Keliling Singapura Gratis dengan Free Singapore Tour

14:00:00


Keliling Singapura Gratis

Rencana pulang ke Indonesia kemarin saya sengaja ingin mengajak si kecil keliling Singapura. Maksud hati, sekali jalan, 2,3 negara dan puluhan kota terlampaui. Lebay, hehehe. Jadilah, beberapa hari saya sibuk melototin beberapa maskapai penerbangan. Menghitung waktu sambil ngelirik dompet. Duh! Pusing kepala Barbie, nggak nemu yang cocok. Sekalinya ketemu, harga tiketnya bikin badan langsing.

Saya sengaja mencari tiket penerbangan yang memungkinkan saya transit ke Singapura seharian.  Kenapa nggak cari connecting flight sendiri? Pertama, saya tidak harus check out dan Check in lagi. Ribet. Selain menghemat waktu, juga yang paling penting nggak rempong dengan Koper besar yang dinenuhi dengan oleh oleh. Saya cukup memanggul ransel andalan yang menemaniku menjelajah bumi.

Itinerary perjalanan keliling Singapura sudah saya persiapkan. Tapi acara jalan jalan nggak harus ngikuti schedule yang saya buat. Toh, perjalanan ini untuk si kecil, kemanapun dia ingin pergi akan saya turuti.

Akhirnya saya menemukan perjalanan sesuai keinginan meski dompet menjerit. Berangkatnya dari kota Hyderabad bukan Delhi. Kami sampai di bandara Changi pagi hari. Saya tanya ke dia, apakah dia mau keliling Singapura sekarang atau istirahat di hotel dulu? Dia bilang mau keliling Singapura. OK, saya segera mendaftarkan diri di boot Free Singapore Tour di Terminal 2.

Setelah mendaftar kami mendapatkan stiker berupa nomer peserta yang ditempelkan di dada. Melewati konter imigrasi sebagai rombongan turis. Trus masuk kedalam bus nyaman ber AC. Peserta didominasi wisatawan dari India. Saya jadi bingung sendiri, Saya masih di India apa sudah sampai Singapura? He...he…he

Bus keliling Singapura Gratis
Penampakan dalam Bus Free Singapore Tour


Free Singapore Tour
Booth Free Singapore Tour di terminal 2

Layaknya seorang turis kece dan berduit jalan jalan menghabiskan duit di Singapura. Selama 2,5 jam perjalanan, pemandu kami Mr. Chow, tak henti hentinya menjelaskan tentang sejarah Singapura, gedung gedung baru dan sejarah sederet tempat wisata yang kami lewati. Sempat terkantuk dalam bus. Maklum saja, saya lebih menyukai wisata alam dan blusukan ke desa desa terpencil ketimbang melihat hutan beton. Tapi cerita dari Mr. Chow membuat mata saya melek. Kadang beliau melontarkan sebuah candaan yang bikin grrrr wisatawan lainnya.

Kebetulan waktu kami datang kemari bertepatan dengan Sea Games 2015 dan Singapura menjadi tuan rumah. Jalanan dipenuhi dengan baliho Sea Games. Bahkan ketika kami berjalan jalan di Marina. Kami menyaksikan perlombaan salah satu cabang olah raga air. Bonus!
Free Singapore Tour
SEA Games 2015 di Singapura

Free Singapore Tour

Keliling Marina


Free Singapore Tour

Free Singapore Tour

Free Singapore Tour

Free Singapore Tour

Nah, setelah jelajah Marina selama 15 menit. Si kecil mulai rewel, dia minta balik ke Bandara. Dia lebih suka menghabiskan waktu menikmati wisata transit ala bandara Changi ketimbang Jalan jalan di Singapura. Saya ajak ke Universal Studio, dianya nggak suka. Nggak tertarik sama sekali. Oke, saya turuti kemauan dia. Begitulah si kecil Najin, dulu waktu ke Jakarta dia tidak suka ke Dufan, malah asyik mainan di Monas. He…he…he. Setiap anak memiliki keinginan dan imajinasi tinggi yang tidak bisa paksakan sesuai kemauan kita.

Baiklah, berikut beberapa syarat dan pertanyaan yang sering disampaikan tentang Free Singapore Tour.

Minimal transit berapa jam untuk bisa menikmati Free Singapore Tour ?
Minimal 5.5 Jama atau 6 Jam dengan menunjukkan passport dan boardingpass.

Bagaimana Cara mengikuti Free Singapore Tour ?
1.  Ketika sudah sampai bandara changi tetaplah tinggal di area transit. Jangan sampai melewati counter imigrasi (clear immigration). Kalau terlanjur melewati imigrasi, tidak bisa mengikuti Free Singapore Tour. Booth pendaftaran Free Singapore Tour keduanya berada di area transit yaitu Terminal T2 dan T3.
2.    Tunjukkan Passport dan Boarding Pass ke petugas penjaga di Free Singapore Tour booth.
3. Pandaftaran harus (minimal) satu jam sebelumnya keberangkatan rombongan Free Singapore Tour
4.    Setelah daftar, kita akan diminta untuk mengisi form terkait keimigrasian.
5.    Sebelum berangkat setiap peserta diberi sticker berupa nomer yang ditempel di dada. Dan harus diapakai selama tour berlangsung.
6.    Peserta akan melewati counter imigrasi dengan mneunjukkan passport, boarding pass dan form isian yang sudah diberikan oleh petugas Free Singapore Tour.

Free Singapore Tour kita Diajak Keliling Kemana saja?
Ada 2 pilihan yakni Herritage Tour dan city Light Tour
Harritage Tour berlangsung selama siang hari hingga sore hari. Mengajak Wisatawan keliling pusat budaya dan sederet bagunan peninggalan colonial Inggris. Mulai dari china town hingga Little India. Berhenti dua kali di Marina park dan Kampung Glam. Bisa jalan jalan sebentar, shoping dan narsis.
Harritage Tour  berlangsung pada jam berikut
09.00  s/d 11.30
11.30 s/d  14.00
14.30 s/d  17.00
15.30 s/d 18.00

City Light Tour, Sesuai dengan namanya tour ini berlangsung malam hari Menampilakan berbagai semangat kehidupan malam di Singapura. Memanjakan wisatawan dengan kehidupan Singapore yang modern. Gdung gedung menjulang dengan sorotan cahaya lampu. Berhenti dua kali, di Marina park dan Garden by the bay.

City Light Tour berlangsung pada jam berikut
18.00 s/d 20.30
19.00 s/d 21.30


Bisakah menikmati Free Singapore Tour 2 Kali, Herritage tour dan City light ?
Tidak boleh. Jadi kita hanya boleh mengikuti tour satu kali saja. Karena setiap pemberangkatan rombongan ada prosedure yang harus diajalankan. Seperti yang saya ulas diatas. Hal ini terkait keamanan dan keimigrasian.

Setelah menikmati Free Singapore Tour bolehkan kita melanjutkan jalan jalan sendiri?     
Boleh. Jadi setelah menggunakan Free Singapore Tour kita akan diturunkan didepan bandara (drop point). Dalam hal  ini Drop point berada di Terminal 2 pada saat saya mengikuti tour. Setelah sampai bandara, barulah kita bisa melanjutkan keliling Singapura secara mandiri.

Bagaimana ketika berhenti di Marlion Park dan memutuskan melanjutkan jalan jalan sendiri? Tidak Boleh. Setelah turun dan jalan jalan sekitar 15 menit di Marlion Park kita harus kembali dalam bus. Jadi selama  mengikuti Free Singapore Tour, kita harus mengikuti keseluruhan tour hingga balik ke Bandara lagi. Karena tour leader akan memastikan setiap wisatawan yang mengikuti tour balik kedalam bus sesuai dengan waktu yang ditentukan. Akan di cek satu persatu berdasarkan stiker nomer yang tertempel di dada kita.

Asyik kan? untuk kamu yang belum berkesempatan keliling Singapore atau transit lama di Bandara Changi bisa memanfaatkan keliling Singapore gratis dengan Free Singapore Tour.

Selamat mencoba!

You Might Also Like

38 comments

  1. wahh asik banget yaa singapura ada free tripnya..moga ada rejeki bisa coba kalau jjs kemana gitu transit lama hihi aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Ya mbak, cari saja yang transitnya lebih dari 6 jam Biar bisa menikmati keliling Singapura gratis, sekali mendayung 2 negara terlampui. awas kelelep :)

      Delete
  2. Jadi koper besar penuh oleh2 itu lari nya kemana ???? kok aku ngak dapat oleh2 sama sekali ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lari keman mana, hehehe Maaf Insyallah next aku bawa oleh oleh buta kak Cumi. Etapi, bukannya situ mau ke India ya....

      Delete
  3. Wisatawan tak dilepas di jalan oleh penyelenggara Singapore Free City Tour ini munkin demi keselamaran ya Mbak Zulfa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Demi keselamatan dan juga keamanan :)

      Delete
  4. Asyikkk juga nih. Duduk nyaman ndak perlu bawa ransel berat. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, tinggal duduk manis :)

      Delete
  5. Perasaan ketemu Najin Maret lalu eh kok sudah makin tinggi ajaaaa.

    Waktu ke Changi aku nggak begitu ngeh tentang Free Tour ini. Sayang juga jadi kelewatan ihiks. Pas sudah di sekitar Esplenade ketemu bus yang sama eh pas nanya kudu bayar 30 dolar. *langsung langsing dengernya* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tingginya sekarang hampir sama dengan diriku yang mungil dan lebar ini.

      Wah, mending ikutan tour ini trus lanjut jalan jalan sendiri.

      Delete
  6. Seruu... bisa keliling Singapura gratis. Bisa jadi tip kalau ke Singapura nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, lumayan lah keliling gratis. Jadi nanti tinggal melanjutkan destinasi yang nggak dilewati kayak kawasan sentosa island. Hayoooo cobain

      Delete
  7. Baru tau dan seruuu bgt ya. Wkt itu transitnya cuman 2 jam. Bisa disiasati ya kalau mau ke LN dan transit disini, harus transit minimal 6 jam hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu, Seklai mendayung 2,3 pulau terlampui, awas jangan sampe tenggelam, hehehe

      Delete
  8. boleh tau kmrn mbak pake pesawat apa ya? saya mau pake tiger air ke yangon, transit di changi 23 jam. Apakah kalau mau ikut Free Singapore Tour kita harus mengambil fasilitas tiger connect? tigerconnect adalah fasilitas yg membuat penumpang tidak perlu masuk (lewat) imigrasi lagi, jadi langsung aja check in ke counter tiger air. Kalau tidak beli tigerconnect (205 ribu/trip) kita harus masuk imigrasi changi lagi. Thanks mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai Tiger air dan pakai Tiger Connect.
      Kurang tahu ya, klo nggak pakai tiger connect apakah boleh menggunakan fasilitas ini.

      Aku pilih tiger connect soalnya aku kemarin berdua dg anakku saja trus bawa barang segambreng. Nah, daripada ribet mending aku pakai connecting flight jadi nggak usah cek in dan cek out lagi. Tinggal ambil boarding pas aja. kelebihannya, aku bisa jalan jalan gratis. setelah itu bisa lanjut jalan jalan sendiri tanpa bawa barang barang.

      Delete
    2. klo di logika , menurutku, asal minim 6 jam meskipun tidak pakai connecting flight, bisa ikut, itu kan layanan singapore, bukan dri maskapainya. ini pendapat saya ... hehe

      nanti saya rencananya juga mau ngambil yang transitnya 7 jam,, pas mudik lebaran, biar bisa muter2 Singapore,, mumpung ada hrga murah , 920 RM klo g salah, dah PP, jetstar, mudik tahun 2016 ini. :)

      btw.. klo ikut tour, trs yg terkhir d drop di T2 nya, bisa jln2 lgi,, nah... apakah akses dr bandara k kota dan sebaliknya itu gmpang ato sulit y ? thanks.

      *belum pernah k sg ni, harap maklum

      Delete
    3. kalau dilogika sih gitu. Tapi pada kenyataan tidak Mas. Klo nggak connecting flight, ditolak. Pengalaman aku kemarin ada yg ditolak.

      Setelah di Drop di T2 bisa lanjut jalan jalan sendiri. Gampang kok, ada bus dan juga taksi. Klo Taksi mahal. mending pakai bus saja.

      Semoga lancar perjalannnya ya...

      Delete
    4. kalau pake tiger connect, saya baru paham kalo boarding pass diambilnya satu-satu sesuai dengan flight. Nah saya bngungnya kan untuk ikut tur ini harus pake boarding pass departure changi, masalahnya tiger check in bukanya 2 jam sblum kebrangkatan kan ya. Nah jadi gmana ambil boarding pass yang kedua ya, biar bisa ikut tur? terima kasih sebelumnya.

      Delete
  9. TANYA :

    Anonymous has left a new comment on your post "Keliling Singapura Gratis dengan Free Singapore To...":

    Assalaamu'alaikum bunda, saya ada transit namun baru tiba di changi jam 11 malam, transit 6 jam. Apakah masih bisa ikut free tour ini? Atau ada alternatif lain bunda? Terima kasih

    JAWAB :

    Waalaikumsalam
    Nggak bisa Mas, Free tournya ini Mulai jam 10 Pagi sampai Jam 10 Malam. (tahun kemarin)
    Jam segitu keliling Bandara aja Mas, banyak kok yang bisa dilihat mulai terminal 1,2 dan 3

    Semoga lancar perjalanannya

    ReplyDelete
  10. trus bagasinya dibawa2 atau enggak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau connect, chek in bagasi kan memang sama pesawat. Tapi kalau kalau bawa cabin bagage bisa dititipkan kok.

      Delete
  11. Mba, nice posting. Saya ada rencana transit 15jam di singapura, sampai jam 4 subuh, lanjut lagi jam 8 malam. Kira2 memungkinkan tidak mba? Kalau saya tidak ikut free tour singapur, tapi menjelajah sendiri, dengan mengunjungi merlion park, universal studio(tdk masuk), orchard road, atau bugis street buat belanja dengan menggunakan MRT? Saya belum pernah ke singapura sebelumnya, jadi mohon saran/petunjuk. Terimakasih mba:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah cukup kok. Singapore itu negara kecil dan dilengkapi dengan sistem transportasi yang memadai. Apalagi di Unviersal studia hanya foto di depan =, masig banyak waktunya. bisa sekali

      Semoga lancar ya perjalannya

      Delete
    2. Terimakasih mba, aamiin😀 Berarti bisa yah keliling singapura? Hehehe

      Delete
  12. Halo mba zulfa mohon infonya buat penumpang budget air apa juga diperkenankan ikut fasiliras ini. Sy rencana pake jetstar. Dari crt mba zulfa yg pk tigerair sih sptnya boleh ya. Sy mau memastikan mba. Tks sebelumnya. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Maskapai apapun, jika memiliki transit di Singapore boleh menggunakan fasilitas ini. Dalam hal ini transit berarti connecting flight, bukan yang diconnectingkan sendiri.

      Delete
  13. mbak/mas.. mau tanya dong..

    Aku ada planning transit di singapore.
    Aku sampe di bandara Changi jam 12:35 dan berangkat lagi jam 18:20.
    Kira2 memungkinkan untuk ikut yang jam 14:30-17:00?
    apakah selalu ontime untuk city tournya?
    Terima kasiih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak :)

      Bisa, untuk menikmati fasilitas ini minimal ransit 6 jam.
      Memungkinkan. Saranku, setelah sampai di Changi langsung saja daftar city tour.
      city tournya selalu ontime sesuai dengan Jam yang diatas.

      Sama sama :) Semoga lancar perjalannaynya, ya. Aaamiin

      Delete
  14. Salam mbak, saya rencana mau dari Hongkong ke Jakarta, tapi karena nggak ada penerbangan langsung jadi saya naik Scoot air ke Singapura dan beli tiket Lion Air ke Jakarta untuk 10 jam kemudian. Itu kan bukan transit ya mba, jadi saya bisa ikut Singapore tour nggak ya?

    ReplyDelete
  15. Haloo rangga, maaf baru bales. Semoga nggak telat.
    Klo Kamu connectingkan sendiri berarti bukan transit. Soalnya beli tiket sendir sendiri. Dalam hal ini kamu chek out trus chek in lagi.

    Connecting ini dari maskapai nya langsung.

    ReplyDelete
  16. Salam mbak, rencana tanggal 20 July 2016 mau pulang habs study d bangkok, sekalian nyempetin ke singapore bentar, baru balik ke indo lagi. Kalo ga transit tp sengaja stay bbrapa hari di singpore bs ga ikut coty tour free ? Ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)

      Nggak bisa, soalnya untuk menikmati Free city tour ini kita harus nunjukkin boarding pass next flight kita.

      Delete
  17. Mba minggu lalu sy transit di singapore sekitar 14 jam, tp sy tidak diperbolehkan ikut free city tour krn transitnya bukan dihari yg sama....pdhl sy pake connecting flight tiger air penang-singapore-surabaya..hrs pake boarding pass, sdgkan utk dpt boarding pass sy hrs lewat imigrasi, klo check in di konter dalam kena charge $40...gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Connecting flight nya sendiri atau dari maskapai ?

      Soalnya kalau connecting flight dari maskapai Bisa, dan nggak harus lewat Imigrasi. Bording pass connecting flight tiger air ada di Terminal dua. Jadi nggak usah melewati Imigrasi. Seteah trurun dari pesawat, langsung ambil boarding pass trus ke Singapur touris itu.

      Aku juga kemarin fligtnya ganti hari, dan Bisa jalan jalan gratis

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Sis mau tanya nih, minggu depan aq ke Malaysia dan plangnya transit di singapore selama 22 jam. Aq berniat mendapatkan free singapore tour. yang mau aq tanyakan, apakah pengambilan bagasi dan bagage storage itu lebih dulu daripada imigrasi? karena kalau sesudah imigrasi maka kita gk bisa daftr free tournya. Tolong infonya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imigrasi dulu baru baggage claim.

      tergantung tipe transitnya, biasanya kalau connecting flight dari maskapai sudah nggak pakai ambil bagage, sudah diurus sama maskapai. jadi tinggal daftar tour dan jalan jalan

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram