Wisata Transit ala Bandara Changi

14:00:00


Layaklah jika Changi Airport Singapura menjadi bandara terbaik dunia. Bandara dengan penghargaan terbanyak di dunia ini bikin betah wisatawan dewasa dan anak. Sederet “tempat wisata” dan fasilitas disediakan khusus memanjakan wisatawan. Transit lama nggak masalah. Malah betah.

Pengalaman transit super lama di Singapura ini sebagian dari perjalanan pulang kampung dari India ke Indonesia. Sebelumnya Kami membelah bumi India menggunakan kereta api selama 24 jam dari Delhi menuju Hyderabad. Kemudian menuju Singapura. Nggak tanggung tanggung, waktu transit kami 23 jam lamanya. Apalagi saya pulang kampung berdua dengan si kecil saja. Sebenarnya kami memilih transit lama bukan tanpa alasan. Sengaja ingin mengajak si kecil jalan jalan ke Singapura. Bukannya sok punya duit ala emak emak sosialita.  Tapi ada istilah sekali mendayung 2,3 pulau terlampui.

Setelah semalaman bobok manis dalam pesawat dari Rajiv Gandhi International Airport di Hyderabad, akhirnya kami sampai di changi airport pukul 8 pagi. Saya langsung mendaftar Free Singapore Tour. Fasilitas keliling Singapura gratis selama dua jam untuk para penumpang ini disediakan bagi para penumpang yang transit  minimal 6 jam. Serba serbi tentang Free SingaporeTour akan saya jelaskan dalam postingan berikutnya. Macam sinetron Jodha Akbar.

Nah, Wisata dan fasilitas apa saja yang bisa dinikmati di Changi Airport ?

Enchanted Garden
Berada di Terminal 2. Dekat dengan counter Free Singapore Tour. Enchated garden ini  berupa taman yang terdiri atas  Glass schulpture, Sparkling floor & survaceous seats, Sound of Nature &Blooming flower, Pond &viewing deck dan Exotic greenery. Kombinasi dari kelima atraksi tersebut menghasilkan sebuah taman yang hijau, nyaman dan memberikan efek relaksasi. Nggak berasa di airport tapi dalam sebuah pelukan alam.

Mata saya tertumbuk pada Glass sculpture yang menjadi lokasi paling kece buat foto. Glass Sculpture yang berjumlah 4 buah ini berada ditengah taman. Glass sculpture ini berupa vas bunga berukuran jumbo dengan tinggi 2.5 M dan lebar 4.2 Meter. Terbuat dari rangkaian mozaik stained-glass berjumlah lebih dari 56.000 bagian. Dan dibutuhkan watu 8 bulan untuk merangkainya.

Melihat Detail Mozaik Glass sculpture hand made ini mengingatkan saya akan film Terminal yang diperankan oleh Cak Tom Hanks. Glass sculpture ini mirip dengan fountain yang dia persembahkan untuk “kembaran” saya, Mbak Catherine Zeta Jone. 

Pagi hari waktu saya datang kemari. Para penjaga taman sedang memasukkan bunga bunga segar kedalam glass scupture. Dan menatanya satu persatu dengan hati hati. 

Kalau anak anak lebih suka berada di pond view deck sambil memandangai ikan koi berenang dengan lemah gemulai. Lantainya terbuat dari gelas transparan. Jadi kita bisa menyaksikan ikan berenang di bawah kaki kita. Suara air macur dan beningnya air membawa ketenangan.

Glass Sculture


Mozaik Stained glass di Glass sculpture


View Koi Pond Deck


Playground Area
Tempat bermain anak ini berada di Terminal 2. Dekat dengan Enchated Garden. Dan disebelahnya deretan cafee yang cocok buat orangtuanya duduk santai. Sebenarnya area bermain anak ada  disetiap terminal, bukan hanya terminal 2 saja.

Playground Area


Butterfly Garden
Butterfly Garden yang berada di Berada di Terminal 3 ini maskot wisata Changi airport. Taman yang tediri atas dua lantai ini dipenuhi dengan berbagai variasi kupu kupu. Bunga dan buah nanas ditempatkan sebagai makanan kupu kupu. Didalamnya terdapat sebuah “gua” dan air terjun. Disebelahnya terdapat sebuah tangga menuju lantai dua.  Nuansa alam bebas terpancar dalam rinbum tanaman dan pohon dalam Ayoman gelas transparan sebagai langit langitnya. Saran saya, kalau masuk kesini sore hari saja, lebih terasa sejuk.

Butterfly Garden

In action at Butterfly Garden



Kolam Ikan Koi
Kolam ikan Koi berada disebelah Butterfly Garden. Sembari menikmati ikan koi yang besar dan gendut berdansa dengan gaya maju mundur dalam kolam, sekalian mencharge baterei. Tempat duduknya juga nyaman.

Segerrr lihat Ikan Koi gendut di Koi Pond


Social Tree
Tempat kesukaan si kecil ini berada di Terminal 1. Social tree ini semacam pohon elektronik buatan. Kita bisa foto foto narsis dengan sebuah Layar touschscreen khusus lengkap dengan kamera keren yang bakalan nampilin foto dengan berbagai pilihan frame. Trus di upload ke social tree. lalu, foto foto kita yang kece (pit) nampang di layar besar diatas “pohon”. I am Famous kata si kecil dalam riang.

Emak dan Anak numpang narsis di layar Social tree

Social tree dikelilingi layar khusus lengkap dengan kamera



Anggrek Garden
Berada tepat didepan Social tree. Taman ini menyimpan berbagai varietas anggrek. Biasanya anak anak sibuk narsis di social tree. Sementara emaknya leyeh leyeh cantik atau ngamatin bunga aggrek.

Taman Aanggrek di depan social tree


Snooze Lounge dan Akses Internet Gratis
Snooze lounge kesukaan saya berada di Terminal 1. Dari social tree lurus saja. Berarti kearah kanan. Terus naik kelantai 1. Berdekatan dengan food court. Bisa makan makan sekalian nonton. Disitu ada TV lumayan gede dengan tempat duduk yang masik. Si kecil bisa lihat film kartun. Sementara orang dewasa bisa lihat film dewasa, eh, maksudnya film action atau apapun yang tayang saat itu juga. Bisa charge hape. Bisa bobok cantik. Ada deretan desktop buat internetan. Toiletnya juga dekat.  Seluruh toilet si Changi airport super bersih dan wangi.

Oh ya, kamu bisa bobok di sini, cuman nanti jam 1 atau 2 malam kalau nggak salah, banyak polisi keamanan ngebangunin. Atau cari tempat istaharat yang nyempil dekat toilet. Disana lebih tertutup.

Duduk santai sambil Charge Hape, nonton fil dan bobok


Pijet
Kesel setelah jelajah setiap sudut bandara Changi? Nggak usah panggil mbok mbok pijat. Di beberapa point terdapat alat pijat elektronik. Lumayan mijet telapak kaki sampe betis. Hati hati, kadang saking enaknya sampe terlelap tidur (pengalaman).

Si kaki lagi dipijet


Air Minum Gratis
Biasanya kran air minum ini berada disekitar toilet. Bukan didalamnya, tapi di luaran. Jadi nggak usah ngeluarin duit buat beli air minum. Kalau saya sendiri, beli air mineral trus botolnya nanti diisi ulang. soalnya saya nggak bisa nodongin mulut kearah kran. He…he…he

Tak hanya dipenuhi deretan toko dengan brand brand ternama. Kamu bisa renang dan juga spa. Untuk urusan perut juga nggak perlu khawatir. Banyak menu makanan tersedia. Mulai fast food, mie, masakan malaysia bahkan Indonesia.  Setiap restoran ada tulisan halal atau tidak. Bahkan kita nggak harus tukar uang. Sebagian besar restoran menerima kartu Kredit. Tinggal gesek doang. Asik!

You Might Also Like

42 comments

  1. Kalau transitnya lama lumayan bisa puas keliling bandara, salaam buat kembarannya nya si mbakyu ketrin zeta ditunggu di Indonesia hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kayaknya harus lebih dari 12 jam baru puas, soalnya bisa menikmati keliling singapura Gratis sekalin.

      Hahaha kembaran dilihat dari planet pluto ...

      Delete
  2. Widiiih....kalau lama enak juga transit dimari ya Mbak. Mau ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau lama nggak masalah kalau transit bandara changi. Hayoooooo

      Delete
  3. Aaaah.. aku juga punya foto narsis di social tree... Changi emang nyaman ya mbak. Dulu waktu masih tinggal di Singapur, aku sering ke Changi cuman buat ngopi, hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunjukkin dong! hahaha. Ya, katanya orang Singapore sering ngopi dan belanja di bandara, super ajib dah pokok e

      Delete
  4. Duehhhhh.... emang deh bandara Changi ini juara banget. Asyik jadi objek potrek2an. Tapi kudu sedia kantong tebel euy. Kalau njajan mayan juga abisnya. Apalagi kamiw aktu itu bertiga pada suka njajan. hehehe. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mbak, aku wingi maem selama transit habis 800rb buat makan tokk. hehehe

      Delete
  5. Pengen ke Cangi lagi dan ga usah keluar dari bandara terus balik lagi ke Bandung.haaahaaha kayak kebanyakan duit aja:-) ..Habisnya waktu itu pulangnya hari Minggu , imigrasinya macet total kayak ngantri mudik sampe dibuka loket tambahan.jadi kurang jalan-jalannya di Changi. Selamat Idul Fitrti mbak Zulfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, khusus ya buat changi doang, nggak kemana mana, Bandaranya Memang bikin betah. berasa berlibur dalam bandara.

      Selamat Idul Fitri Mbak Titi. Semoga bertemu dengan Ramadhan tahun depan. Aamiin

      Delete
  6. Share ceritanya di akun twitter @BandaraChangi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih informasinya Abee Hakim, langsung meluncur :)

      Delete
  7. Aduh namanya apa ya, pokoknya kaya hujan buatan gitu ada di Changi juga mba. Lupa namanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, apa namanya? memang ada beberapa yang belum kukunjungi, ntar kalau transit lagi aku explore lebih dah...

      Delete
    2. Iyaa iyaa, aku juga ketemu ini :D

      Namanya Kinetic Rain
      https://www.youtube.com/watch?v=jhP9n6WvVfQ

      Delete
    3. Iya, sama sun flower garden juga belum. InsyaAllah next deh

      Delete
  8. Lagi-lagi aku melewatkan ini >.< maklum dulu buru-buru kudu langsung loncat ke Malaka. Padahal udah tahu kalo Changi nyediain fasilitas beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next time travelling santai, biar enjoy disetiap sudutnya. Kata orang, selalau ada alasan tuk kembali

      Delete
  9. Mbak numpang tanya, kebun2 nya itu diluar transit area nya ato masih didalam nya? Saya masih bingung itu buat jalan2 nya harus keluar imigrasi dulu kah? Saya sampai sana sore jam 6 dan terbang keesokan harinya ke vietnam jam 2 siang, sebaiknya itinery nya bagaimana yah? Makasih banyak mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. taman dan kebun Didalam area transit mbak, Dalam bandara. Tergantung mbak, bisa keluar jalan jalan sendiri atau ikut tour ini. tau kombinasi keduanya.

      Kalau Mbak belum ke Singapur sebelumnya, saran saya manfaatkan singapore free tour ini dan jaln jalan sendiri juga. soalnya jam 6 malam smp jam 2 siang itu lamaaaa banget. Saran saya, malam sampai di bandara ikut tour malam, cari penginapan. trus esok hari bisa lanjut keliling singapura sendiri.

      hope it helps

      Delete
    2. Haha iyaah emang lamaaaa betul xixi, yes ini cukup membantu.. Klo nginep di bandara spot yg aman dan nyaman diluar area transit tp masih didalem bandara buat solo traveler kaya saya dimana nya yah mbak? itung2 mau irit mbak hihihi thank youuu before

      Delete
    3. Ada tempat buat bobok, Seingat saya di Terminal dua. Naik ke lantai 1. disana ada banyak kursi buat bobok. JTapi inget sekitar jam 2 malam ada petigas checking. Gpp, bangun ke toilet cuci muka trus bobok lagi. hehehe Banyak kok nanti teman bobok disana, banyak bule keleleran di karpet juga.

      Setelah keliling Singapore gratis lanjutin keliling bandara saja, mulai terminal 1 smp 3. ntar pasti ketemu tmp bobok yg pas.

      Delete
    4. Pas ntar ada petugas checking langsung tunjukin tiket penerbangan selanjutnya atau kita kudu menghindari petugas itu? Hehehe.. Soalnya baca dibbrpa blog katanya ada yg diomelin gtu deh mba kan syerem hehe.. Makasih banyak yah mba infonya, sangat membantu :D

      Delete
    5. hehehe, GPP. tunjukkin saja tiket kamu selanjutnya. Nggak masalah.Nggak masuk penjara. heheheNamanya juga orang ngantuk dan transit,iya kan ?

      Semoga lancar perjalannya

      Delete
  10. Hihihi syip deh, thank u so much ya mbak infonya.. Smoga kpan2 bsa traveling bareng hihi..

    ReplyDelete
  11. Mbak mo nanya..
    Ak khan rencana transit di terminal 2 terus kalo mo keliling ke terminal 1 sama 3 apa harus keluar imigrasi dulu?

    ReplyDelete
  12. Mbak mo nanya..
    Ak khan rencana transit di terminal 2 terus kalo mo keliling ke terminal 1 sama 3 apa harus keluar imigrasi dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah. Semua terminal sudah connect tanpa harus keluar imigrasi.

      Have fun :)

      Delete
  13. mbak mau nanya gimana dengan koper2 kita jika kita ikut singapore free tour itu. makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koper/ransel bisa dibawa di Bus, tapi nggak semua, ya. tapi ada batasan ukuran koper.

      Delete
  14. Mbak kalo mendarat di T1 bisa langsung ke taman di T2 tanpa keluar imigrasi dulu? Lha nanti harus balik lagi ke T1 ato bisa langsung keluar lewat imigrasi T2?

    ReplyDelete
  15. Mbak kalo mendarat di T1 bisa langsung ke taman di T2 tanpa keluar imigrasi dulu? Lha nanti harus balik lagi ke T1 ato bisa langsung keluar lewat imigrasi T2?

    ReplyDelete
  16. Mbak kalo mendarat di T1 bisa langsung ke taman di T2 tanpa keluar imigrasi dulu? Lha nanti harus balik lagi ke T1 ato bisa langsung keluar lewat imigrasi T2?

    ReplyDelete
  17. Mbak kalo mendarat di T1 bisa langsung ke taman di T2 tanpa keluar imigrasi dulu? Lha nanti harus balik lagi ke T1 ato bisa langsung keluar lewat imigrasi T2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung, semua Terminal di Changi terkoneksi semua tanpa keluar Imigrasi.

      Mau kemana mana terserah say, Bisa KOk ada skytrainnnya.

      Delete
  18. Mbak,tapi nanti keluar imigrasi apa boleh di imigrasi terminal lain dgn waktu mendarat,ato harus kembali ke terminal waktu tiba?

    ReplyDelete
  19. Mbak,tapi nanti keluar imigrasi apa boleh di imigrasi terminal lain dgn waktu mendarat,ato harus kembali ke terminal waktu tiba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imigrasi manapun boleh, nggak masalah.

      Delete
  20. Hallo mbak, wah terimakasih infonya, jadi tau harus bagaimana deh nanti pas transit 4 jam disana.
    Mau nanya beberapa aja nih mbak, kalau transit, koper kita yang di penerbangan sebelumnya masuk bagasi, pas transit itu kita bawa-bawa lagi atau langsung disimpen oleh petugas untuk selanjutnya dimasukkan ke bagasi penerbangan yg kedua ?
    Terus kalau mau keliling sendiri di singapore which is keluar imigrasi, bisa kan tanpa visa dan tanpa bawa koper juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung penerbangannya, nggak semua koper langsung di handling otomatis oleh maskapai ke penerbangan selanjutnya. Waktu dalam perjalanan ini, koperku otomatis di handling sama pihak maskapai. di konformasi dulu saja.

      Nanti ikut singapore tour ini sudah dpt stamp masuk Singapore (stam imigrasi), untuk Singapore memang nggak pakai Visa, klo mau jalan jalan lagi silahkan lanjut, tapi harus ikut bus balik ke Bandara, sampai di bandara lagi, bisa deh nyelonong jalan jalan ke Singapore

      sama sama

      sama sama

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram