketika dia bertanya kepada pemuda tentang tempat hotel yang dia tuju. Pemuda tersebut berpura pura bersikap manis dan siap menunjukkan arah jalan, kemudian menyeret dan memperkosanya. Ampun! Jangan sampai hal ini menimpa siapapun. Bukannya menikmati eksotisme negeri Mahabharata, malah buka paha secara paksa.

Nah, jika kamu perlu mencari petunjuk jalan. Bertanyalah kepada polisi. Ada dua macam tipe polisi di India. Polisi lalu lintas yang mengenakan seragam biru putih. Sedangkan polisi masyarakat, menggunakan seragam coklat. Kamu bisa bertanya kepada keduanya. Tapi kalau sudah berjalan cukup jauh dan tidak menemukan polisi. Bertanyalah kepada seorang wanita. Mereka selalu siap membantu.

     5.    Hindari Jalanan Sepi

Hindari gang gang sempit, berkelok dan sepi. Jika tersesat, balik ke arah jalan raya dan keramaian. Dan bertanyalah, arah tujuan yang anda cari. Untuk mencari tempat hotel, kendaraan, arah atau tempat wisata . Sebaiknya anda bertanya kepada polisi atau wanita. Mereka cenderung membantu dan tidak menyesatkan.

     6.    Hotel aman dan Gembok

Ketika membooking hotel. Bacalah review tentang hotel tersebut. Paling tidak gunakan hotel bintang 3 di India. Tapi hal ini juga tidak menjamin keamanan. Paling tidak, kondisinya tidak seseram hotel budget di India. Nah, jika kesediaan budget tidak memungkinkan. Paling tidak cari lah hotel yang kamar mandinya berada didalam. 

     7.    Memilih Transportasi

Dikota Delhi terdapat metro Train, kereta bawah tanah yang cepat, nyaman dan menjangkau semua tempat wisata. Bahkan, dibagian belakang terdapat gerbong khusus wanita. Untuk Bus Umum, pilihlah memasuki dan turun dari pintu depan.

Nah ini terkhusus jika kamu menggunakan transportasi umum berupa taksi, autoriksaw (bajaj) atau mobil sewaan. Kalau bisa gunakan taksi prepaid. Tapi kalau terpaksa dan satu satunya transportasi. Catat atau ambil foto setiap kendaraan. Nah, Sekarang banyak handphone dilengkapi dengan fasiltas kamera. Nah, jepret ada tuh nomer kendaraan terus kirim ke saudara atau teman. Sebagai Info kalau kamu menuju tempat x,y,z dengan menggunakan kendaraan ini.

Hindari menumpang kendaraan waktu dijalan. Apalagi numpang ama truk. Hadew, celaka marah bahaya.

Sunrise di Taj Mahal

Catatan khusus buat cewek : Senekad apapun kamu, kalau bisa carilah teman cowok. Kalaupun nggak dapet teman cowok.  Carilah temen cewek. Kalau terpaksa sendirian. Bikin itinerary sebaik mungkin dan berhati-hatilah!.

Percayalah, India tidak seganas dan seburuk apa yang kita bayangkan.  Banyak tempat menarik dan eksotik yang asyik untuk dikunjungi. Ketika perjalanan aman terkendali. Kita bakalan jatuh cinta dengan  negeri ini. Pasti pingin balik lagi. So, jadilah travelling yang bijak dan pintar.

You Might Also Like

23 comments

  1. Kalau liat banyaknya kasus perkosaan di India memang jadi jiper para wisatawan, makasih tipsnya Mbak ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin Parno. Dan kalaupun aman terkendali... pasti ngalamin kejadian 'nggak enak' kayak ke palak dan ketipu :(

      Delete
  2. pingin travel ke pondhycerry, south india??
    ada monumen bekas penjajahan perancis, kalau gak salah,,
    info dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu beneran ke India hanya pingin lihat Pondicherry? Atau ada 'sesutau' yang lain di Tamil Nadu. hehehe. Iya, monument peninggalan perancis. Maaf, selama ini cewek2 Indonesia pingin lihat ini itu di South India karena tahu dari gebetan mereka. Karena memang south India kebanyakan kuil yng dicari wisatawan atau kerala. Lainnya nggak seberapa. :)

      Delete
  3. mba aku udah booked ticket 19-27 maret 2016..tujuan cuma delhi nih. ada saran gak dlm waktu 6 hari itu bisa keluar dari delhi lokasi wisata yg terdekat dan murah. tks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dekat itu Agra (Taj Mahal sama Agra fort) sekitar 4 jam.
      Trus Jaipur, itu sekitar 6 jam dari Delhi

      Semoga lancar perjalanannya

      Delete
  4. Replies
    1. Eh, India VOA sekarang nggak ada lho diganti dengan E-VOA daftar online buat dapetin bisa. coba di cek di blog ini

      Delete
  5. oke thanks mba zulfa cantikk..
    aku dpt offered host dari couchsurfing, mabok nih lumayan banyak jg yg offered. krn masih lama, aku blum fix dg tawaran tsb. mohon saran dunk mb...gmn dg tawaran2 tsb apa perlu diterima atau cukup skdr kita ktemuan aja tanpa stay di rumah mrk?

    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cewek memang banyak offered kalau di India. becarefull my Dear. Ada yang pernah diajak tidur sekamar dan seranjang bareng.

      It's Ok we sleep together on this Bed. Duh, langsung nggak jadi nginep temanku.

      Ketemuan aja deh sebaiknya. atau kamu baca reviewnya.

      Delete
  6. makasi info n tips nya mbak zulfa... sambil baca hati ini kitir" sendiri krna maret tahun dpn akan ada trip kesana bersama 2 kawan cewek n 1 kawan cowok.. semoga saja aman sentosa.. amin 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama. Heheh nggak usah ketar ketir, kan kamu datangnya sama teman cowok. InsyaAllah aman kok.

      Delete
  7. insyaallah aman mbak...
    sama lah dengan negara kita..pemerkosaan di mana-mana,,hampir tiap hari ada aja beritanya di media. at least sy ke india sendirian..pulang aman dan nyaman. sempat ke jaipr dg bis malam dari delhi, dan kembali ke delhi dinihari..tetap aman.

    rencananya awal 2017 mau bawa rombongan trip ke india..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, Nggak sama say. Apakah kamu pernah tinggal lama di India ? Tingkat pemerkosaan di India masuk yang tertinggi di Dunia. Dan Delhi salah satunya. Saya sudah cukup kenyang dengan hal ini

      Saya pernah solo travelling di India dan aman. tapi tetep saya nggak saranin.

      kalaupun tidak terjadi, Saya sangat bersyukur.

      Semoga lancar perjalannanya.

      Delete
  8. Hi mbak, aku suka baca blog nya ttg India. December 2015 kmrn aku sempat ke India, slama 1 bln & sendirian pula... Alhamdulillah, ga terjadi apa2.... Aku jg terapin hal2 yg mbak sebutin di atas. Klo buat aku India aman sich, tp tetap hrs waspada. Aku termasuk org yg "jatuh cinta" dgn India, dgn plus minus nya. Pgn ksana lg krn msh bnyk sisi India yg blom aku explore ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah, semua lancar. Eh, 2015 ku masih di India. lho, tapi holiday sama Family.

      Semoga perjalanna selanjutnya amna aman semua,ya.

      Delete
  9. Mbak zulfa i am coming for your blog its inpiration :) www.cekmolek.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you bro.

      Cusss to you blog. Namanya blohnya cute :)

      Delete
  10. Mba Zulfa, ma kasih informasinya....aq maret 2017 esok rencana kesana. aq akan ngikutin tips2nya mba zulfa, semoga perjalanan aman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Vina , aku juga mau ke sana nih maret 2017 besok tapi masih ragu.. karena solo travel. mba minta contactnya boleh? aku di lenitagracia@gmail.com. untuk sharing2 mba :) terima kasih.

      Delete
  11. Mba Zulfa, aku juga mau banyak yang ditanya nih tentang India. boleh minta contact-nya? email ku lenitagracia@gmail.com . makasih mbak

    ReplyDelete
  12. kirim ke emailku say, ntar aku reply

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram