Uniknya 5 musim di India

August 08, 2014


Kecepit diantara 4 musim dan iklim Tropis, sebagaian wilayah India memilik kombinasi musim yang unik


Wilayah geografis subkontinent India memang istimewa. Ujung utara membentang hingga ke timur dibatasi dengan lekukan sang himalaya bertudung salju. Sedangkan di sebelah selatan dirangkul samudra hindia.

Berdasarkan iklim  (dan juga ras J) India dibagi menjadi dua wilayah utama.  India Utara (pelototin peta) berada diatas. berbatasan dengan Pakistan. India selatan (pelototin peta lagi) berada dibawah. Berdekatan dengan Srilanka dan Maldive.



India Utara memiliki musim layaknya negara di Eropa. Musim dingin (bersalju), Semi, Panas dan Musim Gugur. Banyak temen nggak percaya kalau sebagian wilayah India bersalju. Maklum Noraknya orang tropis kalau denger salju dah pingin guling guling trus bikin es serut #pengalamanpribadi.

India selatan sama seperti negara kita. Memiliki dua musim saja. Musim hujan dan kemarau. Nah gimana  dengan daerah yang berada ditengah? Kecepit diantara utara dan selatan? sebut saja India tengah. Karena letaknya yang ‘nggak jelas’  justru memiliki kombinasi musim yang cantik.

Pada dasarnya india tengah memiliki 3 musim. Yakni Musim dingin, musim panas dan musim Hujan. Tapi nggak afdol juga kalau disebut tiga musim. Ternyata ada ‘musim peralihan’ nyempil diantara ketiga musim tersebut. Peralihan ini memberikan ‘musim’ tambahan. Menjadikan India tengah memiliki 5 musim.Unik!

Desember – Februari  : Musim Dingin
Dinginnya sampai 0 derajat tapi nggak sampai bersalju. Berkabut tebal membuat Jarak pandang yang pendek. Jadwal kereta dan pesawat sering delay alias terlambat berjam-jam.




Maret – April             : Musim Semi

Suka musim ini. Sejuk, Seger trus Bunga bermekaran. Buah buahan dijual murah, Orange dan anggur hijau tanpa biji Manis poll cuman 5000 Rupiah/Kg.


Musim Semi Di Lodi Garden



Mei – Juni                  : Musim Panas
Cetar banget, sampai 45 derajat. Sangat humid. Berasa di oven ukuran jumbo. Matahari terbit jam 5 pagi dan tenggelam jam 19.30. Kebanyakan tempat wisata buka mulai sunrise till sunset. Kelebihan musim ini tentu saja, bisa menikmati tempat-tempat wisata lebih lama tapi cetar.
Merangggas, musim panas di Safdarjung's Tomb
July – Agustus                    : Musim Hujan
Tiap hari hujan deras. Becek dan jalanan penuh dengan air. Terkadang badai, angin mules membawa debu (ditambah sampah plastik) menutupi jalanan.
Kelebihannya, kalau biasanya Grey sky alis abu abu dan penuh polusi. Setelah hujan, Blue sky coming J




September – November   : Musim gugur
Emak sendiri bingung kasih nama musim ini. Gugur kayak di Eropa juga nggak. Bahkan daun daun tumbuh subur. Ijo royo royo.  yang emak suka adalah bau khas daun menyelimuti. Sejuk dan seger, bawaan males melulu *tarikselimut*.

Uniknya lagi dan bikin emak nulis ini. Top wisata yang akrab dikenal Golden triangle Yakni Delhi, Agra dan Rajasthan berada di India tengah termasuk Varanasi. So, kalau kamu tertarik mengunjungi negri Paman takur. Explore mulai Kashmir, Golden Triangle hingga Kerala. Waktu yang tepat adalah bulan Maret dan April.

Enjoy the Journey!

You Might Also Like

45 $type={blogger}

  1. Gara2 suka bgt ma shaheer sheikh dan nonton tayangan antara shaheer, aku dan india di antv aku jd tau lho klo di india ada salju juga. Kirain musimnya sama aja ky di indonesia. Soalnya srg lihat di film2 india kyknya nggak pernah ada saljunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, banyak teman tanya juga setelah acara itu. Kaget kalau India ternyata punya Salju. Lihat film film lama Bollywood, mereka kebanyakan shooting di Himalaya :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. India...salah satu tempat yang aku ingin kunjungi

    ReplyDelete
  4. baru tahu klo bisa ada lima musim di satu negara, kirain klo gak 2 ya maksimal 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Aku dulu mikir gitu. Aslinya ya 3 Musim. Cuman nggak afdol klo tiga soale sejuk. Beda hawa.

      Delete
  5. Replies
    1. Ya, Mbak Ima. Etnisnya juga unik. Pingin nulis tentang ini.

      Delete
  6. keren ya mak....
    baru tau kalau di India ternyata ada 4 musim :D
    semoga bisa jalan - jalan kesana suatu saat :D
    Anak cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, banyak yang nggak tahu kalau sebagian daratan India memiliki empat musim. Amin. semoga :)

      Delete
  7. Kenapa analisisnya gak berdasarkan kajian ilmu geografi sama sekali. -,-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu Geografi? Bukannya diatas sudah dijelaskan Perbedaan musim antara India Utara dan Selatan ya? dan Kombinasi keduanya menghasilkan keunikan di India tengah? Kalau mbak mau menulis secara mendetail, Monggo dan silahkan. :)

      Delete
  8. Daerah jammu kashmir, banyak kita jumpai salju dan pemandangannya indah sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, kadang saljunya tebal sekali sampe nutup Jalanan. Iya saya juga menulis tentang keindahan jammu dan Kashmir :)

      Delete
  9. Mb klo daerah gujarat itu dmny

    ReplyDelete
  10. Mb klo daerah gujarat itu dmny

    ReplyDelete
  11. Mba, kira2 apa kelebihan dan kejurangannya kalo kita dateng ke india bulan oktober? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekurangannya : Kalau travelling ke wilayah Himalaya, Salju berkurang atau habis

      kelebihannya : hawa sejuk ya dan oktober biasanya berbarengan dg festival Diwali

      Delete
  12. Semoga tidak ada hambatan tahun depan bisa ke kashmir.amin

    ReplyDelete
  13. Mak insyaallah ke khasmir November ini, kira2 ada saljunya ga ya mak? kan masuk musim gugur tuh. pengen tau saljuu..

    ReplyDelete
  14. Kalau yang di peunungan biasanya sudah snow fall tapi klo di kota srinagar belm. biasanya akhir december atau awal januari snow falll di Srinagar

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman saja pakai Hijab. Aku aman aman saja di Rajasthan. Klo sembelih sapi sih iya, makanya kita makan daging kerbau bukan sapi.

      Delete
  16. Mak...klo pas musim salju kira2 brp derajat suhunya?trs,dari kashmir hingga kerala mana aja destinasi yg menarik?trims...jawabannya

    ReplyDelete
  17. Wah tergantung daerahnya dulu. kalau sekitar delhi 0 derajat. kalau ke Himalaya daerah gunung bisa sampe minus 15 bhakan lebih.

    kashmir ke Kerala, itu north to south .. banyakkkkkk sekaliii

    ReplyDelete
  18. Mba, salam kenal.. Saya baca2 artikelnya mba Zulfa, jadi pengen ke India nih. Kalau liat di peta, dari Delhi ke daerah bersalju itu (Manali ya?), jauh mba. berapa jam perjalanan ya mba? Bagusnya naik apa kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal

      Perjalanan pakai Bus, 8 jam karena nggak ada bandara.
      Naik bus enak kok, bus di India bisa dibuat tidur kok. berangkatnya malam, sampai sana pagi hari

      Delete
  19. Mbak sekarang menetap di India kah?.. atau sekedar traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku menetap di India. tapi sekaran dah menetap di Indonesia. hehehe

      Delete
  20. Hay mbak, niatnya mau ke india september nanti, traveling sendiri gitu, bingung soalnya gak punya temen wkwkwk. Eh baca2 blog nemu ini blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mau ke India bulan September bareng yu karna aku juga mau ke new delhi bulan September jadi ada teman di jalan he he he

      Delete
  21. Wlw india jorok tp q selalu suka india

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalau sudah cinta sama India ya gini nih....hehehe

      Delete
  22. Saya mau ke india juni, katanya panas banget ya:( tapi ada waktunya bulan itu doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Juni? Kalau ke daerah pegunungan sih cocok kaka kalau bulan Juni. Tapi kalau ke Indianya, misal delhi, Agra dan Jaipur jadinya panas banget.

      Delete
  23. Halo mak! Salam kenal. Kalau kami rencana mau ke Jaisalmer, Udaipur dan Agra baiknya bulan apa ya saat tempat wisata ga terlalu penuh. Karena kami rencana foto prewedding disana :) oh ya, ada saran pesawat apa dan landing dimanakah? Thank you!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Salam kenla juga.

      sayangnya di 3 tempat itu selalu ramai, India banyak penduduknya, seringnya banyak turis. jadinya sering bocor. hehehe

      kalau enak, aku sarananin antara bulan akhir november hingga Februari karea cuacnya dingin. selain itu bakalan panasssssss banget.

      Airport terdekat di Jaipur Rajasthan.

      Semoga lancar ya acara sesi foto preweddingnya

      Delete
  24. Halo mak! Wah makasi banyak responnya. Kami sedang plan utk trip bulan november. Wish us luck! Tp masih kebingungan utk flight ke delhi atau jaipur. Apa ya kira2 plus minusnya antara 2 kota itu? Juga moda transportasi yg aman ke jaisalmer baiknya menggunakan apa ya? Terima kasih sekali lagi sebelumnya :)

    ReplyDelete
  25. Sebaiknya flight langsung ke jaipur. ada flight dari KL langsung ke jaipur saat ini. Dibadningkan kota kota di India Utara, Kota terlihat Tua dan eksotik, banyak istana, danau, kota tua, bangunan tua nan cantik dan gurun. Minusnya, hmmm siap siap dilihatin banyak orang klo prewedding, hehehe. Asyik kok, Rajasthan orang lebih ramah ketimbang kota lain di India utara. Untuk ke Jaisalmer bisa menggunakan Kereta dari jaipur.

    ReplyDelete
  26. Halo mak, aku rencana tgl 31 ini Mau ke Delhi. Aman ga ya klo ak pake hijab ksna? Lg musim dingin kan ya? Trs tempat wisata apa aj yg wajib dikunjungi di Delhi?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo

      Aman kok pkai jilbab. santai saja. di delhi banyak, ada qutub minar, red fort, masjid jamik, humayun tomb, lotus temple, banyak...

      Delete

Follow Twitter

Follow Instagram