Nasi Krawu, Kuliner Legendaris Kota Wali

20:43:00

Nasi Krawu paling enak di Gresik

Nasi pulen ditaburi suwiran daging super gurih dengan aroma dan rasa bawang goreng berpadu dengan pedasnya sambal petis

Kota Gresik yang berada disebelah barat Kota Surabaya ini dikenal sebagai kota Wali, karena kota Gresik tidak hanya mengayomi dua  makam Wali Allah juga masuknya Islam pertamakali di tanah Jawa. Sebagai kota destinasi wisata Religi, kota Gresik juga memiliki sederet kuliner dengan rasa pedas yang khas. Jika sebelumnya saya telah memposting salah satu kuliner khasnya yakni Sego karak, sekarang saya akan mengajak lidah kamu berkelana rasa mencicip kuliner Gresik lainnya yang menjadi identikal kota Gresik itu sendiri yakni Nasi Krawu.

Berbeda dengan Sego karak yang menjadi santap pagi saja, Nasi Krawu bisa dinikmati kapanpun juga. Cocok buat  sarapan pagi juga nikmat buat makan malam. Nasi krawu terdiri atas nasi putih, suwiran daging, tiga macam serundengan dan sambal petis.

Yang bikin spesial itu cara memasaknya dagingnya, tidak hanya menghasilkan aroma yang menggelitik nasu makan juga rasa daging yang super gurih. Rasa gurihnya berasal dari Daging utuh yang dimasak bersama dengan jeroan sapi (bagian dalam sapi) seperti babat, usus dan hati. Setelah matang dan empuk, daging kemudiaan disuwir suwir. Suwiran daging kemudian ditumis dengan bawang putih serta bawang merah goreng dalam kuantitas yang banyak dan beberapa bumbu pilihan seperti lengkuas, kunyit, ketumbar, asam jawa dan gula. Terus dimasak hingga bumbu meresap dalam daging.

Jeroan sapi seperti Usus, babat dan hati tidak disuwir suwir tapi dipotong kecil kecil dan dimasak seperti daging diatas kemudian ditambahkan kuah sisa memasak. Untuk serundengnya ada tiga varian rasa sesuai dengan warnanya yakni kuning, merah dan coklat. Serundeng atau poyah ini terbuat dari parutan kelapa yang disangrai bersama bumbu bumbu pilihan. Serundeng merah rasanya sedikit pedas. Dan poyah coklat ini rasanya super gurih dan sedikit berminyak.

Nasi krawu paling enak di Gresik
Daging Suwir ditaburi bawang goreng  dan Serundeng

Nasi Krawu khas kota Wali
Jeroan Sapi dalam kuah melimpah


Resep sambal enak
Sambal petis dan serundeng

Yang bikin rasa krawu ini begitu mantap menggoda dan nendang itu sambalnya. Tidak seperti sambal lainnya yang terbuat dari cabe dan bumbu saja, sambal krawu ini terbuat dari sambal dengan campuran petis. Jadi rasanya pedas bercampur gurihnya ikan. Warnanya sedikit hitam dengan tekstur yang padat.

Nah, nasi putih biasanya diletakkan dalam baron. Semacam wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Ketika nasi sudah masak, nasi kemudian dikipasi agar uapnya hilang. Nasinya menjadi pulen  dan lebih tahan lama.

Penyajian nasi krawu juga spesial, yakni disajikan dalam sepincuk daun pisang. Kalau tidak disajikan diatas daun pisang rasanya kurang mantap. Nasi putih diletakkan disudut pincuk daun pisang. Diatasnya ditambahkan suwiran daging, ketiga macam serundeng dan sambal kemudian ditaburi bawang goreng gurih dan enak. Hmmmm, ketika disajikan aromannya bikin nafsu makan menggila.

Makanan Khas kota Gresik
Penyajian Nasi Krawu melayangkan aroma sedap daging dan bawang goreng


Nasi Krawu legendaris
Menu komplit nasi Krawu warung Mbuk Tiban

Ada dua macam pilihan nasi krawu, mau basah atau kering. Kalau basah nasi krawu disiram dengan kuah daging yang super gurih. Jika suka bisa ditambahkan jeroan sapi seperti babat, usus dan hati. Kalau kamu punya kolesterol tinggi sebaiknya hindari makan jeroan sapi ini.

Konon ada cerita unik dibalik penamaan nasi krawu. Krawu sendiri katanya sih karena cara penyajiannya. Pedagang menggunakan jari jarinya secara langsung tanpa sendok untuk mengambil nasi, daging hingga serundeng. Kemudian sambalnya dicolek dengan ibu jari. Didolet kata orang jawa. Jadinya Krawu. hehehe

Di kota Gresik banyak sekali kita jumpai penjual nasi Krawu. Beberapa pedagang nasi krawu menjadi idola masyarakat Gresik karena rasanya yang aduhai. Seperti Mbuk Tiban, mbuk Mus, mbuk Tun, Bu Rika, Mbuk Azaah dan masih banyak mbuk mbuk lainnya. Mbuk sendiri penggilan untuk wanita Madura, Karena biasanya penjual Nasi Krawu keturunan Madura. Setiap penjual memiliki resep bumbu yang berbeda. Tapi yang paling laris manis dan selalu dipenuhi pembeli yakni nasi Krawu Mbuk Tiban yang berada di Jl. Abdul Karim.

Beda lidah, beda selera. Kalau saya sendiri tidak mengidolakan Nasi Krawu Mbuk Tiban. Nasi krawu langganan saya berada di pasar sentolang, berada di dekat tangga pasar. Kalau beli disini lumayan antri. Sering mendapatkan pesanan dalam jumlah banyak.

Nasi Krawu khas Gresik
Penjual Nasi Krawu langganan Keluarga menghidangan nasi yang  punel dalam baron

Nasi krawu dijual dengan harga mulai Rp. 10.000 satu bungkusnya. Jujur ya, untuk saya yang doyan mbadok atau kamu yang baru menikmati nasi krawu pasti nambah. Percayalah, menikmati nari krawu tak cukup satu. Sedapnya terlalu. Awas! nasi krawu bikin nagih dan mendaratkan kerinduan dalam relung nafsu.


You Might Also Like

27 comments

  1. Lho kok murah 10 ribu, aku kalo beli biasanya 18 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kamu selebrity, jadinya dikasih dalam porsi lumayan. hehehe
      Iya, kalau Mbuk Tiban itu seporsi Rp. 18.000 kalau Mbuk langgananaku cuman Rp. 10.000

      Delete
  2. Yen nraktir aku sego krawu maneh kudu minimal 2 bungkus, yo... Btw, zaman saiki sing dodol sego isih krawuk2 karo tangan ngunu, tha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah mbak, kan beneran 1 bungkus nggak cukup, hehehe
      Yuhu mbak, sik tetep krawuk krawuk karo tangan :) kecuali nasi e, pakai plastik dia ngambile

      Delete
  3. Kalo di malang krawu itu nama laimnya sayur urap2. Trman Gresik ku bangganya punya makanan khas jni mbak, aku cuma di iming-imingin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau diMalang namanya Nasi Krawu, tapi beda. yang terkenal di malang juga Mbuk... lupa namanya. Ayolah main ke Gresik, incip incip nasi krawu

      Delete
  4. Aku suka nasi krawu... dulu waktu masih kerja di Perak, kalo pagi banyak ibu-ibu yang jual nasi krawu di pinggir jalan.. sering beli buat sarapan di tempat kerja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enak memang nasi krawu itu. Enak buat sarapan, tapi kalau aku terlalu buat buat sarapan, biasanya akau nggak siangan

      Delete
  5. Aku belum pernah makan nasi krawu mbak. Aku suka daging suwir dimasak seperti itu. Penampakan petisnya menggoda. Jadi lapar seketika. Di BSD nggak ada yang jual nasi krawu.

    Ajaklah aku kulineran mbak. Biar gemuk badanku ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, itu daging suwri dan sambel ptisnya bikin nggak nahan :)

      Laaa, mbak Rien kalau makan cuman dikit, kayak aku nih, makan banyak, badan montok berlebih, hahaha

      Delete
  6. Hemm baca siang gini jd kebayang maksi pakai nasi krawu mak 😁😁

    ReplyDelete
  7. Hemm baca siang gini jd kebayang maksi pakai nasi krawu mak 😁😁

    ReplyDelete
  8. Hemm baca siang gini jd kebayang maksi pakai nasi krawu mak 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he, nih nasi krawu dimakan tiap hari nggak ada bosennya.
      Kulineran lagi yukkk....

      Delete
  9. Sayang porsinya gak pas buatku. Kedikitan muahahahaha. Aku ngeces mbak, ngebayangin daging suwir plus taburan bawang goreng. Nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha, iya aku sendiri yang gendut makan seporsi rasanya tersiksa, masih laper.... heheh
      Ayolah main ke Gresik sini. ntar wisata mbadok sama aku :)

      Delete
  10. duh blogwalking kemana-mana kenapa isinya makanan semua ta ini? T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mungkin sekarang lagi "bulan" mbadok, jadi para blogger yg diposting ya... badokan. :)

      Delete
  11. Aku masih kurang makan sebungkus. Pengen nambah meneh. Semoga bisa main ke Gresik lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan dibilangin nasi krawu itu enak, sebungkus pasti kurang :) Aamiin

      Delete
  12. Huaduuh jeroan plus bawang goreng. Gak nahan enaknya itu >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, klo sehat nggak papa makan banyak. Klo yang punya kolesterol.... bikin cedutan :)

      Delete
  13. horeee.. ternyata Mbak Zulfa maen2 ke Gresik juga ternyata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeeeeee,,,, Eh, aku kan asli Gresik :)

      Delete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !
    "






















    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas undanganya. InsyaAllah kalau pulang ke tanah air dan jalan jalan ke Malang, mampir kesini. Semoga laris manis

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram