Mencicip Makanan Legendaris Semanggi Suroboyo

15:17:00

Semanggi Surabaya

Makanan dengan bahan dasar daun semanggi yang memiliki cita rasa gurih dan manis ini tak hanya memanjakan lidah juga sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama wanita.

"Semanggiiiiiiiiii .........." suara wanita melengking keras di depan rumah dengan tampilan yang khas menggunakan Baju Tradisional Jawa Timur berupa Jarit dan Kebaya. Beliau berjalan perlahan menyusuri perkampungan sambil menggendong bakul besar dengan selendangnya. Dari Bakul berisi daun semanggi dan tumpukan rempeyek ini tersaji makanan legendaris, Semanggi Surabaya.

Tampilan khas para wanita penjual semanggi tidak pernah berubah sejak saya masih kecil dulu. Pagi pagi sekali mereka berangkat bersama sama dari desa kandangan, Benowo. Mereka biasanya berasal dari tempat yang sama.

Di Surabaya biasanya bisa pagi hari kita jumpai mereka berhenti dan berkumpul sejenak di daerah Kupang prapatan dan Jalan Rajawali. Kalau ditempat tinggal saya, kota Gresik, mereka berhenti di Depan pasar Sentolang. Setelah itu mereka menjajakan Semanggi keluar masuk perkampungan hingga siang hari.

Semanggi yang berbentuk daun waru seperti dalam permainan kartu remi ini merupakan jenis tumbuhan paku yang biasanya tumbuh disekitar area tambak. Di Surabaya sendiri, semanggi dapat dengan mudah kita temukan di daerah sekitar Benowo – Gresik.

Sebenarnya daerah lain di Jawa Timur juga memanfaatkan semanggi sebagai sayuran, hanya saja Semanggi suroboyo ini memiliki bumbu sambal special. Adonan bumbunya sekilas mirip bumbu pecel tapi terbuat dari telo atau ketela rambat, kacang dan gula merah yang dihaluskan. Itulah sebabnya banyak orang menyebutnya sebagai pecel Semanggi.
 
Semanggi Surabya
Daun Semanggi 

Adonan berbentuk padat dan basah ini kemudian ditempatkan dalam wadah plastik. Nah, bumbu ini kemudian ditata dalam bakul bersama dengan daun semanggi dan sayur sayuran tambahan yang sudah dimasak sebelumnya. Sayuran tambahan seperti kecambah, kembang (bunga) turi, daun papaya dan  kangkung.

Ketika memesan semanggi, Ibu penjual semanggi akan membuat adonan bumbu lebih encer dengan menambahkan air dan juga sambal. Pedesnya bisa disesuaikan sesuai dengan selera pembeli.  Daun semanggi diatur rata  diatas daun pisang yang sudah dipincuk kemudian  dilumeri bumbu. Dimakan bersama rempeyek atau krupuk Puli.

Tidak terasa langu ketika dimakan. Rasanya gurih, manis dan pedas. Rasa manis ketela kukus menyatu dengan rasa kacang dan gula merah. Super gurih dan enak. Cara makannya juga asyik. Rempeyek atau krupuk puli dijadikan “sendok” sekaligus dimakan bersamaan. Kriuk!


Penjual Semanggi Langganan sejak saya langsing dulu, eh, masih kecil dan imut

 
Adonan bumbu pecel semanggi
Sayur tambahan dan bumbu pecel semanggi

Semanggi Surabaya
Semanggi yang sudah dikukus dan belum dilumeri bumbu

Krupuk dimakan sama semanggi
Krupuk Puli
Makanan khas Surabaya
Tumpukan Rempeyek kacang dan Ikan teri
Kuliner Khas Surabaya
Semanggi Suroboyo siap disantap
Satu pincuk pecel semanggi yang dijual Rp. 7000 ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dapat menurunkan panas tubuh, jadi kalau kamu lagi nggak enak badan dan meriang, makan saja sepincuk semanggi. Lebih asyik lagi kalau dimakan super pedes, sekalian ngeluarin keringat tubuh.

Didalam semanggi ditemukan Isovlafon mengandung hormone estrogen yang dapat mengurangi gejala klinis sebelum dan sesudah menopause. Semanggi juga membantu meningkatkan kualitas tulang sehingga terhindar dari osteoporosis. Semanggi juga mengandung steroid sebagai antibakteri, anti inflamasi dan pereda sakit hati.

Kamu yang darah tinggi dan suka marah marah, ada baiknya melahap semanggi yang banyak. Semanggi bisa nurunin darah tinggi dan menyembuhkan sesak nafas. Untuk kamu yang ngrak ngrok alias hobi ngorok waktu tidur sebaiknya makan semanggi karena dipercaya mengurangi kebiasaan mengorok. Semanggi juga bisa meredakan sakit hati, eh gigi. Khusus untuk sakit Gigi, semanggi digunakan sebagai obat kumur.

Kuliner Surabaya
Kalau dibungkus buat dimakan dirumah, bumbu pecelnya dimasukkan plastik
Subhanallah, daun mungil ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidaklah segala sesuatu yang diciptakan dibumi ini tanpa guna. Lalu, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

You Might Also Like

17 comments

  1. Makannya pake lontong mbak saya bisa ngebayangin enaknya kenyang pula hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kah dimakan sama lontong? baru tahu. Aku biasanya aku makan adanya gitu sama rempeyek dan krupuk puli aja :)

      Delete
    2. Enak kah dimakan sama lontong? baru tahu. Aku biasanya aku makan adanya gitu sama rempeyek dan krupuk puli aja :)

      Delete
  2. Udah lama banget ngak makan semanggi, kmrn saat mudik ngak ada yg jualan :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next time kalau mudik pas nggak Ramadhan biar incip incp lagi

      Delete
  3. Jujur baru tau ada panganan tradiosional yg mirip pecel pincuk, jadi mau coba apalagi sama kerupuk gurih bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu, Kalau datang ke Surabaya cobain deh, rasanya bikin ngecessss

      Delete
  4. Wah, kethoke aku kudu akeh2 maem makanan legendaris semanggi iki. Ben gak ngamukan. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Iyo Mbak, Nek mangan semanggi poleh dadi sabar. Dadi nek dikeplak meneng wae :)))

      Delete
  5. pecele enak rek, kene uncali siji mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mrene mrene tak uncali bumbu pecel, hehehe

      Delete
  6. Sambele dicampuri telo barang to mba? Klentrek2 lak an hihihiii... Jos nih manfaat semanggi, di Semarang kurang familiar dg pecel semanggi, jadi pengiiiinn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mbak ben mentep sedep. klentrek an sampek mbleketek, hehehe.
      Jos banget mbak, aku maem bendino nggak bosen blas, malah nagih.
      Yao mbak, kalau main ke Surabaya harus cobain menu yang satu ini.

      Delete
  7. Aaah kerupuk puli itu fave-ku Mbak, kemarin di Semarang juga nemu yang uenak n empuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak ibuku, suka e krupuk puli. kadang beli sekilo trus digoreng sendiri :)

      Delete
  8. Semanggi = Semangat tinggi :D

    Penasaran bgt sama semanggi ini. Gak pernah smpet nyobain pas ke surabaya :(

    Oh jadi bumbu nya itu dari telo ya. Mbayangin gmn rasanya yaa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bener, semangat tingiii menggapai yang terbaik setiap hari....

      Telo rasanya gurih, enak kok, matching sama rasa semanggi, apalagi kalau pedes, huahhhhhh jossss tenan

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram