Hamparan Peradaban Islam di Kota Delhi

13:23:00


Artikel Perjalanan dimuat di Republika leisure

Jejak peradaban Islam di India nampak menonjol ketika pertama kali menginjakkan kaki di Ibukota India, New Delhi. Peninggalan bersejarah itu berupa Istana atau kerajaaan, Masjid, menara dan juga beberapa makam. Tempat yang pertama kali saya kunjungi adalah Qutub Minar atau Qutab Minar yang berada di ujung utara kota Delhi.
--------------------------------------
Di kawasan Old Delhi terdapat dua jejak peninggalan peradaban Islam yaitu Jama’ Masjid dan Lal Quila.  Kedua tempat tersebut terlihat megah dan besar diantara beberapa bangunan tua yang mengelilinginya. Letak keduanya juga cukup dekat, Jama Masjid tepat berada diseberang jalan kawasan komplek Lal Quila.
-----------------------------------------
Mengunjungi seluruh jejak peradaban Islam di kota delhi tidak cukup ditempuh dalam waktu sehari atau dua hari. Selain tempat tempat yang telah saya sebutkan, masih banyak beberapa tempat jejak peradaban Islam yang tersebar di kota Delhi. Diantaranya adalah Purana Quila atau old fort, Safdarjung tomb dan Lodhi Garden.

Nah Sekelumit artikel emak yang tayang di harian Republika dalam rubrik leisure. Selengkapnya baca di E-papper Republika ya...








Mau tahu, Bagaimana kirim Artikel Jalan jalan ke Republika, nah ini emak copy paste dari editornya :

Terima kasih atas keinginannya berkontribusi dan mengirimkan tulisan Jalan-Jalan kiriman pembaca, ya.
Sebenarnya ada dua bagian Jalan-Jalan di Leisure. Yang muat di halaman 10 dan 11 adalah tulisan tentang perjalanan secara umum. Bisa berupa liburan ke museum di Singapura atau liburan ke Phuket. Karena tulisannya dimuat dua halaman, jadi kebutuhan karakternya minimal 7.500 karakter sampai 11.000 karakter.

Apa yang bisa ditulis?
1.      
      Tentunya apa yang dirasakan, dilihat, dinikmati selama liburan. Misalnya, selama ke Phuket ke mana saja.
2.      
       Halaman Jalan-Jalan memuat pula panduan singkat yang diberi judul besar Naik Apa. Sesuai judulnya, tulisannya memuat tips memilih airlines atau season yang paling tepat. Kemudian berapa sih biaya VISA (jika diperlukan). Termasuk harga hotel yang ditinggali dan kira-kira berapa total biaya yang dihabiskan selama liburan, untuk pesawat, hotel, makan, dan transportasi. Biayanya diluar suvenir. Ini tujuannya untuk memberi gambaran bagi pembaca lain, berapa kira-kira yang harus disiapkan untuk negara tujuan wisata.
3.      
       Sertakan aneka tips perjalanan. Kira-kira bentuknya, Do’s and Dont’s. Misalnya, kalau ke Paris apa yang harus diperhatikan dan apa yang harus dihindari.

Secara umum tulisan Jalan-Jalan intinya seputar itu. Dengan fokus utama poin ke satu.

Jangan lupa sertakan foto dalam resolusi sedang sebanyak-banyaknya. Minimal tujuh foto dan satu lagi foto diri.
                                                                    


kirim ke leisure@rol.republika.co.id

You Might Also Like

0 comments

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram