One of The Best Surfing Place in The World

11:10:00


Watu Karung Beach

Pantai Watu Karung


Tahu nggak kalau salah satu tempat di Indonesia termasuk best surfing place in the world? Bali? Bukan, Lombok ? Juga bukan, laaaa trus dimana? Secreat lah,xixixi. Terletak di ujung barat Jawa timur,Daerah ini termasuk daerah pantai selatan, dimana tempat surfingnya bukan hanya satu pantai, tapi beberapa pantai dengan ombak yang tinggi, biru dan pasir yang putih. Selama 4 hari 3 malam kita habiskan untuk mengexplore semua pantai hingga masuk perbatasan Jawa tengah. 

Penasaran? Untuk mencapai semua pantai ini, kita melewati perbukitan berkelok kelok yang hijau dan rindang. Lebih penasaran lagi? Sepanjang perjalanan menyusuri jalur pantai selatan, kita disuguhi birunya pantai dan deburan ombak yang tinggi. Masih penasaran? Daerah ini lebih terkenal dengan kota seribu Goa, karena banyak ditemukan goa nan Indah. Bahkan salah satu Goa nya termasuk Goa terindah se Asia tenggara (Catat!!!) Lebih penasaran lagi? He he he Bapak President kita, pak SBY asli daerah ini.  Dah tahu kan? Kaget??? Yap, Pacitan. He he  he ,negri kita ini bak secuil surga yang berada di bumi, yuk ikuti Penelusuran pantai pantai Indah tersembunyi di kabupaten Pacitan.

Watu Karung Beach


Pacitan, mungkin belum banyak orang mengenal tentang keindahan pantai di pacitan, emak sendiri sempat heran klo pantai di pacitan termasuk salah satu best surfing place in the world. Emak saranin, klo mau explore hidden pantai di pacitan gunakan sepeda motor atau bawa mobil pribadi, selain tidak adanya transportasi umum menuju pantai tapi juga keseluruhan pantai letaknya nyempil bahkan di ujung tebing, yang hanya bisa dilalui  sepeda motor atau jalan kaki. daripada penasaran saperti apa gugusan pantai di Pacitan, cekidot :

1. Pantai Pelang

Pantai Pelang
Setelah Hampir 7 Jam perjalanan malam dari Surabaya, badan rasannya remek dan kedinginan, kita sempatkan mampir ke Pantai Pelang, Masih di kabupaten trenggalek, Ombak alami yang relatif tenang dan tertutup perbukitan yang tinggi dan pasir yang halus kehitaman, paling asyik menikmati sunrise diatas bukit,disana disediakan gardu untuk melihat panorama laut lepas dan pantai pelang. Dari tempat parkir menuju pantai pelang, masih harus jalan kaki melewati jembatan “diatas laut”, berkelok kelok tersendat batu #kejedok, lumayan jauh sampai di bibir pantai. 


Air Terjun Grobokan Sewu
Sekitar 100 M arah timur ada Goa dan sayangnya kita tidak mengunjungi Goa ini. Setelah asyik nikmati mandi di laut ini, nggak usah cari kamar mandi *jorok* ha ha ha,jalan saja ke arah kanan (barat), melewati rerumputan dan pohon sekitar 300 M ada air terjun yang tersembunyi, warga menyebutnya air terjun Grobokan Sewu, dengan air tawar yg putih jernih, uhuiiii rasanya bak bidadari turun dari kayangan klo mandi disini, upsssss jangan bugil ya, ini air terjun terbuka, tapi klo mau bugil mending datang malam hari *dasar nggak tahu malu* dan mandi bareng dedemit. Klo sudah bersih dan harum *semprot minyak nyongnyong* nikmati kopi dan semangkok mie hangat + gorengan sambil menikmati keindahan air terjun Pelang, setelah kenyang + capek, kita istirahat tidur di musholla *ngorok* sekalian charge baterei.


Sunrise pantai pelang

Satu jam ngorok nggak pakai ngiler, bangun, cuci muka, lanjutkan perjalanan menikmati perbukitan hijau,merdunya deburan ombak dan biru kinclongnya laut menuju Pacitan. Di tengah perjalanan ada jembatan dengan pemandangan keren, aliran sungai yang mengair ke arah pantai. Seperti biasa sempetin narsis, lanjut terusss, meski panas sepanjang perjalanan tapi semilir angin pantai yang menerpa pipi,rasanya segerrrr. Pemandangan bening seperti apa sepanjang perjalanan kami? Cekidot :
Aliran Sungai Menuju Laut
PLTA
2. Pantai Sidomulyo
Pantai ini terletak pas disebelah kiri jalan, dengan jalann yang mulus berkelok serta hamparan laut lepas yang luas, sejenak nikmati semilir angin dan bersantai ria.
Pantai Sidomulyo

3. Pantai Srau


Pantai Saru 1
Setelah berpanas panas ria, keringat bercucuran, kulit yang mulai menggosong, wajah lesu karena kelaparan,akhirnya jam 15.00 sampai juga di pantai Srau. Ada 3 lokasi pantai disini (saling berdekatan). Emak menyebutnya pantai srau lokasi 1,2 dan 3. Pantai srau lokasi pertama, Nikmati deburan pemandangan ombak yang menerjang batu karang,berpasir putih, disini kita bisa berenang dan ada beberapa bule surfing. Jalan kaki terus ke arah tebing dan nikmati pemandangn pantai dari sisi tebing, hati2,curam banget. 

Pantai Srau Lokasi 1 menuju Lokasi 2

Pantai Srau (Lokasi 2)
Terus Ikuti jalan Aspal sekitar 200 meter,jalanan yang hijau penuh dengan pohon kelapa rindang, disebelah kiri jalan, deburan yang sangat tinggi lebih kuat dan ganas,inilah pantai srau lokasi 2. Terus ikuti jalan aspal sampai Ujung sekitar 300 meter,disitulah letak pantai srau lokasi 3, mirip dengan laguna dengan ombak Cadas dan kuat menerjang, Inilah tempat terbaik menikmati Sunset. Malam menyapa, kita Camp di pantai ini, dimalam hari angin kuat  (tenda goyang goyang) dan brrrrrrrr dingin sekali.
Pantai Srau (Lokasi 3)
Dari pantai Srau kita menuju Pantai Watu Karung, inilah best surfing place in world. Nah ini kegilaan dimulai, bukannya melewati jalan utama, kita melewati jalan yang tersembunyi pula, kurang kerjaan kali ya? Namanya juga explorer (bukan si Dora). Melewati jalan yang nggak tahu arah, melewati bukit curam dan persawahan tanpa arah dan petunjuk, kesasar sono sini, dah gitu jatuh dari sepeda brukkk, jalanan terjal berbatu dan curam, tapi memang bukan 'jalan biasa', pemandangannya pun luar biasa, kita mendapati aliran sungai air payau, hijau,bening, dengan pepohonan kelapa yang kayak dikalender, masih perawan (jarang yg lewat sini, cuman petani). Kayak poto dibawah ini, setelah itu dapat pemandangan surga para nelayan lagi kayak dibawah ini, keren dan asyik kan?

Jembatan Tua menyeberangi Sungai


Berjalan menyusuri Perkebunan petani

Aliran Sungai Payau



Jalan alternatif menuju Pantai Watu Karung



Jajaran Kapal Nelayan




Teman teman BPT

4. Pantai Watu karung

Watu Karung
Pantai Watu Karang sebagai salah satu world best surfing place on the world, sering disebut hidden surfing place, memang letaknya nyempil masuk di pedesaan,Pantai dan ombaknya super keren. Di pantai ini banyak bule dengan dada six pack #kinclong, dengan membawa papan selancar. Disepanjang pantai ini, banyak didirikan resort baru, masih keliatan pembangunan disana sini. Mungkin mreka tahu, kedepannya pantai watu karung bakalan rame dengan para surfer. Ombak yang Tinggi dan keren, pasir yang putih, dan pantai biru kehijaun, klo bisa surfing asyikk kalii yaa? Berhubung emak nggak bisa surfing jadi hanya bisa memandangi keindahannya. Di pantai ini kita dapat kelapa gratis dari penduduk,naik pohon sendiri dan ambil sepuasnya.


Ombak Pantai Watu Karung

Sisi tebing pantai watu karung
Dari Pantai watu karung ini, Lanjutkan perjalanan menuju arah bukit dan tebing, hanya bisa dilewati sepeda motor dan jalan kaki pastinya, nikmati keindahannya nggak kalah keren sama pantai watu karung sebelumnya, hanya saja nggak bisa dibuat surfing, karena bayak batu2 kecil di bibir pantai dan juga bulu babi, beningnya air laut bak kristal, pasir yang putih dan lembut. Balik lagi ke arah watu karung,disitu apa TPI, bukan stasiun tipi tapi Tempat pelelangan ikan, sedihnya ditempat ini banyak nelayan yang ambil ikan hiu, untuk dijual siripnya, mulai dari ikan hiu yang masih bebi sampai ikan hiu segede badan emak, sedih dan miris melihatnya.
Bening & Jernih Pantai watu Karung

Bebatuan pantai watu karung



Pantai Watu Karung (tebing)
Perjalanan selanjutnya menuju pantai Klayar, Banyu Tibo, Buyutan dan Pantai Nampu (lanjut.....)



5. Pantai Klayar


Pantai Klayar

Inilah pantai yang paling banyak dikunjungi dan yang paling terkenal di Pacitan, Pantai Klayar, keunikan dari pantai ini adalah adanya semburan air dari dalam lubang batu, berasal dari deburan ombak yang menerjang batu hingga menjadi air pancur alami. apalagi keunikan pantai ini, banyak orang menyebutnya sebagai pantai spink, karena bebatuan yg berada dijung sebelah kiri pantai, tepatnya di sebelah celah semburan batu, berbentuk seperti spink yang ada di mesir. sama seperti pantai pantai sebelumnya, pantai klayar memiliki hamparan yang luas, bersih, deburan dan gulungan ombak yang ganas serta rindangnya pohon kelapa disekitranya. Sama seperti pantai srau, di pantai klayarr ini ada lokasi view yang bagus ( beginilah kelakukan emak yg suka blusukan), lokasi pertama yaitu hamparan sepanjang pantai, lokasi yang kedua, perhatikan disebelah kanan bukit, adatangga yg menujur bukit, disini kamu bisa menyaksikan deburan ombak mengantam batu karang, hati hati terpleset, rawan, nggak ada pagar pembatas. Lokasi yang ketiga, tempat faourite gue, di sebeah kiri (depan hamparan ombak spink) ada sawah dan ikuti jalan setapak yang menuju bukit, disinilah tempat terbaik menikmati sunrise pantai klayar, dengan hamparan rumput liar, menyaksikan semburan air secara langsung dan bisa melihar keseluruhan hamparan pantai klayar.Untuk segala perjalanan hari ini, setelah cukup berlelah lelah dan hari menjelang sore, kita putuskan untuk camping di pantai klayar. Beralaskan tanah dan beratapkan bintang bintang, suara deburan ombak serta gurauan para sahabat diantara heningnya malam, semuanya lebur menjadi satu kesatuan alam dan pengalaman tak terlupakan.


Semburan air Pantai Klayar


Pantai Klayar Dilihat dari atas bukit


Spink Pantai Klayar


Bukit Pantai Klayar
6. Pantai karang Bolong
Setelah packing dan membersihkan area tenda, kita lanjutkan perjalanan menuju Pantai karang Bolong yang artinya karang berlubang, letaknya tidak jauh dari pantai Klayar, disebelah kiri, pas di depan pos ada jalanan nanjak, trus ikuti arah jalanan dan berujung di hamparan kebun dan rumput luas. Angin berhembus kencang, perkebunan yang asri serta hijaunya rerumputan diatas tebing,menyaksikkan hamparan batu karang yang menjorok ke laut dan berlubang karena hempasan ombak yang kuat.


7. Pantai Banyu Tibo
Setelah menikmati keindahan satu pantai ke pantai yang lain, setiap pantai memiliki keindahan dan karakteristik yang berbeda pula, tapi hampir semuanya memilki kesamaan yaitu ombak yang ganas, pasir yang bersih, pantai hijau kebiruan, jajaran nyiur kelapa. Untuk mencapai ke pantai ini tidak mudah, selain Tanda petunjuk jalan yang hanya berupa plang dari kayu dengan menggunakan cat dengan ukuran yang kecil,Juga akses jalan berbatu yang sempit, yang hanya bisa dilewati oleh motor. Sebenarnya ada mobil dengan yang mengarah kesana, cuman sejalan hanya muat semobil, mepet, gimana klo papasan dengan mobil di depan? Selama perjalanan akan disuguhi Perkebunan singkong dan nyiur kelapa, dengan jalanan yang menurun, harus hati hati dan waspada. Bawalah perbekalan yang cukup, karena dipantai ini nggak ada warung.

Apa keunikan dari banyu tibo yang membuat kita secara spontan memutuskan untuk camping disini. OK! Banyu tibo yang dalam bahasa Indonesia artinya air jatuh atau lebih kerennya air terjun, memiliki aliran sungai yang langsung berujung pada pada lautan lepas, sehingga menjadi air terjun. Tidak seperti kebanyakan aliran sungai disekitaran pantai yang rasanya payau, tapi ini asli air tawar, jernih plus bersih yang berasal dari sumber air yang entah darimana, kemungkinan dari bukit tinggi disebelahnya. Camp disini alamakkkk, sejuk banget, disebelah kiri bukit tinggi menjulang, disebelah tenda aliran sungai jernih, dan di depan kita deburan ombak menerjang karang, dan tidur diluar tenda lebih mengasyikkan, meratapkan berjuta gemintang dan angin sepoi sepoi. Subhanallah


Kolam Alami pantai Banyu Tibo


Pantai Banyu Tibo


Aliran Sungai Jernih Pantai Banyu Tibo

8. Pantai Buyutan
Banyak sekali pantai pantai tersembunyi di pacitan, sama seperti banyu tibo yang masih perawan dan jarang terjamah manusia, dimana akses menuju jalan hanya berupa petunjuk plang kecil terbuat dari kayu, akses menuju pantai ini juga tidaklah mudah, melewati perkampungan dan persawahan kacang milik penduduk, klo menggunalan mobil agak kesulitan untuk mencapai tempat ini. Pas diujung sawah ada gubuk sawah, diatas tebing, terlihat hamparan laut luas, dengan bebatuan yang berbentuk unik yang merupakan ikon pantai Buyutan, untuk mencapai di bibir pantai kita harus menuruni bukit dengan jalan setapak yang lumayan terjal, hati hati terpeleset tanah dan kerikil batu. Pantai dengan hamparan pasir yang luas, gulungan ombak, eksotis dan bersih, maklum masih minim penunjung dan tidak ada warung yang berjualan, kenapa ya di Indonesia jika sudah banyak pengunjung dan warung, tempat wisata pasti kotor ??? ahh sudahlah, bagaikan pantai pribadi, hanya rombongan kita saja yang mengunjungi pantai buyutan, bahkan hanya tiga orang termasuk emak, yang menuruni bukit untuk menikmati deburan ombak. Eksotisnya pantai Buyutan, emak berharap, jika suatu saat Allah mengizinkan emak untuk kembali menikmati keindahan pantai Buyutan ini, pantai masih Indah dan BERSIH!!!

Pantai Buyutan


Buyutan Beach

9. Pantai Nampu
Tak terasa setelah lama berkendara menikmati eksotisme semua pantai, randai roda sepeda motor sudah melintas di atas aspal propinsi jawa tengah menuju Pantai Nampu. Hampir sama dengan pantai buyutan yang memiliki hamparan luas dan eksotisme pantai selatan, hanya saja untuk mencapai pantai ini lebih mudah, karena sudah ada jalan akses beraspal, sudah dibangun tangga untuk menuruni bukit menuju bibir pantai, banyak warung yang menyediakan makanan , snack dan minuman serta pengunjung yang banyak. Jadilah dipasir yang indah ini ada beberapa bekas bungkus snack dan botol minuman, sangat disayangkan, meskipun masih tergolong bersih, sangatlah menyedihkan jika melihat kotoran sampah yang tak seharusnya melintas meskipun hanya sebungkus plastik ditambah dengan coretan sang “pelukis cinta murahan” yang mencoretkan nama dan kekasihnya di beberapa batu anak tangga.  Pantai nampu, menyuguhkan hamparan keindahan laut bak Lukisan alam dengan bebatuan kecil dibibir pantai, nikmati dan tenggelamkan diri dipantai ini, tanpa takut terseret ombak. Berbeda dengan pantai lainnya dimana ombak menggulung langsung menerjang bibir pantai, di pantai Nampu, ombak terpecah batu didalamnya sehingga tidak berbahaya, berajalan ke laut dan berdiri di salah satu batu, lihatlah betapa jernih dan bersih air laut hinga kita bisa melihat bebatuan didalam laut serta beberapa spesies pantai. Alhamdullilah.

10. Goa Gong
Nggak afdol rasanya mengunjungi Pacitan tanpa mengunjungi keindahan Goanya, Pacitan yang lebih terkenal dengan 1001 Goa ini memiliki banyak banget Goa, dan yang paling eksotis serta menjadi Goa paling Indah se Asia adalah Goa Gong, gimana nggak cantik dengan stalaktit dan stalakmit yang begitu tajam mengagungkan, warna putih terkikis oleh tetesan air, mistis, genangan air, serta lorong masuk hingga kedalam dengan jumlah ratusan tangga.  Banyak para pengunjung dengan usia lanjut tidak bisa melanjutkan hingga ke ujung Goa, karena capek dan menipisnya oksigen didalam goa serasa pengap, gelap dan mencekam. Telah banyak Goa yang emak kunjungi, nemun Goa Gong tetaplah yang terindah dan tereksotis yang pernah terlihat oleh kedua belah mata ini.













You Might Also Like

0 comments

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram