Chicken 65 Rasanya Bikin Menggelinjang

July 04, 2015


Warnanya merah membahana tapi beraroma “paprika” hijau yang khas pedasnya bikin si lidah nggak betah untuk segera melahapnya.

Sebelum pulang ke tanah air, saya “transit” terlebih dahulu di kota Hyderabad. Ibukota Telangana yang berada di selatan India. Propinsi  ini sempat menjadi headline news di India. Bersama dengan Propinsi Andhra Pradesh, kedua propinsi ini memiliki jumlah korban jiwa terbanyak akibat gelombang panas pada bulan Mei yang lalu.  

Hyderabad  tak hanya dikenal sebagai salah satu tempat berkembangnya peradaban Islam di India juga terkenal sebagai wisata kulinernya negeri Mahabharata. Rasanya yang pas dilidah.  Memiliki cita rasa gabungan antara India, daratan Asia tengah dan Arab. Biryani Hyderabad dikenal sebagai Biryani paling enak sedunia.

saya sudah wanti wanti Shah Jahan Jauh jauh hari, Saya mau cobain Biryani Hyderabad asli dari asal kotanya. Nah, ketika tahu kami berkunjung ke Hyderabad, saya langsung happy. Sampai di Hyderabad, Shah Jahan meminta sopir taksi untuk membawa kami ke restoran yang menyajikan Biryani super mantap.

Di restoran tersebut kami memesan Chicken Biryani dan Mutton Biryani (Biryani kambing). Shah Jahan kemudian bertanya kepada pelayan tentang makanan Khas Hyderabad yang enak tapi non Mughlai. Pembaca setia blog  ini (emang ada ? ) pasti dah tahu, Mughlai ini hidangan ala kaisar mughal yang memadukan cita rasa India dan Asia tengah. Bisa dibaca disini dan disini. Kami sudah biasa menyantap  menu Mughlai di Delhi, jadi kami pingin yang beda.

Pelayan menyarankan untuk mencoba Chicken 65. Bukan Chicken 69, lho. Duh Gusti! pikirannya mesum melulu.

Kenapa dinamakan Chicken 65? Beberapa sumber mengatakan dengan cerita yang berbeda. Ada yang mengatakan Chicken 65 ini pertama kali dihidangkan di Bhuhari Hotel di Chennai oleh pendirinya A.AM Bhuhari. Beliau adalah Pelopor makanan India selatan. Sumber lain mengatakan karena terdiri atas 65 potong ayam dalam setiap porsinya. Versi lain mengatakan bumbunya terdiri atas 65 macam Cabe. Pantes rasa pedasnya nonjok banget!.

Waktu lagi asyik asyiknya melahap Biryani yang rasanya surgawi berasa berenang dalam lautan gurihnya ayam berbalut bumbu dan nasi, pelayan menyajikan chicken 65 di meja kami. Warnanya merah menggoda. Sesaat keliatan seperti ayam setan yang pedesnya bikin bibir ndower.

Dari aromanya saya langsung Jatuh Cinta. Aromanya ini mengingatkan saya akan masakan Kashmir. Aroma rempah yang tidak terlalu tajam dengan dominasi kesegaran paprika hijau.
Chicken 65 terdiri atas potongan ayam tanpa tulang berbungkus tepung. Kemudian dibalur dengan bumbu merah. Terdapat serakan  cabe hijau disana sini. Dari aromanya saya pikir parika hijau, eh, ternyata cabe hijau. Jadi cabe yang ada dalam Chicken 69 ini memiliki aroma yang hampir sama dengan paprika hijau.

Pertama kali masuk kedalam mulut saya yang memang doyan makan ini rasanya nggak pingin berhenti ngunyah. Masuk lagi, kunyah lagi. Nggak ada rasa “India” yang berempah. Pedas dan segar. Pedasnya pun bukan pedes cabe bubuk yang selama mendominasi masakan India. Lebih seperti pedesnya sambal Indonesia. Rasa ayam yang gurih berpadu mesra dengan bumbu merah yang pedas dan meresap. Bikin lidah dan tubuh saya menggelinjang keenakan.

Selanjutnya, Chicken 65 ini saya santap bersama Biryani. Rasanya jadi “tabarakan”. Sebenarnya lebih enak kalau dicemil apa adanya atau dimakan bersama nasi putih.  Nah, kalau datang ke Hyderabad atau lagi nongkrong di restoran yang menyajikan menu masakan khas Hyderabad, cobain dah chicken 65.

Menikmati Biryani dan Chicken 65  langsung di kota Hyderabad adalah pengalaman yang sukar ditawar.

You Might Also Like

37 $type={blogger}

  1. Waktu baca judul sama liat fotonya langsung pengen nyambangin. Ternyata di Hyderabad yah. Jauh yah :') hehe semoga dikasih kesempatan datengin Hyderabad. Btw suka sama kalimat penutupnya deh:
    Menikmati Biryani dan Chicken 65 langsung di kota Hyderabad adalah pengalaman yang sukar ditawar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, IYa Jauh... di India selatan. Aamiin, kota hyderabad ini beda banget dengan kota yang lainnya di India, lebih ISlamin kehidupannya.

      Trims :)

      Delete
  2. Eh ya ampuuun....pengen mbak. Warnanya itu merah menggoda. Ngencesss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, merahnya menggoda, aromanya bikin lapar :)

      Delete
  3. Chicken 65 yang berbumbu masif ini enaknya pasti dengan nasi putih ya Mbak Zulfa. Kalau dengan nasi biryani, bumbunya akan terlalu pekat..Dan melihat ayamnya...Ngiler hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak Evi, lebih enak dimakan sama nasi putih, biar bisa menikmati rasanya yang asli enak.
      hahaha *sodorinkanebo lap lap lap lantai :)

      Delete
  4. ngilerrrrr suksesssss mak....

    ReplyDelete
  5. Hyderabad saya suka namanya suka ngucapinnya :). Sebenarnya liat fotonya kayak bumbu bali ayam, tapi saya mbayangin rasanya khas masakan india yg kaya rempah pake nasi putih saja mantap rasanya, duh pengen hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya namanya Islami banget. Iya, kalau sekilas lihat tanpa ada cabe dan daun kury kayak bali ayam. cuman ini merahnya beda, teringat merahnya lipstick.

      Delete
  6. warna ayamnya menggodaaaa.. kalau ngebayangin rasanya sepertinya antara manis pedas dan gurih gitu ya mba?

    ReplyDelete
  7. Parno duluan mbak kalo lihat masakan India..enggak berani nyoba..hiiks...hiiks ga kuat bau rempah"nya.kecuali yg aman-aman di lidah..kaya pakora.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha karena sampeyan parno dudluan jadi nggak bisa menikmati. Nggak semua pakai rempah kok mbak, coba ke Hyderabad atau kashmir, pasti merasakan kuliner yang sangat berbeda dengan kebanyakan India lainnya.

      Delete
  8. Btw, Shah Jahan sudah nyampe Gresik kah ? Pengen titip bawain Siddarth Malhotra..haaahaa guanteng tenan:-) :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah besok Kamis sampai rumah. hahahaha si tak tanya Siddart Malhotra mau diamsukkan karung apa nggak ? xixixi

      Delete
  9. Duh... duh... melahap biryani itu hmm... rasanya ingin segera maghrib, apalagi itu dengan chicken 65 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya pingin maghrib, makan banyak trus bobok, bsa bisa dijewwer malaikat :)

      Delete
  10. yummiii...bumbunya meresap sampai ke hati..halah..hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dig dug di dog si hati berdetak dengan kencang :)

      Delete
  11. Warnanya merah banget, kayak masakan Bali. Ngerti Bali versi Jawa kan Mbak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya merahnya kebangetan kayak Bali, Ngerti lah, Ibu sering masak bali telor dan bandeng

      Delete
  12. Mbak Zulfa, waktu baca ini, padahal aku gak mikir lho 69, kalau gak mbak Zulfa yang tulis, hahahaaa...
    Penampakan sambalnya kayak sambal lado ala Indonesia ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah berarti pikiranku sing mesum :)

      Iya, penampakan kayak sambel yang super pedas,

      Delete
  13. ada di jakarta ga ya resto yg jual makanan khs hyderabad... jd pengeeennnn...kalo g ada di sini, si hubby kyknya hrs diseret utk traveling kesana :D...Sumpah ngiler mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan resto yng di Jakarta itu menawarkan asakan India Selatan ala masala dosa atau biryani saja.

      Delete
  14. Mak ... laperrrrrr, mau masak bali welotttt

    ReplyDelete
  15. Wuidih mbak Zulfa, ilerku netes sekejap, tapi kumasukin lagi *ih jorok hahaha

    Jadi inget kata temen, "nanti kalo ke LN, bawa sambel sachetan, soalnya di LN gak ada yang enak" eh nemu dong makanan pedas di Srinagar. Lumayaaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadew!

      kalau sambel memang Indonesia jagonya.
      Ya, Kashmir masakannya enak, nggak kayak india, lebih kayak masakan Indonesia

      Delete
  16. Ahahaha kirain di Indonesia Mba hehehe , jauh di India :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. E, siapa tahu kamu ke India, biasa cobain tuh :)

      Delete
  17. Eh aku kok kelewatan baca postingan sampean yang ini ya? Tapi untung sih baru liat sekarang.. pas lagi gak puasa, hehehe.. itu biryani chickennya terlihat menggoda soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Iya menggoda jiwa. kalau sampeyan suka pedess, langsung dibikin ngiler sama aromanya... hmhmmmm mau lagi :)

      Delete
  18. halo mba.. salam kenal, boleh tau kah restoran yg menyajikan masakan chicken 65 dimana letaknya... kebetulan saya sedang berada di hyderabad dan pingin nyoba makanan itu... makasih infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo, Yang dijual di daerah Hyderabad dekat kota lama. Maaf baru bales, nama restonya/kalau nggak salah Bismillah

      Delete

Follow Twitter

Follow Instagram