Khari Baoli, Pasar Rempah Terbesar Di Asia

11:01:00

Biggest Spice Market in Asia

Masakan India terkenal dengan rasa rempahnya. Bagai makan tanpa garam. Makan tanpa rasa kapulaga, cengkeh, kayumanis, cabe dan berbagai macam rempah terasa hambar di lidah masyarakat India. Kegemaran akan rasa rempah tajam bukan hanya pada makanan. Mulai manisan, camilan, salad buah hingga jus masih ditaburi bumbu bubuk berempah. India memiliki berbagai macam bumbu bubuk dari adonan berbagai macam rempah yang biasa dikenal dengan Masala. Tak ayal, hal ini membuat pemenuhan akan rempah dipasar sangat tinggi di negeri semilyar penduduk ini.

Di Ibukota India, New Delhi. Tepatnya di kawasan Kota Tua Delhi. Terdapat pasar rempah terbesar di Asia. Namanya cukup unik, Khari Baoli. Khari yang berarti Salty dan Baoli yang berarti sebuah kuali besar. Pasar yang bersebelahan dengan Masjid Fatehpuri ini sudah ada sejak abad 15. Pondasi pertama diletakkan oleh Abdullah Laazar Qureshi. Pada saat itu Delhi dikuasai oleh Dinasti Sher Shah Suri.

Emak sendiri datang kesini secara tidak sengaja. Bermaksud menyusuri kota tua Delhi dengan serakan bangunan peradaban tua dimasa kejayaan Kaisar Mughal. Eh, ternyata dapat bonus melewati pasar rempah. Pasarnya berupa jalanan lurus yang dipenuhi dengan toko dengan warna warni rempah. Pertama emak mencium aroma berbeda di udara. Bikin hidung emak kembang kembis. Semakin lama hidung emak rasanya gatel. Trus bersin terus menerus. Gimana nggak bersin? kanan kiri dipenuhi aneka bubuk rempah dengan bau sangat tajam.

Begitu ramai dan ribet. Para kuli asongan dengan pakaian singlet dan sarung menggotong berbagai macam karung goni ke toko.Terkadang mereka meneriakkan suara lantang meminta pejalan kaki memberinya jalan. Badannya mengkilat karena di olesi lotion keringat J asli. Badan jalan dipenuhi gerobak terbuka dengan tumpukan karung goni. Menungkik kesana kemari tak beraturan, sangat amburadul. Bukan India namanya kalau teratur dan rapi J.

Sadar Market
Tumpukan karung Goni membawa berbagai macam rempah

Setiap toko memamerkan berbagai macam  bumbu bubuk rempah dalam deretan karung goni terbuka. atau dalam mangkok besar. Diatasnya tertulis harga dalam sebuah kertas berbentuk kotak. Bumbu seperti Kapulaga besar dan kecil, cengkeh, kayumanis, ketumbar hingga cabe. Berbagai macam merica, jinten serta berbagai macam rempah lainnya. Emak sendiri kurang tahu setiap nama rempah yang terjual, karena memang terlalu banyak. Rempah rempah didatangkan dari seluruh pelososk India. Kemudia disebarkan kembari ke berbagai daerah.  Hingga diekspor kemanca negara.

Selain rempah, pasar ini juga menjual berbagai macam teh dan kacang. Mulai kacang ijo, hitam, kacang tanah, mente sampai berbagai macam lentil warna kuning hingga orange. Meski bersin terus menerus, emak menikmati berjalan santai disini. As colourfull as this Country J.

Sudak cukup? belum!. Disini banyak penjual acar India. Acarnya bervariasi. Ada acar Cabe, jeruk nipis, bawang, mangga, hingga acar sayuran. Acar India ini berbeda dengan acar Indonesia yang manis, seger dan masam. Acar India rasanya sangat tajam kayak bahan kimia. Dibenamkan dalam bumbu dan minyak.  Acar asli masaknya dengan menggunakan panas matahari.  Bisa tahan hingga tahunan. Tapi kebanyakan acar yang dijual disini dimasak dengan kompor. Disetiap Restoran, Acar biasanya disuguhkan sebagai pendamping makanan.

Indian Acar
Aneka Macam Acar India
Aroma Jadul kota tua Delhi begitu terasa. Bukan hanya bangunan tua yang kusam. Penjual rempah dengan mulut merah orange karena menyesap pan terus menerus. Pan ini kayak susur di Indonesia. Hanya saja mereka langsung mengunyah dan diludahkan. Tak tanggung meludah Sak enak udele dewe alias semaunya dia. Makanya, jangan heran jika jalanan India begitu jorok dengan ludahan pan L.  Emak juga menemukan penjual sabun mandi batangan yang dijual grosir. Sabun batangan mirip merk Palmolive tanpa bungkus. Banyak pembeli dan fanatik berat sama sabun ini. Seumur hidup, baru pertama emak jumpai sabun batangan zaman jadul.

Keramaian Khari Baoli bertambah padat karena diapit oleh dua pasar tradisional terkenal di India. Yakni Chandni Chowk dan Sadar Market. Chandni chowk dikenal sebagai pusat jajanan pinggir jalan dengan resep turun temurun selama berabad lamanya. Berderet toko dipenuhi aneka aksesoris, tas hingga warna warni saree memenuhi kawasan ini.  Sedangkan Sadar Market sendiri adalah pasar pusat grosir barang barang murah di Delhi. Wi!, lumayan rame dan riuh. Macet ditambah dengan suara klakson membabi buta mewarnai suasana. Meski terlihat begitu amburadul, emak menikmati jalan jalan disini. Karena menawarkan nuansa pasar Tradisional yang sudah jarang kita temui di negeri kita. No more Mall please J

Jika kamu sedang mbolang di kawasan kota tua Delhi yang Masuk dalam Peradaban Islam di India. Yakni mengunjungi Red Fort dan Jama' Masjid. Jangan lupa menikmati santap makan di kawasan Chandni Chowk dan menghirup aroma rempah di Khari Baoli

You Might Also Like

11 comments

  1. qiqiqi...takutnya keringat abang-abang kuli panggul yang mengkilat-kilat itu jatuh pula ke rempah-rempahnya menambah aneka rasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ampun dah rasanya makin "tajam" dan asing. Lebin "Nendang". Buahahaha

      Delete
  2. Aroma rempahnya kebayang sampe sini, mbak.. Lewat daerah Little India di Singapur aja aroma rempahnya udah tajem banget. Apalagi ini, pasar rempah terbesar di Asia. Whew!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haciu Haciu ...... Memerah hidugku. hehehe Next time bawa masker. Suka nuansa jadulnya klo lewat situ :)

      Delete
  3. Mbayangno ambune... hehehehe. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembang kembis irung mbak :) hehehe

      Delete
  4. Jenis rempahnya kebanyakan hampri sama dengan di Indonesia ya mbak. Ada ga rempah yang ada di India tapi tidak ada dan tidak digunakan di Indonesia?

    ReplyDelete
  5. Banyak Mbak Rien Kayak chini, aku lupa namanya. Soalnya jarang masak di India. Dulu pernah bawa pulang, trus Ibu tunjukkin yang nggak tahu itu apa...... Aku dulu nggak tahu mana ketumbar dan merica, hahaha

    ReplyDelete
  6. Hidungku termasuk sensitif Mbak, kalau masuk pasar ini pasti bersih mulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Apalagi Pas penggilingan Bumbu. Situasi di pasar ini persis dihadapan penggilingan bumbu :)

      Delete
  7. Hiasi tray makanan Anda dengan desain yang lucu dan unik suka-suka Anda. Buat pelanggan Anda terkesan dengan Greenpack. Bagi yang butuh take away box bisa hubungi ane atau cek web ane.

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram