Cinta Mati Sama Biryani

17:47:00


Rasa nya yang gurih dengan lautan beras yang panjang menjadikanya ikon masakan India.

Siapa yang tak kenal Biryani. Meski tak pernah bertandang ke India tapi Mbolanger yang pernah nyelonong ke Singapura atau Malaysia sudah tak asing lagi dengan menu yang satu ini. Ada yang suka sampai ketagihan dan gagal diet karenanya (pengalaman pribadi L). Bahkan ada yang kecap kecap lidah dengan wajah kusut plus nyengir sambil berucap “aneh“ J.

Pertama kali menjejakkan kaki di India. Biryani adalah makanan pertama yang menyapa lidah. Seperti pada umumnya lidah Indonesia, emak merasa ini makanan rasanya kayak Jamu. Ya,  JAMU adalah kesan pertama lidah Indonesia ketika mencicip masakan India. Rasa kapulaga, cengkeh, saffron dan berbagai rempah tajam lainnya mendominasi cita rasa masakan. Tapi dasar emak yang suka penasaran alias doyan mbadok J dan menghormati masakan sebagai rezeki Allah. Emak hunting Biryani dari restoran yang berbeda. Dari situlah emak tahu, terdapat aneka macam Biryani. Nggak selalu ayam atau daging. Ada juga vegetable Biryani.

Biryani ini cara membuatnya kayak nasi Hainan. Beras dimasak bersama dengan ayam dan bumbu. menghasilkan cita rasa nasi yang super gurih. Berasnya juga khusus, menggunakan Basmati Rice. Berasnya super panjang (3 kali nasi Indonesia) dan kalau dimasak berpisah (nggak punel alias kemrotok J ). Ditendang dengan semerbak aroma rempah yang bikin si perut bergoyang. Terhidang nasi Biryani yang berwarna kuning orange dengan serakan cabe hijau plus tongkrongan ayam bertabur bawang goreng J Huah! Menggugah selera.

Tak hanya rasanya yang mantap. Biryani juga menyehatkan. Salah satu bahannya adalah Yoghurt yang sangat bagus untuk metabolism tubuh dan pencernaan. Dan berbagai rempah yang mampu menghadang kanker dan menghilangkan sakit kepala. Klo pas mbolang ke India trus perut mules atau kepala cenat cenut karena kepalak sana sini J. Coba makan aja Biryani bikin tenang hati. hehehe
Biryani bukan hanya dibedakan dari bahan yang digunakan yakni Ayam, daging atau sayur. Tapi juga daerah asalnya. Setiap daerah menyajikan cita rasa Biryani yang berbeda. Berikut 3 daerah atau kota yang terkenal akan sajian lezat Biryani.
1.    Hyderabad Biryani
Hyderabad adalah ibukota propinsi Andhra Pradesh yang berada di Selatan India. Bukan hanya Biryani, Hyderabad food juga dikenal lezat seantero India. Sebagian besar penduduk Hyderabad adalah Muslim. Ayam dan daging menjadi menu andalan mereka. Hyderabad Biryani identik dengan Biryani itu sendiri. Kebanyakan penjual Biryani menyajikan Hyderabad Biryani. Tersohor diseluruh dunia.  Saffron yang dicampur dengan youghurt dan dimasak dalam kuali (panci terbuat dari tanah liat) menambah cita rasanya. Apalagi kalau dihidangkan diatas daun pisang. Wah, bikin lapar mata.
2.    Moradabad Biryani
Moradabad adaIah salah satu kota di Propinsi Uttar Pradesh. Satu propinsi dengan kota Agra dimana Taj Mahal berada. Nih, Moradabad Biryani kesukaan emak dan si kecil. Lebih gurih. Rasanya lebih ringan. Rempahnya nggak terlalu tajam. Bertabur jintan, bawang goreng dan cabe hijau. Terdapat irisan lemon didalamnya. Kalau makan harus hati hati ”memilih dan memilah“ J. Karena Cengkeh, Kapulaga, Black Papper dibiarkan utuh dalam masakan. Jangan sampai dikunyah utuh J.
3.    Kolkatta Biryani
Siapa yang tak kenal dengan kota Kolkatta yang menjadi ibukota propinsi West Bengal. Kolkatta dikenal sebagai tempat tinggal Mother Theresia. Kolkatta juga menjadi hub para Backpacker Indonesia menjejak India. Air Asia menawarkan penerbangan murah ke Kokatta melalui Malaysia. Berbeda dengan Hyderabad Biryani atau Lucknow Biryani, ada irisan kentang dan telur rebus. Rasa rempahnya paling tajam dibandingkan dengan yang lain. Semua rempah dihaluskan termasuk cengkeh dan kapulaga. Pedesnya bikin usap keringat. Kalau baru pertama kali makan Biryani, Jangan cobain Kolkatta Biryani, bakalan nggak doyan L.

Biryani biasanya disajikan bersama Chutney atau Raita. Chutney atau sambal terdiri atas campuran cabe merah, tomat dan bawang putih. Biasanya dicampur dengan daun coriander juga. Sedangkan Raita terbuat dari campuran Yoghurt dan cabe bubuk. Dibandingkan dengan Raita yang rasanya masam dan terasa nggak matching.  Lebih baik makan dengan Chutney seger, pedes dan mantap.  Jadi laper J.

Di India, Biryani selalu menjadi hidangan dalam jamuan istimewa seperti acara pernikahan. Berasa ganjil jika sang tuan rumah tak menyajikannya. Setiap kali ada teman atau keluarga dari Indonesia datang ke India. Biryani menjadi menu andalan suguhan kami. Ada yang pernah coba makan Biryani sebelumnya dan bilang “nggak doyan mbak, pernah coba di Malaysia”. Emak cuman senyum sedikit maksa J trus bilang “ eh, itu Biryani kan made in Malaysia, coba deh sesendok dulu yang made in real India”. Setelah mencoba sesendok dengan setengah hati. Hmmm selanjutnya habis tuh Biryani sepiring J.  “Gurih banget, enak mbak, berbeda dengan Biryani yang saya coba”. Hehehe emak tahu selera Indonesia. Emak selalu menghidangkan Lucknow Biryani yang rasa rempahnya nggak terlalu tajam.

Setelah bertahun lamanya di India. Entah karena dah biasa dengan rasa rempah atau memang doyan J Biryani menjadi menu yang paling emak dan si kecil gemari. Kalau pulang dari sekolah trus ditanya “ What do want to eat for lunch”. Dia jawab dengan cueknya “ I want to eat Biryani”. Ketahuan kalau si kecil kagak suka sama masakan emaknya L yang memang nggak pernah masak. Selama tinggal di India hampir tiap hari kami menyantap Biryani. Kalau kami sekeluarga bingung makan apa dan nggak mood masak, Biryani satu satunya masakan yang jadi pilihan. Nggak salah kalau badan emak semakin montok (baca gendut L).

Happy Mbolang and Culinary!

You Might Also Like

6 comments

  1. Aku maem Biryani enak pas nang Barcelona. Ana campuran godhong ketumbare. Pas nang Singapura pisan. Arek2 yo doyan. Enakkkkk...

    ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata Biryani onok nang endi endi. Iyo mbak, biasane ditaburi godhong ketumbar. Aku nggak doyan, biasane tak sisihno godhong e. Kapan kapan tak nyoba Biryani made in Barcelona :)

      Delete
  2. Pernah makan biryani waktu di KL. Di ajakin teman yang orang India. Tapi baru tahu kalau Biryani itu punya citarasa yang berbeda di masing-masing kota :D

    Aku belum pernah jalan-jalan ke India. Moga suatu hari bisa ke sana dan mampir ke tempat mbak Zulfa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak Rien, banyak yang nggak tahu kalau ada berbagai macam Biryani. Itu sebenarnya listnya masih panjang :) Yang terkenal dari 3 kota tersebut.

      Amin Ya Rabb. Ahhh seneng, Monggo mampir tak tunggu. Biryani sudah menanti :)

      Delete
  3. Aaaah... aku suka nasi biryani... di Batam lumayan banyak rumah makan India

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ati ati Dee An Biryani bikin badan montok. hehehe ntar mampir ah cobain Biryani made in Batam. Aku sejak lama kepingin ke Singapure lewat batam by ship. tapi nggak kesampean smp sekarang. InsyaAllah.....

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram