Orang Indonesia Kalau Traveling ke Malaysia itu Ngapain Aja?

May 30, 2018

                                                  foto:asiaexchange.org
Banyak pembaca yang penasaran ya, jauh sebelum nekad menjamah negeri negeri nan jauh, negara mana sih yang menjadi  pamungkas petualangan saya keluar negeri sebagai female solo traveller? Flashback 14 tahun, ketika travelling  ke luar negeri masih menjadi hal yang mewah, waktu itu saya memilih Malaysia sebagai salah satu pilihan utama buat pelesiran ke luar negeri.
Banyak alasan pribadi (dan mungkin juga traveller Indonesia pada umumnya) mengapa negeri Jiran menjadi ‘pemanasan’  yang pas berpetualang sebelum atur rencana untuk perjalanan-perjalanan ke berbagai negara lainnya. Alasannya, tentu saja karena lebih mudah berkat adanya fasilitas bebas visa. Akomodasi juga lebih murah karena jaraknya yang dekat dan banyaknya maskapai yang membuka rute penerbangan, seperti Malaysia Airlines dari Indonesia ke Kuala Lumpur juga lebih terjangkau. Selain itu juga faktor bahasa yang mirip sehingga lebih mudah dipahami saat berkomunikasi dengan masyarakat negara tersebut.
Nggak heran kalau dalam setahun, tercatat ada jutaan orang Indonesia yang terbang ke Malaysia. Berdasarkan penuturan Roslan Othman, Direktur Malaysia Tourism Board saat Malaysia Travel Road Show di Hotel Pullman, Jakarta, di tahun 2017 saja jumlah wisatawan asal Indonesia mencapai 2,7 juta.
Selain ingin menikmati sensasi menjamah dan jalan jalan tentu saja, sebenarnya apa sih yang dilakukan oleh orang Indonesia kalau traveling modal tiket Malaysia Airlines ke Negara tetangga?

Belanja
foto:John Walker/Flickr

Sudah menjadi rahasia umum kalau orang Indonesia suka banget shopping. Masih menurut Roslan Othman, orang Indonesia yang berkunjung ke Malaysia itu pada umumnya menyukai wisata belanja. Kalau di negeri jiran ada banjir promo besar-besaran, terutama dalam festival belanja, pasti ada lonjakan wisatawan yang pergi ke sana. Di saat-saat ini, produk berkualitas dengan standar internasional bakal dibanderol lebih murah dibandingkan barang-barang yang dipasarkan di Indonesia.
Selain itu bukan rahasia kalau produk-produk yang dijual di Malaysia dinilai punya standar lebih tinggi dibandingkan yang ditawarkan di pasar lokal. Ditambah lagi, bakal ada perasaan yang lebih bangga juga kalau pakai produk luar negeri. Hayooo ngaku?

Nonton MotoGP
                                      foto:rajatoursindonesia.com
Nah, jangan lupa juga bahwa setiap tahunnya Malaysia selalu menggelar seri balapan MotoGP. Orang Indonesia sendiri termasuk ‘maniak’ balapan motor kelas dunia ini. Nggak heran kalau agen-agen travel kebanjiran order untuk paket nonton MotoGP. Tiket Malaysia Airlines juga diminati kalangan pecinta balapan motor demi merasakan meriahnya nonton langsung Valentino Rossi, Marc Marquez, Andrea Iannone, hingga Jorge Lorenzo. Sebuah sensasi yang nggak akan terlupakan, melihat motor dengan kecepatan hingga lebih dari 300 kilometer per jam melintasi di depan matamu. Nulis artikel ini sambil bayangin dibonceng Valentino Rosi, hahaha.

Berobat
                                                          foto:fastcdn.co
Orang Indonesia juga menganggap bahwa kualitas kesehatan yang dimiliki Malaysia jauh lebih baik dibandingkan Indonesia. Nggak heran kalau banyak orang berbondong-bondong pergi ke negeri jiran untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Sambil berobat, habiskan waktu santai di Malaysia. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.
Ternyata ada banyak alasan di balik pertanyaan, mengapa orang Indonesia gemar pergi ke Malaysia. Apa pun alasanmu pergi ke sana, entah nonton MotoGP, cek kesehatan, atau berburu barang belanjaan, jangan lupa untuk menyisakan waktu berburu keindahan budaya di negara itu.
Karena besarnya minat masyarakat tanah air untuk pergi ke Malaysia, booking tiket Malaysia Airlines, penginapan, dan lain-lain sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Hati lebih lega karena akomodasi sudah lengkap, tinggal persiapan berangkatnya saja.

You Might Also Like

26 comments

  1. Malaysia dekat dengan Indonesia. Secara cultural pun mirip. Masyarakatnya ramah pula. Gak aneh sih jika tiap tahun berhondoh-hondoh orang Indonesia datang ke sana..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebih mudah ke Malaysia , free visa dan sering promo tiketnya. jadi lah lumayan jalan jalan ke Luar negeri.

      Delete
  2. Aku sering ke KL karena transit. TRus sekalian jalan2 sambil kopdar ama temen2 di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lumayan yo mak, sekali jalan dua tiga negara terlampui. Aku yo sering transit nang KL dan sekalian jalan jalan

      Delete
  3. Malaysia juga asik buat wisata kuliner ya mba.. Meski mirip sama di Indonesia, tapi tetep ada khasnya.. :) Pingin nih nonton Moto GP di sana juga tapi belum kesampaian.. Semoga suatu hari bisa ke sana lagi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tapi kalau ke Malaysia aku malah suka kuiner makanan India hahaha. hayati rindu banget sama amsakan India

      Semoga soon bisa motor GP di malaysia.

      Delete
  4. Kalo aku, krn ini negara yg udh aku anggab rumah sendiri. 4 thn belajar di sana, aku betah banget sih. Temen2 baik, hostku juga super kayak ortu sendiri.. Alasan2 lain hampir sama kayak yg mba tulis. Karena rs nya yg bagus dan jauuuh lbh murah. Mamaku dulu berobat kistanya disana.

    Trus pendidikan mereka juga baguuus, dan murah dibanding indonesia. Itu alasan ortuku kenapa nyekolahin anak2 any disana. Ga ada yg namanya uang pelicin, uang gedung lah, ato uang ga jelas -_-. Akupun nanti pengen kuliahin anak2 juga di sana aja.

    Trus kuliner enak2 , dan shoppingnya yg banyak diskon hahahaha.. Ga pernah bosenlah ke malaysia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih mbak. Selama ini aku masih belum kepikiran nyekolahin naka anak di malaysia dan Setelah denger pengalaman mbak Fanny, sekarang kepikiran nyekolahin anak nak ke Malaysia. Apalgi lebih murah.

      Delete
  5. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete
  6. Wow, jadi pingin Race ke Malaysia. Kirain Singapore saja. asyikkk

    ReplyDelete
  7. keren banget ya gan.. mantap info travelingnya.

    air le minerale

    ReplyDelete
  8. nah,, tahun depan kalau jadi, malaysia jadi negara luar pertama juga yang kukunjungi ahaha..

    dan,, pengen juga euy nonton eyang rossi balapan di sepang..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lancar perjalanan ke luar negeri pertamyanya ya kakak.

      malaysia save dan moda transportasinya juga gampang.

      Delete
  9. Gegara lihat video kuliner Ria SW, aku jadi pengin ke Ipoh.
    Btw, mbaaaa dirimu kalo ada event di Sby gitu bersedia datang kah?
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah. Bisa mbak, cuman biasanya hari Sabtu dan minggu. dan eventnya nggak jauh jauh amat dari niche blog aku. trims

      Delete
  10. Wah taun depan rencana ke sana, tapi bukan ketiga alasan di atas. Penasaran aja sih, karena belum pernah ke Malaysia :D Makasi infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semogalancar perjalannya ke Malaysia. banyak banget hal yang bisa dilakukan di Malayusia, mulai tempat wisata hingga kuliner.

      have fun kakak :)

      Delete
  11. Fakta sih bun, belanja rata-rata mendominasi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe Apalahi emak emak hehehe, suka banget belanaja....biasnya aku eblaanja buat oleh oleh saja dirumah.

      Delete
  12. pernah ke malaysia dan mampir ke KLCC, paling kangen sama nasi goreng yang saya makan di kantin IIUM (kampus teman waktu itu), porsi banyak dan harga murah plus rasanya maknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, harus coba juga ya nasi ngoreng rekomendesasi kamu. Eh tapi, masaka ke KL cari nasi goreng, cari nasi kandhar atau roti john paling enak di Malaysia. Hehehe semua memang tentang selera sih ya....

      Delete
  13. Dan saya baru traveling ke penang aja...itupun sekalian karena harus berobat...

    Anyway.. salam kenalan ya emakmbolang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga next bisa jalan jalan kemana mana. eh siapa yang berobat? Semoga Sembuh dan sehat hingga saat ini. Aamiin

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram