Lassi, Minuman Sehat Pelepas Dahaga Kala Musim Panas Tiba

14:00:00

Lassi India


Gurih dan segernya mampu mengembalikan energi yang disedot  sang mentari


Terik mentari menyapa Delhi dengan suhu 48 derajat celcius. Oven berukuran Jumbo ialah deskripsi yang tepat menggambarkan ganasnya sengat matahari di Ibukota India. Bernafaspun terasa sesak dan humid. Diperparah dengan himpitan apartemen yang tak memberi ruang untuk udara bergerak bebas. Membuat diri ini menggeliat kayak cacing kepanasan. Kalau panasnya Bumi kayak gini, apalagi Neraka. Astaghfirullah.

Kala musim panas tiba seperti saat ini. Di jalanan negeri semilyar penduduk, India banyak sekali penjual minuman pelepas dahaga. Sejenak membasahi tenggorokan dengan minuman dingin menyegarkan. Mulai Es Roohafza (sirup dengan aroma dan rasa mawar). Es ting ting. Es sari tebu, es krim, es Krim Kulfi, es serut. Es jeruk nipis dicampur soda. Jus buah, Lassi dan masih banyak lagi.

Diantara semua minuman tersebut, Minuman paling sehat dan menyegarkan serta mampu mengembalikan seluruh energi yang tersedot sang mentari yaitu Lassi. Para penggemar blog ini pasti tidak asing lagi dengan minuman lassi. Karena saya pernah menyebutnya ketika membahas tentang kebiasaan penduduk India mengkonsumsi banyak susu.

Sweet Lassi
Dahi atau Yogurt

Lassi (La’ see) minuman tradisional berasal dari India dan Pakistan. Juga populer di Sri Lanka dan Bangladesh. Pada dasarnya Lassi terbuat dari campuran Dahi (yogurt) dan susu. Hanya saja beberapa orang bahkan daerah tertentu suka menikmati lassi dengan mencampurkan rempah, buah bahkan daun Ganja. Berikut berbagai macam Lassi yang ada di India :

Tradisional Salty Lassi
Terbuat dari campuran yogurt, susu, air dan sedikit gula. Jadi lebih encer. Trus ditambahkan bubuk rempah yang biasanya sudah ditambahkan sedikit garam.

Sweet lassi
Sweet lassi ini yang banyak dijual dijalanan. Yogurt dicampur dengan susu, gula dan sirup air mawar  (Rooafzah). Ada yang menambahkan perasan jeruk lemon atau jus buah. Sebagian lagi menambahkan saffron.

Manggo Lassi
Lassi yang satu ini sangat terkenal diseluruh dunia. Sweet lassi diblender dengan buah mangga. Bisa juga ice cream mangga. Di India sendiri, musim mangga datang pada saat musim panas. Mulai Bulan Mei hingga Agustus. Manis dan murah. Hanya Rp. 2000 hingga Rp. 5000 /Kg. Tergantung tipe mangganya.

Chaas
Kalau Chaas airnya lebih banyak jadi lassi-nya lebih encer. Trus susunya yang tanpa cream. Biasanya ditambahan bubuk Jintan atau dilender dengan daun ketumbar.

Bhang Lassi
Nah, ini ganas! Pembaca buku Titik Nol karya Agustinus Wibowo pasti tak asing lagi dengan Bhang. Yakni minuman terbuat dari gerusan daun Ganja. Bhang Lassi, berarti Lassi yang ditambahkan Bhang. Menurut Chef Celebrity yang selalu super cool, Anthony Bourdain. Dalam salah satu program televise No reservation, dia mencoba Bhang Lassi. Mabook Berat. Dia bilang Super Duper Strong, for 24 Hours No Toilet and No Shower. Mau Coba ? Siap siap teler!

Di India, Bhang ini dijual Legal. Paling banyak dijumpai di daerah Rajasthan. Bhang Lassi banyak dijual dijalanan ketika Festival Holi. Jadi jangan kaget, kalau kamu datang ke India untuk menikmati dahsyatnya Festival Holi. Pasti ketemu orang Mabook berat dan tak jarang mereka telerrr di jalanan.

Bhang Lassi
Penjual menyajikannya didalam gelas kereweng 

Di daerah Chandigarh dan negara Bangladesh, ada Mint Lassi. Diblender dengan daun mint. Seger kebangetan. Nah, lassi di India ini biasanya disajikan dengan lapisan cream diatasnya dan dihidangkan dalam gelas kereweng. Gelas yang terbuat dari tanah liat merah. Setelah minum lassi. Tinggal banting gelasnya di jalanan. Kalau saya pribadi nggak tega, saya menyimpannya dirumah dan jadi pot bunga. Meski sering diketawain orang India, cuek aja!

Kalau musim panas seperti saat ini, saya selalu bikin lassi dalam jumlah banyak. Kemudian disimpan dalam kulkas. Kebiasaan si kecil, pulang dari sekolah langsung buka kulkas dan minum dua gelas lassi sekaligus. Bikin lassi sendiri caranya cukup mudah. Siapkan plain Yogurt dan susu dengan perbanding 1: 2 dan gula sesuai selera. Di Indonesia kan ada berbagai rasa Syrup. Coba tambahkan syrup. Blander hingga tercampur dengan menggunakan Blander biasa atau Hand Blander. Saya pribadi lebih suka menggunakan hand blander karena saya tinggal mencampurnya dalam gelas besarnya. Tinggal tuang kedalam gelas kecil dan tambahkan bongkahan es, Hmmm Gurih dan Seger.

Mango lassi
Membuat Lassi dengan Hand Blander

You Might Also Like

28 comments

  1. Membaca deskripsinya, sepertinya aku bakalan suka ama yang namanya lassi ini... Aku suka banget ama yoghurt. Eh biasanya yang dipake susu apa mbak? Susu UHT plain aja ya? Mau coba bikin ahhh... ditambahin es krim enak kali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss, aku suka banget Yogurt mbak, apalagi yg frosen trus dijilati kayak es krim. hmmmm
      Ya mbak, pakai susus UHT, pakai covernya bitu itu enak, lupa nama merk nya. Pakai es krim rasa manggo atau strawberry. hmmmmm seger

      Delete
  2. Penasaran lassi ganja, hahaha. Kemaren di Sri Lanka sering minum lassi, mango, stroberi, ama pisang. Enaaakkk... Di Jakarta pernah nyoba masala lassi, kayak sop kurang daging doang rasanya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga penasaran. hehehe hanya bisa melihat nggak berani neguk. Hahaha eh, beli dimana lassinya itu, paling dikasih taburan rempah ya?

      Delete
    2. Di restoran India, Kinara Kemang. Kayaknya rempahnya dimix juga soalnya ga ketok hehehe

      Delete
    3. Iya kayaknya itu sudah di Mix. Aku pernha coba yang di Sarinah itu, rasanya enak. Lupa namanya, restoran India

      Delete
  3. woh, ini to yang ada di lagu pas festival holy di film mohabbatein :D
    kan itu kayak minum susu tapi kok efek e kaya mabuk gitu hihihi
    okeh, nambah satu lagi pengetahuan tentang India hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe Iya. pecinta film India :)

      Delete
  4. Mbak, sejak kemarin aku baca di koran dan lihat berita di TV Indonesia, bahwa India sedang diterpa suhu sangat panas. Ada sekitar 200an korban yang meninggal. Benarkah itu yang sedang terjadi? :(
    Aku turut berduka. Dan berdoa, semoga mbak dan keluarga, serta seluruh kerabat mbak di India, selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Titip salam buat Najin sayang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, sampe Najin aku liburkan pribadi. Harusnya tgl 20 sudah libur musim panas. berhubung sekolahnya Najin leiburnya mundur digabung sama liburan hari raya, jadinya dia sekolah samapai akhir Mei. Cuman ini kau liburkan sendiri, tiap kali pulang sekolah, lelahhh berpeluh peluh, kasihan.

      Aaamiin. matur nuwun banyak Doa nya mbak :)

      Delete
  5. Aku belum pernah mencoba Lassi. Tahun depan saat ke India aku akan mencobanya :)

    ReplyDelete
  6. wah sampai 37 dercel yaa.. belum pernah nyicip lassi *nitip mb rien aja nanti dibawain ya kl ke india* hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dah 48 Derajat Celius mbak :) Bikin sendiri mbak di Indonesia, gampang kok, sehat lagi. :)

      Delete
    2. sehaat sehat yaaa mbaaaa... oiyaa sore ini aku coba lassi niihhh.. enaakk yaa... gak enek ternyata...

      Delete
    3. Alhamdullilh dah cobain, dicampur bhang nggak mbak? hehehe. Iya sehat dan nggak neg, kalau terllau kental bisa tambahkan air sedikit.

      Delete
  7. kayaknya saya pernah liat minuman kayak gini deh di toko asia yg jualnya orang pakistan. Klo enak, nanti mau ta coba ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba mbak. Enak rasanya apalagi yang suka yogurt. Jangn mau dikasih bubuk rempah mbak, rasanya malah aneh :)

      Delete
  8. Marcin si bule Polandia suka banget minuman ini haha. Dan baru tahu ada yang namanya handblander >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Bule bule suka minum ini. soalnya mereka juga biasa sama rasa yogurt dan susu. :)

      Delete
  9. iya, aku juga baca serangan panasnya, semoga cepat berlalu ya mba, aman dan sehat semuanya aamiin...itu lassi nya bikin penasaraan....terutama yang bikin teler hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, Terma kasih Doa nya mbak. Sama, pingin cobain lassi yang bikin teller juga, cuman...... hehehe

      Delete
  10. yogurt campur susu, jadinya susu bukan ya? karena kayaknya sama aaj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya yoghurt dari susu, cuman sudah difermentasi, jadi ada rasa masamnya. Kalau dibikin lassi rasanya guri dan masam dikit. nggak terlalu masam kayak yoghurt. Cobalah, InsyaAllah pasti suka.

      Delete
  11. ih pengen deh mango lassi. pengen nyobain ah pake blender

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo cobain, sehat. Jangn pakai gula, pkai madu aja biar lebih sehat. Menghindari diabetes

      Delete
  12. Waaa.... ternyata bikinnya gampang, yah... Bisa pakai hand blender. Kalau pakai buah jadi smoothie. Aku pernah ngincip yang mangga. Emang enakkk.. Btw, itu harga mangga murah banget. Di Indonesia kalau lagi musim aja gak dapet segitu..ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget mbak. Opo maneh nek gawe hand blender, luweh gampang. Langsung diombe teko gelas hand blender (baca : males kora kora :)))) ) Murah banget mbak, iki aku wis neggg nontok mangga, bendino ngupas kanggo Shah Jahan.

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram