Menyulam Rasa Brondong Ayam Kriuk Kriuk

July 14, 2017


Ayam goreng berukuran mungil ini menawarkan rasa juicy didalam dan super kriuk diluarnya

Rasanya sudah lama saya tak berbagi informasi tentang kuliner yang bikin lidah kamu bergoyang India. Yah, memang akhir akhir ini postingan saya lebih banyak bercerita tentang perjalanan melow galau, penuh kejutan dan sarat akan hikmah. Untuk melepas kerinduan, dalam postingan kali saya akan mengupas tentang badhogan yang tak hanya bikin kamu ngiler tapi juga bikin kamu mengecer ingin segera mencoba memasaknya dirumah.

Setelah berlama tinggal di India dan kembali ke Indonesia tentu ada sebuah kerinduan tersendiri, baik tempat, suasana maupun masakan. Nah, waktu bulan Ramadhan kemarin si kecil, Najin tiba tiba pingin banget ayam goreng yang dijual di salah satu restoran langganan di India. Dia memang pecinta ayam goreng kelas berat, kayak si Upin Ipin.

Kayak ibu ibu lagi ngidam, saking pinginnya sampai dia minta saya berjanji untuk segera membuatnya. Karena tidak tahu cara membuatnya, segeralah saya bergerilya mencari resep ke mbah Google. Dari beberapa resep yang ada, beberapa bumbu rempah India sulit saya temukan di Indonesia. Kalaupun ada, beberapa rempah dibikin bubuk yang membutuhkan proses yang lumayan bikin rumit. Belum lagi proses memasaknya yang juga nggak kalah njelimet. Hadeh!

Karena tak menemukan resep yang pas dan mudah, jadilah acara masak memasak mundur. Pecahlah perang dunia untuk ke kesekian kalinya dalam rumah. “Kamu kan sudah janji masak buat aku, Ammy! kalau bohong puasa kamu batal, lho” ucap si kecil dengan tampang super jutek. Dah gitu, dalam sehari dia ngingetin hal ini berulang kali. Resahlah si emak mbolang yang kece badai berbadan gede ini.

Cling. Aha, tetiba saya teringat salah satu gerai fastfood ayam goreng terkenal menyajikan chicken popcorn yang memiliki kesamaan bentuk dengan ayam goreng yang diinginkannya. Boneless chicken. Bedanya, ayam goreng yang asli India rasanya lebih kaya warna alias terasa kuat rempahnya.

Berbekal inspirasi dari kombinasi resep chicken popcorn, ayam goreng India dan ayam goreng Indonesia, tercetuslah sebuah inspirasi membuat Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good. Kenapa Brondong ayam? Karena para ibu ibu suka `Brondong` dan bapak bapak suka `Ayam`. Jadilah brondong ayam yang disukai anak anak, lho, kok? hahaha *ngejakgegerduniapersilatan.

Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good dibuat dengan menggunakan ayam potong So Good dan rasanya memang So Good. Rasanya nggak terlalu tajam seperti masakan India. Lebih terasa seperti ayam goreng Indonesia. Lebih banyak menggunakan bumbu yang udah ada didapur. Bikinnya pun juga simple. Tetap cantik selama memasak.

Baiklah, seperti apa cara membuat Brondong Ayam kriuk Kriuk So Good, berikut rahasianya

Bahan bahan membuat Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good

  • 500 gram daging So Good ayam potong Paha dan dada. Gunakan bagian dada saja.
  • 1 buah telur
  • 3 Sdm tepung maizena
  • 250 gram tepung roti

Bumbu Bumbu

  • 1 Sdt cabe bubuk
  • 3/4 Sdt bawang putih halus (parut)
  • 3/4 Sdt bawang merah halus (parut)
  • 1/2 Sdt jahe halus (parut)
  • 1/2 Sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt kunir bubuk
  • Garam secukupnya

Chicken Popcorn


Cara memasak Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good

1. Lepas kulit ayam, kemudian potong potong daging ayam ukuran sekitar 1 - 2 cm.

Chicken Popcorn

Kenapa menggunakan So Good ayam Potong? Jadi ceritanya pertama kali membuat, meski langsung habis dan enak tapi ada kekurangan. Pertama rasa jahenya terlalu kuat, karena waktu itu saya menggunakan 3/4 sdt jahe parut. Dan yang kedua, ayam bagian dalam sedikit keras, tidak juicy sesuai dengan keinginan saya.

Berdasarkan pengalaman, selanjutnya saya memilih menggunakan Ayam Potong So Good karena dagingnya lebih empuk. Bumbu lebih mudah meresap kedalam daging. Menghasilkan ayam goreng yang juicy bagian dalamnya dan bagian luarnya kriuk kriuk dengan warna emas kecoklatan. Nggak gosong.

How to make fried chicken

Fyi, setelah empat jam dipotong di suhu ruangan, ayam akan membusuk. Untuk menjaga kualitas kesegaran ayam, setelah dipotong dan dibersihkan, ayam harus dibekukan sempurna dalam waktu cepat. So Good ayam Potong, dikemas dengan teknologi tinggi sehingga selalu menjaga kesegaran rasa ayam. Dan yang terpenting nih, ayam potong So good terhindar dari suntikan formalin, hormon dan juga dipotong secara halal.

So good Ayam potong menghadirkan beberapa varian ayam potong. Ada So Good paha dan dada, So Good ayam utuh potong 10 dan So Good Daging Sup Ayam.

Untuk membuat resep ini saya membeli Ayam potong So Good Paha dan Dada. Saya gunain ayam bagian dada saja. Bagian pahanya saya gunakan untuk resep lainnya yang nggak kalah gurih dan sehat. Ditunggu postingannya, segera!.

Setelah daging ayam dipotong kecil kecil, letakkan kedalam piring besar. Jangan buang sisa tulang yang sudah diambil dagingnya. Tulang tulang ini bisa digunain untuk membuat kaldu ayam, sup jadi ebih gurih. Kalau saya sendiri, tulangnya saya simpen dan saya campurkan dalam resep yang akan saya buat dalam posting selanjutnya. Tungguin ya….

Chicken Popcorn

2. Campur ayam dengan semua bumbu yakni bawang putih parut, jahe parut, bawang merah parut, cabe bubuk, kunir bubuk, merica bubuk dan garam. Aduk aduk hingga rata dan biarkan sekitar 5 - 10 menit. Ini dilakukan agar bumbu meresap kedalam ayam.

Kalau nggak suka memarut, bumbu bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan jahe boleh diuleg bersama dengan garam. Jika suka rasa pedas, cabe bubuk bisa dibuat lebih banyak.

Ayam potong So Good

How to make tasty fried chicen like n fast food restaurant

3. Ambil putih telur saja, kemudian tambahkan kedalam ayam. Tambahkan tepung Maizena. Kemudian aduk aduk rata dengan menggunakan sendok. 

Boleh nggak menggunakan tepung bumbu siap saji? Boleh. Saran saya, kalau menggunakan tepung siap saji, jangan ditambahkan garam pada ayam karena bakalan terlalu asin. Kalau saya lebih suka menggunakan tepung maizena karena hasilnya lebih kriuk dan yang terpenting terhindar dari jerat MSG.

crunchy Chicken Popcorn

4. Tabur tepung roti kedalam adonan ayam. Aduk aduk aduk rata. Karena ketika proses menambahkan tepung dan telur biasanya ayam menempel satu dengan yang lainnya. Dalam tahap ini pastikan semua bagian ayam terpisah dan menempel dengan tepung roti. Jika perlu gunakan tangan untuk membantu memisahkan.

Jika sudah, diamkan selama sekitar 5 -10 menit biar tepung roti menempel dengan bagus.

Chicken Popcorn KFC Style

5. Sementara menunggu, siapkan wajan dengan minyak melimpah. Panaskan dengan api sedang. Jangan terlalu panas. Jika terlalu panas, nanti brondong ayam bagian luarnya jadi gosong dan sementara bagian dalamnya belum matang.

Jika sudah cukup panas masukkan ayam kedalam minyak. Aduk aduk sesaat biar matang merata. Goreng hingga kecoklatan. Hidangkankan hangat.

Lebih lengkap cara memasaknya bisa dilihat video saya berikut


Setelah masak, Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good langsung disantap hangat oleh si Kecil. Maklum dia belum puasa penuh hingga Maghrib, jadi bisa ngincipin terlebih dahulu. `I love it Ammy, its so tasty` ucap si kecil sambil mengunyah Brondong ayam. Langsung habis. Tak bersisa. Dan … saya hanya bisa menelan ludah.  

Chicken Popcorn

Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good aromanya mampu meningkatkan gairah makan dan ngemil. Diluarnya terasa kressss kriuk kriuknya. Dalam setiap gigitannya menghadirkan rasa juicy bumbu kaya rasa didalamnya, kombinasi rasa jahe, bawang dan merica. Dan tentu saja rasa pedas menggoda.

Brondong Ayam kriuk Kriuk So Good lezat dinikmati sebagai camilan, dicocol dengan saus tomat, saos sambal dan juga mayonese. Teman yang pas buat menonton TV dan juga belajar. Cocok juga dibuat sebagai menu santap berbuka puasa. Brondong Ayam kriuk Kriuk so Good juga lezat disantap bersama dengan nasi hangat.

Chicken Popcorn

Jika ingin menambahkan sayur sayuran, Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good ini bisa digunakan sebagai campuran salad. Caranya serut wortel segar dan gubis. Campur mayonese dan aduk hingga rata. Kemudian tambahkan Brondong Ayam kriuk kriuk So Good kedalam salad. Segar dan sehat. Kreasikan sesuai dengan selera keluarga.

Sejak pertama membuat hingga selanjutya si kecil selalu antusias membantu saya membuat Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good di dapur. Rela disuruh ini itu sama Ammy nya. Hehehe. Dapur kecil kami jadi super heboh plus kayak kapal pecah. Tapi senengnya nggak karuan, selain karena bisa membuat masakan yang dia inginkan, juga merubah suasana perang dunia menjadi persahabatan kembali. Hehehe.

You Might Also Like

0 comments

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram