Uniknya 5 musim di India

18:09:00


Kecepit diantara 4 musim dan iklim Tropis, sebagaian wilayah India memilik kombinasi musim yang unik


Wilayah geografis subkontinent India memang istimewa. Ujung utara membentang hingga ke timur dibatasi dengan lekukan sang himalaya bertudung salju. Sedangkan di sebelah selatan dirangkul samudra hindia.

Berdasarkan iklim  (dan juga ras J) India dibagi menjadi dua wilayah utama.  India Utara (pelototin peta) berada diatas. berbatasan dengan Pakistan. India selatan (pelototin peta lagi) berada dibawah. Berdekatan dengan Srilanka dan Maldive.



India Utara memiliki musim layaknya negara di Eropa. Musim dingin (bersalju), Semi, Panas dan Musim Gugur. Banyak temen nggak percaya kalau sebagian wilayah India bersalju. Maklum Noraknya orang tropis kalau denger salju dah pingin guling guling trus bikin es serut #pengalamanpribadi.

India selatan sama seperti negara kita. Memiliki dua musim saja. Musim hujan dan kemarau. Nah gimana  dengan daerah yang berada ditengah? Kecepit diantara utara dan selatan? sebut saja India tengah. Karena letaknya yang ‘nggak jelas’  justru memiliki kombinasi musim yang cantik.

Pada dasarnya india tengah memiliki 3 musim. Yakni Musim dingin, musim panas dan musim Hujan. Tapi nggak afdol juga kalau disebut tiga musim. Ternyata ada ‘musim peralihan’ nyempil diantara ketiga musim tersebut. Peralihan ini memberikan ‘musim’ tambahan. Menjadikan India tengah memiliki 5 musim.Unik!

Desember – Februari  : Musim Dingin
Dinginnya sampai 0 derajat tapi nggak sampai bersalju. Berkabut tebal membuat Jarak pandang yang pendek. Jadwal kereta dan pesawat sering delay alias terlambat berjam-jam.

Maret – April             : Musim Semi
Suka musim ini. Sejuk, Seger trus Bunga bermekaran. Buah buahan dijual murah, Orange dan anggur hijau tanpa biji Manis poll cuman 5000 Rupiah/Kg.


Musim Semi Di Lodi Garden

Mei – Juni                  : Musim Panas
Cetar banget, sampai 45 derajat. Sangat humid. Berasa di oven ukuran jumbo. Matahari terbit jam 5 pagi dan tenggelam jam 19.30. Kebanyakan tempat wisata buka mulai sunrise till sunset. Kelebihan musim ini tentu saja, bisa menikmati tempat-tempat wisata lebih lama tapi cetar.
Merangggas, musim panas di Safdarjung's Tomb
July – Agustus                    : Musim Hujan
Tiap hari hujan deras. Becek dan jalanan penuh dengan air. Terkadang badai, angin mules membawa debu (ditambah sampah plastik) menutupi jalanan.
Kelebihannya, kalau biasanya Grey sky alis abu abu dan penuh polusi. Setelah hujan, Blue sky coming J




September – November   : Musim gugur
Emak sendiri bingung kasih nama musim ini. Gugur kayak di Eropa juga nggak. Bahkan daun daun tumbuh subur. Ijo royo royo.  yang emak suka adalah bau khas daun menyelimuti. Sejuk dan seger, bawaan males melulu *tarikselimut*.

Uniknya lagi dan bikin emak nulis ini. Top wisata yang akrab dikenal Golden triangle Yakni Delhi, Agra dan Rajasthan berada di India tengah termasuk Varanasi. So, kalau kamu tertarik mengunjungi negri Paman takur. Explore mulai Kashmir, Golden Triangle hingga Kerala. Waktu yang tepat adalah bulan Maret dan April.

Enjoy the Journey!

You Might Also Like

20 comments

  1. Gara2 suka bgt ma shaheer sheikh dan nonton tayangan antara shaheer, aku dan india di antv aku jd tau lho klo di india ada salju juga. Kirain musimnya sama aja ky di indonesia. Soalnya srg lihat di film2 india kyknya nggak pernah ada saljunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, banyak teman tanya juga setelah acara itu. Kaget kalau India ternyata punya Salju. Lihat film film lama Bollywood, mereka kebanyakan shooting di Himalaya :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. India...salah satu tempat yang aku ingin kunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Semoga segera ya ... Menjejak India. Amin.

      Delete
  4. baru tahu klo bisa ada lima musim di satu negara, kirain klo gak 2 ya maksimal 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Aku dulu mikir gitu. Aslinya ya 3 Musim. Cuman nggak afdol klo tiga soale sejuk. Beda hawa.

      Delete
  5. Replies
    1. Ya, Mbak Ima. Etnisnya juga unik. Pingin nulis tentang ini.

      Delete
  6. keren ya mak....
    baru tau kalau di India ternyata ada 4 musim :D
    semoga bisa jalan - jalan kesana suatu saat :D
    Anak cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, banyak yang nggak tahu kalau sebagian daratan India memiliki empat musim. Amin. semoga :)

      Delete
  7. Kenapa analisisnya gak berdasarkan kajian ilmu geografi sama sekali. -,-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu Geografi? Bukannya diatas sudah dijelaskan Perbedaan musim antara India Utara dan Selatan ya? dan Kombinasi keduanya menghasilkan keunikan di India tengah? Kalau mbak mau menulis secara mendetail, Monggo dan silahkan. :)

      Delete
  8. Daerah jammu kashmir, banyak kita jumpai salju dan pemandangannya indah sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, kadang saljunya tebal sekali sampe nutup Jalanan. Iya saya juga menulis tentang keindahan jammu dan Kashmir :)

      Delete
  9. Mb klo daerah gujarat itu dmny

    ReplyDelete
  10. Mb klo daerah gujarat itu dmny

    ReplyDelete
  11. Mba, kira2 apa kelebihan dan kejurangannya kalo kita dateng ke india bulan oktober? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekurangannya : Kalau travelling ke wilayah Himalaya, Salju berkurang atau habis

      kelebihannya : hawa sejuk ya dan oktober biasanya berbarengan dg festival Diwali

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram