Keindahan Yang Terserak di Sonamarg

10:42:00

Dimuat di Kompas Klass

Setiap Sudut Suguhan Alam di Sonamarg yang berada di rantai pegunungan Himalaya menjadi potret keindahan Bumi Surga Kashmir. 

Kashmir oh kashmir, jika penduduk bumi menjuluki Kahsmir sebagai “surga dunia” ternyata memanglah bener adanya. Dulu emak berfikir, kalau julukan tersebut terasa berlebihan. Tapi waktu emak diberikan kesempatan menjejak Bumi diujung Utara negara India, emak cuman mangggut manggut. Langsung jatuh cinta.

Sejak tahun 2004, selain Taj Mahal. Emak pingin lihat gimana tampang garang dan rupawan si Himalaya. Tentu saja pilihan emak jatuh pada Bumi Kashmir. Saat itu, bertandang kesana bukalah hal gampang. Kashmir masih diselimuti perang “rebutan” tanah antara Pakistan, China, India atau berdiri sendiri. Tiap hari emak cuman denger berita dar dir dor der, berita bomb bunuh diri, baku tembak antara tentara dan warga Kashmir. Bertahun tahun diselimuti perang. Sangatlah disayangkan, jika hamparan salju putih ternoda oleh darah.

Pertumpahan darah, gejolak, semua itu tentang si Kashmir surga dunia. Pesonanya mampu menambah gunung devisa negara milyaran dolar. Kashmir bagaikan seorang gadis cantik, mulus dan bahenol yang siap diperebutkan dan “dilacurkan” demi segepok uang.

Setelah 10 tahun dan gagal setiap kali kesana. Alhamdullilah tahun ini emak bisa mencicip bahenolnya. Kashmir bukan hanya tentang Dal Lake dengan deretan houseboats. Gulmarg yang dikenal sebagai Switzerland of Asia. Terserak lembah lembah indah di rantai pegunungan sang Himalaya. Tentu saja dengan pucuk pucuk saljunya yang abadi. 

Nah, The best Himalaya Glacier berada di Sonamarg. Ketika jelajah Himalaya Utara, kinclongnya panorama di sonamarg ini sampe bikin habis memory kamera. Tiap langkah jepret sana, jepret sini. Setiap sudut suguhan alam yang ditawarkan memiliki keindahan dan karakteristik yang berbeda. Apalagi saat itu ditunjang dengan sinar mentari yang sejuk. Diayomi langit biru dengan serakan awan putih. Padang rumputnya dibungkus bunga warna warni. Keren abis!

Oia, lembah Sonamarg ini kita lewati jika kita menuju ke Leh Ladakh lewat darat. Ladakh selain memiliki panorama cold desert yang menawan. Juga dikenal sebagai tempat shooting film India 3 idiot yang diperankan oleh abang Amir Khan. Semoga emak diberikan kesempatan lain untuk menjelajah Bumi Kashmir lainnya. Amien Ya Rabb.

Alhamdullilah, Emak berbagi Keindahan Sonamarg yang tayang di Koran Kompas KLASS di rubrik Pelesir hari Jum’at tanggal 12/12/2014. 






Tertarik berkontributor di Kompas KLASS untuk Rubrik Pelesir, ini dia caranya :
  • Berbeda dengan rubrik jalan jalan lain. Dimana kita nulis artikel menceritakan pengalaman selama perjalanan dan keindahan tempat tersebut. Dan sebagai penunjang kita kirim foto fotonya.
  • Di Kompas KLASS, Foto bercerita yang menjadi insight untuk pembaca. Jadi, pilih 10 (bisa kurang atau lebih) foto yang keren, kecilkan filenya. Tulis caption cerita dibalik foto tersebut. 
  • Jangan hanya foto keindahan saja. Ambil sudut unik kota tersebut. Misal sudut pasar, pakaian adat, kebiasaan Masyarakat setempat, Makanan Khas, hiburan  atau transportasi unik ditempat tersebut. 
  • Bikin dua atau tiga paragraf pembuka yang menjadi cetar jalan cerita insight foto foto tersebut. Ditambah sekelumit info mengenai tempat wisata.
  • Kirim ke klass@kompas.com
Happy Ngebolang Mbolangers...



You Might Also Like

8 comments

  1. Teruma kasih sudah memberi tahu cara kirim artikel ke majalah dan koran. Kepingin juga kirim artikel cat-per :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama :) Semoga Tulisannya segera muncul di Kompas KLASS :) Kabar kabar ya...

      Delete
  2. Buat kirim emailnya ke mana mak?

    ReplyDelete
  3. Halo Mbak Zulfa, salam kenal ya. Saya deny tinggal di Den Haag.
    Saya mau bertanya tentang prosedur pengiriman ke Kompas Klass untuk rubrik pelesir ini apakah kita langsung bisa kirim foto-foto beserta cerita dibaliknya atau mengirim email untuk semacam pitching dulu?
    Terima kasih sebelumnya mbak Zulfa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal juga Deny :)

      Ya, kirim saja foto sama cerita dibaliknya.
      Biasanya aku buaat di word, termasuk fotonya. Kemudian aku kirimkan.

      Semoga sukses dan tembus ke KOMPAS KLASS. Aamiin

      Delete
    2. Ahh ok, saya mengerti. Berarti langsung kirim ya tidak perlu ada proses Pitching dulu. Siaappp, semangat nih karena suntikan motivasi dari Mbak Zulfa *singsingkan lengan baju buat nulis :)

      Delete
    3. Hehehe Ayoooo Singsingkan lengan Baju, Sama sama suntikan semangat bagiku juga. *buka leptop

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram