Menyusuri Keindahahan Danau Dal, Kashmir

06:30:00

Dal Lake, Kashmir, India

Daya tarik keindahan yang sempurna inilah membuat danau Dal dijuluki sebagai Jewel in the Crown of Kashmir atau Srinagar Jewel

Mentari memunculkan semburat orange di ufuk timur. Perlahan sinarnya membuka tabir keindahan rantai pegunungan Himalaya. Pucuk pucuknya berselimut salju mendekap keheningan danau Dal yang menjadi jantung wisata kota Srinagar.

Pagi itu, hawa dingin mencubit kulit. Secangkir teh hangat berada dalam genggaman. Syal hangat membalut tubuh. Saya duduk termenung didepan teras. Membiarkan telapak kaki saya menggantung, merasakan kesejukan didalam danau Dal. Menyaksikan suguhan alam didepan mata bak sebuah lukisan.

Sesaat saya melupakan segala lelah yang saya lalui di hari kemarin. Setelah 24 jam perjalanan darat dari kota Delhi menuju Srinagar, Ibu kota Jammu dan Kashmir, India.  Melewati puluhan perbukitan dan pegunungan, menikmati suguhan alam dan kehidupan alam pedesaan.

Negara bagian Utara India ini terkenal dengan gejolak politik dan demontrasi. Hal ini tidak kami rasakan ketika berkunjung. Justru kemacetan dan keceriaan lebih terasa, karena banyaknya pengunjung yang menikmati liburan musim panas di Kashmir.

Danau Dal yang luas dan bening. Diatasnya terhampar gerombolan daun bunga lotus. Deretan rumah kapal terbuat dari ukiran kayu Cedar mengapung diatasnya. Lekuk perbukitan menghijau mengelilingi danau. Jauh sepanjang mata ini memandang dari segala arah yang terlihat hanyalah baris pegunungan berselimut salju.

Danau Dal yang merupakan danau terbesar kedua di propinsi Jammu dan Kashmir negara bagian India ini merupakan pusat pariwisata dan rekreasi. Berada di lembah baris pegunungan Zabarwan. Tepat berada di kaki bukit Zabarwan yang memeluk Danau di ketiga sisinya. Membentang dari Timur hingga ke Utara.

Daya tarik keindahan yang sempurna inilah membuat danau Dal dijuluki sebagai Jewel in the Crown of Kashmir atau Srinagar Jewel. Sejak zaman Kekaisaran Islam Mughal hingga kolonial Inggris, Kashmir dijadikan ibukota selama musim panas. Terpikat oleh pesona keindahan yang ditawarkan. Kaisar Mughal membangun dua taman indah disekeliling danau. Yakni Shalimar Bagh dan Nishat Bagh.

Kashmir

Dal Lake, Kashmir, India

Dal Lake, Kashmir, India

Shikara, Kashmir, India


Rumah Perahu
“Assalamualaikum“ sapa salah seorang wanita mendayung perahu memecah lamunan. “Waalaikumsalam” Jawab saya. Berbeda dengan daratan lain di India, Mayoritas penduduk Kashmir memeluk agama Islam. Ketika mentari sedikit meninggi. Banyak lalu lalang perahu melintas di depan rumah kapal tempat kami menginap yang biasa disebut houseboat.

Ribuan Houseboats  yang dijuluki sebagai istana mengapung ini menyebar di atas Danau Dal seluas 18 Kilometer persegi. Untuk menjalankan segala aktifitas diatas danau, seluruh Houseboats memiliki perahu warna warni yang biasa dikenal dengan nama Shikara. Seluruh Masyarakat yang tinggal di danau terbiasa mendayung Shikara sejak mereka kecil.
Setelah sarapan pagi yang disediakan oleh pemilik houseboat. Kami diajak berlayar disepanjang danau dengan menggunakan Shikara. Dilengkapi dengan sofa nyaman dan kelambu dengan warna senada. Untuk tour cruise dengan Shikara ini kami cukup membayar 300 Rupees atau sekitar Rp. 60.000 Rupiah saja.




Shikara bergerak perlahan. Hening, terdengar suara dayung memecah danau. Nampak bening kehijauan dengan kedalam sekitar 6 Meter. Didalamnya terlihat rerumputan berbungkus lumut, bergoyang dan melambai lambai. Sesekali nampak ikan ikan kecil saling berkejaran. Seolah mereka bermain petak umpat diantara rerumputan.

Kami diajak melewati beberapa kanal. Menikung di beberapa kelokan dengan deretan houseboats. Kenikmatan menyusuri Danau dengan Shikara layaknya menikmati Gondola di Venice. Menjadikan Danau Dal dikenal sebagai Venice of The East.

Parvez, pendayung shikara kami menjelaskan. Untuk menyusuri setiap ujung danau seluas 35 KM dibutuhkan waktu hingga 12 Jam lamanya. Dia juga menjelaskan bahwa hanya penduduk asli Kashmir lah yang bisa memiliki rumah perahu. Harga sebuah rumah perahu diatas danau terbesar kedua di India ini senilai Rp. 500 juta. Untuk menjaga ekosistem dan kebersihan danau, pemerintah tidak mengizinkan pembangunan rumah perahu baru.

Bacpacker ke Kashmir

Dal Lake, Kashmir, India

Sewa Houseboat di Kahsmir

Houseboats murah di Kashmir



Rad, Lahan Basah ditengah Danau Dal
Dayung Shikara menghantarkan kami ke taman Nehru. Selain houseboats, di atas danau terdapat lahan basah alami. Juga taman dan perkebunan mengambang yang dikenal dengan nama Rad oleh penduduk setempat.  Hasil panen kebun dijual di pasar mengapung di pagi hari. 

Lahan basah ini dibagi menjadi menjadi empat cekungan. Yakni Gagribal, Lokut Dal, Bod Dal dan Nagin. Lokud Dal dan Bod Dal masing masing memiliki sebuah pulau ditengahnya. Dikenal dengan nama Rup Lank (Char Chinari) dan Sona Lank. Disebut demikian karena terdapat empat (char) pohon Chinar yang muncul dari dalam danau. Bersebelahan dengan taman Nehru.

Kami melanjutkan berlayar menuju Golden Lake. Masih bagian dari Danau Dal. Disini terdapat spot permainan air. Lalu lalang shikara dipenuhi wisatawan. Dan juga pedagang yang merapatkan perahunya dengan menawarkan berbagai macam makanan, minuman, bunga, saffron dan souvenir.

Di area Golden lake ini kami  melihat hamparan danau Dal yang luas. Sekumpulan air mancur yang saling bersaing memuncratkan air keangkasa. Deretan houseboats mewah dengan gazebo berbungkus bunga. Dekapan rantai pegunungan Zabarwan nampak jelas dari sini. Burung gagak dan elang terbang bebas menghiasi langit biru.

Budget perjalanan ke Kashmir

Dal Lake, Kashmir, India


Berbelanja di Pertokoan Terapung
Kami selanjutnya diajak berbelanja di pertokoan mengapung. Berbeda dengan pasar terapung dipagi hari. Dimana penjual dan pembeli bertransaksi diatas Shikara. Deretan toko terapung ini layaknya sebuah toko biasa. Buka selama 24 jam. Menjual berbagai macam souvenir khas Kashmir. Seperti karpet, syal, pashmina dengan kualitas terbaik, saffron, aneka kacang, aksesoris, baju dan masih banyak lagi.

Terakhir kami diajak berlayar menuju perkebunan bunga lotus. Sayang, pada saat kami kesini yang terlihat hanyalah hamparan dedaunan. Hamparan bunga lotus bermekaran di bulan Juli dan Agustus saja.

Kekecewaan kami tak berlangsung lama. Kami menyaksikan panorama lain yang tak kalah cantik. Berbagai macam burung putih hinggap diatas dedaunan. Berjalan mencari makan kemudian terbang. Dari kepakan sayapnya menebar butiran butiran air berterbangan diudara.

Dal Lake, Kashmir, India

Dal Lake, Kashmir, India


Kashmir berada dalam lingkar rantai pegunungan Himalaya. Itulah mengapa, sepanjang mata memandang terlihat simfoni alam lekuk baris pegunungan bertudung salju. Dimusim dingin danau membeku dihujani salju.


Berada disini waktu seolah berjalan lambat. Selama tiga hari tinggal ditengah danau, yang terasa hanyalah kedamaian dan ketenangan. Berat rasanya kaki ini beranjak pergi. Semoga kedamaian selalu mengayomi bumi surga Kashmir.

You Might Also Like

46 comments

  1. Mbak selain toko itu rumah penduduk ditempati gitu? Cakep ya bangunannya, ngebayangin tinggal situ bangun tidur buka jendela lihat pegunungan indahnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, istu houseboat tempat tinggal plus penginapan, juga sebagian toko. Aku klo disini sudah males ngapa ngapain, maunya leyeh leyeh, minum teh sambil ngelihat gugus pegunungan sambil baca novel. Perect :)

      Delete
  2. Itu toko terapungnya lengkap ya, seperti toko biasanya yg tidak terapung penampilannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, lengkap kayak toko biasa di daratan

      Delete
  3. Mbak tunggu aku ya. Kashmir udah cita-cita dari kecil nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah. Semoga disegerakan ya mbak Lina

      Delete
  4. Dimana2 yg selalu bikin jelek itu tower bts yaaa mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo i, Di pegunungan Himalaya Ya banyak twr BTS, jadi ngikut kepotret.

      Delete
    2. Gimana kalo tower2 itu kita gulingkan ????

      Delete
    3. Trus setelah itu kita yang digulingkan dalam Danau. hehehe

      Delete
  5. Sumpahhhhh kerennn banget pemandangane. Semoga2 suatu hari sampai ke sana. Wahhh, weruh ngunu nitip pashmina aku. :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpay Iya, mbak, pingin kesan tiap tahun sebenarnya. hehehe mumpung di India.

      Wah, aku kemarin beli pshmina lagi khas Kullu. soalnya yg kashmir dah punya banyak

      Delete
  6. Danaunya bagus bgt bersih dan pemandangan sekitarnya jg masih asri ya mbak. BTW, foto2nya bagus jadi pengen ke Danau Dalnya lngsng >< semoga aku bisa berkunjung kesana jg haha


    Theanandic.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdullilah saya beruntung sekali ketika datang semua cerah dan asih banyak salju diujung gemunung.

      Semoga ya, Aamiin

      Delete
  7. bener2 tempat yang menarik ... rumah perahunya itu lho ... kerenbenerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tinggal disini betah sekali.

      Delete
  8. Hati saya tarayun-ayun seperti duduk dalam house boat Mbak Zulfa. Membaca tulisannya dan melihat-fotonya serasi banget, indah keduanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati saya juga ter ayun ayun mbak. Matur nuwun, pipiku memerah.

      Delete
  9. Bismillaah.yuuhuu muuhuu mba.pengen chai kashmir dan langit sorenya.Maa syaa Allaah jika sama keluarga,surga dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cucok banget. Chai hangat dengan hawa yang trecep trecep.

      Delete
  10. Suasana pagi bikin malas kerja ya,pengen keliling menikmati keindahan,subhanallaah.

    #untung ga jadi orang kashmir,bisa2 .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget. Waktu disini cuman pingin baca buku dan leyeh leyeh. ademmmm tentrem ati.

      Delete
  11. subhanallah, bikin mupeng liat emak mbolang. semoga aku bisa ngikutin jejaknya. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, ya mbak Kashmir ini memang "surga sunia". Cakepp Nian.
      InsyAllah, semoga ada jalan menatap keindahan Kashmir.

      Delete
  12. Mbak e....aku penasaran penampakan Dal Lake saat musim dingin :D #haha #kode

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Tunggu tanggal mainnya. Tapi lebih cakep musim panas. Danau kelihatan jernih dan nggak berkabut. Ice lagi.

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Kami sempat berhenti di salah satu toko terapung. Tapi aku nggak turun, takut khilaf haha, sampe-sampe Ahlan bilang, "yakin Yan gak mau beli sesuatu untuk ibu." ah biar deh beli tempat lain dan... aku nyesel >.< ternyata nggak mahal-mahal amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaha. Murah murah kok Yan. sama harganya dengan yang ditawarkan di Houseboats

      Delete
  15. Tau ke kashmir,nitip sawl donh mb. Ntar duite pke rupiah ajah yah

    ReplyDelete
  16. Tau ke kashmir,nitip sawl donh mb. Ntar duite pke rupiah ajah yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Dah dirumha mbak. Banyak lho temna teman Indonesia yg mau ke Kahsmir, siapa tahu ada yang mau dititipi :)

      Delete
  17. Kpn pd mau ke kashmir...hikhikhik mbok ya aku ditulungi yoooo * melas temen y mbak. Tak tranfer skrg gpp deh..

    ReplyDelete
  18. Kpn pd mau ke kashmir...hikhikhik mbok ya aku ditulungi yoooo * melas temen y mbak. Tak tranfer skrg gpp deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya akhir Maret ini banyak yang ke India mbak termasuk Kashmir

      Delete
    2. Lha mb zulfa ngikut ke kashmir lg ga?

      Delete
    3. Lha mb zulfa ngikut ke kashmir lg ga?

      Delete
    4. Apa ada no.kontak yg bs sy titipi mb* hehehe mekso sitik*

      Delete
    5. Apa ada no.kontak yg bs sy titipi mb* hehehe mekso sitik*

      Delete
    6. Saya belum tahu mbak ikut ke Kashmir lagi atau nggak. Soalnya rencana mau travelling ke negara tetangga.

      Hehehe, nanti tak tanyakan, sampeyan mau titip apa? towel aku di twitter @emakmbolang atau FP siapa tahu ada yg bisa dititipin

      Delete
  19. wuuhhh indahnya mbak kayak waduk sermo tampak depan.... hhe tapi kalo kota"nya itu yg g ada di waduk sermo hehe... kece amit mbak zulfa jalan-jalannya mantap dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Sama tapi beda gitu ya ? Jalan jalan mu juga mantap. Apalagi kat katanya itu bikin adem bro.

      Delete
  20. Kashmir i'm in love... #matalopelope

    ReplyDelete
  21. I am in Lope to0... coowoknya juga *pasangkacamata :)

    ReplyDelete
  22. Replies
    1. Banget, nggak bosen kesan lagi

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram