Padang Rumput Emas di Tanah Kashmir

06:30:00


Tak salah jika penduduk dunia menjuluki Kashmir sebagai Surga di bumi, terserak lembah dengan hamparan bunga berlatar belakang pegunungan Himalaya salah satunya lembah Sonamarg.

Roda mobil berputar meninggalkan kota Srinagar. Ibu kota musim panas bagian Jammu dan Kashmir, India. Saya biarkan pintu jendela terbuka. Merasakan udara sejuk dan bersih menyapu paru paru. Danau Dal yang menjadi jantung wisata kota Srinagar lepas dari pandangan mata.

Hamparan sawah menyapa. Deretan desa berteman kebun apel terhampar di kaki perbukitan. Penggembala mengarak ratusan domba. Berpakaian khas Kashmir dengan ikatan kain dipinggang dan kepala. Ditanganya membawa kayu ranting untuk mengarak domba, keledai dan kuda. Jauh disana, nampak liuk air sungai nan jernih membelah perbukitan menghijau. Simfoni alam pedesaan yang tak tersentuh oleh modernitas.

Jalanan mulai menanjak dan meliuk liuk melewati perbukitan. Membelah hutan pohon cemara. Nampak sederet air terjun berasal dari lelehan glacier membelah bebatuan diatas bukit.

Semakin lama udara terasa dingin mencubit kulit. Lambat laun pemandangan alam mulai berubah. Sawah dan perkebunan hilang dalam pandangan. Baris pegunungan berselimut salju berdiri gagah sejauh mata memandang. Menemani sepanjang perjalanan, aliran sungai Sind memancar bening. Anak sungai terbesar dari Sungai Jehlum yang berasal dari lembah Kashmir.

Glacier es mencair dari atas pegunungan. Nampak seperti lahar putih. Menjulur dari atas menuju aliran sungai Sindh. Terkadang bongkahan es tebal dipotong membentuk seperti dinding es di sisi jalan. Lukisan alam bak wallpapper dalam layar komputer.






Sesekali kami meminta kepada sopir untuk berhenti. Sekedar selfie dan mengabadikan suguhan alam dalam jepretan kamera. Air sungai mengalir begitu bening, menggelitik diri ini untuk membasuh muka. Terasa begitu dingin dan segar.

Perjalanan dengan suguhan alam khas pegunungan Himalaya membawa kami menuju Sonamarg. Sebuah Hill station di lembah Kashmir. Berada di distrik Ganderbal. 87 KM di sebelah Utara kota Srinagar.

Kami ditemani pemandu wisata bernama Pak ahmad. Penduduk asli Kashmir berusia 60 tahun. Mobil dan pemandu kami sewa seharian dengan harga 3800 Rupees. Sekitar Rp. 600.000 saja.

Meski bahasa Inggrisnya patah patah. Pak Ahmad dengan antusiasnya menjelaskan setiap sudut pemandangan yang kami lewati. Beliau berucap “The great and best Himalayan glacier view is in Sonamarg”. Seolah mengiyakan apa yang disampaikan oleh pak Firdaus. Pemilik rumah perahu (houseboat) diatas danau Dal tempat kami menginap.

Sonamarg berarti padang rumput emas. Dalam versi inggrisnya dikenal sebagai The Meadow of Gold. Hamparan bunga membungkus padang rumput dimusim semi menjadikanya dikenal sebagai padang rumput emas.

Sonamarg juga memiliki sejarah penting. Menjadi pintu gerbang jalan kuno yang menjadi legenda dimasa lalu yakni Silk Road. Bersamaan dengan Gilgit, Sonamarg menjadi jalan penghubung Kashmir dan China. Dan juga menghubungkan dengan negara negara teluk lainnya.

Hingga detik ini, jalur ini sangat penting bagi negara India. Sebagai jalur menuju base pertahanan militer yang berada di Ladakh. Keindahan tanah Kashmir pernah menjadi rebutan tiga Negara. Yakni India, Pakistan dan China. Meski perdamaian telah disepakati, gejolak ketegangan masih terasa.

Tiga jam berlalu melewati jalanan menanjak dan meliuk liuk. Kami tiba di Sonamarg. Berada di ketinggian 2800 meter diatas permukaan laut. Ketika membuka pintu, hawa dingin terasa menampar wajah. Berdiri melempar pandangan ke segala arah, kehangatan hati terasa.

Surga kah? Mata hati mendadak jatuh cinta. Setiap sudut memiliki karakteristik yang berbeda. Maka nikmat Allah yang manakah yang engkau dustakan? Subhanallah. Segala puji bagi Allah Sang pencipta keindahan disajikan bagi penduduk di muka bumi.

Sonamarg terletak diantara dua gletser dalam rantai pegunungan Himalaya. Yaitu Kolhoi Glacier dan Machoi glacier. Seredet puncak berdiri gagah menjulang diketinggian 5000 meter diatas permukaan laut. Yaitu Puncak Sirbal, Puncak Kolhoi, Puncak Amanath dan Puncak Machoi.

Dihadapan mata. Sebuah jalan beraspal diapit baris pegunungan bertudung salju. Sambung menyambung tak berujung. Jalanan ini menuju Zojila pas. Bagian dari Silk road. Sebuah rute menuju jalanan tertinggi pertama dan kedua di dunia. Disana juga bertengger desa terdingin kedua didunia.

Melempar pandangan ke kiri. Menyembul pegunungan dikerumuni pohon cemara menjulang. Atapnya membentuk sebuah gundukan berlapis salju. Lelehan salju menjulur kebawah menembus disela sela pohon cemara. Sekilas nampak seperti puding hijau dilumeri susu kental. Elok!

Berbalik ke arah belakang. Terserak pegunungan gersang berlapis es. Nampak garang, tandus, misterius yang membius. Jauh diatas bukit yang bertengger di bawahnya terlihat Yak asyik merumput. Hewan asli pegunungan Himalaya ini sekilas nampak seperti kerbau. Memiliki bulu panjang disekujur tubuhnya. Menjaga agar tubuhnya tetap hangat menghadapi udara yang sangat dingin. Subhanallah.

Mengahadap ke arah kanan. Hamparan karpet rumput menghijau dengan serakan bunga. Gundukan bukit landai dengan juluran pohon cemara jarang jarang. Berlatar belakang baris pegunungan dengan ujung-ujungnya yang lancip berselimut salju. Di kakinya membentang lembah Thajiwas. Pusat bermain salju, ski, jet ski yang menjadi tujuan utama para wisatawan. Kesanalah kaki ini melangkah.








Sonamarg


Penduduk lokal mulai mengerumuni kami. Menawarkan jasa sewa poni, jaket kulit nan hangat dan juga sepatu boot. Meski mulai memasuki musim panas. Dinginnya udara di lembah Thajiwas menusuk kulit. Jaket dan sepatu boot disewakan dengan harga 500 Rupees atau sekitar Rp. 100.000 saja.

Sonamarg tak dapat dikunjungi kala musim dingin tiba. Salju lebat menerjang lembah ini. Sering terjadi badai dan longsor salju. Tidak ada penduduk tetap disini. Hanya sebuah pusat informasi dan Masjid. Disebelahnya sederet warung sederhana yang menjual makanan halal dan minuman.

Kami memilih berjalan kaki. Selain menghemat biaya, dengan berjalan kaki kami bisa menikmati panorama yang tersaji disetiap langkah. Tak henti hentinya kami berfoto sekedar narsis atau menangkap keindahan yang tersaji dalam jepretan lensa kamera. Hingga menghabiskan seluruh memori kamera.

Rumput terhampar luas di kaki bukit. Terbungkus bunga warna warni menyemarakkan pandangan. Kuning, ungu, merah muda semua bunga kecil bermekaran. Bergoyang goyang diterpa angin. Seolah tersenyum bahagia menyambut musim semi tiba.

Sesekali kami berhenti. Duduk santai atau berbaring diatas rerumputan. Menyaksikan gantungan awan putih berjalan lambat diatas pegunungan berjubah putih. Alhamdullilah. Rasa syukur dan memuji Allah SWT tak henti hentinya terucap dari bibir.


Melanjutkan tapak kaki. Pak Ahmad menjelaskan bahwa masih ada kaum Gipsy yang tinggal diatas pegunungan. Mereka hidup nomaden. Ketika musim panas tiba, mereka membawa serta ternak dan tinggal dalam gubuk sederhana terbuat dari kayu. Ketika musim dingin mereka tinggal dikota Srinagar.

Jalanan landai sedikit menanjak. Ah, kami mulai terengah karena tak terbiasa dengan terpaan cuaca dingin. Malu dengan Pak Ahmad. Meski berusia lanjut, pak Ahmad masih kuat. Kami terus berjalan bersantai, sesekali ditemani pepohonan tinggi menjulang. Sisa-sisa salju nampak berkerumun diatas rerumputan, terasa licin. Dari atas sini nampak jelas aliran sungai Sind yang kami lewati sepanjang jalan tadi. Meliuk bagaikan ular berwarna hijau dengan sisik berwarna putih.

Pepohonan nampak berbeda. Batang dan ranting berwarna putih. Sedangkan dedaunan kecil berwarna kuning kecoklatan dan juga orange menghiasi ujung ujung ranting. Dibawahnya terserak gundukan salju yang mulai mencair.

Sampai diatas bukit kami menghentikan langkah kami. Tersedia gazebo untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar. Dibawah sana, nampak jalanan meliuk liuk berselimut tanah sedikit berpasir berwarna kecoklatan. Jalan itu membawa para wisatawan menuju Thajiwas.

Lembah berselimut salju. Diapit dua baris pegunungan bertudung salju. Pucuknya gersang dan lancip. Diatasnya melambai lambai uap tipis yang menguap diterpa sengat sang mentari. Panorama alam ciptaan Yang Maha Esa ini terasa sempurna dalam naungan langit biru berserak awan putih.


Kashmir valley India

Kashmir India

Padang Rumput Emas di tanah Kashmir

Selain lembah Thajiwas. Sonamarg juga menawarkan wisata trekking dan hiking ke beberapa jalur bagi para adventures. Para petualang bisa trekking menuju pegunungan lain seperti Vishansar, Kishansar, Gadsar, Satsar & Ganganbal. Dan juga beberapa spot wisata lain seperti Nilagrad, Bisansar Lake, Krishanshar Lakedan Nichnai Pass.

Sonamarg memiliki hamparan glacier yang menjadi potret panorama keindahan The Great Himalaya. Saya seolah dibius dan dirangkul oleh keindahan sang Himalaya. Ditambah lagi dengan kearifan dan keramahan saudara muslim Kashmir. Tak salah jika penduduk dunia menjuluki Kashmir sebagai surga di bumi.

You Might Also Like

50 comments

  1. Mengenang keindahan tanah Kashmir membuat kepikiran "Kapan ya bisa kembali lagi ke surga bumi ciptaan Allah ini?". Semoga someday with someone :)! Amin ya Rab..

    by the way, model di postingan mbak e ini sepertinya kenal deh..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyAllah semoga bisa kesini lagi ya. Aamiin Ya Rabb.
      trus cowok Kahsmir manalagi yg jadi target foto Candid ? hahaha

      Hahaha, yuhuuu iku kodel yg bikin kece foto :)

      Delete
  2. Replies
    1. Matur nuwun, masih perlu belajar nulis lagi.

      Delete
  3. Kebangetan iki apike..... Duhh iler wes netes2 gak karuan.. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo, cakep e Kashmir memang kebangetan mbak.
      Moga moga bisa kesini secepatnya mbak. Aamiiin

      Delete
  4. Replies
    1. He Eh, keren kebangetan pemandanganya

      Delete
  5. Replies
    1. Ntar mbak tak melangsingkan tubuh dulu :)

      Delete
    2. haha ini yang susah, ini juga resolusi ku sejak melahirkan dulu :p

      Delete
    3. hehehe, balada ibu ibu gendut setelah melahirkan.
      kangen nanjak sebenarnya.

      Delete
  6. Ya Allah ada saljunya, cantiiiik niaaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah, memang cantik nian mbak. rasanya nggak pingin pulang

      Delete
  7. temenku pernah cerita kahsmir itu taman surga. lihat foto2 mbak, baru aku percaya mereka sekarang :D kalo dulu cuma bayangin sahruk khan joget2 di gunung bersalju.

    kashmir orangnya cantik2 ya mbak, hidungnya bersenti-senti
    putihnya naudzubileh
    aq seneng lihatin wajah mereka selai wajahku tentunya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu Aku dulu berpikir orang orang itu terlalu klo nyebut surga. Tapi setelah kesana , ternyata beneran. cakepnya itu aduhai

      He eh, bukan hanya ceweknya mbak, cowok cowoknya juga cakep. bikin betah tinggal disana, hahaha

      Delete
  8. Keren banget pemandangan nya salju himalaya, salah satu impian gw untuk bisa kesana :-) #Bismillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ayoooo lah kesini cakep sekali. Kasih jatah waktu yg banyak klo kesini.

      Delete
  9. aku tuh ampe beli buku wisata ttg khasmir mba.. saking pgnnya kesana ;D... dan di sana juga ga mahal2 bgt kan ya... apalagi aku dgr cuaca di sana juga ga panas.. makanya aku suka nih ama tempat2 yg sejuk begini :).. nasib ga kuat panas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga moga kesini secepatnya y mbak Fanyy. Klo pas musim panas, disana sejuk banget. pingin duduk santai disana lebih lama.

      Delete
  10. Ya Allah speechless memandangi foto-foto padang rumput emas ini. Betapa tiap jengkal wajah bumi bisa begitu berbeda ciri dan suguhan kecantikannya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah. Ya mbak siapapun yang kesini pasti Jiwanya tenang. nggak pingin Pulang :)

      Delete
  11. Subhanalloh keren banget mak viewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah. Iya Keren dan cantik banget.

      Delete
  12. Mbak Zulfaaaaaa :( :( :( kalo ngeliat foto-foto ini, jadi makin ngerasa kami datang di saat yang nggak tepat. Aku bahkan nggak sanggup keluar restoran di Sonamarg saking dinginnya. Hujannya es!

    Ajak aku ke sana mbaaaaakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Iya kamu datang bulan April, masih banyak salju disana sini.
      berarti amu harus balik lagi awal musim panas ya :)

      Hayooooo

      Delete
  13. Luar biasa indah mbak Zulfa. Sampai kehilangan kata-kata melihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Looo Kalau kehilangan kata kata, gimana nulis artikelnya ntar :)

      Delete
  14. uhhh ngiler mashaAllah foto" mahal mbak zulfa... t.t kece abis sih... ini baru spot idaman mbak hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah, Memnag kece banget. Banyak memuji Allah waktu kesini. Sesuatu banget

      Delete
  15. Wah Aku jadi ngerti Mak, membaca setiap artikelnya Mbak Zulfa tambah pinter tentang India, tadinya males baca tapi kok yaw lama - kelamaan menarik yaw. Selama ini aku tahunya cuman Delhi sama Agra itupun hanya baca - baca. Tapi baru tahu kalau pemandangan Srinagar seperti ini, jadi perlu ditimbangkan lagi kalau ke India nggak kesini. Bisa rugi..... Kapan bisa kesini (mikir sambil melamun).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soalnya 90 % tentang India. Banyak yang cakep di India, semoga suatu saat bisa nyelonong ke India, ya. Aamiin

      Delete
  16. Baca tulisan ini, trus liat foto-fotonya sambil berdoa.. semoga bisa segera ke sana biar bisa ngeliat langsung. Aaamiin...

    ReplyDelete
  17. Subhanallah... Cantik banget ya Mak
    Himalaya, Kashmir... Itu mah jadi cita-cita banget setelah Tanah Suci. Entah kapan bisa kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kelak bisa kesini ya, Aamiin

      Delete
  18. Argghhh.... kashmeree lagii kashmeree lagee... <3 <3
    Dulunya sama sekali ga tertarik ama hal-hal yang berbau india, tapi setelah punya kenalan kashmiri boy #ceilehh malah jadi penasaran akuttt, katanya kashmir itu heaven on earth, pengen kesanaa xoxo
    Btw, emak 100% bener! asli! ga boong, kalo cowok kashmir itu bikin baper xD
    Sering2 kesana ya mak, awet muda pasti sampean =D
    Salam kenal ya, ga pernah bosen baca blognya sampean, blognya keyenn lah pokokee ヽ(^。^)ノ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, suka kan sama Kashmir.

      jadi, tertarik sama India karena cowoknya khasmere, hohoho

      Wah, nggak bisa nolak kalau ke Kashmir semuanya serba kinclong *kedipmata

      Salam kenal juga.

      Delete
  19. Subhanallah mba zulfa... Betapa indahnya ini negeri... Semoga bisa kesana... VISA nya VOA atau bisa elektronik ya? Salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah. layak memang kalau kashmir ini dijuluki Surga di Bumi.

      Visa turis udah online mbak. Sehari jadi. Silahkan, ada kok caranya di blog ini.

      Salam kenal juga mbak, semoga sehat sekeluarga

      Delete
  20. Subhanallah mba zulfa... Betapa indahnya ini negeri... Semoga bisa kesana... VISA nya VOA atau bisa elektronik ya? Salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. e-touris, VOA sudah ditiadakan. jaid ngurusnya online

      Delete
  21. hay mbak..salam kenal,
    aku ada rencana mau ke kashmir juga, kalo boleh tahu biaya all ini dari indonesia ke khasmir, kira2 budgetnya berapa,
    thx yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai fanny

      Salam kenal juga

      Budget sebenarnya tergantung transportasi yg digunakan, ya. lewat darat atau naik pesawat. Kalau travelling ke India dan Kashmir, termasuk tiket sekitar 8-10 juta

      Delete
  22. Subhanalloh pemandangan yang sangat indah..

    ReplyDelete
  23. hye kak boleh x share iti dekat saya?hehe cdang nk pegi jugak..pastu nk tnye kak ade lg x no supir yg bawak akak tu..pleasee kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, itin nya ? itin Kashmir mah gampang, Satu hari, satu destinasi.
      Ada di postingan Tips and trik jelajah Kashmir

      Delete
  24. Hi Mbak Zulfa, aku lagi cari2 info nih, karena rencana mau ke Kashmir termasuk short trek di Leh. Rencana sih mid May ke sampai mungkin awal June.
    Nanti saya tanya2 yaaa kalau sudah ada draft itin.

    Btw, sudah gk tinggal di sana? Cantik bgt deh pemandangannya.


    - Dewi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhhh, ngiri, ajak aku dong.

      Monggo kalau mau tanya2 selagi bisa kujawab.

      Take care

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram