Lekuk Keindahan Solang Valley di Musim Panas

06:30:00

Solang Nallah Kullu India

Perjalanan membelah barisan punungan Himalaya menyuguhkan lembah lembah dengan pemandangan salju abadi. Solang Valley salah satunya.

Solang Valley atau Solang Nallah adalah salah satu lembah yang berada di Distric Kullu. Solang Valley dikenal sebagai tempat wisata musim dingin dan musim panas. Beda musim, beda pula permainan yang ditawarkan. Jika dalam postingan sebelumnya saya bercerita tentang pengalaman bermain ski di Solang Valley pada saat musim dingin bersama keluarga. Berikut cerita saya dan teman teman ketika berkunjung ke Solang Valley kala musim panas. 

Kami datang terlalu pagi di kota Manali. Berada di propinsi Himachal Pradesh, India. Suasana begitu sepi seperti tak ada tanda kehidupan. Ditambah lagi tamparan hawa dingin menusuk tulang. Beruntung salah satu penjual Chai (teh) membuka lapaknya di ujung Mall road. Sambil nyruput Chai kami berbincang hingga loket touris dibuka.

Kota Manali adalah kota perbukitan yang berada di rantai pegunungan Himalaya. Bertengger di ketinggian 2.050 meter. Manali merupakan Kota kecil yang berpenduduk hanya sekitar 8000 jiwa. Manali sendiri dikenal sebagai “Valley of the Gods”.

Waktu menunjukkan pukul 9, ketika salah satu petugas membuka pintu loket. Kami bergegas menyewa mobil menuju Solang valley. Dengan merogoh kocek 1900 Rupees atau sekitar Rp.380.000 Rupiah kami menyewa mobil seharian dengan kapasitas 6 orang.

Meski beranjak siang hari jalanan masih sepi hanya terlihat beberapa mobil membawa turis. Mungkin karena hawa dingin hingga para turis jadi asyik dimanjakan dalam dekapan selimut. Kami yang seyogyanya datang ke Manali di puncak musim panas di India. Meski menggunakan jaket tebal dan shawl tapi dinginnya udara memaksa saya menutup jendela mobil.

Sepanjang perjalanan, kami ditemani derasnya aliran sungai Vyas disebelah kiri. Sungai Vyas yang jernih ini berasal dari glasier es dari puncak Himalaya. Disebelah kanan, perbukitan hijau diselimuti pohon pinus menjulang. Beberapa vila dan hotel berbintang bertengger di perbukitan. Jauh disana nampak serakan pegunungan berselimut salju.

Solang Valley




Semakin lama jalanan semakin menanjak, meliuk dengan tikungan tajam. Beberapa ruas jalan diperlebar, sedikit berkerikil dengan jurang menganga. Para pekerja menghancurkan bebatuan berukuran jumbo diujung tebing. Pemandangan berganti dengan serakan rumah penduduk desa berteman perkebunan. Berlanjut dengan hutan pohon pinus menjulang. View seperti ini terus menemani kami hingga Solang Valley.

Berjarak 13 KM dari pusat kota. Menempuh sekitar satu jam lamanya, kami sampai di Solang Valley. Membuka pintu mobil, udara bersih menyapa paru paru. Mata ini disuguhi gugusan pegunungan Himalaya bertudung salju dari segala arah. Terserak perbukitan berselimut pohon pinus, berbaris tak teratur seolah berharmoni dengan alam.

Solang Valley populer dikenal sebagai snow point. Dimusim dingin seluruh permukaan lembah diselimuti salju tebal. Menjadikanya sebagai salah satu resort ski di India. Untuk bermain ski dari puncak lembah kita tak perlu repot mendaki. Tersedia ski lift (gondola atau keret gantung) dengan harga tiket 500 Rupees.

Dimusim panas, bukit landai yang biasa digunakan bermain ski digunakan sebagai permainan Zorbing. Masuk kedalam bola berukuran jumbo kemudian digelindingkan dari atas perbukitan. Meski membuat kepala pusing, tapi keseruan ditawarkan membuat para wisatawan antri untuk menikmati.

Selain Zorbing, menunggang kuda membelah hutan pinus dan menuju ujung bukit sangat menyenangkan. Dan masih banyak permainan seru lainnya yang ditawarkan baik dewasa maupun anak anak. Permainan paling seru dan menantang andrenalin yakni Paragliding. Kita diajak melayang menikmati pemandangan spektakuler dari atap langit. Berasa jadi superman, lekuk barisan pegunungan Himalaya yang terkenal akan salju abadinya terlihat sejauh mata memandang.

Terdapat dua pilihan tingkat ketinggian bermain paragliding. Yakni bermain Paragliding dari perbukitan rendah dengan membayar 700 Rupees. Sedangkan yang dari puncak lembah dikenakan biaya 2200 Rupees. Biaya ini sudah termasuk tiket gondola.

Solang Valley

Salju di India

Manali India


Lelah, kami beristirahat disalah satu restoran. Saya duduk didekat jendela. Dengan kaca besar nan lebar menghadap ke arah lembah. Saya seolah menyaksikan layar tanjap dengan suguhan pemandangan alam.

Selain restoran, disepanjang tempat parkir berjajar warung sederhana. Menjual omelet, jagung bakar, mie rebus dan pakora. Sejenis gorengan dari potongan bawang bombay, gurih!.

Selanjutnya saya bersantai mendaki perbukitan yang landai disekitar lembah dan membingkai pesonanya dalam lensa kamera. Banyak air terjun yang deras menyelinap diantara celah bebatuan. Dari atas bukit, liukkan sungai Vyas membelah bukit nampak seperti ular.

Puas memanjakan mata, kami bergegas kembali. Meski waktu menunjukkan pukul 16.00 suasana masih terang benderang. Dimusim panas, matahari tenggelam lebih lama. Kelelahan, kami tertidur didalam mobil.

Matahari menoreh warna jingga dibalik perbukitan ketika sopir membangunan kami. Terdengar suara riuh keramaian dan macet. Mall road dipenuhi deretan pertokoan menjual aneka souvenir khas Manali dan Lalu lalang para wisatawan.

Berjajar pedagang menjual buah stawberry dan ceri. Murah, hanya 100 Rupees perkilo. Menikmati buah segar yang manis dan juicy kami berjalan menuju hotel yang sudah kami booking sebelumnya.

Setelah membersihkan diri dan menikmati makam malam disalah satu restoran halal di Mall Road. Susana begitu berbeda. Dipagi hari yang sepi berubah menjadi lautan manusia dengan gemerlap lampu. Berasa di Shibuya Jepang.

You Might Also Like

12 comments

  1. Wah aku jadi membayangkan mak, kalau Kota Manali itu tempat yang asyik. Secara berada di ketinggian 2.050 meter. Persis seperti ketinggian Gunung Ungaran di Semarang, hawanya pastinya dingin. Wuih aku jadi kangen ketinggian mak,,,,, India memang lengkap ya, ada saljunya juga di ujung utara. Sekali - kali bahas Tibet mak,,, gimana cara masuk Tibet dari India,,, Kalau bisa lo mak, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah kapan kapan mbahas Tibet. Trus kapan Budale ? hehehe

      Doain Ya bisa mbahas Tibet di Blog ini. Aamiin

      Delete
  2. mbak... jadi pengen paragiliding meski mungkin aku berasa deg-deg ser takut nyungsep tapi liat pegunungan berselimut salju kayak kue bertabur icing sugar cakep banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Aga guidenya Ru, dont wuri :)

      Delete
  3. Tiba-tiba jadi pingin main paragliding dari puncak lembah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooooooo Menatang andrenalin, biar hidup lebih hidup :) emboh Kata siapa

      Delete
  4. Aku berani gak ya, main paragliding? Eh Zulfa sewa mobil segitu itu udah termausk sopir, ya? ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah berani mbak, emak emak tangguuh.

      Sewa mobil di India sudah termasuk sopir dan bensin. tinggal duduk manis doang.

      Delete
  5. Duh pengen sekali bu, aku kepengen nyusul...sekalian tibet :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo babalas sekalian, India, Nepal trus Tibet :) Ajak aku

      Delete
  6. liat foto2 daerah kota manali ini seperti di eropa ya ..
    mungkin karena nuansa gunung saljunya kali, tapi memang indah sekali pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, klo lihat sekilas dikira Eropa, padahal masih di India :)
      Ayoooo bersepeda kesini, pasti asyik

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram