Qutub Minar, Menara Kemenangan Berukir ayat ayat Al-Quran

14:00:00

Qutub Minar

Negeri Hindustani adalah sebutan lain dari negara India yang mayoritas  penduduknya beragama Hindu. Disetiap sudut tempat kita bisa menjumpai Kuil mulai yang berukuran besar nan megah hingga Kuil mungil berada di dekat pohon. Kuil dipenuhi dengan bunga aneka warna dan asap dupa ber aroma khas.

Cerita tentang kisah Mahabarata dan Pandawa yang melegenda bermula dari negeri yang terkenal akan keindahan dataran pegunungan Himalaya. Tidak banyak orang ketahui bahwa selama ratusan tahun India dikuasai oleh Sultan atau Raja Islam dari berbagai Dinasti hingga era kekaisaran Mughal. Masuknya Dinasti Islam dimulai dengan kemenangan Sultan Qutab-Ud-Din Aibak atas raja Hindu di Delhi, Ibukota India pada abad ke 11.

Sebagai tanda kemenangan, Sultan Qutab-Ud-Din Aibak menginstruksikan untuk mendirikan sebuah menara. Qutub Minar (minar bahasa urdu) yang berarti menara memiliki ketinggian 73 meter dari atas permukaan tanah. Berbentuk bulat dengan diameter dasar 14 meter, semakin keatas diameter menara semakin mengecil.

Didalam Qutub minar terdapat 379 anak tangga untuk mencapai puncaknya. Dilengkapi dengan empat buah balkoni dengan ketinggian yang berbeda beda. Balkoni didesign stalaktit cantik dipergunakan sebagai menara pengawas keamanan dan juga tempat Adzan berkumandang.

Qutub Minar
Fasilitas untuk menuju puncak menara ditutup untuk umum. Pada tahun 1981 terjadi pemadaman lampu didalam menara secara mendadak akibat korsetling listrik. Pengunjung panik, berlarian dan berdesak desakkan menuruni tangga hingga menyebabkan puluhan pengunjung tewas seketika, sejak kejadiaan naas itulah pemerintah India menutup fasilitas tersebut.

Berdiri lebih tinggi diantara beberapa bangunan lain disekitarnya, menyebabkan menara sering tersambar petir. Bahkan, pernah terjadi beberapa kali gempa bumi berskala besar di Delhi. Kejadian alam tersebut menyebabkan kerusakan di beberapa bagian, tapi menara masih tetap berdiri tegap dan kokoh hingga saat ini.

Keistimewaan Qutub minar lainnya adalah pada arsitekturnya. Menara terbuat dari tatanan batu bata merah yang tersusun rapi, teliti, tanpa besi, rapat, tepat  dan nyaris sempurna tanpa cacat. Meskipun tanpa besi beton, menara masih tetap berdiri kokoh diatas pondasi batu yang kuat.

Tembok menara di design dengan lengkung dan segitiga silih berganti hingga  berbentuk bulat. Dipercantik dengan ukiran batu menghiasi setiap dinding. Ukiran berbentuk bunga, bintang, geometri dan kaligrafi ayat ayat Al-Quran terpahat mengikuti lekuk setiap batu.


Ayat Ayat Al-Quran
Ayat Ayat Al-Quran terpahat di Dinding Qutub Minar


Dinginnya udara dimusim dingin tidak menghentikan langkah saya untuk menelusuri setiap sudut komplek Qutub Minar. Sementara Suami dan si Kecil dalam balutan sweater dan Jaket bermain ditaman sekitar komplek. Dipepohonan banyak sekali tupai berkejaran menggelitik si kecil untuk berlari dan berusaha menangkapnya. Sementara saya sendiri asyik menyusuri setiap sudut komplek Qutub Minar.


Si kecil lagi Have Fun, mulai ekspresi Happy, ngambek sampe melarikan diri

Delhi Sightseeing
Mencari Oggy and Cocroach film kartun kesayangan di Qutub Minar

Qutub Minar
Si handsome berpose di depan Ala'i Minar

Didalam komplek masih banyak peninggalan sejarah lainnya yang dibangun oleh beberapa generasi penerus kesuksesan Sultan Qutab-Ud-Din Aibak. Keseluruhan komplek Qutub Minar dikeliling oleh pagar batu yang masih kokoh meski sudah berumur ratusan tahun.

Masjid Quwwat-Ul-Islam
Masjid terhampar luas dipelataran Qutub Minar. Masjid Quwwat-Ul-Islam adalah masjid yang pertama kali dibangun di kota Delhi. Masjid bertipe terbuka dikelilingi oleh ratusan pilar setinggi 7 meter yang berjajar rapi dan sebagian dinding dihiasi dengan ukiran batu bertuliskan ayat AL-Quran dan dua kalimat syahadat. Subhanallah.

Jika diperhatikan pilar Masjid ini memiliki design dan ukiran batu khas agama hindu. Ternyata, tempat ini dahulunya adalah kuil agama Hindu. Ketika Islam menyebar, beberapa bagian kuil dihancurkan dan sebagian dipertahankan, termasuk pilar pilar tersebut.

Menara Qutub Minar
Mighrab Masjid yang berada di kaki Qutub Minar

Masjid Quwwatul Islam
Pilar Masjid sisa bangunan kuil

Ala’i Darwaza
Berada disebelah selatan masjid terdapat Ala’i Darwaza yang merupakan sebuah pintu gerbang untuk memasuki area Masjid. Darwaza yang berarti gerbang, memiliki bentu mirip dengan masjid kecil dilengkapi dengan kubah diatasnya. Dindingnya terbuat dari batu bata merah dan marble putih yang diukir dengan kalimat Syahadat, Lafazd Al-Quran, bunga, geometri dan design unik lainnya.

Ala'i Darwaza kompleks Qutub Minar
Si Handsome berpose di depan Ala'i Darwaza

Iltutmish’s Tomb
Berjalan mengelilingi masjid, melewati ratusan pilar dan memperhatikan beberapa dinding bangunan yang mengalami kerusakan. Mata saya tertarik pada suatu bangunan yang lebih mirip dengan musholla tanpa kubah diatasnya. Masuk kedalamnya membuat saya terkejut, tepat ditengahnya terdapat  sebuah makam.

Batu nisan dibangun dari marble putih adalah makam Sultan Shamsu’d-Din Iltutmish. Beliau adalah generasi penerus kesultanan Islam Quth-ud-Din Aibak. Bangunan makam memiliki mighrab berwarna putih yang cantik nan unik diperindah dengan tulisan ayat Al-Quran.

Peradaban Islam di India
Iltutmish's Tomb


Ala’i Minar
Di ujung komplek Qutub Minar terdapat menara Ala’i Minar. Dibangun oleh sultan Alau’ ud-Din Khalji pada abad ke 12. Beliau meninggal dunia ketika Alai minar mulai dibangun, hanya pondasi dasar saja yang tersisa hingga kini.

Diperkirakan dimensi dan ukuran Ala’i Minar lebih besar dua kali lipat dari ukuran Qutub minar. Andai saja menara selesai dibangun pasti menambah keindahan komplek yang masuk dalam World herittage site UNESCO.

Peradaban Islam di Delhi
Ala'i Minar

Beberapa bangunan bersejarah dikomplek ini adalah Imam Zamim’s Tomb, Alauddin Khilji’s Tomb, Madarasah, Masjid Mughal, Mughal sarai dan Mughal Garden. Masjid Mughal dibangun era kekaisaran Mughal dan masih digunakan untuk menjalankan shalat hingga saat ini. Arsitektur Masjid mempunyai berciri khas bangunan Mughal.


Komplek Qutub Minar
Kompleks Qutub Minar

Qutub Minar bukan hanya sebuah menara batu biasa, melainkan lambang kejayaan dan pondasi awal dimulainya Dinasti Islam di subkontinent India. Keanekaragaman budaya dan peralihan peradaban membuat negara India kaya akan peninggalan sejarah yang membentang dari utara hingga selatan.
Ayat Al Quran di Mighrab Masjid


Qutub Minar Delhi
Calon Qur'an Hafiz, Aamiin Ya Rabb



*Tulisan ini pernah dipublikasikan di Harian Suara Merdeka

You Might Also Like

20 comments

  1. Suka ama qutub minar dan ukiran nya :-(

    ReplyDelete
  2. Subhanallah... ngebayangin gimana itu bikin kaligrafinya. Salam buat si ganteng calon hafiz Qur'an itu ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallaj, tiap kali datang kesini, aku juga tertegun, siapa pemahat handal yg mengukir Ayat .Al-Quran Di Batu

      Delete
  3. Kalo aku naik menara itu gempor kali ya mbak :( Nggak ada lift ya?

    ReplyDelete
  4. hahaha zaman segitu mana ada lift, luamyan ngos ngosan Mbak Rien. Bromo klo nggak salah 250 anak tangga. ini 379 sempit dan pengap. tapi memang ditutup untuk umum .

    ReplyDelete
  5. saya baru tau mbak, salam kenal ya...

    emak mbolang, kayaknya mbolang nya kejauhan samapi ke luar negeri ya.

    arsiteknya bagus, klasik dan megah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)
      Nggak jauh, kamu memang tinggal di Delhi saat INI. jaraknya cuman 12 KM Dari rumah kamu :)

      Ya, arsitektur Dan designnya kece banget.

      Delete
  6. Asyikkk, onok poto keluarga, walau minus Mas Bojo. hehehe. AKu selalu sedia jaket pisan pas lungo. Lek panas sedio sing tipis. Kadang masio panas, yen kenek angin, gampang masuk angin.. *wes kewut* hehehe. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh Bojoku males difoto, dadi sering e aku foto karo si kecil. Shah Jahan sing dadi fotografer. hahaha. Podo mbak, aku masio musim panas, gowo jaket tipis. wingi mlaku mlaku lali nggak tak gowo, muntah2 nang njerone mobil. duhhh sakno

      Delete
  7. Menara kemenangan Islam yang pertama adalah ka'bah yang dulunya adalah tempat pemujaan polyteisme, kemudian Al Aqsa yg dulunya adalah temple of Mount nya Yahudi. Ram Janmabhoomi di India juga dulunya dipercaya sebagai tempat kelahiran rama sebelum dijadikan masjid. Hagia sophia di Turki juga merupakan monumen kemenangan Islam dari gereja dijadikan masjid. Subhanalah. Masih banyak monumen kemenangan Islam lainnya. Sayangnya pendirian masjid di ground zero New York gagal, tapi Alhamdullilah dengan cerdik monumen kemenangan berupa Islamic center sudah dibangun beberapa ratus meter dari sana. Monumen kemenangan Islam atas Dajjal Amerika. Insya Allah Islam akan semakin jaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suhhanallah, Aamin Ya Rabb. Jalan tak Mudah, tapi bukan berarti kita menyerah :)

      Delete
    2. so awesooooooome... MashaAllah...loph looooph Thanks a lot atas sharingnya kakak :*

      Delete
    3. Lop lop lop juga :) Sama sama :)

      Delete
  8. Wah bangunannya kereeen...
    Masuk UNESCO juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Di Delhi Banyak bangunan masuk UNESCO

      Delete
  9. Sampai di sini, baru aja datang dan nyadar batere kamera habis >.< *sampailah setelahnya ketemuan sama mbak Zulfa gak bisa foto huhuhu, untung ada Ahlan.

    Qutub Minar ini melebihi espektasiku mbak. Aku suka berada di sini, walau panas tapi tetep terasa nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadew, Padahal View di Qutub Minar Subhanallah bagus.
      Qutub minar memang terasa agak gersang soalnya berada dibukit gersang dan sekitarnya.
      DI Dekat situ ada situs ppeninggalan Islam lainnya, kemarin sama Shah Jahan Mbusuk ke situ.

      Delete
  10. destinasi wisata indah yang patut dikunjungi traveller

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram